earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Berbagai macam tempat wisata di Wonogiri bisa menjadi alternatif destinasi menarik untuk Anda saat liburan. Selain wisata kuliner mie ayam baksonya yang terkenal, Kota ini juga menawarkan pesona menawan seperti sejumlah tempat wisata di Jogja populer.

Bahkan tidak sedikit wisatawan dari kota sekitar Wonogiri seperti Solo, Jogja, Klaten, Magetan, hingga Pacitan yang mampir bermain. Anda bisa menikmati keindahan pantai, nuansa pegunungan, hingga tempat nongkrong asyik bersama teman di setiap tempat wisata terbaik Wonogiri.

Penasaran ada apa saja wisata terkenal yang ada di Wonogiri? Berikut ini 18 rekomendasi terbaik yang tidak boleh Anda lewatkan:

Daftar Tempat Wisata di Wonogiri yang Lagi Hits

Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Berada di Wonogiri wajib sekali untuk mampir ke Waduk Gajah Mungkur. Waduk seluas 8.800 hektar saat penuh ini, punya banyak daya tarik mulai dari panorama, kuliner, hingga misteri semua ada.

Anda bisa bersantai sambil memancing menikmati panorama waduk yang tenang baik dari tepian atau melalui perahu sewaan. Bisa pula berkeliling mencoba berbagai wahana di taman satwa atau waterboom Gajah Mungkur.

Tempat ini juga tetap asyik Anda kunjungi saat musim kemarau karena dapat melihat sisa puing-puing desa yang tenggelam. Pengunjung yang datang juga bisa berfoto di sejumlah spot yang tersedia.

Tidak ada salahnya juga untuk mampir ke sejumlah restoran yang ramai dikunjungi wisatawan di sekitar waduk untuk beristirahat. Lokasi Waduk ini sendiri berada di Jl. Raya Pracimantoro-Wonogiri, Godean, Sendang, Wonogiri.

Anda bisa datang pada jam operasionalnya mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap harinya. Cukup dengan membayar tiket masuk Rp10.000,00 Anda sudah bisa menikmati pesona sejuk di waduk ini.

Pantai Nampu

Pantai Nampu

Selain waduk, Wonogiri juga mempunyai pantai cantik bernama Pantai Nampu yang wajib sekali Anda kunjungi. Pantainya berpasir putih dengan bukit hijau mengelilingi area sekitar pantai.

Saat surut, Anda bisa bermain air di batu karang sambil mencari ikan yang terjebak di celah karang. Bisa juga sambil bersantai menikmati kuliner dari atas bukit yang telah disediakan sejumlah warung.

Pantai ini juga sangat asyik untuk aktivitas camping seperti sejumlah Pantai Jogja yang terkenal di Gunung Kidul. Untuk masuk kawasan Pantai Nampu, Anda hanya perlu membayar biaya Rp5.000,00.

Waktu operasionalnya pun cukup lama mulai pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB sehingga pas untuk menikmati sunset. Anda bisa datang langsung ke alamatnya di Jl. Pantai Nampu, Petir, Gunturharjo, Paranggupito, Wonogiri.

Kitagawa Pesona Bali

Kitagawa Pesona Bali

Di Wonogiri, Anda juga bisa merasakan suasana seperti di Bali saat mengunjungi Kitagawa Pesona Bali. Wisata kampung Bali di Wonogiri ini merupakan sebuah restoran yang terinspirasi dari Desa Penglipuran Bali.

Jadi Anda bisa merasakan sensasi berkunjung ke Bali saat menikmati hidangan lezat di sini. Mulai dari melihat rumah khas Bali, gapura Bali, hingga patung penari Bali semua bisa Anda jadikan spot berfoto.

Tak hanya itu, selain menawarkan restoran dengan suasana nyaman, di sini Anda juga dapat menginap di villa bergaya Bali yang tersedia. Untuk tiket masuknya Anda hanya perlu membayar Rp5.000,00 per orang.

Sedangkan untuk jam operasional, tempat ini buka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB setiap harinya. Anda yang penasaran bisa mengunjungi lokasinya di Jl. Mbelik Gede, Patemon, Kayuloko, Sidoharjo, Wonogiri.

Goa Resi

Goa Resi

Pengalaman berbeda bisa Anda rasakan saat mengunjungi Goa Resi Wonogiri. Tempat wisata baru di Wonogiri ini langsung hits karena memiliki panorama yang alam yang indah seperti di Tumpeng Menoreh Jogja.

Lokasinya berada di sebuah bukit dan memiliki fasilitas lengkap dan nyaman untuk Anda nongkrong santai. Mulai dari spot foto di Taman Puncak, bermain air di Ailabay Waterpark, hingga ngopi di cafe Askara Bhumi semua bisa.

