SalSari Resto & Coffee

Surabaya memiliki sejumlah destinasi wisata yang sangat lengkap. Bahkan ada tempat wisata religi Islami yang sangat terkenal yakni Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya. Masjid ini memiliki desain arsitektur sangat unik.

Sebagai destinasi wisata religi, masjid ini selalu ramai akan kunjungan wisatawan dari berbagai daerah. Bahkan musafir yang dalam perjalanan yang sengaja menyempatkan diri untuk istirahat di masjid berwarna merah ini.

Sekilas Tentang Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya

bangunan Masjid Muhammad Cheng Hoo

Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya Jawa Timur secara resmi beroperasi sejak Oktober 2002. Sedangkan pembangunannya sudah dari setahun sebelumnya yakni Oktober 2001.

Pembangunan masjid ini juga berdasarkan kesepakatan dari berbagai pihak. Yakni Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho Indonesia, Pembina Imam Tauhid Islam dan masyarakat Tionghoa Surabaya.

Masjid Cheng Hoo menempati area seluas 3.070 m2 dan bisa menampung hingga 200 jamaah. Pembangunannya bertujuan sebagai penghormatan untuk Laksamana Cheng Hoo asal Cina yang beragama Islam.

Cheng Hoo sendiri adalah keturunan Tionghoa dan sering melakuan perjalanan ke kawasan Asia Tenggara. Tujuannya adalah menyebarkan Islam, berdagang dan menjalin persahabatan.

Harga Tiket Masuk Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya

Bagi jamaah yang ingin masuk ke kawasan masjid tidak perlu membayar tiket. Harga tiket masuk Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya gratis. Sehingga muslim manapun boleh berkunjung dan beribadah kapan saja.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Kendaraan Seikhlasnya

Rute dan Lokasi Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya

Lokasi Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya berada di Jl. Gading No.2, Ketabang, Kec. Genteng, Kota SBY. Letaknya ada di pusat kota sehingga sangat mudah untuk menjangkaunya dengan kendaraan pribadi.

Anda juga bisa menggunakan jasa rental mobil Innova lepas kunci untuk berkunjung ke sini dan menjelajah kawasan wisata di Surabaya. Dengan demikian, tidak masalah jika ingin datang ke masjid bersama keluarga.

Fasilitas Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya

tempat sholat Masjid Muhammad Cheng Hoo

Tidak jauh berbeda dengan masjid pada umumnya, fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap dan memadai. Di antaranya seperti area parkir yang sangat luas, toilet, tempat wudhu hingga peralatan shalat.

Walau demikian, ada cukup banyak perbedaan antara masjid Cheng Hoo dengan lainnya. Misalnya ada lapangan olahraga, kantin bahkan bisa belajar bahasa Mandarin secara rutin.

Jam Buka Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya

Masjid yang terletak hanya sekitar 6,5 km dari Kebun Binatang Surabaya ini tidak mengenal kata tutup. Oleh sebab itu, Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya buka setiap hari selama 24 jam.

Daya Tarik Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya

Masjid Muhammad Cheng Hoo memiliki sejumlah daya tarik yang mampu menjadi magnet bagi wisatawan. Adapun yang menjadi daya tarik adalah sebagai berikut;

Desain Eksterior dan Interior

interior Masjid Muhammad Cheng Hoo

Desain arsitektur masjid ini memang sangat unik. Adanya perpaduan yang sangat kental antara Arab, Jawa dan China atau Tionghoa di setiap detailnya. Ini bisa wisatawan lihat dari hal apapun yang ada di masjid ini.

Dari segi bentuknya, ada perpaduan antara bentuk pagoda pada atap dan unsur atap rumah Jawa tradisional. Adapun sentuhan dari Arab berupa ornamen dan unsur-unsur keislaman seperti kaligrafi.

Dari warnanya juga kental dengan dekorasi khas klenteng atau tempat ibadah orang Tionghoa dengan warna merah menyala. Berbagai dekorasi berbau Tionghoa juga bisa wisatawan lihat.

Wisata Religi di Masjid Cheng Hoo Surabaya

Masjid ini sangat terkenal di seantero negeri di seluruh Indonesia. Tidak sedikit yang penasaran dan ingin melihatnya secara langsung berbagai keunikan masjid tersebut yang memadukan unsur Cina, Jawa dan Arab.

