SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Makanan khas suatu daerah tentu menjadi daya tarik bagi para wisatawan selain tempat wisata yang ada di daerah tersebut. Jambi, misalnya, ada sedikitnya makanan khas Jambi yang terkenal pasti akan membuat Anda penasaran.

Tak sedikit wisatawan, terutama wisatawan dari luar Jambi, yang rela untuk safari wisata kuliner ke sejumlah pusat wisata kuliner di Jambi hanya untuk mencicipi beberapa kuliner Jambi yang terkenal. Seperti beberapa kuliner yang akan kami bahas berikut ini.

Daftar Rekomendasi Makanan Khas Jambi Populer

Tempoyak

Tempoyak

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Jika sebelumnya Anda pernah liburan atau berkunjung ke Lampung, Anda pasti sangat familiar dengan kuliner yang satu ini. Tempoyak namanya. Kuliner ini memang jadi salah satu makanan khas Lampung.

Selain di Lampung, Tempoyak rupanya mudah sekali Anda temui di Jambi. Bahkan jadi oleh-oleh andalan khas Kota Jambi loh.

Tempoyak asli Jambi seratus persen berbahan dasar durian hasil fermentasi. Durian hasil fermentasi ini memiliki aroma yang sangat khas dan juga kuat. Namun rasanya sangat enak. Terlebih jika sudah bercampur dengan bumbu.

Tempoyak durian ini terasa sangat nikmat bila Anda santap sebagai lauk bersama nasi hangat. Rasanya sendiri asam dan teksturnya lembek dan lembut. Percayalah, bagi Anda yang suka durian, pasti Anda akan nambah terus ketika memakan Tempoyak ini.

Mie Celor

Mie Celor

Kuliner khas Jambi ini sangat terkenal. Bahan mie pada hidangan Mie Celor ini terbuat dari adonan tepung terigu. Untuk menambah tekstur dan cita rasa hidangan ini, Mie Celor biasanya akan diolah dengan menambah beberapa jenis sayuran seperti daun sop dan tauge.

Oh iya, di Jambi, ada banyak sekali kios atau warung yang menjual Mie Celor. Panganan sederhana ini memang pas untuk disantap saat perut lapar usai sibuk seharian. Bisa juga jadi camilan berat untuk Anda yang ingin mengunyah terus.

Mie Celor juga sangat cocok untuk orang yang sedang kurang fit karena kuahnya dapat menghangatkan tubuh. Seketika tubuh akan terasa segar kembali setelah mencium aroma dan menyantap kuah rempah mie ini. Sudah pasti akan menggoyang lidah Anda.

Jambi bukanlah satu-satu kota yang terkenal dengan Mie Celor-nya. Kuliner yang satu ini juga masuk dalam daftar makanan khas Palembang dan Padang loh. Bedanya adalah Mie Celor di Jambi berkuah ringan, sedang Mie Celor di Padang dan Palembang memiliki kuah yang kental.

Bolu Kojo

Bolu Kojo

Kue basah ini begitu terkenal di Sumatera Selatan. Tidak hanya di Jambi saja, kue ini bahkan jadi salah satu oleh-oleh khas Palembang yang wajib Anda bawa ke kampung halaman. Kue Kojo ini juga sangat terkenal di Riau dan Pekanbaru.

Hanya saja namanya sedikit berbeda, yaitu Kue Kemojo. Tapi dari segi rasa dan bentuk keduanya tetap sama, sama-sama enak dan unik.

Di Kota Jambi sendiri, Kue Kojo ini memiliki bentuk bunga kamboja dan berwarna hijau. Rasanya legit gurih dengan aroma wangi daun pandan yang menyeruak.

Warga Jambi biasanya menghidangkan kue bolu ini sebagai menu untuk berbuka puasa. Selain itu, kue bolu ini juga sering menjadi hidangan khas di acara-acara adat.

Bolu Kojo akan lebih nikmat lagi jika menjadi hidangan pelengkap teh manis hangat. Semua akan terasa sangat nikmat jika disantap bersama keluarga tercinta.

Otak-otak

Otak-otak

Selain di Jambi, mungkin olahan yang satu ini mudah Anda jumpai di hampir seluruh penjuru Nusantara, salah satunya di Makassar dan menjadi oleh-oleh khas Makassar yang tidak boleh terlewatkan. Otak-Otak di Jambi memiliki rasa ikan yang kuat karena terbuat dari bahan daging ikan yang segar.

Rasanya semakin mantap dengan tambahan bumbu rempah yang komplit. Dan menariknya lagi, Otak-Otak Jambi sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet, jadi seratus persen aman bagi kesehatan.

Olahan seafood yang satu ini hadir dalam beberapa pilihan rasa, yaitu original, sotong, dan pedas. Dan jika Anda ingin memborong otak-otak terenak di Jambi, ada satu rekomendasi terbaik, yaitu Pempek OtaPia.

