SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Kebun Raya Batam di daerah Nongsa menambah rekomendasi deretan tempat wisata keluarga di Batam terbaik. Sejak beroperasi dari tahun 2018, Kebun Raya ini menawarkan ribuan koleksi flora yang mengagumkan.

Hamparan taman hijau penuh dengan bunga-bunga cantik tertata rapi siap menyambut Anda. Suasananya yang sejuk dengan angin sepoi-sepoi semakin menambah kenyamanan sehingga pengunjung betah saat di sini.

Kebun Raya Batam juga bisa sekaligus menjadi wisata edukasi mengenai keanekaragaman hayati di Indonesia. Anda pun bisa mengajak rombongan untuk berkunjung melihat keindahan Kebun Raya Batam.

Sehingga wajar jika banyak layanan rental elf short plus driver Batam menjadikan Batam Botanic Garden ini sebagai destinasi. Untuk lebih jelasnya lagi silakan simak ulasan lengkap kebun raya di Batam berikut ini:

Sekilas Tentang Kebun Raya Batam

Wisata Kebun Raya Batam

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Kebun Raya Batam atau Batam Botanic Garden ini merupakan taman hasil pengembangan LIPI. Awalnya rencana pembuatan destinasi ini sudah mulai dari tahun 2013 dan barus resmi beroperasi pada 22 Desember 2018.

Lembaga tersebut juga telah mengembangkan beberapa Kebun Raya di Indonesia, termasuk Kebun Raya Cibinong. Sehingga tak heran bila desain tampilan Batam Botanic Garden terlihat sangat indah dan memukau.

Tumbuhan yang ada di sini mengkhususkan untuk konservasi tumbuhan dari pulau-pulau kecil di daerah pesisir. Selain itu juga sebagai lahan konservasi tumbuhan pamah, dan spesies tumbuhan langka di pantai imur dan barat Sumatera.

Kebun Raya yang mempunyai luas 86 hektar ini terbagi dalam 2 jenis taman yaitu taman warna-warni dan taman palem. Saat ini koleksinya sekitar 3000 tanaman dari jenis tumbuhan maritim, dan 4000 tanaman pengarah.

Tujuan adanya proyek kebun raya ini adalah untuk menyediakan udara yang bersih dan menjadikannya sebagai jantung paru-paru kota. Tentunya untuk menyelaraskan pertumbuhan industri yang begitu pesat di Batam.

Daya Tarik Kebun Raya Batam

Daya Tarik Kebun Raya Batam

Jika berkunjung ke tamana, biasanya hanya melihat-lihat atau jajan di pinggir jalan lalu pergi. Namun itu semua tak akan terjadi saat pergi ke Botanic Garden Batam.

Pasalnya selain sebagai pusat konservasi tanaman, Anda juga bisa melakukan aktivitas seru, berikut ini beberapa diantaranya.

Menyusuri Berbagai Kawasan

Kebun raya ini memiliki sebuah danau kecil buatan yang dibangun untuk mempercantik kawasannya. Tanaman yang tersedia dikelompokkan sesuai dengan zona wilayahnya mengikuti biogeographic region.

Begitu pula faunanya yang terbagi atas zona wilayah Wallace, Sunda Land, Oceania, dan New Guinea. Ada juga zona wilayah dunia lainnya dalam zona Other World yang pembagiannya sangat memudahkan pengunjung saat mengidentifikasi tanaman.

Selain itu, kebun raya ini juga punya banyak taman tematik. Mulai dari Flower Garden, Maze Garden, hingga Children Garden. Seluruhnya memadukan kekayaan bunga warna-warni yang indah sehingga dapat menghidupkan suasana.

Selanjutnya masih ada zona kawasan pesisir pantai bernama Forested Zone. Anda dapat melihat konservasi hutan bakau dalam habitatnya langsung. Untuk menuju ke kawasan ini, Anda bisa melalui jembatan penghubung.

Hunting Foto

Sayang sekali jika Anda berkunjung ke Batam Botanic Garden namun tidak membawa kamera, paling tidak ada handphone. Anda pun bisa mengabadikan momen piknik bersama keluarga di kebun yang cantik ini dengan kamera.

Saat menyusuri setiap area taman, banyak tanaman dan bunga warna-warni yang tak kalah indah untuk Anda foto. Banyak spot area foto yang Instagramable untuk Anda gunakan sebagai tempat berfoto.

Salah satu spot yang ikonik yaitu jembatan bermaterial kayu penghubung ke Forested Zone. Desain dan tampilannya yang cukup unik dan instagenik jadi cocok untuk Anda yang senang berfoto.

Tak sedikit pula yang memanfaatkan kebun cantik ini sebagai tempat foto prewedding. Namun biasanya untuk keperluan komersial harus membayar biaya khusus kepada pengelola kecuali menggunakan handphone.

Wahana Edukasi dan Penelitian

Pihak pengelola juga memberikan pendidikan seputar botani kepada para pengunjung. Biasanya koleksi edukasi di Batam Botanis Garden ini dapat digunakan oleh para siswa, mahasiswa, ataupun pengunjung yang ingin belajar.

