Sewa Bus Pariwisata Solo

Sewa bus pariwisata Solo bisa jadi solusi untuk perjalanan Anda bersama rombongan yang nyaman dan aman. Banyak tipe bus pariwisata murah yang dapat Anda gunakan dengan berbagai pilihan harga dan ukuran. Dengan menggunakan bus pariwisata Solo berkeliling setiap tempat wisata di Solo maupun luar kota beramai-ramai bukan masalah. Perjalanan wisata Anda menggunakan Bus pun semakin berkesan dengan paket wisata istimewa dari Salsa Wisata. Selengkapnya

Selamat Datang di Solo

Solo, salah satu Kota Batik terkenal yang ada di Jawa Jawa Tengah. Keindahan budaya dan sejarahnya menjadi daya tarik banyak wisatawan.

Banyak sejarah dan budaya yang bisa diceritakan di Kota Budaya ini. Solo sebenarnya merupakan nama desa yang menjadi tempat pembangunan pemerintahan Kartasura yang baru setelah sebelumnya hancur.

Nama Kartasura pun akhirnya diganti menjadi Surakarta Hadiningrat. Itulah mengapa sebagian orang ada yang menyebutkan Solo adalah Surakarta dan Surakarta adalah Solo.

Keraton Surakarta Hadiningrat juga sempat digunakan sebagai pusat pemerintahan wilayah Kasunanan Surakarta dan menjadi sebuah daerah istimewa seperti Jogja.

Namun di tahun 1946 karena terjadi permasalahan politik, Gelar daerah istimewa Surakarta dicabut dan beralih menjadi karesidenan Surakarta. Pada waktu itu wilayah karesidenannya meliputi kabupaten Karanganyar, Sragen, Boyolali, Wonogiri, Klaten, dan Sukoharjo.

Bentuk karesidenan ini hanya bertahan hingga tahun 1950 dan Surakarta atau Solo kini menjadi bagian dari Jawa Tengah seutuhnya. Meskipun begitu, orang-orang di wilayah bekas karesidenan Surakarta ini tetap menyebut diri mereka sebagai orang Solo.

Tidak hanya wisata sejarah, keindahan alam di kaki gunung Lawu juga patut untuk diacungi jempol. Udara yang sejuk dengan pemandangan yang asri banyak menarik minat wisatawan untuk datang.

Untuk urusan belanja dan kuliner, Solo juga bisa jadi juara. Pasar-pasar tradisional yang menjual batik dan kerajinan lain selalu ramai karena harganya yang murah dengan kualitas bagus.

Makanan lezat khas Solo yang menggugah selera dapat dengan mudah dijumpai. Wedang Asle, Brambang Asem, Sate Buntel, Sate Kere, dan Serabi Solo wajib dicicipi saat mengunjungi kota ini.

Untuk mengunjungi Solo juga sangat mudah. Banyak moda transportasi yang bisa digunakan,salah satunya Bus. Di setiap terminal pasti tersedia bus Solo berbagai jurusan dari yang biasa hingga yang mewah.

Anda juga bisa mencapai Solo menggunakan penerbangan dengan tujuan akhir Bandara Adi Soemarmo. Dengan kemudahan akses dan pesona yang dimiliki Solo sangat sayang melewatkan liburan ke kota ini.

Berlibur Bersama Rombongan dengan Bus Pariwisata

Menikmati liburan dan keindahan Solo tentu lebih asyik jika beramai-ramai. Banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi dan kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama-sama.

Nah agar rencana liburan tersebut dapat berjalan lancar, persiapan matang harus dilakukan terlebih lagi jika berangkat dalam jumlah besar. Salah satu hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan adalah urusan transportasi.

Tanpa alat transportasi yang tepat, perjalanan jarak dekat sekalipun akan terasa berat dan dapat mengganggu suasana liburan. Jadi memilih kendaraan yang pas sesuai kebutuhan harus jadi prioritas.

