Berkunjung ke Surabaya kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi wisata kuliner Surabaya. Sebab, banyak tempat wisata kuliner dengan cita rasa khas kota Pahlawan ini yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain.

Mulai dari kuliner dengan cita rasa pedas yang sudah legend, hingga kuliner dengan cita rasa manis. Simak artikel ini agar kamu bisa mendapat  rekomendasi saat berkunjung ke Surabaya nanti.

Daftar Wisata Kuliner Surabaya Favorit

Meskipun Surabaya terkenal dengan makanan khasnya yang memiliki rasa pedas menggigit lidah. Tetapi, ada juga makanan khas Surabaya yang memiliki rasa manis. Simak selengkapnya:

Sego Sambel Mak Yeye

Sego Sambel

Menu sego sambel Mak Yeye menjadi salah satu rekomendasi wisata kuliner Surabaya malam hari yang bisa kamu coba kunjungi.

Walaupun menu yang ditawarkan tidak terlalu istimewa, yakni hanya menu penyetan seperti nasi dengan tahu, telur, tempe, bahkan ikan pari. Tetapi, sego sambel Mak Yeye cukup terkenal dan tidak pernah sepi pengunjung.

Ini karena, sejak warung buka pada 1982 hingga sekarang, citarasa sambal untuk menu penyetan Mak Yeye tidak pernah berubah.

Sambal pedas yang disajikan membuat banyak orang ketagihan. Bahkan tidak jarang, Mak Yeye memberikan sambal yang begitu melimpah, sampai bisa menutupi semua lauknya.

Cukup bayar Rp 15.000, kamu sudah bisa merasakan sensasi pedas penyetan sego sambel Mak Yeye. Datanglah ke lokasi berikut:

Lokasi: Jalan Jagir Wonokromo Wetan N0 10, Jagir, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya

Jam buka: 21.00 – habis

Bebek Goreng Purnama

Bebek Goreng

Setelah mengunjungi tempat wisata Surabaya menggunakan paket wisata Surabaya, biasanya paling enak mampir ke warung bebek goreng untuk bersantap malam.

Tetapi permasalahannya, walaupun enak, seringkali menu bebek goreng yang ada harganya mahal.

Jangan khawatir, kamu bisa mampir ke tempat wisata kuliner Surabaya murah, tepatnya di bebek goreng Purnama.

Cukup membayar mulai dari Rp 12.000 per porsi, kamu sudah bisa menikmati kelezatan bebek goreng Purnama. Terlebih ada serundeng kelapa yang begitu melimpah dan bisa menambah kelezatannya. Istimewa banget, beda dari yang lain!

Kamu juga bisa memesan menu pelengkap lainnya, seperti jeroan ayam goreng. Datang saja ke lokasi berikut:

Lokasi: Jalan Dinoyo No 4, Keputran Surabaya

Jam buka: 16.00 – habis

Lontong Balap Asli Pak Gendut

Lontong Balap

Nama menu makanan ini unik ya? Lontong balap.

Ternyata, dulu memang banyak penjual lontong keliling dengan cara dipukul. Karena isiannya berat, para penjual berjalan cepat seperti balapan.

Menurut sejarah, wisata kuliner Surabaya siang hari yakni lontong pak Gendut ini sudah ada sejak 1958.

Dengan ciri khas menu petisnya, lontong balap pak Gendut masih eksis hingga sekarang.

Kurang lengkap rasanya jika kamu ke Surabaya, tetapi tidak mampir membeli lontong balap pak Gendut.

Apalagi harganya hanya sekitar Rp 15.000 dan kamu bisa menikmati sajian lezat yang terdiri dari lontong, lentho, tauge, dan bawang goreng ini. Datang saja ke:

Lokasi: Jalan Mayjen Prof. Dr. Moestopo Nomor 11, Pacar Keling, Tambaksari

Jam buka: 09.00 – 21.00

Tahu Telor Pak Jayen

Tahu Telor

Jika ketoprak adalah makanan khas Jakarta. Maka, tahu telor adalah makanan khas Surabaya.

Keduanya memang hampir mirip, baik dari segi isi maupun bumbu.

Hanya saja, tahu telor pak Jayen ini cukup terkenal. Dengan sajian tahu, telur, kentang, tauge pendek, kerupuk, hingga siraman petis pedas membuat banyak lidah pengunjung ketagihan.

Harga yang dibandrol pun tidak mahal. Cukup Rp 15.000, kamu sudah bisa menikmati tahu telor pak Jayen ini dengan kenyang. Jika ingin menambah lontong, kamu juga cukup membayar Rp 2.000.

Bagaimana, tertarik untuk membeli? Datang saja ke alamat berikut ya?

Lokasi: Jalan Dharmahusada No 112, Moho, Gubeng

Jam buka: 17.00 – 23.00

Tahu Campur H. ABD. Mahfud Asli Kalasan

Tahu Campur

Tempat wisata kuliner Surabaya tahu campur H. ABD Mahfud ini menjadi favoritnya orang Surabaya.

Bagaimana tidak? Tahu campur ini menawarkan menu berkuah dengan isian daging sandung lamur, irisan selada, tahu, dan mie kuning basah. Ditambah lagi dengan kerupuk yang melimpah dan kuah tahu campur membuat lidah ingin segera merasakan kenikmatannya.

Kamu pun, sebagai wisatawan yang datang ke Surabaya dengan rental bus Surabaya, jangan lupa untuk mampir ya?

Cukup mengeluarkan uang mulai dari Rp 25.000, kamu sudah bisa menikmatinya. Datang saja ke:

Lokasi: Jalan Kalasan, Pacar Keling, Tambaksari

Jam buka: 10.30- 21.30

Pecel Semanggi Benowo atau Semanggi Suroboyo

Pecel Semanggi Benowo

Sekilas menu pecel semanggi ini mirip dengan pecel biasa. Tetapi, ternyata tidak. Semanggi bukanlah lauk untuk mendampingi nasi atau lontong.

