earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Indonesia yang terkenal dengan destinasi wisata halal tidak lepas dari keberadaan tempat-tempat wisata religi dari Sabang sampai Merauke. Tempat wisata religi di Indonesia umumnya merupakan jejak perkembangan sejarah agama yang masuk ke Indonesia dan sejarah penyebarannya.

Wisata religi ini bukan hanya terpusat di Pulau Jawa, daerah lain seperti Pulau Sumatera dan kawasan Indonesia Timur juga menjadi pusat wisata religi yang terkenal. Ingin berkunjung ke tempat-tempat wisata religi di Indonesia? Kami akan memberikan rekomendasi untuk Anda.

Daftar Tempat Wisata Religi Indonesia Populer

Wisata religi adalah tempat wisata yang bisa meningkatkan nilai-nilai religiusitas, memberikan informasi dan pemahaman tentang jejak sejarah keagamaan yang ada di Indonesia.

Berikut ini rekomendasi tempat-tempat wisata religi untuk seluruh agama yang ada di Indonesia, bisa Anda kunjungi sekalian berwisata.

Candi Borobudur dan Prambanan

Candi Borobudur

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Walaupun dua tempat wisata populer di Jawa Tengah ini kini sudah menjadi wisata umum, tetapi pada dasarnya dua wisata ini merupakan wisata religi untuk umat agama Hindu dan Budha. Dua situs wisata internasional yang akan menjadi pusat perayaan di momen hari besar umat Hindu dan Budha.

Berkunjung ke dua tempat wisata di daerah Jawa Tengah tersebut memungkinkan Anda meningkatkan pengetahuan tentang sejarah, nilai-nilai keimanan dalam hati sekaligus mengikuti momen perayaan keagamaan. Selain itu, di dua candi terkenal di Indonesia tersebut juga memberikan nilai rekreasi yang cukup kuat.

Di Prambanan maupun Borobudur Anda bisa menikmati sajian keindahan wisata religi dengan latar alam yang indah. Biaya tiket masuk ke Prambanan tahun ini sebesar Rp48 ribu sedangkan ke Borobudur sedikit lebih mahal yakni Rp50 ribu. Dua tempat wisata di Jogja tersebut menjadi ikon wisata religi di Indonesia.

Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak Sri Indrapura yang ada di Kabupaten Siak Provinsi Riau merupakan salah satu wisata religi sejarah Kesultanan Islam yang cukup ternama di Pulau Sumatra. Wisata religi Islam ini populer hingga ke mancanegara.

Di istana inilah pernah hidup seorang sultan yang terkenal dalam sejarah kemerdekaan NKRI, yakni Sultan Syarif Kasim II. Kesultanan Siak merupakan salah satu kawasan kesultanan Islam yang tidak pernah dijajah oleh Belanda. Belanda segan dan hormat pada kejayaan kesultanan Islam tersebut.

Namun, dengan jiwa besarnya pada tahun 1945 Sultan Syarif Kasim II menyerahkan kekayaan dan kekuasaannya untuk bersatu dengan NKRI. Saat ini bukti sejarah kesultanan Islam tersebut masih ada di Istana Siak.

Jika Anda berkunjung ke tempat wisata Pekanbaru Riau, di sekitar komplek istana juga terdapat makam para raja, masjid dan bukti-bukti sejarah kesultanan besar tersebut. Tiket masuk per orang sebesar Rp15 ribu saja. Untuk sampai ke istana ini, dari pusat Kota Pekanbaru Anda bisa menaiki travel atau kendaraan pribadi selama 3 jam perjalanan.

Masjid Cheng Ho Surabaya

Masjid Cheng Ho Surabaya

Tempat wisata Surabaya dengan tema religi yang bisa Anda kunjungi salah satunya adalah Masjid Cheng Ho. Sebenarnya masjid ini tidak sefenomenal istiqlal atau masjid-masjid besar lainnya di luar Jawa, tetapi keunikan dan sejarah bangunannya membuat Anda wajib menikmati kenyamanan salat di masjid ini.