Sehingga wajar jika banyak tempat rental innova reborn di Jogja yang menawarkan tempat ini sebagai salah satu tujuan wisata. Jika Anda tertarik bisa datang ke lokasinya yang berada di Jl. Goa Resi, Nglarangan, Conto, Bulukerto, Wonogiri.

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIb hingga pukul 17.00 WIB. Untuk tiket masuknya Anda hanya perlu membayar biaya sekitar Rp7.000,00 hingga Rp15.000,00 per orang.

Soko Langit Wonogiri

Soko Langit Wonogiri

Wisata Soko Langit termasuk salah satu tempat wisata populer di Jawa Tengah yang ada di Wonogiri. Tempat ini menawarkan suasana asri pegunungan yang bisa Anda nikmati sambil berenang pada ketinggian 1000 mpdl.

Terdapat dua jenis kolam yang bisa Anda coba di sini yakni infinity pool dewasa dan juga kolam anak. Selain berenang Anda juga dapat mencoba wahana outbound dan menjelajah taman buah di area sekitarnya.

Seperti halnya Umbul Sidomukti, Soko Langit juga memiliki fasilitas cafe untuk Anda bersantai melepas penat. Namun jalur menuju lokasinya cukup berat sehingga perlu bantuan sopir dari rental mobil avanza di Solo yang siap mengantar.

Lokasinya sendiri bertempat di daerah Nglarangan, Conto, Bulukerto, Wonogiri dan buka pukul 07.00 WIB sampai 17.30 WIB. Untuk tiket masuknya tempat ini mematok biaya sekitar Rp10.000,00 per orang.

Waduk Pidekso

Waduk Pidekso

Selain Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri juga mempunyai waduk baru yang tak kalah menarik yakni Waduk Pidekso. Waduk yang baru resmi Desember 2021 ini langsung menarik perhatian warga seperti halnya Waduk Kedung Ombo.

Tiap pagi dan sore warga sekitar tampak sering memadati area sekitar waduk. Di sini Anda bisa menikmati keindahan waduk dari menara pandang sambil berfoto ria.

Tak hanya itu, tidak jauh dari lokasi waduk, Anda juga bisa mengunjungi Pasar Jadul yang menjual berbagai kuliner termasuk makanan khas Solo yang enak. Jika Anda ingin juga merasakan serunya bisa datang ke Daerah Mering, Pidekso, Giriwoyo, Wonogiri.

Tempat wisata ini buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap hari. Saat ini tiket masuknya masih gratis sehingga cocok sekali menjadi destinasi alternatif Anda.

Menara Pandang Soko Gunung

Menara Pandang Soko Gunung

Panorama kota Wonogiri yang menawan juga bisa Anda nikmati dari ketinggian 780 mdpl Menara Pandang Soko Gunung. Tidak kalah cantik dari Bukit Senyum Motung yang menampilkan view Toba, dari sini Anda juga dapat melihat Bendungan Gajah Mungkur.

Dengan viewnya tersebut Menara Pandang Soko Gunung termasuk salah satu destinasi favorit wisatawan untuk berfoto. Berbagai spot foto menarik pun bisa Anda dapatkan saat berkunjung dan camping di sini.

Bahkan saat sunset atau sunrise, keindahan dari menara pandang ini mampu menyaingi Kebun Buah Mangunan di Jogja. Anda bisa datang setiap hari mulai pukul 05.00 WIB hingga 17.30 WIB.

Tiket masuknya juga masih sangat murah sekitar Rp5.000,00 per orang. Alamat Menara Pandang Soko Gunung ini bisa Anda temukan di Daerah Sokogunung, Sendang, Wonogiri.

Gua Maria Sendang Ratu Kenya

Gua Maria Sendang Ratu Kenya

Wonogiri juga mempunyai wisata religi bagi umat katolik bernama Goa Maria Sendang Ratu Kenya. Seperti halnya Goa Maria Pohsarang, salah satu tempat wisata Kediri terkenal, tempat ini juga berfungsi sebagai sarana ibadah.

Pengunjung yang datang dapat beribadah sembari rekreasi menikmati suasana asri lingkungan sekitar goa maria. Bentuk goanya juga terlihat unik dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Suasananya yang asri sangat cocok untuk Anda umat kristiani yang ingin menyepi melepas penat sejenak. Jika ingin mengunjungi tempat ini bisa memanfaatkan layanan sewa elf Solo murah yang siap antar langsung ke lokasi.

Alamat tempat ini sendiri berada di Jl. Ngampohan Platarejo, Ngompuan, Platarejo, Giriwoyo, Wonogiri. Anda bisa datang kapan saja karena tempat ini gratis dan buka selama 24 jam penuh setiap harinya.

