SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Mengunjungi bendungan Jatiluhur di Purwakarta, jangan lupa beli oleh-oleh khas yang ada. Sebab buah tangan inilah yang bisa membuat perjalanan Anda ke Kota Pensiun ini semakin lengkap.

Pilihannya pun beragam mau itu makanan, jajanan, atau kerajinan tangan bukan masalah. Semua bisa Anda pilih sesuai keinginan dan ketersediaan budget.

Supaya tidak pusing lagi memilih, telah kami rangkum 14 rekomendasi terbaik oleh-oleh khas Purwakarta yang wajib Anda beli, berikut daftarnya:

Daftar Oleh-oleh Khas Purwakarta yang Terkenal

Sate Maranggi

Sate Maranggi

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Bagi penikmat wisata kuliner Purwakarta, sate maranggi tentu sudah tidak asing lagi. Daging lembut kambing muda dengan bumbu kecapnya selalu berhasil menggoyang lidah setiap orang.

Dari cara penyajiannya, sate ini mirip dengan sate klathak, salah satu wisata kuliner Jogja terkenal. Karena hanya menggunakan bumbu rempah sederhana serta kecap sebagai olesan.

Meski begitu rasa sate ini tetap terasa lezat sebab sebelum dibakar, sate direndam terlebih dahulu ke dalam bumbu. Sehingga rasanya meresap hingga ke dalam daging dan semakin nikmat bersama tambahan acar.

Makanan ini juga bisa jadi buah tangan Anda untuk bekal makan di rumah. Harga satu porsinya bervariasi namun rata-rata sekitar Rp4.000,00 tusuk belum termasuk nasi timbel atau lontong.

Gerabah Plered

Gerabah Plered

Selain makanan, oleh-oleh khas Purwakarta berupa barang (souvenir) yaitu kerajinan tangan gerabah atau keramik juga bisa jadi pilihan souvenir untuk Anda bawa pulang. Kualitas gerabah dari Purwakarta ini pun sudah tidak perlu Anda ragukan lagi.

Banyak sekali hasil produknya yang sudah menembus pasar ekspor internasional. Sebut saja misalnya vas bunga, guci, pot, cangkir, dan barang-barang lain, semua bisa Anda dapatkan.

Kerajinan gerabah dan keramik ini terletak di kawasan Plered Purwakarta. Sekilas kawasan ini mirip dengan wilayah kasongan di Jogja yang juga menjadi pusat oleh-oleh khas Jogja selain makanan yang menjual hasil gerabah.

Harga dari setiap hasil produksi di sini pun bervariasi tergantung proses pengerjaan serta kerumitan desainnya. Ada yang hanya sekitar Rp150.000,00 namun ada juga yang dapat mencapai ratusan juta.

Rengginang

Kerupuk Rengginang

Saat lebaran, Oleh-oleh khas Purwakarta berupa makanan rengginang hampir selalu ada dan tersaji di atas meja. Makanan sejuta umat ini bisa dengan mudah Anda temukan di banyak daerah termasuk Purwakarta.

Namun berbeda dengan daerah lain, rengginang di Purwakarta memiliki varian rasa yang lebih beragam. Warnanya pun tidak hanya putih atau cokelat keemasan seperti biasanya.

Salah satu yang paling mudah Anda jumpai adalah rengginang ketan hitam yang menggunakan ketan hitam sebagai bahan utamanya. Dari segi rasa, kerupuk satu ini lebih gurih dengan sedikit rasa manis.

Anda bisa membeli rengginang mentah khas Purwakarta ini sebagai cenderamata dan camilan di rumah. Apalagi harganya yang sangat terjangkau hanya sekitar Rp50.000,00 per bungkus ukuran 1 kg.

Surabi

Surabi Purwakarta

Sebagian besar wilayah Jawa Barat pasti punya versi surabinya masing-masing, tidak terkecuali Purwakarta. Surabi di sini sedikit berbeda dari surabi yang jadi oleh-oleh jajanan khas Bandung, terutama dari segi rasa.

Pilihan rasa dari surabi Purwakarta cukup beragam mulai dari yang tipe manis maupun yang asin. Ada yang menambahkan toping seperti keju, abon, atau telur untuk membuat rasanya semakin sedap.

Meski dengan variasi yang beragam, harga surabi ini tidak terlalu mahal. Anda bisa mendapatkan satu buah surabi hanya dengan merogoh kocek sekitar Rp2.000,00 saja.

Sayangnya makanan yang terbuat dari tepung beras ini tidak bisa bertahan terlalu lama. Paling lama hanya sekitar satu hari bila Anda simpan di lemari pendingin, jadi haru segera Anda habiskan.

Kerajinan Bambu

Kerajinan Bambu

Selain gerabah, oleh-oleh khas Purwakarta yang murah berupa kerajinan bambu juga mendapat apresiasi serupa dari dunia internasional. Banyak hasil karya tangan terampil warga Purwakarta yang sudah masuk pasar ekspor dunia.

Produknya pun tidak hanya sebatas pajangan saja, ada pula perabotan rumah seperti gelas dan teko, meja, kursi, dan lainnya. Tidak ketinggalan alat musik khas sunda yakni angklung, karinding, dan juga calung bisa Anda dapatkan.

Bahan utamanya pun bukan bambu biasa melainkan bambu wulung atau bambu hitam. Karakter bambu yang punya suara nyaring dan kuat menjadi alasan kerajinan ini memiliki kualitas yang baik

Anda bisa mendapatkan hasta karya ini dengan harga bervariasi mulai dari Rp5.000,00 hingga jutaan rupiah. Jika tertarik Anda bisa mengunjungi Desa Nagrog bersama sopir dari rental mobil bulanan murah yang Anda gunakan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Kuliner, Purwakarta

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)