SalSari Resto & Coffee

Provinsi Maluku terdiri dari gugusan pulau eksotis. Di mana masing-masing pulau ini juga menyuguhkan pantai di Indonesia yang paling indah. Salah satunya adalah Pantai Ora Maluku Tengah yang lokasinya sangat tersembunyi.

Akan tetapi, pantai ini sangat terkenal bahkan di kalangan wisatawan mancanegara. Mereka takjub dengan keindahan alamnya yang masih alami. Tempat ini adalah a truly hidden gem yang harus Anda jelajahi.

Sekilas Tentang Pantai Ora

Pantai Ora Pulau Seram memiliki pasir berwarna putih bersih dan berpadu dengan jernihnya air laut yang berwarna hijau toska. Sepintas, pantai ini seperti deretan pantai yang ada di Kepulauan Seribu.

Nuansanya juga sangat tenang karena jauh dari kehidupan kota. Apalagi kawasan di sekitarnya berupa tebing tinggi menjulang dengan pepohonan hijau. Lokasinya memang sangat tepat untuk melarikan diri dari kesibukan dan sejenak menikmati waktu.

Berlibur ke sini memang keputusan tepat, apalagi sudah ada resort yang berada di atas laut layaknya Maladewa. Hanya saja, untuk menuju pantai ini, wisatawan harus melakukan perjalanan panjang yang melelahkan.

Liburan di pantai cantik ini juga memerlukan biaya yang mahal lantaran biaya transportasi dan akomodasinya yang tak kecil. Meski begitu, hal ini lantas tidak membuat wisatawan enggan untuk liburan di sini.

Harga Tiket Masuk Pantai Ora

pantai ora pulau seram

Berbeda dengan wisata pantai pada umumnya, tidak ada pengelolaan wisata di lokasi pantai ini kecuali resort. Jadi wajar jika tidak ada biaya tiket masuk alias harga tiket masuk Pantai Ora Seram adalah gratis.

Meski gratis, ada biaya besar yang harus ditanggung oleh para wisatawan yang hendak ke sini. Besaran biaya ke Pantai Ora tak main-main. Bisa capai jutaan rupiah untuk pembelian tiket pesawat, transportasi penyeberangan, dan penginapan.

Berikut kami informasikan perkiraan biaya transportasi dari Pelabuhan Amahai menuju ke lokasi wisata pantai:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Sewa Ferry – VIP Rp150.000,00
Sewa Ferry – Ekonomi Rp92.000,00
Sewa Mobil Rp800.000,00

Biaya trip ke pantai di atas tidak termasuk biaya transportasi lain yang wisatawan gunakan sebelum tiba di Pelabuhan Amahai. Artinya, biaya yang perlu disiapkan bisa lebih besar lagi.

Tapi bagi pengguna layanan paket wisata Salsa Wisata, biaya dapat ditekan dan bisa menjadi jauh lebih murah. Fasilitas transportasi dan akomodasi penginapan juga siap ditanggung oleh Salsa Wisata.

Rute Menuju Lokasi Pantai Ora

open trip Pantai Ora

Letak Pantai Ora Pulau Seram berada di Daerah Pulau Seram, Kec. Seram Utara, Kab. Maluku Tengah. Menariknya, pantai ini terletak di tepi Taman Nasional Manusela. Oleh sebab itu, cukup sulit untuk menjangkau lokasi.

Untuk rutenya, terdapat dua opsi rute, yaitu via darat atau via laut. Jika memilih jalur darat, wisatawan bisa memanfaatkan rental mobil terdekat. Akan tetapi, pada umumnya, peserta open trip lebih menyukai jalur laut karena lebih cepat.

Dari Pelabuhan Tulehu, Anda dapat menaiki kapal ferry menuju Pelabuhan Amahai. Setelah sampai di Pelabuhan Amahai, perjalanan berlanjut dengan menggunakan mobil sewa menuju Pelabuhan Desa Saleman.

Desa Saleman adalah salah satu dari dua desa yang mengapit pantai ini. Sesampainya di Desa Saleman, Anda harus menaiki perahu kecil untuk bisa sampai di pantai tujuan. Waktu tempuhnya sekitar 15 menit.

Daya Tarik Pantai Ora

Tak kalah eksotis dari Pantai Kuta Bali, wisata pantai ini menyuguhkan atraksi alam yang masih terjaga alami. Bahkan tidak berlebihan jika menyebut tempat ini sebagai pantai perawan karena hanya ada resort saja.

