Kebun Raya Bogor, sebagian besar masyarakat Indonesia tentu familiar dengan tempat wisata Bogor satu ini. Bahkan Kebun Raya Bogor ini menjadi pelopor kawasan konservasi alam terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara.

Dulunya, wisata ini memiliki nama lain yang berbeda-beda. Salah satunya adalah Land’s Plantentuin. Selain itu, pernah juga kebun raksasa ini memiliki nama Kebun Gede karena luas lahannya yang mencapai ribuan hektar.

Pada masa penjajahan Jepang, kawasan konservasi ini diberi nama Syokubutzer. Pernah juga menyandang nama sebagai Botanical Garden of Indonesia.

Sekilas Tentang Kebun Raya Bogor

Kawasan konservasi alam ini rupanya telah berusia lebih dari 204 tahun. Luasnya sendiri mencapai 87 hektar. Lokasinya tepat di Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Terdapat lebih dari 15.000 spesies pohon di sini. Tak hanya itu, lebih dari 300 spesies tanaman Anggrek juga tumbuh subur di sini.

Di luar spesies tadi, masih ada sekitar 5.000-an lebih varietas tumbuhan juga bisa Anda jumpai. Koleksi di tempat ini bahkan lebih lengkap bila dibandingkan Kebun Raya Bedugul yang ada di Bali.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Tiket masuk Kebun Raya Bogor termasuk murah untuk kelas wisata alam mewah ini. Anda tidak perlu menyiapkan budget besar hanya untuk dapat liburan di sini.

Adapun kisaran harga tiket masuk dan biaya-biaya lainnya kami rangkum di tabel berikut ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Domestik & Mancanegara (Weekday) Rp16.500,00
Tiket Masuk Wisatawan Domestik & Mancanegara (Weekend) Rp26.500,00
Tiket Masuk Sepeda (Weekday) Rp15.000,00
Tiket Masuk Sepeda (Weekend) Rp20.000,00
Parkir Mobil Rp50.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00

Tarif tiket masuk bisa berubah alias bisa mengalami kenaikan di kondisi tertentu. Misal saat puncak liburan nasional dan cuti bersama.

Perubahan tarif di atas juga dapat terjadi sesuai dengan aturan dan kebijakan dari pihak pengelola.

Nah, ada tips menarik agar Anda tak perlu repot memikirkan biaya masuk tempat wisata, akomodasi, dan kendaraan selama liburan. Manfaatkan saja jasa penyedia paket tour terbaik seperti Salsa Wisata.

Salsa Wisata menawarkan banyak sekali pilihan, salah satunya paket gathering Bandung murah dengan kualitas nomor wahid. Daripada penasaran, tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Atraksi Wisata di Kebun Raya Bogor

Kawasan wisata alam ini rupanya tak hanya menyuguhkan beragam kekayaan hayati asli Indonesia saja. Ada beberapa hal menarik lainnya yang kemudian menjadi atraksi wisata di sini.

Penasaran atraksi wisata apa saja? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Monumen Lady Raffles

Ada satu objek yang sangat menarik perhatian saat pengunjung memasuki kawasan wisata alam ini. Objek yang dimaksud adalah Monumen Lady Raffles.

Monumen ini bisa Anda jumpai di pintu masuk sebelah utara. Bangunannya menyerupai sebuah gazebo dengan tiang berjumlah 8.

Di bagian bangunan ini terdapat sebuah prasasti. Nah, dari isi tulisan prasasti itulah Monumen Lady Raffles ini disebut dengan monumen cinta.

Setelah ditelisik, monumen ini dulunya dibangun untuk mengenang istri Sir Thomas Stamford Raffles, yaitu Lady Raffles. Sir Thomas adalah Gubernur Jenderal Inggris di Indonesia.

Kini monumen tersebut menjadi simbol cinta kasih di objek wisata ini. Menariknya lagi, banyak pasangan yang suka mengunjungi tempat ini dengan harapan tali cinta mereka langgeng.

