SalSari Resto & Coffee

Tak hanya terkenal berkat bunga Raflesia atau wisata sejarahnya, Bengkulu juga memiliki banyak daya tarik lainnya. Salah satunya dari deretan makanan khas Bengkulu yang akan memanjakan lidah saat menyantapnya.

Pasalnya kuliner khas Bengkulu beragam dan cukup unik. Mulai dari makan yang bercita rasa manis, asin, pedas, hingga yang gurih. Sehingga wajar jika banyak wisatwan luar kota rela datang untuk mencoba cita rasa kulinernya tersebut.

Apalagi akses ke Bengkulu pun terbilang cukup mudah, bisa jalur udara menggunakan pesawat maupun menggunakan layanan rental mobil murah terdekat. Dengan begitu Anda bisa mengunjungi tempat ini tanpa harus repot.

Dari sekian banyaknya makanan khas yang ada, berikut telah kami rangkum makanan khas Bengkulu yang lezat dan menggugah selera. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Daftar Makanan Khas Bengkulu yang Terkenal

Lemang Tapai

Lemang Tapai Khas Bengkulu

Selain sebagai makanan khas Melayu, kuliner lemang juga cukup terkenal di daerah Sumatera, termasuk salah satunya di Bengkulu. Untuk lemangnya terbuat dari beras ketan putih dengan bumbu kemiri dan bawang putih halus.

Cara memasaknya yaitu membungkus lemang dengan daun pisang dan bakar di dalam bambu selama 2-3 jam. Sementara untuk tapainya, menggunakan ketan hitam yang telah difermentasi dengan ragi dalam kurun waktu dua malam.

Oleh masyarakat setempat makanan khas ini sering disajikan saat ada acara hajatan. Namun Anda pun tetap bisa menyantapnya saat pagi hari atau sebagai cemilan di sore hari saat bersantai.

Bolu Koja Bengkulu

Bolu Koja Bengkulu

Kue lezat ini tak hanya ada di Bengkulu saja, bahkan kue ini juga termasuk salah satu makanan khas Jambi favorit banyak orang. Bedanya, terletak pada tambahan agar-agar dalam adonan yang membuat teksturnya lebih kenyal.

Secara sekilas bentuk dan teksturnya sendiri mirip seperti brownies. Tapi dengan rasa yang sedikit lebih gurih dan berminyak. Untuk warna hijau pada bolu koja berasal dari penggunaan daun pandan dan daun suji sebagai pewarna alami.

Saat ini masyarakat telah mulai mengembangkan olahan bolu lezat ini, dengan memberikan toping di atasnya. Kue ini sendiri juga sering muncul saat acara spesial seperti pernikahan atau lebaran.

Pendap

Pendap Bengkulu

Pendap merupakan kuliner khas Bengkulu yang berbahan dasar dari ikan. Jenis ikan yang dipakai bisa apa saja, terserah mau pakai ikan air tawar atau ikan laut. Untuk cara mengolahnya tidaklah sulit.

Cukup bersihkan dan cuci ikan, kemudian baluri dengan bumbu halus. Bumbu halusnya pun cukup mudah Anda dapatkan sebab terdiri kencur, cabai, garam, bawang putih, dan kelapa parut.

Nantinya ikan yang sudah terbumbui akan dibungkus menggunakan daun talas dan direbus sampai matang. Proses perebusan ikan ini sendiri bisa memakan waktu sampai sekitar delapan jam.

Pemakaian daun talas pada Pendap bertujuan agar aroma amis ikan hilang, dan berubah jadi wangi daun talas. Masyarakat sekitar biasa mengkonsumsi Pendap dengan sepiring nasi hangat, sayur, dan sambal.

Lempok Durian

Lempok Durian

Bengkulu juga memiliki olahan dari buah durian yang wajib Anda coba yakni lempuk durian. Seperti namanya, Lempuk durian merupakan kuliner khas berbahan dasar utama dari buah durian.

Bentuknya seperti dodol makanan khas Sunda yang terbuat dari tepung gandum. Lempok Durian bisa tahan semingguan lebih, oleh karenanya banyak yang menjadikannya sebagai oleh-oleh orang di rumah.

Kue Bay Tat

Kue Bay Tat

Kue yang terbuat dari kue terigu dan santan ini berbentuk kotak seperti kue tart. Namun, dari segi tampilannya, ia seakan mengadopsi dari kue pie yang bertopingkan kismis atau nanas.