Anda bisa mengetahui nama ilmiah, jenis family, hubungan kekerabatan, dan keanekaragam tumbuhan yang ada. Begitu pula informasi mengenai jenis tumbuhan yang bisa dimanfaatkna untuk berbagai keperluan.

Mulai dari tanaman pangan, hias, energi, obat, atau yang mempunyai nilai ekonomis semua bisa jadi bahan penelitian di sini. Para ahli juga siap menemani dan juga menjelaskan tumbuhan yang pengunjung ingin pelajari.

Piknik Bersama Keluarga

Areanya yang luas serta latar panorama kebun bunga yang cantik membuatnya cocok untuk jadi tempat piknik bersama keluarga. Berkumpul bersama keluarga di taman yang cantik ini bisa membuat liburan Anda semakin berkesan.

Sambil bersantai, Anda bisa menikmati bekal yang sudah Anda bawa dari rumah bersama keluarga. Namun, jika Anda tak sempat menyiapkannya, warung makan yang menyediakan berbagai hidangan menu makanan khas Batam yang enak.

Fasilitas di Kawasan Wisata Kebun Raya Batam

Tiket Masuk Kebun Raya Batam

Sebagai wisata unggulan tentu pihak pengelola telah menyediakan fasilitas terbaik untuk menjamin kenyamanan para pengunjung. Mulai dari gapura selamat datang, embung, area pedestrian beraspal, dan area parkir yang luas.

Selain itu Anda dapat menemukan danau buatan, kolam, laboratorium, rumah kaca, rumah paranet, rumah kompos, dan rumah mangrove untuk pembelajaran. Terdapat gazebo yang dapat Anda jadikan tempat beristirahat atau bersantai.

Jika tak membawa bekal Anda dapat membeli makanan siap saji di warung makan di sekitar yang rasanya tidak kalah dari wisata kuliner Batam. Terdapat pula mushola yang lengkap dengan peralatan sholatnya.

Fasilitas penunjang yang tak kalah penting yakni kamar mandi. Tersedia toilet yang tersebar di beberapa titik yang kebersihannya selalu dijaga agar pengunjung nyaman menggunakannya.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Batam

Tiket masuk Kebun Raya Batam ini tidak ada biaya karena semua gratis.Segera kunjungi kebun raya cantik ini selagi masih gratis. Anda pun bisa leluasa melihat keindahan kebun, berjalan-jalan, menikmati udara segar, dan piknik bersama keluarga dengan bebas.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis

Rute Menuju Lokasi Kebun Raya Batam

Lokasi Kebun Raya Batam

Kebun Raya Batam terletak di Jl. Hang Lekiu, Sambau, Nongsa, Kota Batam. Dari Bandara Hang Nadim berjarak sekitar 12,5 KM, jika lalu lintas lancar hanya memakan waktu kurang dari 30 menit perjalanan. Sedangkan dari pusat kota berjarak sekitar 20 KM.

Rute terbaik menuju Kebun Raya Batam adalah menggunakan Google Maps. Karena lokasinya pun cukup strategis dan tidak berada di pedalaman, sehingga memakai Google Maps pun Anda sudah bisa sampai.

Secara areanya Kebun Raya Batam ini berada dalam kawasan strategis di sekitar laut. Sehingga banyak tempat wisata di sekitar seperti Tering Bay Golf, Palm Spring Golf, hingga Beach Resort terkenal.

Untuk menuju ke Pantai Nongsa saja hanya butuh waktu 8 menit berkendara. Setelah puas mengelilingi wisata Kebun Raya Batam, Anda pun bisa melanjutkan pergi ke tempat wisata sekitar atau menginap di resort.

Jam Buka Kebun Raya Batam

Kebun Raya Batam buka setiap hari dan mulai beroperasi sejak pukul 08.00 WIB sampai 18.00 WIB. Jika Anda ingin menikmati suasana yang lebih sepi dan tenang, bisa datang ke tempat ini saat weekdays.

Kebun Raya Batam memang cocok sebagai destinasi wisata keluarga yang rekreatif dan mengedukasi. Tak hanya pemandangan alamnya saja yang indah, Anda pun juga dapat belajar mengenai keanekaragaman hayati di Indonesia.

Berbagai kegiatan seru pastinya akan mewarnai pengalaman liburan di kebun raya ini. Namun lebih seru lagi jika Anda liburan bersama biro perjalanan terbaik seperti Salsa Wisata.

Sebab segala kebutuhan Anda dari berangkat hingga pulang membawa oleh-oleh khas Batam yang Anda inginkan akan terpenuhi. Jadi tunggu apalagi, segera hubungi kami dan nikmati liburan paling berkesan bersama Salsa Wisata.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Zaki

Penulis yang senang makan dan melakukan hal menyenangkan sambil jalan-jalan bersama rekan.
By Categories: Batam, Destinasi

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)