Danau Gunting

Tak jauh dari Monumen Lady raffles, terdapat sebuah danau alami yang dinamai Danau Gunting. Nama danau ini memang unik karena bentuknya yang menyerupai gunting.

Daya tarik utama dari danau ini adalah hamparan bunga teratai yang biasa tumbuh subur. Jika beruntung, para pengunjung dapat menyaksikan keindahan bunga-bunga yang bermekaran.

Permukaan danau yang didominasi warna pink dan hijau dari teratai tentu bisa menjadi spot foto terbaik yang bisa Anda temukan di sini.

Prasasti Reinwardt

Nah, usai puas berjalan-jalan di sekitar Danau Gunting, silahkan menjelajah area sebelah kiri danau. Di area ini, Anda akan menjumpai sebuah prasasti.

Berbeda dengan prasasti sejarah zaman kerajaan, prasasti ini dibuat untuk mengenang jasa seorang tokoh pendiri konservasi alam ini.

Sekedar tambahan informasi, kawasan konservasi alam ini dicetus oleh Georg Karl Reinwardt. Nah, pada prasasti ini terukir nama beliau mirip mirip sebuah nisan memoriam.

Teras Belakang Istana Bogor

Di sebelah utara dari area prasasti, Anda juga bisa melihat langsung area teras belakang Istana Bogor. Di area ini, para pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang teras istana. Menarik sekali ya.

Patung Little Mermaid

Menjadi sebuah fakta bahwa wisata kebun raya ini memiliki cukup banyak situs patung. Salah satu patung yang paling terkenal adalah The Little Mermaid Statue.

Patung ini hanyalah replika dari patung aslinya. Little Mermaid sendiri adalah figure yang diciptakan oleh pembuat cerita anak-anak terkenal, Hans Christian Andersen.

Area Pemakaman Belanda Kuno

Meski terdengar mistis, faktanya area ini tidak mistis sama sekali. Sebaliknya, area pemakaman Belanda kuno ini terlihat sangat menarik. Mengapa? Karena area ini memiliki gaya arsitektur khas Eropa.

Di area ini juga terdapat dua buah makam tokoh penting asal Eropa. Beliau-beliau ini adalah J.C. Van Hasselt dan Heinrich Kuhl. Keduanya adalah ahli biologi yang ditugaskan untuk mengidentifikasi flora di Indonesia.

Tugu dan Taman Teijsman

Wisata edukasi ini juga dilengkapi dengan sebuah taman indah. Di area tengah taman, terdapat sebuah obelisk yang dinamai Tugu Teijsman.

Tugu ini sering menjadi spot foto karena didukung dengan lanskap hamparan rumput hijau dan deretan pohon berdaun rindang.

Laboratorium Treub

Tahukah Anda, kawasan konservasi alam ini pada dasarnya adalah sebuah laboratorium alam. Untuk mendukung kegiatan penelitian, Pemerintah Kolonial Belanda kemudian membuat sebuah laboratorium di sini.

Laboratorium Treub namanya. Nah, di laboratorium inilah untuk pertama kalinya diadakan penelitian terhadap zat kimia yang ada di dalam tumbuhan.

Lagi-lagi nama laboratorium ini terinspirasi dari nama seorang botanist, yakni Melchior Treub.

Di sebelah laboratorium terdapat sebuah bangunan rumah, yaitu Wisma Tamu Nusa Indah. Dahulu, Wisma Tamu Nusa Indah adalah kediaman Treub.

Museum Zoologi

Seperti museum-museum pada umumnya, museum ini juga memamerkan beragam koleksi untuk tujuan edukasi. Hanya saja koleksi yang dipamerkan berupa hewan-hewan yang telah diawetkan.

Ada satu koleksi yang menjadi ikon museum ini. Sebuah rangkaian kerangka utuh mamalia paus biru yang ukurannya besar. Karena ukurannya besar, koleksi ini mendapat ruang tersendiri.

Taman Meksiko

Dan yang paling unik dan menarik dari kawasan wisata ini adalah adanya Taman Meksiko. Di sini, pengunjung akan merasakan suasana yang berbeda 180 derajat.

