SalSari Resto & Coffee

Apa yang pertama kali terlintas di benak Anda begitu mendengar kata “Wonogiri”? Sebagian langsung teringat bakso, sebagian lagi teringat Bukit Cumbri. Memang, kota di Jawa Tengah ini selain terkenal kulinernya, terkenal juga bukit dan pantainya. Nah, apakah Anda pernah dengar tentang Kitagawa Pesona Bali?

Jangan tertipu dengan namanya. Tempat ini tidak berada di pulau Bali, melainkan di Wonogiri. ini adalah salah satu tempat wisata kekinian yang jadi tempat hangout anak-anak muda.

Namun bukan cuma anak muda saja, kok. Ada banyak juga keluarga yang menghabiskan waktu di sini, karena tempatnya memang nyaman, cocok untuk semua pengunjung dari berbagai usia.

Sekilas Tentang Kitagawa Pesona Bali

Kitagawa Pesona Bali Wonogiri

Wisata kuliner khas Bali enak ini hadir dengan mengusung konsep Bali. Jadi, setiap sudut Kitagawa Pesona Bali memang memiliki atmosfer Bali yang sangat kental.

Masyarakat Jawa Tengah tidak perlu jauh-jauh ke Pulau Dewata kalau ingin merasakan suasana Bali, lengkap dengan kain poleng dan berbagai aksesoris dan dekorasi khas Bali lainnya.

Tempat wisata ini terbilang masih baru. Bapak Suparno selaku pemilik wisatanya sendiri yang meresmikan tempat ini pada tanggal 27 Desember 2019 silam. Namanya yang unik jadi salah satu alasan mengapa tempat ini selalu ramai wisatawan.

“Kitagawa” mungkin akan mengingatkan Anda pada nama Jepang. Namun, kata itu sendiri juga memiliki arti dalam bahasa Jawa, yang adalah “kita bawa”. Tempat wisata ini menyuguhkan berbagai spot foto unik, seperti patung, monumen, pendopo, dan suasana khas Bali.

Bukan cuma menjadi daya tarik bagi kota Wonogiri saja, hadirnya wisata ini juga berdampak baik bagi perekonomian masyarakat sekitar.

Pihak pengelola juga sudah menjalin kerjasama dengan karang taruna dusun Patoman, desa tempat wisata ini berada, untuk memberikan pelayanan yang baik bagi wisatawan. Dengan begitu,harapannya kawasan ini bisa jadi lebih maju.

Bukan cuma sekadar dekorasi khas Bali saja yang jadi daya tarik. Objek wisata ini juga dikelilingi dengan panorama alam yang indah. Langit yang biru jernih berpadu dengan perbukitan hijau di kejauhan. Ada warung-warung makan juga yang menjajakan berbagai makanan khas Jawa Tengah untuk Anda nikmati.

Harga Tiket Masuk Kitagawa Pesona Bali

Tidak mahal, kok, untuk bisa menikmati pemandangan alam di Kitagawa Pesona Bali. Harga tiketnya sangat terjangkau. Berikut ini rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk dewasa Rp5.000,00
Tiket masuk anak-anak Rp3.000,00
Harga makanan Rp9.000,00 – Rp26.000,00
Harga minuman Rp4.000,00 – Rp10.000,00

Harga tiket yang berlaku sama antara hari kerja dan akhir pekan. Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Rute Menuju Kitagawa Pesona Bali

kolam Kitagawa Pesona Bali

Kitagawa Pesona Bali ada di Jalan Mbelik Gede, Patoman, Desa Kayuloko, Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri. Jaraknya sekitar 19 km dari pusat kabupaten Wonogiri. Anda bisa berkendara melalui Jalan Wonogiri-Ponorogo selama 34 menit.

Akses menuju wisata ini juga cukup mudah. Kalau Anda berangkat dari pusat kota Wonogiri, Anda bisa melalui Sidoharjo. Setelah tiba di perempatan pasar Sidoharjo dan terminal Sidoharjo, belok kanan dan tetap di jalan utama sampai Anda tiba.

Memang jalannya tidak bisa dilalui oleh kendaraan umum. Karena itu, bagi Anda wisatawan yang berasal dari luar kota, kami sarankan untuk menggunakan jasa rental mobil plus driver murah. Atau, kalau Anda bepergian bersama rombongan, Anda juga bisa sewa bus pariwisata murah.

