earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Samosir adalah pulau di tengah Danau Toba yang menyimpan sejumlah objek wisata alam yang menarik. Salah satu contohnya adalah Air Terjun Efrata Samosir yang menjulang tinggi 20 meter di atas permukaan tanah.

Wisata air terjun ini berada 186 KM jauhnya dari Medan. Jarak yang sangat jauh tak menyurutkan niat wisatawan dari Medan untuk mendatangi tempat wisata Indonesia yang viral ini.

Meski jauh, air terjun ini tetap menjadi incaran para wisatawan karena menyajikan bentangan dan keindahan alam yang sungguh menakjubkan.

Sekilas Tentang Objek Wisata Air Terjun Efrata

Air Terjun Efrata Harian Boho merupakan destinasi wisata alam yang berada di Solok Dolok, Harian, Samosir. Tempat ini beroperasi dari pagi sampai malam dengan jumlah pengunjung yang tak pernah surut.

Dengan biaya masuk yang murah, air terjun ini jadi lokasi wisata favorit, terutama untuk wisatawan yang mendambakan liburan hemat.

Lokasi wisata air terjun ini memiliki nama lain Sampuran Efrata yang rupanya memiliki arti yang sangat indah. Efrata artinya adalah ‘taman suci dan indah’.

Asal mula nama ‘Efrata’ sendiri juga memiliki kisah yang unik. Kisah ini berawal dari kedatangan rombongan wisman yang sedang melakukan kunjungan di Sosor Dolok.

Mereka sangat terpukau dengan keindahan alam yang ada di hadapan mereka. Lalu mereka mengucapkan ‘Efrata waterfall!’. Sejak saat itu, masyarakat sekitar menyebut air terjun di Samosir ini dengan nama Efrata.

Karena letaknya dekat dengan Danau Toba dan Menara Pandang Tele, wisata Samosir ini juga kerap dinamai air terjun Tele. Air terjun ini juga masuk dalam rangkaian destinasi wisata Samosir paling populer bersama dengan sejumlah tempat wisata lainnya.

Sampuran Efrata ini merupakan green area yang sangat luas. Posisinya terapit oleh kawasan perbukitan dan juga pegunungan.

Posisi tepatnya tak begitu jauh dari jalur utama dan melewati sebuah bukit yang sangat terkenal di Samosir, yakni Bukit Holbung. Wajar jika bentangan alamnya berupa hutan alami yang hijau dan asri. Sementara untuk air terjunnya sendiri terlihat melebar seperti tirai air.

Untuk mendukung kenyamanan para pengunjung, sejumlah fasilitas telah tersedia. Meski masih berupa fasilitas yang masih sederhana dan masih perlu ditingkatkan, setidaknya fasilitas-fasilitas ini masih bisa berfungsi secara layak.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Efrata

Air Terjun Efrata Samosir

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Sederet daya tarik ini merupakan alasan utama mengapa wisata air terjun ini tak boleh Anda abaikan.

Hijaunya Area Persawahan

Pertama kali tiba di Harian, Anda akan dimanjakan oleh hamparan area persawahan yang membentang luas berwarna hijau. Anggap saja panorama sawah yang menyejukan ini adalah menu pembuka sebelum tiba di tempat wisata terdekat, Sampuran Efrata.

Tatkala sedang musim panen, area sawah akan tampak menguning. Pemandangan ini sontak membuat pikiran orang yang memandangnya rileks.

Sebaliknya, saat musim tanam, lahan pertanian akan menghijau – menambah kesan sejuk pada area sekitar sawah. Pesona alam ini tentu saja tidak disia-siakan oleh wisatawan.

Banyak diantara mereka yang mencuri-curi kesempatan untuk selfie dengan background hijaunya sawah. Area sawah dengan luas sekitar 1 Hektar ini tentu menjadi daya tarik yang sangat menonjol bagi wisatawan.

Pesona Tirai Air pada Air Terjun

Wisata air terjun ini bak oase di tengah kawasan perbukitan. Mendengar deru airnya saja membuat siapapun tak sabar untuk mengunjunginya. Terlebih saat melihatnya dari kejauhan. Makin terpacu untuk segera melihatnya dari dekat.

Sesampainya di air terjun, kaki Anda pasti ingin lekas turun dan merasakan dinginnya air terjun khas Toba. Di bawah air terjun terlihat jejeran batu berbagai ukuran. Batu-batu inilah yang menjadi spot selfie Instagramable.

Namun untuk naik di atas batu, Anda wajib berhati-hati karena permukaan batu tersebut licin. Anda juga bisa habiskan waktu liburan di sini dengan berendam di kolam alami yang terletak di bawah air terjun.

Air pada kolam alami ini sangat bersih dan jernih sehingga ideal sekali untuk berendam dalam rangka mengusir rasa penat. Keseruan yang sama juga bisa Anda rasakan saat mengunjungi Air Terjun Siluman, salah satu destinasi wisata terkenal di Binjai dan sekitarnya.

