SalSari Resto & Coffee

Bumi Papua menyimpan banyak sekali kekayaan alam yang begitu luar biasa. Kepulauan Raja Ampat, misalnya, tempat ini merupakan destinasi wisata hits yang sudah terkenal hingga mancanegara.

Salah satu tempat wisata Indonesia yang mendunia ini berupa gugusan pulau yang berdekatan. Pemandangan yang tersaji di kawasan wisata ini begitu mempesona.

Kabupaten yang ada di Provinsi Papua Barat ini memang tersohor akan keindahan alam dan lautnya. Tak heran jika kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam lokal dan manca.

Bahkan perairan di kepulauan ini merupakan salah satu dari 20 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Tak hanya itu, Raja Ampat juga menyandang label kawasan dengan flora dan fauna bawah laut terlengkap di dunia.

Sekilas Tentang Kepulauan Raja Ampat

raja ampat wisata

Kepulauan yang berada di ujung paling barat Pulau Papua ini mempunyai kawasan karang terbaik di Indonesia. Sekitar 450 jenis karang sempat teridentifikasi di sini. Jumlah ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah jenis karang di Pantai Ora Maluku.

Pesona alam yang ada di Kepulauan Raja Ampat ini juga begitu mengagumkan. Dengan area seluas kurang lebih 4.6 juta hektar, kawasan ini memiliki empat pulau utama. Keempat pulau tersebut adalah Pulau Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool.

Nama Raja Ampat ini banyak meyakini berasal dari legenda masyarakat setempat. Cerita sejarah Raja Ampat bermula dari seorang wanita di zaman dulu kala yang menemukan 7 buah telur. Keempat telur tersebut menetas dan menjadi raja-raja di empat pulau utama.

Sedangkan tiga telur lainnya, menjadi batu dan makhluk gaib. Terlepas dari legenda tersebut, kepulauan ini berhasil menyuguhkan keindahan alam yang mengagumkan. Terutama kawasan pantainya yang merupakan salah satu pantai terindah di Indonesia Timur.

Harga Tiket Masuk Kepulauan Raja Ampat

Berbeda dengan tiket masuk pada objek wisata pada umumnya, tiket masuk Kepulauan Raja Ampat tersedia dalam bentuk paket tour. Paket ini biasanya sudah termasuk biaya transportasi, akomodasi penginapan, dan tiket masuk spot wisata. 

Berikut daftar biaya paket wisata yang rata-rata berlaku di wisata pulau cantik ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Per Spot Wisata Rp10.000,00 sampai Rp20.000,00 per orang
Paket Wisata Rp500.000,00 sampai Rp1.000.000,00 per orang
Sewa Speedboat Rp7.500.000,00 per speedboat
Paket Diving Rp800.000,00 sampai Rp5.000.000,00 per orang
Paket Snorkeling Mulai dari Rp150.000,00 per orang

Dapatkan penawaran harga paket tour yang lebih murah hanya di Salsa Wisata. Pastikan Anda reservasi paket tour pilihan ke Raja Ampat di tempat kami dan tim kami akan berikan yang terbaik.

Selain paket tour, Salsa Wisata kini juga hadir dengan layanan rental mobil dan jenis kendaraan lain untuk penuhi kebutuhan mobilitas Anda. Transportasi untuk rombongan, misalnya, kami rekomendasikan sewa bus pariwisata, Elf, atau Hiace kepada Anda.

Rute Menuju Lokasi Kepulauan Raja Ampat

raja ampat wikipedia

Lokasi Kepulauan Raja Ampat terletak di wilayah Distrik Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke sini, lokasi kepulauan ini hanya bisa Anda jangkau menggunakan kapal dari Sorong.

Jadi, jika Anda wisatawan dari Jakarta, silakan menggunakan penerbangan dari Jakarta untuk menuju ke Sorong. Sebab, rute menggunakan pesawat merupakan transportasi yang cocok khususnya untuk pergi ke lokasi.

Jika sudah sampai, perjalanan selanjutnya akan berlanjut dengan menggunakan kapal ferry atau speedboat ke Waisai yang merupakan ibu kota kabupaten tempat tersebut.

Sedang untuk transportasi darat dari bandara ke titik pelabuhan, Anda bisa menggunakan layanan rental mobil terdekat dan murah dari Salsa Wisata. Dengan dukungan seorang driver profesional, perjalanan akan nyaman.

