earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Makanan khas jadi salah satu daya tarik dari Lampung selain keindahan alam dan budayanya. Anda bisa mencoba berbagai macam masakan serta hidangan penggugah selera.

Tidak jarang wisatawan dari Jawa sengaja mampir ke Lampung untuk menikmati kuliner lezat di sini. Ingin tahu apa saja makanan yang wajib Anda coba di Lampung? berikut ini rekomendasinya:

Daftar Makanan Khas Lampung Populer

Seruit

Seruit

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Hidangan berbahan dasar ikan ini bisa dengan mudah Anda temukan saat berlangsung acara spesial seperti pernikahan. Ciri khasnya terletak pada campuran sambal terasi, tempoyak, hingga mangga pada ikan bakar.

Untuk membuat seruit ini pun tidak terlalu sulit, bumbunya mudah tersedia di pasaran. Anda hanya perlu membakar ikan sebentar lalu siram ikan yang sudah matang dengan sambal seruitnya.

Ikan yang jadi bahan utama biasanya ikan-ikan sungai tawar berukuran sedang hingga besar atau ikan lainnya. Makanan ini sendiri berasal dari Bandar Lampung tepatnya suku Sai Batin dan Pepadun.

Suku tersebut biasa melakukan adat nyeruit atau berkumpul bersama. Saat berkumpul inilah hidangan ikan ini hadir sebagai santapan untuk mereka nikmati.

Gulai Taboh

Gulai Taboh

Di kawasan Pesisir Lampung Barat, terdapat salah satu makanan khas terkenal yakni gulai taboh. Gulai taboh sendiri merupakan olahan ikan berkuah dengan rasa yang gurih dan lezat.

Berdasarkan sejarahnya ada dua jenis gulai taboh yang bisa Anda coba. Pertama adalah gulai taboh ikan laut dengan tambahan sayur seperti rebung, melinjo, labu dan sayuran lain.

Sedangkan versi kedua yakni gulai taboh yang menggunakan ikan asap dari mujair, nila atau ikan tawar lainnya. Ciri khas resep ini terletak pada bahan pembuatannya yang sederhana seperti santan dan kluwek saja.

Meski begitu rasa dari kedua jenis gulai ini tetap nikmat dan lezat apalagi Anda santap bersama nasi hangat. Kandungan gizi dari ikan dan bahan campuran lainnya juga sangat baik untuk kesehatan.

Gabing

Gabing Lampung

Bila Anda lihat sekilas, sayur satu ini mirip dengan sayur gori makanan khas Solo. Hanya saja gabing menggunakan umbut atau batang kelapa muda sebagai bahan utama, bukan nangka muda seperti di sayur gori.

Untuk Anda yang belum tahu umbut ini terletak di bagian dalam pucuk pohon kelapa. Warnanya putih gading, padat renyah, dan punya rasa manis yang sangat khas.

Cara membuat gabing sendiri cukup mudah dan sangat mirip dengan membuat opor. Cukup potong-potong umbut tipis hingga berbentuk lempeng dan rebus bersama bumbu serta santan.

Agar semakin nikmat ada yang menambahkan potongan daging ke dalam kuah. Gabing ini sangat cocok Anda nikmati saat musim hujan atau saat malam hari karena rasa gurih pedasnya terasa semakin mantap.

Umbu

Umbu

Satu lagi makanan unik khas Lampung yakni umbu yang berbahan dasar dari batang rotan muda. Namun berbeda dengan umbut kelapa yang manis, umbu ini memiliki rasa sedikit pahit dan keras.

Sehingga biasa jadi campuran dalam tumis atau lalapan setelah melewati proses rebus agar sedikit lunak. Meski pahit, cita rasa dari rotan muda ini jadi penyedap di makanan yang bisa buat Anda ketagihan.

Sayangnya hidangan satu ini sudah cukup sulit untuk Anda temukan. Selain karena bahannya yang mulai langka, tidak semua tempat makan menyajikan umbu ini.

Hanya saat upacara adat atau Anda pesan terlebih dahulu baru bisa Anda nikmati makanan satu ini. Jika tidak mau repot, coba minta bantuan saja ke sopir dari tempat rental mobil terdekat yang Anda gunakan untuk memesan.

Pisro

pisro lampung

Jangan salah antara pisro dan misro makanan khas Bandung, sebab keduanya hidangan berbeda. Pisro adalah makanan khas Lampung Timur yang terbuat dari ikan dengan rasa gurih, pedas, asam dan manis yang khas.

Ikan yang jadi pilihan utama untuk hidangan ini biasanya ikan tembakang dan betok. Perpaduan antara rasa kuah kental yang khas serta daging ikan yang tebal membuatnya terasa begitu sedap.

Sebelum tercampur jadi satu, ikan betok biasanya dibakar terlebih dahulu. Baru kemudian disiram dengan kuah kental dan bumbu-bumbu lain seperti cabai, bawang, gula aren, dan lainnya.

Hidangan ini bisa Anda coba di sejumlah rumah makan dan tempat wisata kuliner yang ada di Lampung. Rasanya yang khas dan lezat siap membuat lidah Anda bergoyang.

Sambal Asam Kembang

Sambal Asam Kembang

Lampung juga terkenal dengan kelezatan sambalnya yang nendang, salah satunya sambal asam kembang. Sambal ini menggunakan buah kemang atau mangga muda khas Lampung untuk menghadirkan rasa asam pada sambal.