Pantai Karang Payung

Pantai Karang Payung

Rekomendasi pantai cantik yang tidak boleh Anda lewatkan selanjutnya adalah Pantai Karang Payung. Pesona pantai ini terbilang mirip dengan Pantai Kelingking salah satu jajaran pantai terindah di Indonesia.

Dinding tebing batu besar yang berada di salah satu sisi pantai jadi daya tarik dan ciri utama pantai ini. Sambil bermain di pasirnya yang putih, Anda dapat bersantai dengan tenang berkat suasana yang masih sepi.

Rute menuju pantai ini pun cukup menantang, karena harus melewati sawah dan jalan setapak. Seperti salah satu pantai di Pacitan yang jadi tempat wisata viral di Jawa Timur.

Anda yang penasaran dengan keindahan pantai ini bisa datang ke Daerah Palem, Gunturharjo, Paranggupito, Wonogiri. Pantai ini buka selama 24 jam dengan tiket masuk yang gratis tanpa biaya.

Gunung Pegat

Wisata Gunung Pegat Wonogiri

Tidak jauh dari Wonogiri tepatnya di daerah Sukoharjo Anda bisa mengunjungi Gunung Pegat. Berbeda dengan Gunung Pegat yang ada di jalur Wonogiri Pacitan, tempat ini tidak angker dan punya banyak spot foto.

Pengunjung yang datang bisa puas selfie menikmati panorama sunset di spot-spot menarik yang ada. Misalnya saja seperti spot balon udara, sayap, dan juga kolam renang.

Gunung ini juga punya mitos sama seperti Coban Rondo, yakni pasangan kekasih yang datang kisah cintanya akan pupus di tengah jalan. Anda yang ingin berkunjung bisa datang ke Klile, Karangasem, Bulu, Sukoharjo sekitar 15 menit dari Kota Wonogiri.

Wisata di bukit ini buka mulai pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB hari Senin hingga Kamis dan 24 jam di akhir pekan. Tiket masuk kawasan wisata ini masih sangat murah sekitar Rp1.000,00 hingga Rp15.000,00.

Kahyangan Dlepih

Kahyangan Dlepih

Wisata unik di Wonogiri yang bisa jadi alternatif destinasi Anda selanjutnya berada di Daerah Dlepih, tepatnya wisata spiritual Kahyangan. Area air terjun sekaligus goa di tempat ini diyakini menjadi petilasan Panembahan Senopati untuk bertemu Kanjeng Ratu Kidul.

Sehingga kesan mistis di kawasan air terjunnya yang cantik begitu terasa namun tetap mempesona. Jika Anda penasaran, bisa datang ke lokasinya di Jl. Sinambung, Dlepih, Tirtomoyo, Wonogiri.

Tempat ini buka selama 24 jam dan selalu ramai saat Jumat Kliwon, Selasa Kliwon, dan Malam Suro. Untuk tiket masuknya sendiri hanya sekitar Rp2.500,00 hingga Rp5.000,00 per orang.

Bukit Cumbri

Bukit Cumbri

Berada di perbatasan antara Wonogiri dan Ponorogo, Bukit Cumbri menjadi destinasi favorit wisatawan untuk menikmati sunrise. Area puncaknya yang asri memiliki pemandangan menawan saat matahari terbit seperti di Puncak Suroloyo.

Dengan tinggi yang kurang dari 1000 mdpl, Anda sudah bisa mendapatkan panorama lautan awan saat camping di area puncak. Pendakian gunung ini bisa Anda capai dari dua jalur, salah satunya di Daerah Senayu, Biting, Purwantoro, Wonogiri.

Tempat ini buka selama 24 jam namun waktu terbaik mendaki biasanya sore hari untuk persiapan camping. Sedangkan tiket masuknya sekitar Rp3.500,00 per orang.

Pantai Sembukan

Pantai Sembukan

Satu lagi pantai yang recommended untuk Anda kunjungi di Wonogiri yakni Pantai Sembukan. Ukurannya kecil namun bentang alamnya sangat menawan dengan batu karang dan pasir putihnya.

Bahkan pesonanya mirip dengan Pantai Wohkudu yang eksotis dan asyik untuk bersantai. Untuk masuk kawasan pantai ini, Anda hanya perlu membayar biaya sekitar Rp5.000,00 per orang.

Anda bisa mengunjungi pantai ini mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB setiap harinya. Alamatnya sendiri berada di Daerah Kranding, Paranggupito, Wonogiri tidak jauh dari perbatasan Jogja Wonogiri.