Fasilitas di Objek Wisata Air Terjun Efrata

Wisata Terjun Efrata

Benar sekali bahwa air terjun ini memiliki daya tarik wisata yang tak main-main. Sayangnya potensi wisata ini tak didukung oleh ketersediaan fasilitas yang mumpuni.

Fasilitas yang telah ada sebelumnya juga tampak kurang terawat dan terkesan apa adanya. Sederet fasilitas yang ada salah satunya adalah area parkir yang lahannya lumayan luas.

Kemudian fasilitas toilet umum yang cukup bersih. Dekat dengan toilet umum Anda akan menjumpai kamar ganti pakaian. Tampak pula pondok-pondok kecil yang bisa Anda manfaatkan untuk istirahat atau bersantai.

Belum tersedia fasilitas warung yang menjual makanan khas Medan dan beragam kuliner lainnya. Sedang fasilitas-fasilitas yang sudah ada akan terus mendapat perhatian dari pihak pengelola.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Air Terjun Efrata

Wisata air terjun ini masuk dalam kategori tempat wisata murah karena biaya tiket masuknya relatif terjangkau. Harga tiket masuknya saja tidak lebih dari sepuluh ribu rupiah.

Untuk mengetahui info detail seputar HTM terbaru dan biaya parkir kendaraan terupdate, silahkan simak tabel di bawah ini.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp8.000,00
Parkir Kendaraan Rp2.000,00

Tarif ini bisa berubah kapan saja sesuai dengan keputusan dan kebijakan pihak pengelola. Meski berpotensi mengalami kenaikan saat musim liburan dan libur akhir pekan, selisih kenaikan harga tiketnya tidaklah besar.

Berkat tarif retribusi tiketnya yang murah, sisa budget liburan Anda dapat Anda daya gunakan untuk kegiatan wisata lainnya. Misal berburu pusat wisata kuliner Medan terdekat.

Rute Menuju Lokasi Wisata Air Terjun Efrata

Lokasi Air Terjun Efrata

Air Terjun Efrata terletak di Desa Sosor Dolok yang secara administratif masuk dalam wilayah Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir.

Ada dua pilihan rute yang bisa Anda pilih agar bisa sampai di lokasi wisata ini. Kedua rute tersebut yaitu via Jalan Jamin Ginting dan via Jalan Saribu Dolok.

Namun sebagian besar wisatawan lebih memilih jalur Jalan Jamin Ginting karena lebih singkat tiba di lokasi tujuan. Adapun detail rute yang harus dilalui apabila Anda menggunakan rute Jalan Jamin Ginting adalah sebagai berikut.

Dari Jalan Jamin Ginting, teruskan perjalanan menuju Tongkoh lalu Jalan Besar Kabanjahe. Selanjutnya, arahkan mobil Anda ke daerah Tiga  Panah dan Simpang Tiga Sidikalang.

Setelah itu, silahkan menuju ke Tanjung Beringin dan Parbuluan. Lanjutkan ke Turpuk Limbong dan terakhir ke Sosor Dolok. Waktu tempuhnya kurang lebih 5 jam, durasi perjalanan yang cukup lama.

Tentu perjalanan dengan durasi 5 jam ini pasti akan menjadi perjalanan yang sangat melelahkan. Dengan alasan inilah, kami, Salsa Wisata, menawarkan solusi terbaik dan praktis kepada Anda.

Menyewa kendaraan di tempat kami tentu akan menjadi keputusan yang tepat. Terlebih kami memiliki produk paket sewa kendaraan yang lengkap dan harga terjangkau.

Salah satu paket sewa mobil yang kami tawarkan untuk perjalanan wisata ke Efrat yaitu paket sewa mobil Avanza di Medan dengan supir.

Kedua mobil ini sudah sangat terkenal dengan tenaga dan kenyamanannya sehingga cocok dengan medan perbukitan yang akan dilalui.

Jam Operasional Air Terjun Efrata

Sampuran Efrata dapat dikunjungi baik pada hari kerja maupun saat hari libur akhir pekan. Untuk jam operasionalnya standard, yaitu dari pagi hingga malam. Tepatnya mulai buka pada jam 06.00 dan tutup pada jam 19.00 WIB.

Khusus untuk libur nasional, jam operasionalnya biasanya diperpanjang hingga pukul 20.00 WIB.

Samosir memang kaya akan atraksi wisata alamnya. Untuk menunjang sektor pariwisata, pemda setempat juga rutin mempromosikan budaya, kuliner, dan adat lokal Samosir sebagai magnet pariwisata.

Dengan begitu akan banyak wisatawan yang mengunjungi pulau Samosir untuk melihat langsung keindahannya. Jika Anda tertarik melakukan hal tersebut, jangan ragu menghubungi kami, Salsa Wisata, sekarang juga untuk bisa mendapatkan penawaran paket wisata terbaik untuk liburan Anda.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)