earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Wisata alam di Sumatera Barat hampir tidak ada habisnya, ada banyak tempat yang bisa Anda pilih seperti Lembah Harau. Kawasan lembah di terkenal memiliki panorama yang indah seperti di Ngarai Sianok.

Selain itu terdapat juga berbagai macam pilihan destinasi menarik yang menawarkan keindahan lembah ini. Jadi wisatawan tidak akan bosan mengunjungi satu destinasi saja.

Mau tahu ada hal menarik apa saja yang bisa Anda dapatkan di Daerah Payakumbuh ini? Simak saja ulasan lengkapnya berikut:

Sekilas Tentang Lembah Harau

Lembah Harau merupakan sebuah ngarai yang berada di Payakumbuh dan jadi destinasi favorit banyak orang. Luasnya sekitar 270.5 hektar dengan dua tebing cadas setinggi 100 sampai 500 meter mengapit di kedua sisi.

Nama lembah ini sendiri berasal dari kata lembah dan harau atau parau. Konon katanya, warga di sekitaran bukit ini dulu sering terkena banjir dan longsor.

Sehingga mereka sering sekali berteriak untuk memperingatkan warga yang lain. Akibatnya, sebagian besar warga yang di tempat ini memiliki suara yang parau.

Selain asal usul namanya yang unik, wisata alam ini juga termasuk salah satu kawasan cagar alam. Kondisi alamnya yang masih asri dan unik menjadi habitat bagi banyak hewan.

Bahkan Anda masih bisa melihat dengan jelas hewan-hewan seperti kera berkeliaran bebas di sekitar area lembah. Selain itu menurut para peneliti, batuan yang ada di sini sudah berusia lebih dari 30 juta tahun.

Keeksotisan tebing batu di lembah ini semakin indah dengan banyaknya air terjun yang bisa Anda temukan di sepanjang jalan. Bahkan beberapa di antaranya termasuk tempat wisata Padang yang lagi hits.

Selain itu, tempat ini juga menawarkan banyak spot menarik yang bisa Anda nikmati saat liburan. Jadi sangat sayang jika Anda melewatkan keindahan panorama bukit satu ini.

Daya Tarik Lembah Harau

Kampung Eropa Harau

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Kawasan wisata yang luas ini memiliki banyak hal menarik yang bisa Anda dapatkan saat berkunjung. Mulai dari suasananya yang asri hingga keseruan seperti di tempat rekreasi semua ada dan berikut beberapa di antaranya:

Spot Asyik Bersantai

Hawa sejuk dataran tinggi akan langsung terasa saat Anda memasuki kawasan lembah ini. Areanya sendiri berada pada ketinggian 500 hingga 850 mdpl sehingga terasa sangat nyaman.

Tidak sedikit wisatawan yang datang sengaja untuk beristirahat dan bersantai menikmati pemandangan. Sambil duduk santai di rest area, Anda bisa melihat dinding tebing breksi yang cantik memanjang sepanjang jalan.

Dengan suasananya yang asri, rasa penat dan lelah selama perjalanan bisa langsung hilang. Kesejukan di tempat ini tidak jauh berbeda dengan Puncak Lawang yang ada di Agam.

Kesempatan bersantai di sini pun selalu menjadi momen berfoto seru bagi wisatawan. Bahkan tidak jarang sejumlah sesi pemotretan berlangsung di kawasan tebing ini.

Air Terjun Pinggir Jalan

Menurut para peneliti, lembah ini terbentuk akibat penurunan lempeng bumi. Sehingga aliran sungai yang dulu mengalir sekarang berubah menjadi air terjun di 7 titik tebing.

Salah satu air terjun Lembah Harau yang paling populer adalah Air Terjun Aka Barayun. Nama ini muncul karena bentuk air terjun yang terlihat seperti akar berayun di tepi tebing.

Seperti halnya Air Terjun Efrata di Samosir, selain dapat menikmati keindahannya, pengunjung juga bebes bermain air. Kolam alami yang cukup besar dan dangkal aman untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Selain Aka Barayun, air terjun seperti Sarasah Donat, Sarasah Talang, Sarasah Murai, dan Sarasah Boenta juga bisa Anda pilih sebagai destinasi. Suasana sejuk dan gemericik airnya menjadi obat lelah dan penat Anda.

Kampung Eropa

Destinasi menarik lain di tempat ini adalah Kampung Eropa Harau atau yang terkenal dengan nama Harau Dream Park. Seperti namanya, daya tarik utama tempat ini adalah nuansa Eropa yang terlihat dari sejumlah bangunannya.