Alamatnya di Sulanjana, Jambi Timur, Kota Jambi. Anda bisa minta driver dari layanan rental mobil murah milik Salsa Wisata untuk mengantar Anda ke alamat tersebut.

Gulai Ikan Patin

Gulai Ikan Patin

Olahan ikan patin ini merupakan menu makanan sehari-hari. Biasanya gulai dengan bahan utama ikan patin ini disantap bersama dengan nasi putih hangat.

Rasa kuah gulai patin khas Jambi ini sedikit lebih ringan bila dibandingkan dengan gulai khas Jambi lainnya seperti Gulai Terjun dan Gulai Tepek Ikan. Meski begitu, aroma dan rasa rempahnya masih terasa kuat.

Anda bisa mencoba hidangan ini di sejumlah restoran yang ada di sekitar tempat wisata Jambi. Jadi tidak perlu pusing mencari jika ingin merasakan lezatnya hidangan satu ini.

Nasi Minyak

Nasi Minyak

Nah, Nasi Minyak ini adalah kuliner khas Jambi yang paling otentik; Anda tidak akan menjumpai hidangan ini di tempat lainnya. Nasi Minyak ini mempunyai citarasa yang gurih. Jauh lebih gurih daripada Nasi Uduk dan Nasi Gemuk.

Untuk membuatnya, ada beberapa bahan yang perlu Anda siapkan. Bahan-bahan tersebut adalah beras, saus tomat, susu, jahe, minyak samin, jintan putih, jintan manis, cengkeh, dan kayu manis.

Meski namanya Nasi Minyak, kuliner ini sama sekali tidak berminyak. Sebaliknya, tekstur nasinya sangat enak ketika mendarat di mulut. Oh iya, perlu Anda ingat bahwa bahan minyak samin di sini sifatnya wajib. Anda tidak boleh menggantinya dengan jenis minyak lainnya.

Kue Srikaya

Kue Srikaya

Kuliner khas Jambi lainnya yang terkenal sangat enak dan bikin nagih adalah kue srikaya. Kue ini ada di hampir semua sudut Kota Jambi. Namanya memang kue srikaya, tapi uniknya kue ini bukan terbuat dari buah srikaya.

Bahan utama kue ini adalah tape. Bahan lainnya adalah santan segar sebagai bahan campurannya. Sedang pewarnanya adalah pewarna alami yang berasal daun pandan.

Pandan di sini tak hanya digunakan sebagai penambah warna hijau saja ya, melainkan juga sebagai penambah aroma pada kue ini. Jangan lupa juga untuk menambahkan gula dan beberapa jenis rempah lainnya. Rasa kue ini sangat maknyus. Dijamin akan membuat Anda tak bisa berhenti makan.

Nasi Gemuk

Nasi Gemuk

Kuliner ini asli Melayu. Nasi Gemuk ini juga menjadi makanan favorit bagi masyarakat Jambi. Mereka biasanya akan menghidangkan Nasi Gemuk ini di acara-acara khusus seperti pernikahan, sunatan, hari raya, dan lain sebagainya.

Nasi Gemuk ini pada dasarnya sama dengan Nasi Uduk Betawi, salah satu makanan khas Jakarta paling terkenal. Bahan-bahan dasar pembuatnya sama persis. Hanya namanya saja yang berbeda.

Mungkin yang jadi pembedanya adalah hidangan pendampingnya. Jika Nasi Uduk Betawi umumnya disajikan bersamaan dengan emping melinjo, Nasi Gemuk justru dihidangkan dengan tambahan kerupuk.

Tapi sekarang ini telah banyak juga penjual nasi uduk yang melengkapi porsi nasi uduk mereka dengan kerupuk. Selain mudah untuk didapat, kerupuk juga lebih murah dan enak.

Gandus

Gandus

Kue Gandus di sini menjadi pesaing utama Kue Padamaran karena keduanya sama-sama enak. Satu dari makanan khas Jambi paling recommended ini sekilas mirip dengan kue Talam Ebi. Warna kuenya putih menyerupai warna susu.

Kue Gandus ini terbuat dari campuran tepung beras, santan, tepung sagu, dan garam. Ada juga bumbu tambahan seperti cabai, bawang putih, dan bawang merah halus untuk menambah cita rasa pada kue.

Kemudian dari segi bentuk, kue ini berbentuk persegi dan ada juga yang berbentuk mangkuk, menyesuaikan bentuk loyang yang digunakan. Kemudian hal yang membuat kue ini terasa semakin lezat adalah guyuran topping-nya.