Bila sebelumnya Anda merasakan suasana sejuk, udara segar, dan hawa dingin di Bogor, di Taman Meksiko Anda akan dibawa ke suasana gurun tandus.

Hawa kering dan panas langsung terasa layaknya di gurun sebenarnya. Jika Anda penasaran dengan suasana gurun yang otentik, wajib datang ke sini!

Jembatan Pemutus Cinta

Spot ini sangat iconic. Sering menjadi spot paling favorit bagi para pengunjung. Jembatan Pemutus Cinta ini memiliki panjang 30 meter.

Daya tarik utama dari jembatan ini adalah beredarnya mitos yang masih sering dipercaya. Mitosnya adalah jika ada pasangan yang melewati jembatan ini, hubungannya akan kandas.

Anda sendiri percaya atau tidak dengan mitos ini?

Taman Astrid

Ada sebuah taman lagi yang bisa Anda kunjungi di taman raya ini. Namanya adalah Taman Astrid. Di sisi kiri dan kanan area taman ini ditumbuhi tanaman dengan bunga berwarna kuning dan merah.

Di bagian tengah taman, terdapat jalan setapak yang membelah hamparan bunga berwarna merah di satu sisi dan bunga berwarna kuning di sisi lainnya.

Selain tempat-tempat yang di atas, masih banyak tempat menarik lain yang bisa Anda kunjungi.

Bila tertarik berkunjung, Anda bisa manfaatkan Paket Gathering dan study tour dari Salsa Wisata untuk berkeliling hingga puas bersama rombongan.

Fasilitas Kebun Raya Bogor

Foto Kebun Raya Bogor

Memang unik. Pasalnya terdapat dua jenis fasilitas yang bisa Anda dapatkan di sini, yaitu fasilitas umum dan fasilitas khusus.

Para pengunjung tidak akan sulit menemukan fasilitas umum di wisata taman raksasa ini. Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola sangat lengkap.  Area parkir, misalnya, terbagi menjadi 3 area: parkir motor, mobil, dan bus.

Fasilitas mushola juga ada di laboratorium alam ini. Mushola umum di sini selalu bersih. Para pengunjung yang ingin beribadah sholat di mushola ini juga dapat dengan mudah menemukan tempat wudhu dan toilet bersih.

Nah, selain toilet di mushola, pihak pengelola juga telah menyediakan beberapa unit toilet umum. Siapapun boleh menggunakan fasilitas umum ini.

Fasilitas khusus di sini adalah fasilitas yang tidak bisa Anda jumpai di tempat-tempat wisata lainnya. Adapun beberapa pilihan fasilitas khusus di sini adalah sebagai berikut:

  • Perpustakaan
  • Museum zoologi
  • Laboratorium
  • Cafe di tengah kebun

Dan fasilitas-fasilitas khusus ini memang dirancang untuk mendukung program wisata edukasi. Alhasil, program wisata edukasi ini selalu mendapat respon yang sangat positif.

Hampir setiap hari fasilitas-fasilitas ini tak pernah sepi oleh para siswa atau mahasiswa yang sedang study tour di sini.

Lokasi Kebun Raya Bogor

Secara letak, kawasan wisata edukasi ini berada di tengah Kota Bogor. Lebih tepatnya lagi di Jalan Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah, Provinsi Jawa Barat.

Lokasi ini memang tak jauh dari kota-kota besar sekitar Kota Bogor. Jakarta dan Bandung, misalnya. Namun, ada banyak juga pengunjung dari luar Kota Jakarta dan Bandung yang berkunjung di sini.

Rute Menuju Kebun Raya Bogor

Terdapat 3 pilihan rute menuju objek wisata ini, yaitu rute dari Tol Jagorawi, Stasiun Bogor, dan Terminal Baranangsiang.

Tol Jagorawi

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda pilih jalur Tol Jagorawi. Setelah keluar dari tol, Anda pilih jalur sebelah kanan.

Lurus saja hingga Anda menemukan petunjuk arah menuju pintu masuknya. Kurang lebih 2 km dari tol.