Selain pas sesuai kebutuhan, harus diperhatikan juga biaya yang dikeluarkan. Jangan sampai biaya yang dikeluarkan malah terlalu besar dan menjadi boros.

Misalnya Anda memilih rental mobil solo, perjalanan Anda sudah pasti nyaman tapi jika bersama rombongan besar, justru mobil bisa sangat merepotkan. Biaya yang harus dikeluarkan jadi sangat banyak dan memberatkan.

Pilihan kendaraan terbaik yang ada tentu saja dengan menggunakan bus. Kapasitas yang besar dan biaya yang lebih murah sangat pas untuk perjalanan bersama-sama.

Keliling Solo bisa menjadi sangat hemat karena biaya sewa satu bus dapat dibagi bersama. Uang yang tersisa akhirnya bisa dimanfaatkan untuk hal yang lainnya.

Bahkan masyarakat Surakarta pun sering menggunakan Jasa rental bus pariwisata Solo untuk berkeliling daerah Solo. Wisata alam dan taman bermain yang ada menjadi tujuan yang paling diminati dan selalu ramai dikunjungi.

Tidak jarang tempat sewa bus pariwisata Solo murah juga menawarkan paket wisata keluar kota. Paket wisata ke Bandung, Bali, atau kota lainnya sering dipilih oleh sekolah atau perusahaan terutama saat liburan datang.

5 Alasan Sewa Bus Pariwisata Lebih Menguntungkan

Menyewa bus merupakan salah satu metode perjalanan berkelompok yang paling populer dan mudah. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika Anda menggunakan bus sebagai transportasi liburan bersama rombongan.

Berikut ini 5 alasan mengapa menggunakan rental bus pariwisata Solo murah dan sangat menguntungkan untuk Anda berpergian.

Bebas Stres Saat Perjalanan

Perjalanan panjang menggunakan kendaraan tentu sangat melelahkan. Apalagi harus bertanggung jawab dan mengurus rombongan. Niat liburan santai malah pusing sampai libur selesai.

Tapi hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda menggunakan jasa sewa bus Solo. Urusan jadwal, tujuan, dan lainnya sudah disiapkan pihak rental, Anda tinggal duduk tenang menikmati perjalanan dan liburan.

Anda juga tidak akan merasakan lelah mengemudi saat perjalanan. Sopir berpengalaman dari rental akan melayani Anda selama bepergian.

Ramah Lingkungan

Jika menggunakan bus, otomatis Anda mengurangi jumlah mobil yang dibutuhkan untuk mengangkut rombongan besar. Satu bus besar dapat menampung hingga 50 penumpang yang setara 6 mobil minivan kapasitas 8 penumpang atau 25 motor.

Semakin berkurangnya jumlah kendaraan yang ada di jalanan, kadar karbon monoksida yang ada di udara juga berkurang. Ditambah lagi emisi karbon yang dikeluarkan bus ternyata lebih sedikit daripada kendaraan lain.

Dengan begitu rencana berlibur Anda menggunakan bus secara tidak langsung juga mengurangi penyebab pemanasan global. Sebuah liburan yang tidak hanya menyenangkan namun juga ramah lingkungan.

Aman

Tahukah Anda ternyata bepergian menggunakan jasa rental bus Solo seperti Salsa Wisata cenderung lebih aman daripada mengendarai mobil sendiri? Ini karena rasa lelah saat berkendara yang menjadi penyebab utama kecelakaan jarang terjadi kepada sopir rental.

Jika mengendarai mobil sendiri, setelah lelah bermain-main di tempat wisata Anda masih harus mengemudikan mobil. Mengantuk dan hilang konsentrasi saat berkendara sangat mungkin terjadi.

Tapi dengan menggunakan rental bus, saat Anda asyik bermain, sopir dan crew bus bisa beristirahat. Sehingga saat harus kembali melanjutkan perjalanan mereka sudah siap sedia.