Gunung Kelir

Gunung Kelir

Panorama lautan awan juga bisa Anda dapatkan saat camping dan mendaki Gunung Kelir. Ukurannya pun tidak terlalu tinggi karena hanya butuh sekitar 30 hingga 45 menit untuk bisa sampai ke puncak gunung berbentuk layar ini.

Selain itu, keindahan sunset dan sunrisenya tidak kalah cantik dari kawasan wisata Gunung Bromo. Langsung saja datang ke Daerah Tekil Wetan, Sembukan, Sidoharjo, Wonogiri jika ingin menikmati keindahan tempat ini.

Biaya retribusinya pun masih sangat terjangkau yakni sekitar Rp5.000,00 per orang. Gunung ini juga buka selama 24 jam jadi Anda bisa lebih bebas menentukan waktu pendakian.

Telaga Claket

Telaga Claket

Anda yang belum sempat mengunjungi Ranu Kumbolo bisa mampir sejenak ke Telaga Claket di Wonogiri. Area danau yang berada di lereng Bukit Widodaren ini punya pemandangan yang sangat menawan.

Tidak sedikit wisatawan yang datang menjadikan tempat wisata instagramable di Wonogiri ini sebagai spot berfoto. Apalagi lokasinya yang berada di Jl. Claket, Keblokan, Sendangijo, Selogiri, Wonogiri punya akses begitu mudah.

Tiket masuknya pun cuma Rp5.000,00 per orang jadi sangat pas untuk liburan murah. Anda bisa mengunjungi telaga ini antara pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB setiap harinya.

Istana Parnaraya

Istana Parnaraya

Destinasi unik yang bisa jadi pilihan tujuan Anda selanjutnya adala Istana Parnaraya. Replika Istana Negara ini menyimpan banyak koleksi seni dan kendaraan jadul yang instagramable.

Anda bisa merasakan sensasi mengunjungi istana kepresidenan saat masuk ke tempat wisata Wonogiri yang lagi hits ini. Letak tempat wisata ini sendiri berada di Jl. Alternatif Jatiroto-Wonogiri, Kebonagung, Sidoharjo, Wonogiri.

Hanya dengan membayar Rp5.000,00 per orang, keseruan pengalaman menjadi tamu negara bisa Anda dapatkan. Istana Parnaraya ini bisa Anda kunjungi setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Museum Karst

Museum Karst

Salah satu museum unik yang bisa Anda temukan di Wonogiri adalah Museum Karst. Museum ini menyimpan koleksi berbagai macam batuan sejak masa pra-sejarah yang tersebar di sekitar Wonogiri dan sekitarnya.

Cocok sekali menjadi salah satu destinasi wisata edukasi untuk Anda yang sedang berada di Wonogiri. Alamat museum ini berada di Jl. Taruna Hardo, Karanglo Wetan, Gebangharjo, Pracimantoro, Wonogiri.

Museum batuan ini buka mulai pukul 08.30 WIB hingga 15.30 WIB setiap hari kecuali hari Jumat karena tutup. Untuk masuk pun Anda tidak perlu membayar mahal hanya sekitar Rp4.000,00 hingga Rp5.000,00 per orang.

Gunung Gandul

Gunung Gandul

Rekomendasi gunung yang bisa Anda daki selanjutnya di Wonogiri adalah Gunung Gandul. Letak gunung ini berada di tengah kota sehingga panorama puncaknya sangat menawan terutama saat malam hari.

Anda bisa camping atau sekedar hiking untuk menikmati keindahan panorama gunung ini. Namun Anda harus berhati-hati karena suasana yang masih asri, cukup banyak hewan seperti monyet yang berkeliaran.

Untuk Anda yang ingin mendaki bisa datang ke Jl. Gn. Gandul, Giriwono, Wonogiri. Tempat ini buka selama 24 jam dengan tiket masuk sekitar Rp2.000,00 hingga Rp5.000,00 per orang.

Umbul Nogo

Umbul Nogo

Bukan hanya tempat wisata di Klaten saja yang mempunyai umbul cantik, Wonogiri juga punya, Umbul Nogo namanya. Suasananya yang asri dan rindang sangat pas untuk bersantai.

Tapi berbeda dengan umbul yang ada di Klaten, kolam besar di umbul ini tidak untuk berenang namun untuk ikan. Tiket masuk umbul ini pun sangat murah yakni Rp7.000,00 dan sudah termasuk parkir.

Anda bisa mengunjungi dan bermain air di tempat ini setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB. Lokasinya berada di Gunungan, Karang Lor, Manyaran, Wonogiri.

Itulah tadi beberapa rekomendasi terbaik tempat wisata di Wonogiri dari Salsa Wisata yang wajib Anda kunjungi. Kunjungi pula lebih banyak destinasi menarik bersama layanan Salsa Wisata yang siap menemani waktu Anda liburan.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)