Topping ini terbuat dari campuran ebi, bawang goreng, daun seledri, irisan cabai, abon ikan, dan daging giling yang disangrai. Rasanya pedas tapi nikmat dan pas menjadi oleh-oleh khas Jambi untuk Anda bawa pulang

Kue Muso

Kue Muso

Ingin mencicipi makanan khas Jambi dari bahan nabati yang legit dan kenyal? Kue Muso adalah pilihan yang pas untuk Anda. Tampilannya mirip dengan pie dan ada yang mengatakan juga bahwa kue ini sebelas dua belas dengan Kue Lumpang.

Kue Muso sendiri adalah kue tradisional Jambi yang berbentuk mangkuk dengan cokelat padat di pinggirnya. Bahan utamanya adalah campuran ketan dan tepung terigu dengan tepung terigu.

Bahan-bahan penunjangnya antara lain minyak, cokelat bubuk, suji, air daun pandan, garam, santan, air hangat, gula pasir, telur, dan vanili. Kue ini enaknya disantap hangat-hangat saat berbuka puasa.

Sate Ikan

Sate Ikan

Ketika mendengar kata sate, pasti yang ada di pikiran Anda adalah sate yang terbuat dari ikan yang dipotong kecil. Lalu ditusuk dengan tusuk sate kemudian dibakar.

Padahal sate ikan di Jambi ini lain. Sama sekali tidak menggunakan tusuk, melainkan menggunakan daun pisang untuk membungkusnya.

Jadi, sate ikan khas Jambi ini terbuat dari daging ikan halus yang sudah dibuang durinya lalu dibungkus dengan daun pisang, baru direbus. Jenis ikan yang sebaiknya Anda pilih adalah ikan gabus karena dagingnya banyak dan empuk.

Sate ini biasanya menjadi salah satu hidangan pendamping menu utama. Cocok juga sebagai hidangan untuk acara gathering yang didukung oleh layanan paket gathering murah dari Salsa Wisata.

Martabak Kari

Martabak Kari

Jajanan martabak ini bukan sembarang martabak, sebagian besar wistawan menyebutnya martabak paling enak se-Nusantara. Martabak Kari dari Jambi ini sungguh berbeda dengan martabak-martabak pada umumnya.

Roti pada hidangan Martabak Kari Jambi ini jelas berbeda. Menggunakan bahan dasar roti canai dengan isian kentang. Jadi, rotinya sendiri terlihat lebih tebal dan pastinya cepat membuat perut Anda kenyang. Rasa kari-nya juga super gurih.

Jika Anda pesan satu porsi untuk Anda sendiri, percayalah, Anda tidak akan kuat untuk menghabiskannya. Sebaiknya Anda santap bersama kawan-kawan atau keluarga di rumah.

Sop Tulang

Sop Tulang

Hidangan sop tulang di sini bukan berarti hanya bagian tulang saja yang dapat Anda temukan di satu porsi sup yang Anda pesan. Ada sebagian daging yang masih menempel di tulang-tulang tersebut.

Sop ini berkuah bening dengan taburan bawang goreng dan daun bawang di atasnya. Rasanya sangat simpel, ringan, namun kaya. Tulang-tulang pada kuliner berkuah banyak ini berupa tulang iga sapi.

Uniknya lagi, sop tulang ini juga tersedia dengan versi bakar loh. Bukan mangkuk berisi sop lalu dibakar ya, tapi tulang-tulang iga sapi-nya yang dibakar lalu dihidangkan.

Tempoyak Ikan Patin

Tempoyak Ikan Patin

Bagi para penikmat wisata kuliner Jambi tentu bisa menebak seperti apa Tempoyak Ikan Patin ini. Makanan Tempoyak yang satu ini memang sedikit berbeda karena memiliki campuran daging ikan patin di dalamnya.

Selain itu, Tempoyak Ikan Patin Jambi ini juga berbalut bumbu yang terbuat dari cabai merah, kunyit, bawang merah, dan bawang putih. Rasanya sangat nikmat dan segar berkat rasa asam dari hasil fermentasi durian.

Tempoyak Ikan Patin ini hanya ada di Jambi. Anda belum tentu akan menjumpai Tempoyak jenis ini di daerah-daerah lain di Sumatera. Bahkan di Pelambang sekalipun.

Jadi misal Anda sedang liburan di Palembang tapi penasaran dengan citarasa Tempoyak Ikan Patin khas Jambi, request saja kepada driver dari jasa sewa bus SHD Salsa Wisata untuk mampir sejenak di Jambi.

Nah, daftar di atas adalah makanan khas Jambi populer dan juga paling recommended. Hampir semua masyarakat Jambi sangat menyukai makanan-makanan di atas. Bagaimana dengan Anda? Kira-kira yang mana kuliner Jambi yang akan jadi favorit Anda?



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Zaki

Penulis yang senang makan dan melakukan hal menyenangkan sambil jalan-jalan bersama rekan.
By Categories: Jambi, Kuliner



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)