SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Tak hanya terkenal berkat bunga Raflesia atau wisata sejarahnya, Bengkulu juga memiliki banyak daya tarik lainnya. Salah satunya dari deretan makanan khas Bengkulu yang akan memanjakan lidah saat menyantapnya.

Pasalnya kuliner khas Bengkulu beragam dan cukup unik. Mulai dari makan yang bercita rasa manis, asin, pedas, hingga yang gurih. Sehingga wajar jika banyak wisatwan luar kota rela datang untuk mencoba cita rasa kulinernya tersebut.

Apalagi akses ke Bengkulu pun terbilang cukup mudah, bisa jalur udara menggunakan pesawat maupun menggunakan layanan rental mobil murah terdekat. Dengan begitu Anda bisa mengunjungi tempat ini tanpa harus repot.

Dari sekian banyaknya makanan khas yang ada, berikut telah kami rangkum makanan khas Bengkulu yang lezat dan menggugah selera. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Daftar Makanan Khas Bengkulu yang Terkenal

Lemang Tapai

Lemang Tapai Khas Bengkulu

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Selain sebagai makanan khas Melayu, kuliner lemang juga cukup terkenal di daerah Sumatera, termasuk salah satunya di Bengkulu. Untuk lemangnya terbuat dari beras ketan putih dengan bumbu kemiri dan bawang putih halus.

Cara memasaknya yaitu membungkus lemang dengan daun pisang dan bakar di dalam bambu selama 2-3 jam. Sementara untuk tapainya, menggunakan ketan hitam yang telah difermentasi dengan ragi dalam kurun waktu dua malam.

Oleh masyarakat setempat makanan khas ini sering disajikan saat ada acara hajatan. Namun Anda pun tetap bisa menyantapnya saat pagi hari atau sebagai cemilan di sore hari saat bersantai.

Bolu Koja Bengkulu

Bolu Koja Bengkulu

Kue lezat ini tak hanya ada di Bengkulu saja, bahkan kue ini juga termasuk salah satu makanan khas Jambi favorit banyak orang. Bedanya, terletak pada tambahan agar-agar dalam adonan yang membuat teksturnya lebih kenyal.

Secara sekilas bentuk dan teksturnya sendiri mirip seperti brownies. Tapi dengan rasa yang sedikit lebih gurih dan berminyak. Untuk warna hijau pada bolu koja berasal dari penggunaan daun pandan dan daun suji sebagai pewarna alami.

Saat ini masyarakat telah mulai mengembangkan olahan bolu lezat ini, dengan memberikan toping di atasnya. Kue ini sendiri juga sering muncul saat acara spesial seperti pernikahan atau lebaran.

Pendap

Pendap Bengkulu

Pendap merupakan kuliner khas Bengkulu yang berbahan dasar dari ikan. Jenis ikan yang dipakai bisa apa saja, terserah mau pakai ikan air tawar atau ikan laut. Untuk cara mengolahnya tidaklah sulit.

Cukup bersihkan dan cuci ikan, kemudian baluri dengan bumbu halus. Bumbu halusnya pun cukup mudah Anda dapatkan sebab terdiri kencur, cabai, garam, bawang putih, dan kelapa parut.

Nantinya ikan yang sudah terbumbui akan dibungkus menggunakan daun talas dan direbus sampai matang. Proses perebusan ikan ini sendiri bisa memakan waktu sampai sekitar delapan jam.

Pemakaian daun talas pada Pendap bertujuan agar aroma amis ikan hilang, dan berubah jadi wangi daun talas. Masyarakat sekitar biasa mengkonsumsi Pendap dengan sepiring nasi hangat, sayur, dan sambal.

Lempok Durian

Lempok Durian

Bengkulu juga memiliki olahan dari buah durian yang wajib Anda coba yakni lempuk durian. Seperti namanya, Lempuk durian merupakan kuliner khas berbahan dasar utama dari buah durian.

Bentuknya seperti dodol makanan khas Sunda yang terbuat dari tepung gandum. Lempok Durian bisa tahan semingguan lebih, oleh karenanya banyak yang menjadikannya sebagai oleh-oleh orang di rumah.

Kue Bay Tat

Kue Bay Tat

Kue yang terbuat dari kue terigu dan santan ini berbentuk kotak seperti kue tart. Namun, dari segi tampilannya, ia seakan mengadopsi dari kue pie yang bertopingkan kismis atau nanas.

Dulunya kue ini hanya untuk khusus bagi kalangan kerajaan. Namun seiring berjalannya waktu, siapa pun boleh menikmatinya. Komposisi kue bay tat terbuat dari tepung terigu, telur, santan, gula, dan mentega.

Semua bahan-bahan tersebut dicampur menjadi adonan dan kemudian di oven hingga mengembang sempurna. Setelah matang baru di bagian atasnya diberi topping sesuai selera, bisa keju, nanas, atau kismis.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Zaki

Penulis yang senang makan dan melakukan hal menyenangkan sambil jalan-jalan bersama rekan.
By Categories: Bengkulu, Kuliner

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)