Selain itu sopir-sopir dari tempat sewa bus ini sudah sangat berpengalaman dan hafal jalur yang dilalui. Dengan begitu perjalanan Anda akan semakin aman dan nyaman karena tidak akan ugal-ugalan.

Lebih Luas dan Nyaman

Duduk dalam waktu lama di tempat sempit selama perjalanan tentu sangat melelahkan. Ditambah lagi didalam mobil yang digunakan penuh sesak barang dan orang, sudah pasti tidak akan nyaman.

Namun berbeda halnya jika Anda menggunakan bus. Jarak antar kursi yang luas dan kursi yang empuk membuat Anda dapat menikmati perjalanan dengan santai.

Saat lelah duduk Anda juga bisa tiduran dengan menurunkan sandaran kursi. Anda juga bisa berjalan dan bergerak bebas di bus karena ruang dek yang luas.

Selama perjalanan Anda bisa bebas memilih melakukan apapun yang membuat Anda nyaman. Tidur selama perjalanan, melihat pemandangan jalan, atau bernyanyi dan bermain bersama teman dapat dilakukan dengan leluasa.

Fasilitas Lengkap dan Memadai

Perjalanan jarak jauh atau dekat bersama rombongan bukan masalah jika Anda menggunakan jasa sewa bus Solo murah seperti Salsa Wisata. Fasilitas yang disiapkan dari setiap armada yang tersedia akan menjamin perjalanan Anda nyaman dan aman.

Fasilitas Bus Pariwisata yang Diberikan Salsa Wisata

Berikut ini beberapa fasilitas yang Salsa Wisata siapkan untuk mendukung kenyamanan perjalanan Anda bersama rombongan.

Pilihan kendaraan yang bermacam-macam

Salsa wisata menyiapkan armada berbagai tipe yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda bersama rombongan. Mulai dari minibus seperti Elf dan HiAce, hingga bus mewah bertipe SHD, semua bebas Anda pilih untuk digunakan.

Kapasitas Kursi Penumpang

Untuk rombongan besar, Bus yang ada di Salsa Wisata dapat menampung hingga 52 orang dalam satu kendaran. Bus ini sangat pas bagi rombongan besar yang ingin berwisata dengan nyaman.

Untuk rombongan kecil dibawah 20 orang, minibus seperti elf dan HiAce sangat cocok untuk dipilih. Kapasitas kursi nya dapat menampung 11 sampai 17 penumpang sehingga perjalan bersama rombongan Anda tetap hemat.

Tempat Charger dan AC

Di dalam bus juga disiapkan port untuk mengisi baterai handphone atau kamera. Jadi Anda tidak perlu takut kehabisan baterai selama perjalanan.

Setiap armada juga sudah dilengkapi AC tidak hanya di bagian depan tapi juga merata hingga ke barisan kursi belakang. Kepanasan saat di perjalanan tidak akan terjadi di dalam bus dari Salsa Wisata.

Bagasi Luas

Bagasi yang ada di setiap kendaraan Salsa Wisata siap menampung barang-barang bawaan Anda. Tidak akan ada lagi kejadian Anda tidak nyaman karena terganggu barang yang menumpuk di kursi penumpang.

Untuk kendaraan besar seperti bus juga tersedia rak penyimpanan di atas tempat duduk yang luas. Barang berharga yang ada di dalam tas bisa diletakkan dengan aman dan dekat dengan Anda.

Hiburan

Hiburan selama perjalanan pun sudah disiapkan. Musik dari DVD, USB, atau Radio bisa Anda pilih untuk diputar. Bahkan di beberapa bus tersedia layar TV yang semakin menambah seru hiburan di perjalanan Anda.

Booking online

Fasilitas Booking online sudah bisa Anda nikmati untuk kemudahan pemesanan bus. Anda bisa menyewa bus melalui website sambil menentukan pilihan dan rencana perjalanan yang diinginkan.