Misalnya saja Anda masih bingung dengan rute ini, sekali-kali Anda bisa gunakan jasa rental mobil Innova Bogor seperti Salsa Wisata. Driver dari Salsa Wisata siap antar Anda kapan saja.

Stasiun Bogor

Rute akan berbeda jika Anda bertolak menggunakan KRL. Dari Stasiun Bogor, Anda bisa jalan kaki menuju Istana Bogor. Setelah sampai di Jalan Djuanda (lampu merah), silahkan belok kanan, lanjutkan jalan kaki 300 meter.

Tak jauh dari belokan tersebut, nantinya Anda akan melihat pintu masuk destinasi wisata Anda.

Terminal Baranangsiang

Lain lagi jika Anda menggunakan bus. Sesampainya di Terminal Baranangsiang, lanjutkan perjalanan Anda dengan menggunakan angkot No. 03, 06, atau 13.

Jarak antara Terminal Baranangsiang dan lokasi kebun raya hanya 2 km saja. Atau hanya butuh 10 menit saja untuk sampai di objek wisata alam di Bogor ini.

Jam Operasional Kebun Raya Bogor

Tempat dengan julukan laboratorium alam terbesar ini buka setiap hari dari pagi sampai sore. Untuk hari Senin hingga Jumat, jam operasionalnya mulai dari pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB.

Sedang di akhir pekan (Sabtu dan Minggu), jam operasionalnya satu jam lebih cepat, yaitu mulai pukul 07.00 hingga pukul 16.00 WIB.

Tips Berkunjung di Kebun Raya Bogor

Wisata Kebun Raya Bogor

Nah, sebelum memulai liburan Anda di taman raksasa ini, sebaiknya Anda baca dulu beberapa tips berikut ini:

Berangkat Lebih Pagi

Jika Anda berangkat lebih pagi, Anda akan tiba di sana lebih cepat. Waktu untuk eksplorasi juga akan banyak. Anda pun akan jauh lebih puas.

Ingat, ada ribuan spesies dan puluhan atraksi wisata menarik di sana. Jadi, maksimalkan waktu liburan Anda.

Selain itu, di pagi hari Anda dapat menikmati udara yang masih bersih dan segar. Jumlah pengunjung pun tak sebanyak jumlah pengunjung saat siang dan sore hari.

Kegiatan berfoto pun akan semakin seru ketika suasana sepi. Anda tak perlu terganggu oleh kehadiran pengunjung lain.

Jangan Lupa Bawa Kamera Anda

Ada begitu banyak tempat berfoto menarik di sana. Tak hanya tempat untuk selfie saja, melainkan juga spot foto lainnya.

Misal seperti koleksi foto bunga, tanaman Anggrek, situs patung, Taman Meksiko, Jembatan Pemutus Cinta, dll.

Datang Saat Cuaca sedang Cerah

Anda tentu akan jauh lebih nyaman dan leluasa berkunjung ke sini ketika langit sedang cerah. Hasil jepretan Anda pun akan terlihat lebih bagus berkat cahaya matahari.

Apalagi jika ada efek pencahayaan seperti cahaya di celah-celah pepohonan; pastinya akan indah sekali, bukan?

Oh iya, Anda tak perlu takut kepanasan. Udara yang dingin siap mengubah suasana panas menjadi sangat sejuk. Terlebih ada ratusan bahkan ribuan pohon di sekitar Anda.

Gunakan Kostum yang Tepat

Tips ini juga tak boleh diabaikan. Kenakan atasan dan bawahan yang nyaman dan sesuai medan. Rasanya akan cocok apabila Anda memilih kaos atau atasan dapat membuat Anda bebas gerak.

Demikian juga dengan bawahan. Tak lupa soal footwear. Pilih sepatu atau sandal yang paling nyaman menurut Anda.

Wajib Patuhi Protokol Kesehatan

Berhubung saat ini masih berada di masa pandemi, Anda dan para pengunjung lainnya wajib menaati protokol kesehatan.

Ingat, jaga jarak, kenakan masker double, dan selalu cuci tangan adalah tiga poin penting yang wajib Anda taati. Selalu bawa hand sanitizer kemanapun Anda berada. Tidak lupa juga untuk hindari kerumunan.