Bukan itu saja, di sini Anda juga bisa bermain dan berfoto di kampung Korea serta Kampung Jepang yang cantik. Beberapa wahana menatang seperti sepeda terbang, flying fox juga bisa Anda coba di sini.

Landscape khas Eropa, Korea, dan Jepang serta wahana yang di sini tidak kalah apik dari sejumlah tempat wisata di Bandung yang seperti luar negeri.

Jadi wajar jika tempat ini juga menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan saat mengunjungi lembah instagramable di Kabupaten Lima Puluh Kota ini.

Staycation

Di sekitar kawasan lembah ini juga terdapat banyak penginapan, bungalow, serta villa yang bisa Anda pilih untuk staycation. Suasana asri dan sejuknya sangat pas untuk Anda yang ingin healing.

Beberapa area di sekitar lembah pun bisa Anda manfaatkan untuk lokasi camping seperti di area bukit. Dari atas bukit ini, Anda dapat menyaksikan panorama berbeda lembah yang apik dan tentunya menarik.

Kulineran

Sambil bersantai, Anda juga bisa menikmati berbagai sajian makanan khas Padang di warung yang ada di sekitar lembah. Menu seperti rendang dan sate Padang bisa Anda santap sepuasnya dengan rasa otentik.

Harga makanan di sini pun tidak terlalu mahal dengan rasa yang enak. Perut Anda yang tadinya lapar, bisa pulang dengan kenyang sehingga liburan Anda ke tempat ini akan jadi lebih senang.

Fasilitas di Kawasan Wisata Lembah Harau

Air Terjun Lembah Harau

Sebagai kawasan yang luas, fasilitas di lembah ini bervariasi tergantung destinasi yang Anda pilih. Namun rata-rata sudah memiliki tempat parkir yang memadai dan muat untuk banyak kendaraan.

Selain itu, toko oleh-oleh khas Padang pun bisa Anda jumpai baik di pinggir jalan maupun destinasi wisata sepanjang lembah ini. Khusus di tempat wisata seperti Harau Dream Park atau penginapan, fasilitasnya lebih lengkap lagi.

Toilet, mushola, serta fasilitas umum lain tersedia dan bisa Anda nikmati secara percuma. Dengan begitu kunjungan Anda ke lembah ini akan sangat nyaman dan memuaskan.

Harga Tiket Masuk Lembah Harau

Secara umum tempat ini bisa Anda nikmati gratis sepuasnya. Tapi untuk beberapa destinasi wisata ada biaya yang harus Anda bayarkan jika ingin berkunjung, berikut rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Lembah Harau Gratis
Tiket Masuk Harau Dream Park Rp20.000,00 – Rp40.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah. Namun bisa Anda jadikan bahan perkiraan biaya saat akan berkunjung.

Rute Menuju Lokasi Lembah Harau

Lokasi Lembah Harau

Lokasi lembah ini berada di Daerah Tarantang, Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Jaraknya sekitar 15 km atau 30 menit perjalanan dari Kota Payakumbuh.

Rute menuju tempat ini pun sangat mudah karena berada dekat dengan jalur utama Padang Jambi. Dari Kota Payakumbuh Anda bisa melewati Jl. Sudirman lurus hingga ke Jl. Raya Tarantang.

Sepanjang Jl. Raya Tarantang dan Jl. Lembah Harau inilah keindahan tebing batu ini bisa Anda nikmati. Jika Anda ingin menikmati panorama lembah dengan santai, layanan rental mobil bulanan dari Salsa Wisata bisa jadi pilihan.

Ada banyak pilihan kendaraan terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mengunjungi destinasi wisata ini. Salah satunya paket rental mobil Avanza Padang plus sopir yang akan mengantar Anda kemanapun tujuannya.

Jam Operasional Lembah Harau

Untuk Lembah Haraunya sendiri, bisa Anda nikmati selama 24 jam penuh setiap hari. Tapi beberapa destinasi di sekitarnya baru buka sekitar pukul 08.00 WIB dan tutup pada pukul 17.00 WIB.

Waktu terbaik mengunjungi tempat ini biasanya saat pagi hari ketika udara masih segar dan sejuk. Usahakan pula untuk datang saat cuaca cerah agar Anda bisa puas bermain.

Lembah Harau ini cocok sekali untuk Anda yang ingin bersantai melepas penat atau liburan bersama teman. Apalagi banyak destinasi menarik yang bisa Anda kunjungi di sekitarnya.

Nikmati juga keseruan lain di seluruh tempat wisata Indonesia bersama layanan dari Salsa Wisata. Dengan layanan penuhnya, liburan Anda pasti jadi lebih mudah dan berkesan. Selamat Liburan.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)