Pesanan yang masuk akan langsung diproses meskipun Anda tidak berada di kantor Salsa Wisata. Persiapan perjalanan Anda jadi semakin mudah dan cepat tanpa ribet mengurus ini dan itu kesana kemari.

Paket Wisata

Perjalanan wisata bersama rombongan pun bisa semakin menyenangkan dengan paket wisata yang disediakan. Pilihan destinasi di berbagai kota bisa dipilih seperti paket wisata Jogja, paket wisata Bali, dan lainnya.

Anda juga bisa custom sendiri paket wisatanya. Tentukan sendiri tujuan wisata yang diinginkan termasuk penginapan dan lainnya. Sehingga perjalanan wisata Anda bersama rombongan di Solo atau dari Solo bisa sangat berkesan.

Jenis Bus Pariwisata di Solo

Untuk menunjang perjalanan Anda dengan nyaman, banyak jenis Bus yang disediakan tempat penyewaan. Bus ini dibedakan berdasarkan ukuran, kapasitas, dan modelnya.

Penggunaan tipe bus ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan perjalanan Anda. Berikut ini beberapa tipe Bus yang bisa Anda sewa.

Medium Bus

Tipe Bus ini lebih umum digunakan untuk perjalanan rombongan kecil atau digunakan sebagai bus harian. Dengan dimensi ukuran rata-rata panjang 779 cm, lebar 260 cm, dan tinggi 225 cm, bus ini dapat menampung 22-33 penumpang.

Dengan ukuran sebesar ini, Bus Medium tetap bisa melewati jalan-jalan kecil dengan lancar. Tipe bus ini sangat efektif untuk perjalanan menuju daerah pegunungan atau pantai yang jalannya sempit.

Medium Bus biasanya menjadi favorit bagi rombongan mahasiswa untuk melakukan perjalanan ke tempat wisata. Bus model ini merupakan pilihan yang paling efisien, karena harga sewa busnya yang murah dan kapasitasnya cukup besar.

Big Bus

Jika Anda membutuhkan Bus dengan kapasitas penumpang yang lebih besar, bus tipe Big ini bisa jadi pilihan. Dapat menampung 38 hingga 48 penumpang dewasa, ukuran yang dimiliki bus ini rata-rata sekitar 1211 cm x 246 cm X 287 cm.

Bus tipe ini sangat cocok digunakan untuk City Tour bersama rombongan besar. Kunjungan ke tempat wisata Solo dengan medan yang tidak terlalu berat bisa dilakukan dengan nyaman. Destinasi yang sering dikunjungi bus tipe ini biasanya kebun binatang dan museum.

Bus SHD

Bus tipe SHD atau Super High Deck ini termasuk tipe bus pariwisata mewah. Banyak fasilitas kenyamanan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan Bus SHD.

Decknya yang tinggi dan luas membuat Anda dapat bergerak leluasa di dalam Bis. Biasanya juga dilengkapi dengan TV sebagai salah satu hiburan saat perjalanan.

Seat bus pariwisata tipe SHD ini sangat besar, 48 sampai 52 orang bisa muat masuk dan tidak terasa sesak. Dengan tinggi Bus yang mencapai 390 cm lebih, kapasitas bagasinya juga bertambah luas bahkan untuk memasukan motor sekalipun.

Ciri khas bus SHD adalah kaca ganda yang ada di bagian depan sehingga terlihat seperti bertingkat. Saat di jalan, Bus tipe SHD ini akan terlihat sangat mewah dan elegan.

Biasanya bus SHD digunakan untuk perjalanan jarak jauh bersama rombongan besar. Ziarah 9 Wali keliling jawa akan terasa sangat nyaman menggunakan Bus tipe SHD.

Elf Short

Untuk perjalanan rombongan kecil yang kurang dari 20 orang, menggunakan kendaraan mini bus bisa jadi pilihan yang tepat. Salah satu tipe mini bus yang cukup populer di Indonesia adalah Elf short.

