earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Hampir setiap kali berkunjung ke sebuah daerah, akan kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Saat sedang di Purwakarta, misalnya, sedikitnya ada 12 makanan khas Purwakarta yang wajib masuk dalam list wisata kuliner Anda.

Daerah Purwakarta sendiri kaya akan kuliner khas dengan citarasa yang otentik. Kota kecil yang diapit oleh Jakarta dan Bandung ini terbilang kota dengan kuliner yang spesial karena jarang dijumpai di kota lain.

Tak heran jika kota ini jadi kota yang tepat bagi wisatawan yang ingin berburu kuliner. Banyak travel organizer, termasuk Salsa Wisata, menjadikan wisata kuliner Purwakarta sebagai bagian dari paket wisata yang ditawarkan kepada klien.

Lantas, makanan khas apa saja yang menjadi rekomendasi terbaik untuk para penikmat kuliner Purwakarta? Berikut informasi lengkapnya untuk Anda.

Daftar Makanan Khas Purwakarta Populer

Ayam Goreng Purwakarta

Ayam Goreng Purwakarta

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Anda pecinta ayam goreng dan ingin sekali-kali mencicipi ayam goreng dengan citarasa yang sedikit berbeda? Cobalah ayam goreng khas Purwakarta ini.

Hidangan ayam goreng ini tentu bisa menjadi ‘obat’ lapar Anda setelah lelah jalan-jalan ke sejumlah tempat wisata terkenal di Purwakarta dan sekitarnya.

Kuliner yang satu ini mempunyai rasa yang berbeda dengan ayam goreng pada umumnya. Baluran bumbu rempahnya seperti serai, kunyit, gula merah, dan daun jeruknya semakin menambah rasa gurih dan aroma yang khas pada ayam goreng ini.

Jenis ayamnya sendiri adalah ayam kampung, bukan ayam pedaging. Hal ini tentu berpengaruh pada rasa ayam goreng yang pasti akan terasa lebih lezat.

Sate Maranggi

Sate Maranggi

Nah, untuk Anda para pecinta sate, Anda tak boleh ketinggalan untuk mencicipi sate asli Purwakarta ini. Sate Maranggi namanya, terbilang unik, baik dari segi rasa dan cara penyajiannya.

Untuk bumbu-bumbunya sendiri tersaji tanpa bumbu kacang; melainkan bumbu kecap yang sudah ditambahkan perasan jeruk limau dan irisan tomat segar.

Cita rasanya asin, manis, dan asam. Perasan jeruk limaunya tak hanya membuat bumbu sambal kecap ini terasa segar, tapi juga beraroma wangi.

Daging pada makanan khas Purwakarta yang enak ini bisa berupa daging kambing muda, daging ayam, atau bahkan daging sapi.

Sebelum diletakan di atas panggangan yang berisi arang panas, sate ini direndam ke dalam bumbu rempah terlebih dahulu, baru kemudian dibakar. Rasanya sendiri sangat maknyus. Apalagi jika disantap hangat-hangat.

Surabi Purwakarta

Surabi Purwakarta

Serabi atau Surabi Purwakarta merupakan jajanan tradisional asli Purwakarta. Jajanan ini berupa kue bulat pipih dengan berbagai macam pilihan topping.

Kue Surabi ini terbuat dari tepung beras dengan campuran santan kental dan gula. Teksturnya empuk dan lembut ketika disantap. Aromanya juga unik karena ada aroma khas bakaran.

Khusus untuk topping, terdapat dua pilihan, yaitu topping asin dan manis. Biasanya kue Surabi ini jadi oleh-oleh khas Purwakarta yang pas karena selain khas dan lezat, bawaannya juga praktis.

Pepes Purwakarta

Pepes Purwakarta

Kuliner pepes hanya ada di Indonesia. Namun Purwakarta punya pepes versi lain. Salah satu kuliner dari 12 makanan khas Purwakarta yang terkenal ini tersaji dalam dua pilihan ukuran. Isiannya juga berbeda meski bumbu yang digunakan sama.

Bungkus daun pisang pada pepes ini mampu memunculkan aroma yang sangat khas dan tentunya menambah kelezatan masakan.

Simping

simping purwakarta

Suka dengan makanan ringan untuk jadi ‘teman’ di perjalanan wisata Anda? Simping mungkin akan jadi pilihan yang pas. Bentuknya bulat-pipih dan ketika digigit, teksturnya sangat renyah seperti kerupuk.

Simping memiliki banyak pilihan rasa. Ada cokelat, kencur, pandan, jahe, nangka, durian, dan masih banyak lainnya. Warnanya juga macam-macam menyesuaikan rasanya.

Makanan ringan ini mudah sekali Anda jumpai di Purwakarta. Hampir di semua toko oleh-oleh di tempat wisata terdekat menjual snack asli Purwakarta ini.

Karena teksturnya garing, Simping ini sangat tahan lama sehingga cocok untuk dibawa sebagai buah tangan untuk kerabat di kota lain.

Colenak

Colenak

Dicocol enak, itulah gambaran sederhana untuk kuliner Colenak. Makanan yang satu ini terbuat dari bahan utama tape singkong dan juga gula merah. Cara membuatnya cukup sederhana, yaitu tape singkong dibakar hingga tercium aroma bakaran.