Dulunya kue ini hanya untuk khusus bagi kalangan kerajaan. Namun seiring berjalannya waktu, siapa pun boleh menikmatinya. Komposisi kue bay tat terbuat dari tepung terigu, telur, santan, gula, dan mentega.

Semua bahan-bahan tersebut dicampur menjadi adonan dan kemudian di oven hingga mengembang sempurna. Setelah matang baru di bagian atasnya diberi topping sesuai selera, bisa keju, nanas, atau kismis.

Lontong Tunjang

Lontong Tunjang

Lontong sayur termasuk salah satu makanan khas Nusantara yang punya banyak versi tergantung daerahnya. Termasuk salah satunya lontong tunjang yang menjadi makanan khas populer dari Bengkulu.

Seperti halnya lontong sayur pada umumnya, makanan ini cocok Anda santap saat waktu sarapan. Kuah santannya yang lezat pasti akan membuat Anda ketagihan ingin makan lagi dan lagi.

Cara membuatnya pun ternyata cukup mudah seperti lontong sayur biasa. Anda hanya perlu menyiapkan tambahan isian berupa irisan tunjang atau kikil sapi ke dalam kuah santan bersama nangka muda dan buncis.

Bila sayur telah matang dan tersiram di atas lontong, tinggal tambahkan irisan telur rebus atau gorengan untuk menambah cita rasanya. Perpaduan yang pas antara citarasa gurih, pedas, dan asin dalam sayur pasti akan menggoyang lidah Anda.

Perut Punai

Perut Punai

Perut Punai atau Perut Kunai merupakan salah satu kuliner khas Bengkulu yang banyak diburu para wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Kabarnya, nama perut punai ini berasal dari bentuknya yang mirip seperti isi perut burung punai.

Ada juga yang bilang mirip usus ayam yang digulung menyerupai biskuit dengan ukuran kecil. Jika ingin membuatnya sendiri di rumah, caranya tidak sulit dan bahan-bahannya cukup mudah Anda temui di pasar.

Anda hanya harus menyiapkan tepung beras, gula aren, keju parut, dan air. Namun jika Anda tidak mau repot dan ingin beli yang sudah jadi, banyak toko oleh-oleh yang menjualnya.

Lepek Biniti

Lepek Biniti

Jika Anda baru pertama kali datang ke Bengkulu, pasti nama kuliner khas Bengkulu satu ini cukup asing di telinga. Dari tampilannya kue ini tampak seperti nagasari makanan khas Lombok, karena sama-sama daun pisang sebagai bungkus makanannya.

Namun kedua makanan tersebut mempunyai perbedaan, terutama dari segi citarasanya. Sebab bahan utama lepek biniti ini terbuat dari tepung ketan, santan, dan garam, sementara nagasari dominan bahan dengan rasa manis.

Kue lepek binti merupakan jajanan khas Bengkulu yang mempunyai cita rasa gurih dan kenyal. Kemudian dari isiannya, kue lepek binti menggunakan daging giling dengan bumbu khusus sehingga cita rasnya semakin unik.

Gulai Kemba’ang

Gulai Kemba'ang Khas Bengkulu

Hampir di beberapa daerah Indonesia pasti mempunyai olahan gulai dengan bumbu rempahnya masing-masing. Di Bengkulu juga ada kuliner yang serupa bernama gulai kemba’ang.

Kuliner khas Bengkulu ini sangat terkenal akan kelezatan citarasanya. Setiap wisatawan yang datang dari luar pasti menyempatkan untuk mencicipi kuliner lezat ini.

Dari segi tampilan mungkin terlihat seperti makanan gulai pada umumnya. Namun begitu suapan pertama, Anda akan merasakan citarasa yang berbeda dan unik yang muncul dari resep khusus masyarakat setempat.

Gulai Kemba’ang sendiri biasanya menggunakan daging iga sapi yang telah dimasak sampai benar-benar tanak. Kuliner lezat khas Bengkulu ini cocok Anda santap saat jam makan siang.

Cucur Ringgit

Cucur Ringgit

Cucur ringgit merupakan kuliner khas dari daerah Seluma, Bengkulu Selatan. Namun beberapa wilayah di Indonesia juga mempunyai kue cucur dengan kearifan lokalnya. Selain di Bengkulu, kue cucur juga termasuk makanan khas Betawi yang lezat.

Nama “Cucur Ringgit” disematkan karena bentuk pinggirannya yang renyah mirip seperti lekukan pada bunga. Sementara masyarakat setempat menyebutnya dengan kue ringgit.