Oleh sebab itu, memang ada yang sengaja datang ke sini untuk tujuan wisata religi. Bahkan di pintu masuk komplek masjid pun tertulis Wisata Religi Masjid Muhammad Cheng Hoo.

Selain untuk tujuan wisata religi, masjid yang di sekelilingnya terdapat berbagai pedagang makanan khas ini juga sebagai tempat singgah. Baik warga Surabaya atau musafir sengaja singgah di sini untuk istirahat.

Tentunya, masjid ini juga memiliki fungsi sebagai mana masjid lainnya yakni untuk pusat kegiatan masyarakat. Misalnya tempat shalat Idul Fitri, distribusi sembako, donor darah dan banyak lagi.

Arti Ukuran Bangunan

Lokasi Masjid Muhammad Cheng Hoo

Bangunan Masjid Cheng Hoo memiliki ukuran 11 x 9 meter. Bukan tanpa alasan, baik angka 11 maupun 9 memiliki arti tersendiri. Angka 11 berasal dari ukuran Ka’bah pertama buatan Nabi Ibrahim.

Sedangkan angka 9 memanifestasikan jumlah wali songo yang mendakwahkan Islam di Pulau Jawa. Dari sini saja sudah bisa Anda lihat adanya pencampuran makna tertentu antara Islam di Arab dan di Jawa.

Adapun bentuk atapnya menyerupai pagoda khas Negeri Tirai Bambu. Bentuk atapnya adalah persegi delapan yang sepintas mirip dengan sarang seekor laba-laba. Hal ini pun tidak lepas dari cerita sejarah Islam.

Laba-laba sendiri pernah membuat sarang di mulut gua saat Nabi Muhammad dan Abu Bakar bersembunyi dari kejaran kaum kafir Quraisy. Karena sarang tersebut, orang Quraisy tidak jadi memeriksa gua.

Simbol-Simbol di Masjid

kapal Masjid Muhammad Cheng Hoo

Selain ukuran yang ada artinya, Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya ini juga memiliki anak tangga yang memiliki makna tersendiri. Anak tangga di sisi kanan dan kiri masjid berbeda jumlahnya, yakni 5 dan 6.

Angka 5 adalah simbol dari rukun Islam sedangkan angka 6 adalah simbol dari rukun iman. Hal unik lainnya adalah pada pintu. Tidak seperti masjid pada umumnya yang memiliki daun pintu, di sini tidak ada daun pintu.

Artinya, masjid yang berjarak hanya 3 km dari Kota Tua Surabaya ini terbuka untuk siapa saja tanpa ada pembeda. Sehingga siapa saja asal seorang muslim, maka bisa singgah dan beribadah di masjid ini.

Pintu masjid ini bentuknya juga hampir mirip dengan pagoda dengan relief dari lilin berbentuk naga. Sedangkan bedug masjid yang ada di sisi kiri, bentuknya adalah perpaduan antara Arab dan Tiongkok.

Spot Foto Instagramable

kolam Masjid Muhammad Cheng Hoo

Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya yang memiliki desain arsitektur unik ini sering menjadi spot foto instagramable. Pengunjung yang datang, terutama dari luar kota banyak yang mengabadikan momen.

Hampir di setiap sudut masjid bisa menjadi spot foto unik. Salah satunya adalah dari depan yang menampilkan bangunan masjid secara keseluruhan. Bisa juga foto dekat kolam ikan dengan relief Cheng Hoo.

Wisata Kuliner

Masjid ini berada di pusat kota yang dekat dengan berbagai wisata kuliner khas Surabaya. Sehingga, ketika Anda berkunjung ke sini, jangan lupa untuk mampir ke berbagai warung, kedai, resto atau cafe kuliner.

Mereka menghadirkan berbagai menu yang sangat lezat dan menggoda lidah. Ada yang berkonsep Western atau Nusantara. Bahkan ada banyak yang menjajakan street food yang sangat murah.

Selain pusat kuliner, karena letaknya juga dekat dengan berbagai pusat perbelanjaan, pastinya tidak sulit untuk menjumpai oleh-oleh khas Surabaya. Untuk yang dari luar kota, pastikan untuk membeli oleh-oleh.

Jika transportasi menjadi kendala, hubungi saja Salsa Wisata. Anda bisa berkunjung ke Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya dan berbagai destinasi wisata lain dengan mudah bersama Salsa Wisata.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (8 votes)