SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Wisata Wonogiri tidak kalah menarik dengan daerah lain di Jawa Tengah, salah satunya seperti Bukit Cumbri. Ya, ini adalah bukit, bukan gunung tapi dari puncaknya Anda bisa menyaksikan kemegahan ciptaan Tuhan.

Ketika pagi hari saat cuaca cerah, dari puncak bukit ini wisatawan bisa merasakan seperti sedang berada di negeri atas awan. Jalur menuju wisata ini cukup mudah, Anda bisa memanfaatkan jasa rental mobil Klaten atau menggunakan kendaraan pribadi juga tidak masalah.

Hanya saja, dari area parkir Bukit Cumbri Wonogiri, wisatawan perlu berjalan kaki, mendaki hingga ke puncak. Memang cukup melelahkan, tapi begitu sampai di atas, panorama eksotisnya akan menghipnotis mata Anda hingga lupa akan rasa lelah. Semua terbayar secara kontan.

Sekilas Tentang Bukit Cumbri

Bukit Cumbri merupakan wisata alam yang sejak tahun 2015 menjadi perbincangan terutama di Wonogiri dan sekitarnya. Popularitasnya mulai tersiar setelah foto-foto wisatawan yang berada di puncak tersebar di media sosial.

Hingga akhirnya rasa penasaran wisatawan itu berubah menjadi perjalanan wisata ke sini. Bukit ini memiliki ketinggian 638 meter di atas permukaan laut (mdpl). Walau tidak terlalu tinggi, tapi pemandangan dari puncak begitu menakjubkan.

Apalagi, trek pendakian juga tergolong mudah sehingga pendaki pemula atau masyarakat umum pun tidak akan mendapati masalah. Walau begitu, tetap saja membutuhkan stamina dan ekstra hati-hati jika ingin sampai puncak.

Ya, jalur pendakian yang mudah dan pendek serta view yang instagramable di puncak. Sehingga wajar jika wisatawan ramai datang ke sini, apalagi saat akhir pekan untuk bersantai atau camping.

Anda bisa menggunakan jasa rental Hiace Solo, jika berangkat dari Solo, dan mulai perjalanan pagi hari. Bahkan, jika ingin menyaksikan sunrise, perjalanan bisa Anda lakukan dini hari atau dengan menginap dengan cara berkemah.

Daya Tarik Bukit Cumbri

Wisata Bukit Cumbri

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Bukit ini memiliki cukup banyak daya tarik utama dari mulai view alamnya, sunrise hingga keseruannya berkemah. Berikut ini beberapa daya tarik yang pastinya akan membuat wisatawan terpesona sehingga datang berkunjung.

Jalur Pendakian Bukit Cumbri

Netizen mungkin baru mengetahui bahwa di Wonogiri ada bukit yang menyimpan keindahan mengagumkan. Namun, bagi warga lokal, bukit yang puncaknya terdapat bebatuan ini sudah lama menjadi destinasi wisata.

Lokasinya memang strategis dan tidak jauh dari jalan raya. Pengunjung yang belum memiliki pengalaman mendaki pun tidak perlu khawatir. Jalur pendakian di Bukit Cumbri tergolong mudah.

Anda bisa memilih satu dari 3 pintu yang ada untuk bisa mendaki ke puncak. Ada Pintu Timur yang berada di Dusun Jatisari dan Pintu Tengah di Dusun Sumber. Keduanya ada di Desa Biting.

Tapi yang terkenal adalah Pintu Barat di Dusun Kepyar. Hal ini karena pendakian melalui jalur ini lebih mudah. Waktu tempuhnya juga tidak terlalu lama, hanya sekitar 1 – 2 jam saja. Ini tergantung dari kecepatan pendaki.

Inilah alasan kenapa pendaki pemula Bukit Cumbri sebaiknya memilih Pintu Barat daripada yang lain. Jalur dari Desa Biting cukup ekstrim dan lebih menantang bahkan cenderung berbahaya jika tidak hati-hati.

Ini karena jalurnya yang hanya setapak berseberangan langsung dengan jurang. Namun, kata pendaki yang melewati jalur ini, pemandangan yang ada di jalur Desa Biting lebih indah.

Pemandangan Ciamik dari Puncak

Jika berangkat dari Jogja, bisa menikmati wisata kuliner Klaten terlebih dahulu sebelum berangkat menuju Wonogiri. Ya, karena jalur pendakian, walaupun mudah tetap cukup menantang apalagi bagi pemula.

Jalur dari Dusun Kepyar terdiri dari jalan setapak dan kontur tanahnya agak licin dan terjal. Apalagi jika melakukan pendakian di pagi hari saat embun masih menempel di rerumputan maupun bebatuan.