Kue ini terbuat dari beras ketan yang telah ditumbuk lalu kemudian dicampur dengan gula merah. Proses memasaknya pun perlu sedikit kesabaran, karena semuanya masih secara manual satu per satu.

Bagar Hiu

Bagar Hiu

Kuliner khas Bengkulu selanjutnya yang terkenal dan cukup unik yaitu Bagar Hiu. Seperti namanya kuliner khas Bengkulu satu ini terbuat dari daging ikan hiu dan jadi salah satu kuliner favorit Presiden Soekarno.

Proses memasaknya tidak menggunakan santan, namun kelapa sangrai. Bumbu dan rempah yang digunakan menghasilkan citarasa yang lezat. Bahkan bau amis pada daging ikan tidak tercium, sehingga Anda bisa makan dengan nyaman.

Salah satu warung makan yang sudah cukup terkenal dan menyediakan menu bagar hiu adalah Uni Fit yang terletak di Jl. Soekarno-Hatta Anggut Atas, Kota Bengkulu. Rumah makan tersebut terkenal dengan menu bagar hiu yang enak.

Gulai Pisang

Gulai Pisang Khas Bengkulu

Pisang yang biasanya untuk kolak, keripik, kue, dan lainnya bisa Anda nikmati dalam bentuk gulai saat berada di Bengkulu. Jika dibayangkan dan melihat tampilannya memang tampak aneh.

Namun untuk rasanya jangan membayangkan rasanya akan berantakan. Teknik pengolahan dan penggunaan bumbu yang tepat akan menghasilkan citarasa yang lezat dan menggugah selera.

Jika ingin mencicipinya, warung makan yang menyediakan menu ini yaitu Restoran Bunga yang terletak di Jl. Ratu Agung No. 4, Penurunan, Kota Bengkulu. Restoran tersebut terkenal dengan menu gulai pisangnya yang lezat.

Harga seporsinya hanya sekitar Rp25.000,00 dan Anda tidak akan kecewa. Rasa gulai yang gurih dengan sensasi rasa pisang yang khas akan jadi pengalaman dan wawasan baru untuk rasa masakan khas daerah di Indonesia.

Tempoyak Bengkulu

Tempoyak Bengkulu

Kuliner khas Bengkulu lain yang tak kalah unik dan enak yaitu sambal tempoyak. Buat Anda yang belum tahu, tempoyak merupakan sambal yang cara pembuatannya dengan proses fermentasi buah durian selama beberapa hari.

Karena berasal dari hasil fermentasi sehingga menciptakan citarasa yang asam pedas dengan tekstur lembut daging durian. Aroma durian yang khas membuat Anda ingin segera mencicipinya.

Jadi, buat Anda pecinta buah durian, mungkin bisa menikmatinya dengan sensasi yang berbeda yaitu dengan mencoba sambal tempoyak Bengkulu. Masyarakat sekitar biasa menyantapnya dengan nasi hangat.

Olah durian unik satu ini juga bisa Anda temukan di beberapa daerah Sumatera dan khususnya daerah melayu. Misalnya seperti pada masakan makanan khas Lampung, Jambi, Makassar, hingga Malaysia.

Manisan Terong

Manisan Terong

Makanan khas Bengkulu yang cukup unik lainnya ada manisan terong. Kuliner satu ini bisa dibilang sulit Anda dapatkan di tempat lain. Hal tersebut karena biasanya terong untuk bahan sayuran bukan sebagai manisan.

Bahan dasar manisan ini terbuat dari terong ungu. Cara membuatnya pun terbilang cukup mudah. Pertama iris kecil-kecil terong ungu. Selanjutnya rebus irisan terong dengan campuran gula pasir.

Tunggu sampai mendidih dan air rebusannya menyusut dan menyerap ke terong. Lalu tahap terakhir jemur hasil rebusan terong sampai teksturnya mengeras.

Oleh karena makanan yang cukup unik, banyak wisatawan yang menjadikan kuliner ini sebagai buah tangan. Anda pun dapat dengan mudah mendapatkannya di toko oleh-oleh terdekat di sekitar.

Nah itu tadi deretan rekomendasi makanan khas Bengkulu yang enak dan lezat. Sebenarnya masih ada banyak pilihan kuliner yang bisa Anda cicipi saat berkunjung ke Bumi Rafflesia ini.

Agar tak ketinggalan Anda bisa menggunakan layanan agen wisata terpercaya seperti Salsa Wisata. Sebab, berbagai pilihan paket wisata akan membuat agenda liburan di Bengkulu semakin berkesan.



By Categories: Bengkulu, Kuliner

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)