Tape singkong yang telah dibakar tersebut lalu Anda sajikan di atas piring, baru kemudian disiram dengan saus gula merah. Jangan lupa taburi tape singkong bakar ini dengan parutan kelapa untuk menambah citarasa gurih.

Kerupuk Miskin

Kerupuk Miskin

Jangan salah, meski nama makanan ringan ini kurang enak tampilannya, tapi rasanya sangat maknyus. Kerupuk Miskin ini hanya ada pada Daerah Purwakarta, sehingga tidak sedikit wisatawan dari arah wisata Lembang, rela menempuh jarak yang jauh demi bisa mendapatkan kerupuk ini.

Kerupuk gurih-asin ini seringnya menjadi pelengkap hidangan-hidangan utama seperti Soto Sadang, Mie Pelangi, dan hidangan berat Purwakarta lainnya.

Anda juga bisa langsung menyantap kerupuk ini sebagai camilan. Sekalinya makan, dijamin tak bisa berhenti. Kerupuk ini sangat gurih dan tidak berminyak karena memang diolah dengan cara disangrai dengan menggunakan pasir.

Kerupuk ini sangat cocok jadi cemilan ketika sedang berkendara jauh. Misal perjalanan one day city tour dengan menggunakan layanan paket sewa mobil matic dari Salsa Wisata.

Mie Pelangi

Mie Pelangi

Sajian mie ini tak hanya menggiurkan lidah, tapi juga sangat memanjakan mata lantaran warna mie-nya yang cantik warna-warni. Bahan utama hidangan ini berupa mie homemade yang dibuat dengan 3 pilihan warna: hijau, merah, dan kuning.

Warna-warna pada mie ini bukan berasal dari pewarna makanan, melainkan dari bahan-bahan alami seperti bit, wortel, buah naga, dan sawi. Jadi dijamin sangat sehat dan aman dikonsumsi sehari-hari.

Kerupuk RO

Kerupuk RO

Pernah dengar nama Kerupuk RO dari Purwakarta? Kerupuk ini sangat terkenal di telinga masyarakat Purwakarta. Mereka sering menamainya Kerupuk Pink khas Purwakarta.

Kerupuk ini asli dari Sempur, salah satu desa di Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta. Selain pink, ada juga Kerupuk RO yang berwarna putih. Kedua jenis kerupuk ini diolah dengan cara disangrai menggunakan pasir panas.

Nama ‘RO’ ini sendiri berasal dari sebuah singkatan dari Raden Omay. Beliau adalah tokoh pelopor yang memproduksi kerupuk ini.

Soto Sadang

Soto Sadang

Saat sedang mampir di pusat wisata kuliner Purwakarta terdekat, cobalah Soto Sadang yang juga menjadi primadona kuliner di Kabupaten Purwakarta.

Ada dua jenis pilihan kuah, yaitu kuah santan dan kuah bening. Kuah santan sangat cocok untuk Anda yang menyukai rasa gurih yang kuat. Sedang kuah bening sangat recommended untuk penyuka soto yang light tapi kaya akan rasa.

Es Ciming

Es Ciming

Meski sama-sama terletak di Provinsi Jawa Barat, Purwakarta tak seperti Daerah wisata Cikole yang terkenal dingin dan sejuk. Purwakarta terkenal lebih panas sehingga mudah sekali membuat tubuh Anda jadi gerah.

Nah, saat sedang gerah seperti ini, memang paling enak mengkonsumsi makanan atau minuman dingin yang menyegarkan.

Di Purwakarta, ada satu kuliner yang cocok sekali untuk dimakan saat cuaca sedang panas. Tepat sekali, Es Cimin namanya. Es ini mirip dengan es campur, sup buah, es doger, dan semacamnya.

Bahan-bahan untuk isian es ini sangat beragam. Sebut saja kacang hijau, cendol, kelapa muda, jeli, dan juga cincau. Es Cimin terdiri dari taburan es serut, guyuran susu kental manis, dan sirup rasa cocopandan. Legit, gurih, dan yang pasti sangat menyegarkan.

Peuyeum Bendul

Peuyeum Bendul

Siapa yang tak kenal dengan Peuyeum Bandung. Oleh-oleh khas dari Bandung ini tak hanya bisa Anda jumpai di Punclut dan kawasan wisata Bandung lainnya. Di Purwakarta juga sering jadi alternatif kedua untuk berburu oleh-oleh Peuyeum yang enak.

Ada satu nama merk Peuyeum yang recommended di Purwakarta. Namanya adalah Peuyeum Bendul. Peuyeum ini memiliki rasa yang lebih manis dan bertekstur sangat lembut serta empuk. Anda bisa mencicipinya saat sedang mampir ke Daerah Bendul, Purwakarta.

Itulah 12 makanan khas Purwakarta yang paling terkenal kami rekomendasikan. Silahkan Anda bisa mencicipinya saat sedang liburan, business trip, atau jenis perjalanan lainnya di Purwakarta. Tidak lupa kami sarankan juga untuk membeli oleh-oleh khas Purwakarta yang juga tak kalah lezatnya.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)