Daya Tarik Kitagawa Pesona Bali

Menurut pemiliknya, beliau mendirikan Kitagawa Pesona Bali awalnya adalah untuk memfasilitasi lansia supaya mereka bisa bersosialisasi sambil berwisata. Maka itu, aktivitas yang ada di sini umumnya sesuatu yang santai dan membuat rileks. Ini yang bisa Anda lakukan saat ada di Kitagawa:

Menikmati Kuliner Khas Bali dan Wonogiri

menu makanan Kitagawa Pesona Bali

Ada beragam menu yang ditawarkan di tempat wisata ini. Tentu saja, salah satunya adalah sajian khas Bali yang halal. Anda harus coba bebek sambal matahnya. Rasanya sangat luar biasa.

Selain itu, ada juga santapan khas Jawa Tengah enak, asal Wonogiri lebih tepatnya. Ada bakso dan tentu saja nasi tiwul, karena Wonogiri dikenal dengan sebutan kota gaplek. Gaplek adalah bahan dasar tiwul.

Tenang saja, untuk masalah harga, semua menu yang ada di sini harganya ramah di kantong. Kisaran harga makanannya cuma Rp10.000,00 sampai Rp25.000,00 per porsi. Untuk minumannya, harga maksimalnya cuma Rp10.000,00.

Menonton Pertunjukan Budaya

Bukan cuma menyantap makanan khas saja. Anda juga bisa menonton pertunjukan budaya yang secara rutin digelar di tempat wisata ini. Pertunjukan budaya ini biasanya diselenggarakan langsung oleh pihak pengelola yang sudah bekerja sama dengan sekolah sekitar.

Bapak Suparno sendiri menyatakan bahwa rencana ke depannya adalah mengadakan pertunjukan budaya yang dibawakan oleh anak-anak sekolah setiap hari. Dengan begitu, semua pengunjung bisa terhibur.

Berburu Spot Foto

spot foto Kitagawa Pesona Bali

Tentu saja, kegiatan wajib yang tidak boleh Anda lewatkan adalah berfoto di tempat ini. Sayang sekali kalau Anda tidak mengabadikan spot-spot cantik di Kitagawa. Karena wisata ini konsepnya outdoor, tentu tidak sulit bagi Anda.

Area outdoor ini diisi dengan bangunan-bangunan khas Bali, yang merupakan area favorit bagi pengunjung untuk berfoto. Ada juga berbagai patung yang bisa Anda jadikan sebagai latar belakang foto.

Fasilitas Kitagawa Pesona Bali

playground Kitagawa Pesona Bali

Secara keseluruhan, fasilitas yang ada di objek wisata ini sangat memadai. Pengelola ingin memastikan bahwa pengunjung bisa mendapatkan kenyamanan saat di sini. Fasilitas umum yang bisa Anda gunakan yaitu tempat parkir yang luas, playground, warung makan, spot foto, gazebo, toilet, dan taman.

Selepas makan dan berwisata, jangan lupa untuk mampir ke toko souvenir di dalam Kitagawa Pesona Bali ini. Ada banyak souvenir dan oleh-oleh makanan khas Jawa Tengah tahan lama yang bisa Anda bawa pulang.

Jam Operasional Kitagawa Pesona Bali

Kitagawa Pesona Bali ini buka setiap hari dari pukul 10.00 WIB sampai 16.00 WIB. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan saat berkunjung ke sini. Waktu terbaik untuk datang adalah di siang hari saat makan siang.

Apakah Anda tertarik untuk datang ke Wonogiri dan mengunjungi tempat wisata ini? Kalau ya, Anda bisa pesan liburan Anda sekarang lewat Salsa Wisata. Kami adalah agen perjalanan yang sudah berpengalaman mengatur liburan banyak orang.

Kami juga menyediakan beragam paket wisata yang bisa Anda sesuaikan dengan budget Anda. Paket wisata dari kami sifatnya fleksibel, yang berarti Anda bisa memilih sendiri berbagai destinasi yang ingin Anda kunjungi, termasuk misalnya Kitagawa Pesona Bali ini dan tempat wisata Wonogiri hits lainnya.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)