Vegetasi dan semak belukar memang tidak banyak, tapi tetap saja pendakian menuju puncak akan menguras tenaga. Oleh sebab itu, pastikan fisik dalam keadaan prima sebelum Anda memulai perjalanan.

Di tengah pendakian, pendaki akan melewati perkebunan jambu monyet milik warga. Sebaiknya untuk tidak mengambil buah, nikmati saja pemandangan yang disuguhkan alam.

Setelah sampai puncak wisata Bukit Cumbri Anda akan melihat di puncak ada banyak padang rumput dan bebatuan. Hal yang perlu menjadi perhatian adalah bahwa bukit ini merupakan habitat kera.

Masih ada banyak kawanan kera liar yang hidup di puncak bukit ini. Oleh sebab itu, jangan memberi makan sembarangan, jangan mengganggu dan jangan membuang sampah sembarangan selama mendaki.

Camping, Sunrise dan Sunset

View di puncak benar-benar mengagumkan dan tidak bisa digambarkan dengan kata-kata. Apalagi saat matahari mulai terbit, viewnya benar-benar terlihat seperti sedang berada di negeri atas awan.

Ini karena saat sunrise, awan masih berada di bawah sedangkan Anda berada di atasnya. Pemandangan ini sangat langka apalagi mengingat kawasan puncak bukit ini tidak terlalu tinggi seperti Gunung Sikunir.

Tidak hanya sunrise, tapi saat matahari mulai terbenam, panorama senja di atas awan juga bagai lukisan sebuah negeri dongeng. View Bukit Cumbri memang layak untuk Anda perjuangkan. Jika ingin melihat sunrise, sebaiknya bermalam di puncak dengan camping.

Pendaki bisa juga menginap di rumah warga dengan harga sesuai negosiasi. Jika ingin menyaksikan sunset dengan rona senja, pendakian bisa dimulai dari jam 15.00 WIB untuk memastikan Anda sampai sebelum matahari terbenam.

Fasilitas di Bukit Cumbri

Tiket Masuk Bukit Cumbri

Di jalur pendakian sampai ke puncak, tidak ada fasilitas apapun. Hanya ada jalan setapak dari kaki bukit sampai ke puncak. Fasilitas seperti lahan parkir dan mushola hanya ada di kaki bukit.

Sehingga, sebaiknya bawa perbekalan bisa berupa makanan khas Klaten atau lainnya dan peralatan medis secukupnya. Dengan begitu perjalanan wisata Anda akan lebih aman selama pendakian.

Harga Tiket Masuk Bukit Cumbri

Tiket masuk wisata Bukit Cumbri ini juga sangat terjangkau tidak lebih dari Rp5.000,00 saja. Sedangkan untuk tinggal di homestay warga, biayanya tergantung negosiasi. Untuk camping, tidak ada biaya alias gratis dengan membawa peralatan dan perlengkapan sendiri.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp3.500,00
Parkir Kendaraan Rp5.000,00 – Rp10.000,00

Rute Menuju Lokasi Bukit Cumbri

Lokasi Bukit Cumbri

Bukit Cumbri terletak di Desa Kepyar, Kec. Purwantoro, Kab. Wonogiri. Dari pusat Kota Wonogiri jaraknya lumayan jauh. Sebaiknya manfaatkan peta digital untuk mendapatkan rute tercepat.

Semua pintu jalur pendakian berada di Kecamatan Purwantoro. Sehingga jika tidak mengikuti map, Anda bisa mengarahkan kendaraan ke kec. Purwantoro.

Jam Buka Bukit Cumbri

Bukit Cumbri buka setiap hari selama 24 jam tanpa batasan waktu. Sehingga Anda bisa menikmati momen sunrise dan sunset dari puncak bukit di atas awan ini kapanpun waktu yang Anda inginkan.

Untuk Anda yang berangkat dari Solo, manfaatkan paket tour gathering Solo dari Salsa Wisata. Layanan ini akan membawa Anda berkeliling Solo dengan mudah ke berbagai destinasi yang Anda inginkan di Solo dan sekitarnya.

Begitu juga jika Anda ingin berkunjung ke Bukit Cumbri, perjalanan pasti akan lebih seru, menyenangkan, aman dan nyaman. Silahkan hubungi Salsa Wisata sekarang dan dapatkan pengalaman liburan seru bersama kami.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Zaki

Penulis yang senang makan dan melakukan hal menyenangkan sambil jalan-jalan bersama rekan.
By Categories: Destinasi, Wonogiri



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)