Sehingga rasa sambal jadi lebih segar dengan sensasi pedas yang menggugah selera makan. Selain buah kemang, cabai, bawang serta terasi juga ikut masuk dalam campuran sambal.

Dari segi rasa, tidak kalah dari sambal mangga muda atau pencit, makanan khas Surabaya dan wilayah Jawa Timur. Cocok sekali jadi teman bersantap Anda saat hujan.

Warga lampung biasa menambahkan sambal asam kembang ini sebagai pelengkap hidangan lain seperti seruit. Pokoknya saat berkunjung ke Lampung pastikan untuk mampir mencoba sambal satu ini.

Tempoyak

tempoyak lampung

Sambal lain yang tidak kalah unik dan enak adalah sambal tempoyak. Untuk Anda yang belum tahu, tempoyak adalah sambal yang cara membuatnya melalui proses fermentasi buah durian.

Jadi untuk Anda yang suka durian dan ingin menikmati sensasi berbeda dari buah ini wajib coba tempoyak. Karena berasal dari hasil fermentasi, rasa sambalnya asam pedas dengan tekstur lembut khas buah durian.

Warga lampung biasanya menjadikan tempoyak ini sebagai pelengkap hidangan utama seruit atau teman bersantap nasi. Selain Lampung Anda juga bisa menemukan sambal ini di Bengkulu, Jambi, Makassar, hingga Malaysia.

Pindang Patin

pindang patin lampung

Makanan populer dari Lampung lainnya yang wajib Anda coba adalah pindang. Ada banyak jenis pindang yang bisa Anda nikmati di lampung misalnya saja pindang patin atau pindang kepala simba.

Ciri khas dari pindang khas lampung ini terletak pada kuahnya yang berwarna kuning pekat cerah. Berbeda dengan pindang bandeng, salah satu makanan khas Semarang yang terkenal.

Rasanya pun asam pedas segar berkat campuran nanas beserta daun kemangi dalam kuahnya. Cita rasanya yang khas ini pasti membuat Anda tidak bisa berhenti makan sebelum semuanya habis.

Pandap

Pandap lampung

Rekomendasi hidangan unik yang lezat lainnya adalah pandap yang terbuat dari ikan dan daun talas. Sekilas bentuknya mirip pepes ikan biasa namun Anda bisa menyantap daun talas yang jadi bungkus hidangan ini.

Cara membuatnya daging ikan yang sudah tercincang bersama bumbu masuk ke dalam bungkus daun talas. Kemudian kukus hingga semua lembut selama sekitar 8 jam lamanya.

Rasa ikan yang pedas dan daun talas yang lembut terasa nikmat saat Anda santap bersama nasi hangat. Anda bisa mencoba hidangan ini di banyak restoran di Bandar Lampung.

Jika tertarik, Anda bisa minta tempat rental bus pariwisata murah yang Anda gunakan untuk mengantar. Dengan begitu hidangan lezat khas Lampung ini bisa Anda nikmati.

Sekubal

Sekubal lampung

Sekilas bentuk sekubal ini mirip dengan lontong namun berbeda dari segi bahannya. Sekubal menggunakan campuran santan serta beras ketan yang terbungkus dalam daun pisang.

Proses memasaknya cukup mudah, Anda cukup membungkus ketan dan santan dalam daun pisang dan merebusnya sekitar 2 jam hingga matang. Rasa gurih tawarnya sering menjadi teman bersantap tapai ketan atau hidangan lain.

Panganan ini juga cocok Anda jadikan oleh-oleh khas Lampung atau bekal untuk di perjalanan. Namun sayangnya, sekubal tidak bisa bertahan terlalu lama sebab semua bahannya masih alami tanpa pengawet.

Kethak Belulang

Kethak Belulang Khas Lampung

Meski terdengar ekstrem, tidak ada tulang belulang sama sekali di hidangan ini. Kethak belulang sendiri terbuat dari krecek atau kulit sapi dan kacang merah dengan campuran kuah santan.

Cara membuatnya mirip dengan membuat krecek Jawa pada umumnya. Namun dengan rasa gurih dan pedas yang lebih kentara serta tekstur khas kacang merah.

Hidangan ini sangat cocok jadi teman Anda bersantap bersama pandap dan nasi hangat. Untuk mendapatkannya pun mudah sebab tersedia di banyak restoran atau tempat wisata kuliner Lampung terkenal.

Locupan

Locupan

Jika Anda berada di Lampung Utara, ada makanan khas yang wajib Anda coba yakni locupan. Hidangan yang berasal dari warga keturunan cina ini berbentuk seperti mie dengan ukuran besar dan pendek.

Teksturnya kenyal mirip dengan udon dari Jepang dan bisa Anda nikmati dengan berbagai cara. Ada yang menjadikannya mie bakso, campuran nasi goreng atau sebagai mie ayam.

Rasa mie yang gurih dan bertekstur kenyal jadi ciri khas yang pasti membuat Anda ketagihan. Selain itu masakan Cina ini halal sehingga bisa Anda nikmati tanpa harus khawatir.

Itulah tadi beberapa rekomendasi makanan khas Lampung populer yang wajib Anda coba saat berkunjung. Masih banyak hidangan lain yang bisa Anda nikmati di sini.

Supaya tidak ada yang terlewat, jangan ragu untuk gunakan layanan dari biro perjalanan seperti Salsa Wisata. Sebab melalui paket wisata serta layanan lainnya petualangan Anda di Lampung akan jadi semakin berwarna.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)