Dan berikut adalah rangkuman daya tarik yang bisa Anda dapati ketika menginjakan kaki Anda di pantai ini.

Snorkeling dan Diving

snorkeling di pantai ora ambon

Di Pulau Pramuka, snorkeling dan diving menjadi atraksi wisata unggulan. Begitu juga di wisata pantai ini. Pantai dengan air yang jernih ini sangat pas untuk kegiatan snorkeling dan diving.

Saat sedang snorkeling, jarak pandang antara dasar ke permukaan sekitar 2 hingga 3 meter saja. Anda dapat melihat keindahan bawah laut yang terdiri dari terumbu karang, ikan-ikan kecil, dan binatang laut lainnya yang memukau.

Sementara saat sedang diving, suguhan view alam bawah lautnya jauh lebih kompleks. Hal ini wajar karena spot diving di sini memiliki kedalaman yang di atas 3 meter.

Kedua kegiatan ini dapat Anda lakukan di spot yang berbeda. Lokasinya memang tak begitu jauh dari resort. Akan tetapi Anda tetap butuh perahu dengan kapasitas 6 hingga 7 orang untuk tiba di sana.

Wisata Budaya Suku Asli

Beberapa di antara penghuni Pulau Seram adalah suku asli Maluku. Mereka tinggal di Desa Saleman dan Desa Sawai. Keduanya juga populer dengan sebutan desa adat atau negeri adat.

Suku asli yang menghuni pulau ini adalah Suku Hoaulu dan Suku Alifuru. Wisatawan yang tertarik dengan wisata budaya ini dapat menjelajahi dua desa tersebut. Tenang, mereka juga ramah terhadap tamu atau wisatawan.

Kawasan desa keduanya sangat asri, hijau, dan segar. Pastinya juga sangat nyaman dan penuh ketenangan. Nuansa desanya benar-benar menyatu dengan alam dari bentuk bangunannya hingga kehidupan masyarakatnya.

Keindahan Panorama

pantai ora maluku

Ketika pertama kali menapakkan kaki di kawasan pantai, wisatawan akan takjub dengan kemegahannya dengan latar tebing tinggi dan hutan hijau. Apalagi pantainya berpasir putih bersih dan lembut di kaki.

Warna air di bibir pantai hijau toska dengan dasar yang berwarna putih. Airya jernih sehingga Anda dapat melihat dasar air dengan jelas. Kekayaan biota lautnya masih terjaga dengan sangat baik.

Tepat di belakang pantai adalah Taman Nasional Manusela yang penuh dengan pepohonan. Jadi, pantai ini sangat cocok untuk rileks bersama orang tercinta.

Berburu Kuliner Tradisional

Selain menikmati sajian kuliner dari resort, wisatawan juga dapat menjajal makanan khas Maluku Tengah dan kuliner lokal dari warga setempat. Sebagian besar kuliner di sini adalah olahan seafood dan sagu.

Lebih menariknya lagi, Anda juga bisa berkesempatan untuk menyaksikan proses pengolahan. Mulai dari bahan makanan yang masih mentah hingga siap santap. Pastinya sangat menarik, bukan?

Fasilitas di Pantai Ora

pantai ora resort

Fasilitas di kawasan wisata pantai ini masih terbilang minim. Wisatawan hanya bisa menggunakan fasilitas lengkap apabila menginap di resort.

Daftar fasilitas di dalam resort pastinya sudah lebih dari cukup. Mulai dari fasilitas kamar dan restoran yang sajikan ragam makanan khas Nunsatara yang mudah dibuat. Jika ingin melakukan kegiatan seperti snorkeling atau diving bisa hubungi pihak resort.

Jam Buka Pantai Ora

sunset di wisata pantai ora

Objek wisata pantai ini beroperasi setiap hari selama 24 jam. Tidak ada jam buka Pantai Ora dan tidak ada pula jam tutup. Wisatawan boleh mengunjungi pantai ini kapan saja.

Namun ada waktu terbaik yang direkomendasikan, yaitu sore hari saat menjelang sunset. Lain hal bagi pecinta fotografi. Siang hari yang cerah tentu akan menjadi momen yang tepat untuk melakukan pemotretan.

Jadi, kapan berwisata ke wisata Pantai Ora? Segera agendakan perjalanan wisata Anda ke salah satu tempat wisata di Indonesia yang terkenal ini. Jangan lupa pilih tour organizer terpercaya dan berpengalaman Salsa Wisata sebagai partnership Anda. Ada banyak pilihan paket wisata untuk liburan ke berbagai destinasi wisata hits.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)