Dengan kapasitas sekitar 11 orang, Elf short sangat nyaman untuk perjalanan jauh ataupun dekat. Ukuran kabinnya juga besar dan cukup luas sehingga penumpang tidak akan merasa sempit.

Tenaga dari elf short juga terbilang besar yakni 2700cc. Perjalanan menanjak dengan jumlah penumpang full dan barang bawaan penuh bukan masalah.

Elf Long

Mini bus tipe Elf Long ini merupakan versi upgrade dari elf short terutama di kapasitas penumpangnya. Elf Long bisa membawa 17 penumpang dalam sekali perjalanannya.

Tampilan luar elf long ini juga terlihat lebih modern meskipun tetap sederhana seperti elf short. Dengan panjang mencapai 550 cm, bagian dalamnya tetap terasa luas meskipun sudah terisi penuh.

Mini bus tipe ini biasanya digunakan para agen travel antar kota antar provinsi. Perjalanan jauh dengan rombongan kecil tidak akan terasa melelahkan.

Hiace Commuter

Dengan tampilan yang lebih stylish dan elegan dibanding elf, Hiace Commuter bisa jadi alternatif untuk perjalanan bersama rombongan kecil. Tidak hanya bagus bagian luarnya, interior Hiace ini juga bisa terasa sangat nyaman dan lega.

Jumlah seat yang tersedia di Hiace Commuter dapat menampung hingga 15 penumpang. Ciri khas mini bus Hiace ini adalah pintu mobilnya bertipe slider atau pintu geser.

Perjalanan jauh tidak akan terasa melelahkan dan sumpek. Suspensi yang dimiliki Hiace dibuat khusus untuk meredam getaran yang tentu saja menambah kenyamanan penggunaan mobil ini.

Hiace Premio

Tidak mau kalah dengan Hiace Commuter, ada juga Hiace Premio yang dibuat menjadi sebuah angkutan premium. Dengan jumlah kapasitas yang sama yakni 15 penumpang, Hiace Premio terasa lebih elegan dan lebar.

Perbedaan utama dengan Hiace Commuter dapat terlihat dari bagian depan minibus ini. Bagian depannya terlihat lebih maju dan elegan dibanding Hiace Commuter.

Kenyamanannya juga semakin terasa dengan kisi AC yang lebih banyak untuk tiap penumpang. Performanya juga tidak kalah dengan Hiace Commuter bahkan terasa lebih High Class.

Biasanya Hiace Premio ini sering digunakan rombongan para Artis atau grup musik untuk perjalanan baik dalam maupun luar kota. Sehingga perjalanan bersama rombongan kecil bisa terasa sangat luxury.

Harga Sewa Bus Pariwisata di Solo City Tour

Jenis Bus Pariwisata Kapasitas Harga Sewa
Big Bus 38-48 seat Rp2.750.000
Medium Bus 22-23 seat Rp1.850.000
Bus SHD 48-52 seat Rp3.000.000
Elf Long 16-19 seat Rp1.100.000
Elf Short 13-15 seat Rp850.000
Hiace Commuter 13-15 seat Rp1.200.000
Hiace Premio 12 seat Rp1.470.000

Paket Sewa Bus Pariwisata Solo Dalam Kota

Setelah mengetahui jenis bus apa yang ingin Anda gunakan, Anda juga harus tahu paket apa saja yang ditawarkan tempat sewa bus. Jangan sampai Anda salah pilih paket karena melihat harga sewa bus yang murah, padahal tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut ini beberapa tipe sewa yang biasanya ditawarkan penyedia layanan rental bus

Transfer in/Out/Dinner

Tipe pertama ini biasanya untuk sekali perjalanan saja. Bisa untuk menjemput penumpang atau hanya mengantar penumpang dari satu tempat ke tempat yang lain.

Tipe sewa ini sangat cocok untuk menjemput atau mengantar rombongan tamu dari satu tempat ke tempat lain. Bisa juga untuk mengantar rombongan camping ke suatu tempat dan dijemput beberapa hari kemudian.