Daya Tarik Wisata Kepulauan Raja Ampat

Meski memiliki cerita masyarakat yang berbau mistis, namun keindahan Raja Ampat memang tak ada tandingannya. Ada pemandangan yang mempesona dari setiap spot wisatanya.

Di samping itu, Anda dapat menjumpai beberapa daya tarik lainnya seperti yang akan dibahas di bawah ini:

Pemandangan yang Menakjubkan

kepulauan raja ampat terletak di wilayah

Destinasi wisata yang merupakan wilayah kabupaten di Papua Barat ini terbentang luas berupa kepulauan. Tidak kurang dari 600 pulau membentang luas di kabupaten ini.

Raja Ampat identik dengan pesona alam bawah lautnya. Puluhan hektar terumbu karang tumbuh dengan subur. Terumbu karang ini menjadi rumah bagi ratusan spesies satwa laut.

Selain kekayaan bawah laut, Raja Ampat wisata gugusan pulaunya sangat populer. Gugusan pulau ini sajikan panorama alam yang unik dan cantik. Pemandangan alam di tempat ini sangat cantik dan tak kalah menarik dari berbagai pilihan wisata alam Jogja Gunung Kidul.

Pulau Wayag

pulau wayag raja ampat

Pesona Raja Ampat yang sesungguhnya bisa Anda dapatkan di Pulau Wayag ini. Pulau ini merupakan pulau yang menjadi ikon utama yang menyajikan keindahan gugusan pulau karst yang tersebar di hamparan laut biru yang cantik.

Keindahan pulau ini juga semakin terpancar dengan adanya pantai berpasir putih dengan bukit-bukit di sekelilingnya. Para wisatawan bisa menyaksikan view laut dan juga pulau karst dengan angle 360 derajat.

Kepulauan Pam

sunset kepulauan raja ampat

Spot favorit selanjutnya di sini adalah Kepulauan Pam. Terdiri dari gugusan-gugusan kecil yang terbentuk dari pulau dan atol kecil. Kepulauan ini disebut miniatur Raja Ampat.

Ada satu destinasi wisata yang sangat terkenal di sini, yaitu Piaynemo. Terletak di Desa Pam, Piaynemo adalah pulau batu yang sangat cantik. 

Terdapat 300 buah anak tangga di pulau ini yang berfungsi sebagai akses untuk menuju gardu pandang. Dari gardu pandang ini, wisatawan dapat menyaksikan keindahan gugusan pulau karst berwarna hijau diantara perairan yang berwarna biru toska. 

Kepulauan Pam juga merupakan salah satu spot favorit untuk menyelam. Ada salah satu spot menyelam di sini yang merupakan jalur lalu-lalangnya kawanan spesimen Pari Manta. Spot ini juga memiliki terumbu karang yang mempesona dan lebih dari 700 spesies ikan.

Fasilitas di Kepulauan Raja Ampat

diving dan snorkeling raja ampat

Sederet nama fasilitas yang tersedia di Kepulauan Raja Ampat cukup lengkap. Fasilitas diving dan snorkeling site di sini paling terkenal di dunia.

Wisata Raja Ampat juga sudah dilengkapi dengan fasilitas area parkir kendaraan yang lumayan luas. Selain itu ada berbagai fasilitas menarik seperti toilet, spot foto instagramable, pusat sewa speedboat, ferry, kano, dan lain sebagainya.

Untuk jenis penginapan di tempat ini begitu beragam mulai dari hotel, villa, dan homestay. Fasilitas di penginapan juga sangat memadai untuk para wisatawan. Mulai dari food and drinks dan layanan kamar terbaik. 

Wisatawan juga dapat dengan mudah mendapati banyak pilihan kuliner khas Papua. Ada juga makanan khas daerah di Indonesia di resto-resto hotel atau resort. Dijamin Anda para wisatawan akan mendapatkan pengalaman liburan terbaik di Raja Ampat ini.

Jam Buka Wisata Kepulauan Raja Ampat

Kawasan wisata Raja Ampat buka setiap hari, termasuk juga selama hari libur nasional. Jam buka Kepulauan Raja Ampat tidak terbatas, alias buka selama 24 jam. Namun, ada beberapa spot di tempat ini yang memberlakukan jam operasionalnya sendiri.

Itulah pembahasan mengenai Kepulauan Raja Ampat yang cukup detail. Anda bisa pergi ke wisata ini bersama keluarga besar dengan menggunakan paket wisata dari Salsa Wisata. Selain hemat, Anda akan mendapatkan kualitas pelayanan dan fasilitas terbaik.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)