earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Anda tentu tak asing dengan nama Kawah Ratu, bukan? kawah yang menyerupai sungai ini merupakan hasil dari letusan Gunung Salak yang terjadi pada tahun 1938 silam.

Kawah Ratu kini menjadi objek wisata terkenal di Bandung. Sampai sekarang ini, kawah vulkanik ini masih aktif. Bisa Anda lihat dari uap panas yang terlihat mengepul di atas permukaan air kawah.

Air kawah ini mengandung gas Belerang. Asapnya yang mengepul membuat kawah ini terlihat eksotis.

Tempat wisata alam di Bandung ini sangat indah. Kawah ini bak sebuah aliran sungai dengan air sungai berwarna biru jernih. Banyak orang yang mungkin mengira bahwa tempat ini berada di luar negeri.

Tapi tak disangka, kawah cantik ini merupakan sebuah objek wisata unggulan di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Sekilas Tentang Kawah Ratu

Kawah Ratu merupakan sebuah tempat wisata alam yang mempunyai fitur lanskap yang sangat lengkap. Selain kawah itu sendiri, kawasan di sekitarnya berupa air terjun, hutan pinus, dan area lapang yang luas.

Coba Anda perhatikan. Di dekat kawah terdapat sebuah air terjun terkenal bernama Curug Seribu.  Situs curug ini kerap kali jadi destinasi wisata favorit setelah dari kawah.

Selain itu, ada satu lagi curug terkenal yang juga lokasinya masih satu kawasan dengan kawah ini, yaitu Curug Bidadari.

Terletak di pos terakhir sebelum titik puncak Salak, kawah ini berada di ketinggian 1437 mdpl. Luasnya sekitar 2 Hektar dengan komposisi batuan.

Secara geografis, objek wisata alam ini berada di kaki Gunung Salak, lebih tepatnya di lereng bagian Selatan. Sementara itu, secara administratif, kawah ini masuk dalam wilayah Desa Cidahu, Kabupaten Sukabumi.

Kawah ini juga merupakan target unggulan bagi para pecinta trekking dan hiking. Karena lokasinya hanya ada di bagian lereng, kawah ini sering menjadi tujuan pendakian sebelum mendaki di gunung yang lebih tinggi.

Daya Tarik Kawah Ratu

wisata kawah ratu bandung

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Ada sejumlah daya tarik utama dari tempat wisata Bandung populer ini. Daya tarik yang pertama adalah adanya camping site atau area khusus untuk camping.

Total ada 3 blok camping site dan area ini telah mempunyai fasilitas pendukung seperti toilet umum dan warung makan.

Daya tarik yang kedua adalah curug. Sedikitnya ada 7 titik air terjun yang tersebar di berbagai lokasi. Di antara 7 air terjun ini, hanya 5 air terjun saja yang dapat dikunjungi.

Kelima air terjun tersebut antara lain Curug Dua Undak, Curug 1, Curug Ngumpet, Curug 3, dan Curug 2.

Daya tarik yang ketiga adalah kawah ini sendiri. Kawah ini sangat cantik. Bebatuan yang ada di sekitar kawah berwarna putih bersih.

Sedang air kawah nampak biru sehingga terlihat sangat kontras tapi indah seperti di Kawah Putih.

Fasilitas di Kawah Ratu

Meski berada di gunung, fasilitas di wisata alam ini terbilang cukup lengkap. Terdapat area parkir yang layak sehingga pengunjung yang membawa kendaraan akan nyaman untuk memarkirkan kendaraan mereka.

Warung-warung makan sederhana juga ada di area wisata alam ini. Anda dapat menjumpai menu-menu sederhana dengan harga yang terjangkau. Meski murah, rasa makanannya sangat lezat.

Bahkan ada satu atau dua warung yang menjual makanan khas Bandung dari singkong seperti Peuyeum yang sangat terkenal.

Apabila Anda berminat untuk camping, di dekat kawah ada sebuah camping site yang siap pakai. Camping di tempat semacam ini pastinya akan menambah pengalaman seru selama liburan di sini.

Di area camping site ini juga terdapat fasilitas toilet umum yang kondisinya lumayan bersih.

Namun perlu kami katakan bahwa sebelum memulai camping, trekking, atau hiking di sini, ada baiknya Anda cari informasi seputar panduan trekking, camping, dll agar semua berjalan sesuai dengan rencana.

Harga Tiket Masuk Kawah Ratu

Objek wisata kawah vulkanik ini gratis. Pengunjung hanya wajib membeli tiket masuk kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang harganya juga murah.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan, mereka juga harus membayar retribusi parkir kendaraan dengan tarif murah. Berikut daftar biaya yang harus Anda siapkan:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Objek Wisata Kawah Gratis
Tiket Masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak Rp10.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Lokasi dan Rute Menuju Kawah Ratu

lokasi wisata kawah ratu

Tempat wisata alam ini berada di Desa Cidahu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Lokasi ini mudah Anda jangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Apabila Anda dari arah Kota Bandung, langsung arahkan setir mobil Anda ke Sukabumi.

Mengingat perjalanannya masih lumayan panjang, tak ada salahnya Anda mampir sebentar untuk membeli oleh-oleh khas Bandung kekinian sebelum mengarah ke Sukabumi.

Setelah sampai di Kota Sukabumi, lanjutkan perjalanan Anda ke Bogor hingga sampai di perempatan Cidahu. Anda tinggal belok kiri lalu lurus. Anda akan segera tiba di lokasi impian Anda.

Jika Anda memiliki kendala soal kendaraan, tak perlu cemas dan bingung karena Salsa Wisata siap membantu Anda. Kami menawarkan banyak pilihan paket sewa mobil dan jenis kendaraan lain di Bandung.

Anda hanya perlu memilih paket yang Anda butuhkan. Sebagai contoh, Anda ingin kendaraan yang muat kapasitas besar dan performa mesinnya baik. Kami rekomendasikan paket sewa Hiace Premio Bandung.

Jam Operasional Wisata Kawah Ratu

Objek wisata kawah ini buka setiap hari, termasuk hari libur nasional dari jam 08.00 sampai jam 17.00 WIB. Petugas tidak akan melayani kunjungan wisata di luar jam operasional di atas.

Tentu akan menjadi pengalaman liburan yang sangat berkesan apabila Anda memilih sendiri destinasi wisata yang akan Anda kunjungi.

Semua akan jauh lebih mudah lagi dengan adanya produk paket gathering Bandung berkualitas dari Salsa Wisata.

Selain dapat bebas memilih objek wisata, Anda juga akan mendapatkan rekomendasi transportasi dan hotel terbaik.

Jadi, tak usah ragu lagi, segera daftar menjadi peserta paket kami dan silahkan menikmati liburan impian Anda di Kawah Ratu ini.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)