Full Day

Untuk tipe sewa full day ini sering ditawarkan untuk jenis bus mini seperti Elf atau Hiace. Pelanggan bisa menyewa bus seperti menyewa mobil biasa selama 24 jam atau juga bisa selama 12 jam saja.

Paket yang sangat cocok untuk perjalanan jarak dekat dengan rombongan kecil. Contohnya seperti berangkat menuju acara pernikahan keluarga atau yang lainnya.

City Tour

Tipe sewa City Tour sangat pas untuk Anda yang akan melakukan perjalanan jarak jauh bersama rombongan besar. Biasanya biaya sewa tipe City Tour dihitung berdasarkan jumlah hari penggunaan.

Kendaraan yang sering ditawarkan untuk paket city tour solo biasanya seperti Medium Bus, Big Bus dan Bus SHD. Kegiatan study tour sekolah, kunjungan perusahaan, atau perjalanan dengan rombongan besar lainnya sangat dianjurkan memilih tipe sewa ini.

Tips Memilih PO Bus Pariwisata Solo Terpercaya

Banyak tempat sewa bus pariwisata yang bisa Anda temukan. Namun Anda perlu jeli menentukan mana tempat rental bus terbaik yang akan Anda pilih. Berikut ini beberapa tips untuk memilih rental bus pariwisata yang terbaik.

Perhatikan Fasilitas

Hal pertama yang perlu diperhatikan dari tempat rental bus adalah fasilitasnya. Apakah fasilitas yang diberikan sesuai dengan harga yang ditawarkan dan mampu membuat perjalanan Anda nyaman.

Seperti kondisi Bus yang prima, tempat duduk yang bersih, AC yang memadai, dan lainnya. Dengan fasilitas yang baik tentu membuat perjalanan Anda tetap nyaman.

Proses Booking yang Mudah

Untuk melihat tempat rental bus bagus atau tidak, bisa dicek dari proses pemesanannya. Proses pemesanan yang cepat, mudah, dan tanpa ribet menunjukan kualitas yang baik dari tempat rental bus.

Rental bus yang bagus biasanya menyediakan layanan pemesanan online yang mudah. Anda bisa langsung memesan bus yang akan digunakan melalui website seperti di Salsa Wisata.

Tersedia Paket Wisata

Jika Anda ingin menyewa Bus pariwisata untuk berlibur atau study tour, sebaiknya mencari tempat sewa yang juga menawarkan paket wisata. Dengan adanya paket wisata, biaya sewa Bus dan berlibur bisa jadi lebih murah dan hemat.

Belum lagi pilihan tempat wisata yang dikunjungi bisa lebih banyak. Perjalanan wisata Anda bersama rombongan tentu jadi lebih nyaman.

Sopir dan Crew Berpengalaman

Sopir dan crew yang berpengalaman menjadi hal wajib yang harus diperhatikan. Karena keamanan dan kenyamanan Anda selama perjalanan sangat ditentukan oleh sopir.

Sopir baru yang mudah emosi dan ugal-ugalan pasti sangat membahayakan. Untuk itu Anda perlu memastikan sopir dan crew dari tempat sewa tersebut benar-benar berpengalaman.

Tersedia di Beberapa Kota

Tempat sewa bus pariwisata yang bagus biasanya menyediakan layanannya di beberapa kota sekaligus. Apalagi kota-kota tersebut merupakan destinasi wisata seperti Bali, Jogja, Malang, Bandung, dan lainnya.

Rental bus yang seperti ini sudah pasti sangat berpengalaman dan dipercaya para pelanggannya sehingga mampu meluaskan layanannya.

Jika Anda menemukan rental bus pariwisata dengan ciri-ciri seperti diatas, artinya Anda sudah menemukan tempat yang tepat. Segera saja pesan bus yang Anda inginkan sebelum kehabisan, karena tempat sewa bus tersebut selalu jadi incaran.

sewa bus pariwisata solo