Penginapan Sekitar Kebun Raya Bogor

Sebagai salah satu opsi wisata terfavorit di Bogor, fasilitas penginapan memang diperlukan. Penginapan dapat menjadi alternatif terbaik bagi pengunjung yang ingin liburan lebih dari sehari di Kota Bogor.

Berikut adalah informasi rekomendasi penginapan paling dekat dengan lokasi yang bisa Anda temukan:

RedDoorz Plus dekat RS PMI Bogor (604 meter)

Penginapan sederhana ini telah didukung dengan fasilitas-fasilitas penunjang. Contohnya adalah room service, WiFi gratis, dan area parkir. Pihak pengelola menjamin kebersihan dan keamanan tamu selama menginap di sini.

Info harga sewa kamar per malam dan alamat penginapan:

Alamat Jl. Pajajaran No. 31, Baranangsiang, Babakan, Bogor Tengah, Jawa Barat
Harga Sewa/ Malam Rp. 163.000,00

Amaris Hotel Padjajaran (613 meter)

Lokasinya sangat ideal, yaitu kurang dari 1 km dari destinasi wisata pilihan Anda. Fasilitasnya juga sangat lengkap. Anda dapat memanfaatkan WiFi gratis, area parkir, restoran, cleaning service, dan room service.

Harga sewa per malam-nya juga relatif murah. Berikut infonya:

Alamat Jl. Pajajaran No. 25, Baranangsiang, Babakan, Bogor Tengah, Jawa Barat
Harga Sewa/ Malam Rp. 361.000,00

Grand Savero Hotel Bogor (613 meter)

Dilihat dari profil bangunan, hotel ini cukup mewah. Kualitas pelayanan dan fasilitas sudah sekelas hotel bintang lima. Fasilitas yang ditawarkan sebagai berikut:

  • WiFi
  • Room service
  • Cleaning service
  • Restoran
  • Area parkir

Harga sewa yang ditawarkan juga tidak begitu mahal. Sangat cocok untuk Anda yang ingin beristirahat di penginapan yang nyaman namun murah. Berikut informasi harga dan alamat hotel ini:

Alamat Jl. Pajajaran No. 27, Baranangsiang, Babakan, Bogor Tengah, Jawa Barat
Harga Sewa/ Malam Rp. 605.000,00

Objek Wisata di Sekitar Kebun Raya Bogor

Kota Bogor memang menjadi ‘surga’ bagi para pelancong. Pasalnya, kota hujan ini memiliki banyak sekali pilihan destinasi wisata yang asik untuk dikunjungi.

Selain wisata alam, Bogor juga memanjakan para pelancong seperti Anda dengan ragam wisata non-alam. Apa saja kira-kira tempat wisata yang dimaksud? Ini daftarnya.

Jalan Suryakencana

Benar sekali, tempat ini hanya berupa jalan. Namun seperti halnya Jalan Malioboro ada hal menarik yang membuat tempat ini istimewa.

Anda bisa mendapatkan banyak pilihan kuliner di tempat ini. Salah satu kuliner legendaris yang wajib Anda coba adalah lumpia basah.

Kuliner ini sangat istimewa sebab kelezatan resepnya sudah terkenal turun-temurun sejak tahun 1980-an. Bagi Anda yang senang wisata kuliner dan ingin mencicipi makanan khas Bogor, jangan sampai melewatkan tempat ini.

De Voyage Bogor

Nah, jika Jalan Suryakencana adalah surga bagi penikmat kuliner, lain halnya dengan De Voyage Bogor. Tempat wisata ini sangat populer di kalangan anak-anak jaman now.

Puluhan spot Instagramable tak pernah sepi di sini. Terlihat ada begitu banyak muda-mudi yang asik bergaya dengan background cantik di tempat ini.

Kebun Durian Warso Farm

Anda pecinta durian? Wajib datang ke kebun durian yang satu ini. Anda bisa petik durian secara langsung di sini. Anda juga dapat memborong durian dengan harga murah di sini.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)