Pecel semanggi biasa dihidangkan dengan kerupuk puli yang terbuat dari bawang putih, nasi dan garam. Yang tidak kalah penting adalah daun semanggi harus dikukus terlebih dahulu, baru kemudian disiram dengan bumbu pecel yang terbuat dari kacang tanah, gula merah, dan ketela rambat.

Walau pecel semanggi termasuk wisata kuliner unik di Surabaya, tetapi sudah jarang ada yang menjualnya.

Tenang saja, kamu masih tetap bisa menikmati pecel semanggi ini dengan harga mulai Rp 10.000. Datanglah ke lokasi berikut:

Lokasi: Jalan Alas Malang No 3, Sememi, Benowo

Jam buka: 06.00 – 16.00

Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih

Sate Klopo Ondomohen

Wisata kuliner legendaris Surabaya. Ini karena sate klopo ondomohen Ny. Asih sudah ada sejak 1945.

Memang proses pembuatannya sedikit unik dibanding yang lainnya. Daging-daging untuk sate harus dilumuri terlebih dahulu dengan kelapa parut berbumbu (kacang, cabai rawit, dan irisan bawang merah), baru kemudian dibakar.

Keunikan ini lah yang membuat citra rasa sate klopo ondomohen Ny. Asih masih tetap eksis di lidah masyarakat Surabaya hingga sekarang.

Meskipun bukan orang lokal, kamu pun bisa menyantap suguhan unik dan lezat ini dengan menambahkan lontong atau nasi. Atau ingin menjajal aneka menu lainnya, seperti sate daging sapi, ayam, otot, usus, hingga sumsum. Yang mana per 10 tusuk sate harganya mulai dari Rp 20.000.

Datang saja ke:

Lokasi: Jalan Walikota Mustajab No 36, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya

Jam buka: 07.00 – 23.00

Rujak Cingur Genteng Durasim

Rujak Cingur

Menu rujak cingur memang cukup khas dan legendaris di Surabaya. Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Surabaya kamu tidak mencicipinya.

Walaupun di tempat lain ada, tetapi rujak cingur genteng durasim ini pasti berbeda.

Ya, sejak awal berdiri pada 1943 hingga sekarang, ternyata dalam proses pembuatannya tetap menggunakan cobek yang sama loh. Bayangkan, sudah se-cekung apa cobeknya sekarang?

Kamu bisa menikmati sajian rujak cingur sapi dengan sayur dan buah yang disiram bumbu kacang dan petis. Untuk teksturnya, sudah tidak perlu kamu ragukan lagi, empuk dan gurih.

Kamu bisa pesan dengan tingkat kepedasan yang berbeda. Lebih nikmat lagi kamu bisa menambahkan kerupuk dan segera datang ke lokasinya.

Lokasi: Jalan Genteng Durasim No 29, Genteng

Jam buka: 10.30 – 18.30

Mie Pecun Sawahan Surabaya

Mie Pecun Sawahan

Umumnya pecun dikonotasikan negatif. Tetapi jangan salah paham, maksud dari mie pecun ini adalah “pedas bebas racun”.

Bagi anak muda, tentu menu mie pecun menjadi favorit. Bahkan saking terkenalnya, mie ini masuk ke dalam kuliner Surabaya viral.

Bagi kamu yang suka makanan pedas, khususnya mie pedas, wajib banget untuk mampir ke lokasi berikut. Apalagi harganya mulai dari Rp 15.000 saja.

Lokasi: Jalan Kedungsari No 135 A, Wonorejo, Kecamatan Tegalsari, Kota Surabaya

Jam buka: 10.00 – 22.00

Nasi Krawu Sufayah

Nasi Krawu

Awal mulanya, nasi krawu sufayah merupakan makanan khas Gresik. Namun, setelah pendirinya yakni Bu Hj. Sufayah meninggal, usaha ini diteruskan oleh generasi selanjutnya.

Para penerus usaha nasi krawu sufayah tetap mempertahankan resep andalan Hj. Sufayah. Maka tidak heran jika usaha ini terus berkembang dan banyak peminatnya. Termasuk orang Surabaya yang notabene tempatnya berdekatan dengan Gresik.

Akhirnya, nasi krawu sufayah menjadi kuliner khas Surabaya yang tetap eksis hingga sekarang. Ada juga lauk unik yang bisa kamu coba, yaitu kikil kenyal yang rasanya gurih.

Mulai Rp 20.000-an kamu sudah bisa menikmati nasi suwiran daging ayam, sambal, babat, kikil, dan serundeng ini. Komplit. Datang saja ke alamat berikut:

Lokasi: Jalan Kayoon No 33, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya

Jam buka: 07.00- 12.00

Rawon Setan Mbak Endang

Rawon Setan

Depot rawon setan mbak Endang ini merupakan depot rawon setan asli sekaligus pertama di Indonesia. Nama setan sendiri diambil karena warung ini hanya buka pada malam hari.

Jadi, ketika kamu ingin wisata kuliner Surabaya malam hari, jangan lupa untuk datang kesini.

Kamu bisa menikmati rawon dengan rasa kuah yang menggugah selera. Apalagi daging rawonnya cukup besar dan empuk. Nikmat bukan?

Mulai dari Rp 30.000 kamu sudah bisa menikmatinya. Datang saja ke alamat berikut:

Lokasi: Jalan Embong Malang No 78/I, Genteng, Kota Surabaya

Jam buka: 22.00 – dini hari

Nasi Cumi Pasar Atom