Masjid ini terletak di Jalan Gading No.2 Kecamatan Genteng, Kota Surabaya. Arsitekturnya mirip dengan klenteng dengan warna dominan merah dan hijau. Pembangunan masjid itu sendiri untuk membuktikan pada sejarah bahwa Laksamana Cheng Ho merupakan sosok muslim yang taat.

Masjid seluas 3.070 meter persegi tersebut akan ramai oleh jamaah di setiap waktu salat. Anda bisa singgah kapan saja untuk beribadah sekaligus berfoto menikmati keindahan arsitekturnya yang unik.

Masjid Jogokariyan Yogyakarta

Masjid Jogokariyan

Jika Anda berkesempatan mengambil layanan paket wisata Jogja jangan lupa singgah ke tempat wisata religi yang satu ini. Lokasinya berada di Jalan Jogokaryan No.36, Mantrijeron. Sebenarnya masjid ini bangunannya biasa saja, tetapi manajemen masjidnya populer hingga ke mancanegara.

Pemberdayaan masjid Jogokariyan ini berhasil menjadikan masjid sebagai pusat peribadatan sekaligus kebangkitan ekonomi para jamaahnya. Di kawasan masjid berdiri kios-kios yang merupakan milik warga dan jamaah masjid.

Konon saldo kas masjid ini selalu nol karena dananya selalu terputar untuk manfaat seluruh jamaah masjid dan masyarakat sekitar. Wisatawan luar daerah banyak yang berkunjung ke masjid ini untuk sekadar berfoto, melihat langsung semangat beribadah dan geliat ekonomi masyarakatnya.

Ustadz Salim A Fillah salah seorang pengelola masjid ini juga sering mendapatkan undangan ke Eropa untuk berbagi tentang bagaimana pengelolaan masjid di Jogokaryan tersebut.

Kompleks Pemakaman Kesultanan Banten

Kompleks Pemakaman Kesultanan Banten

Wisata religi identik dengan ziarah. Jika Anda berkunjung ke Banten, singgahlah di kawasan pemakaman Kesultanan Banten untuk melakukan ziarah. Di sini terdapat makam Sultan Ageng Tirtayasa, Sultan Maulana Hasanuddin dan istri, Sultan Abu Nasir Abdul Qohhar, dan Sultan Zainul Abidin.

Wisata ziarah di Banten ini terletak di Jalan Raya Banten daerah Kasemen. Momen hari-hari besar Islam biasanya merupakan waktu di mana tempat wisata ini akan ramai pengunjung. Bukan hanya dari dalam kota tetapi juga wisatawan dari luar Banten.

Ingin melihat jejak sejarah sekaligus mendoakan para sultan Islam yang ada di kawasan pemakaman ini, Anda bisa berkunjung sekaligus melakukan ziarah ke makam-makam tersebut.

Makam Raja Ali Haji di Penyengat

Makam Raja Ali Haji di Penyengat

Seorang ulama besar sekaligus terkenal sebagai Bapak Bahasa Indonesia pernah hidup di daerah Pulau Penyengat, Provinsi Kepulauan Riau. Dialah Raja Ali Haji yang merupakan ulama yang menjadikan bahasa Melayu sebagai cikal bakal Bahasa Indonesia. Ulama ini juga terkenal dengan karya besarnya yakni Gurindam Dua Belas.

Jika Anda sedang mencari pilihan tempat wisata Batam  yang populer dan memiliki nilai religiusitas, maka berkunjunglah ke Pulau Penyengat. Di sinilah Anda bisa berziarah ke makam Raja Ali Haji, sekaligus menyaksikan langsung jejak sejarah kerajaan-kerajaan Islam yang ada di daerah Kepulauan Riau.

Di Pulau Penyengat ini Anda bukan hanya bisa  menikmati wisata religi Islam Indonesia, di sini juga banyak digelar acara-acara budaya seperti panggung puisi, diskusi budaya Melayu dan sebagainya. Suasana religiusitas Islam terasa sangat kuat di pulau tersebut.

Istana Maimun Medan

Istana Maimun Medan

Istana yang juga memiliki nilai sejarah kejayaan kesultanan Islam di masanya adalah Istana Maimun yang ada di Kota Medan, Sumatera Utara. Lokasinya berada di Jalan Brigjen Katamso No.66. Istana ini merupakan istana peninggalan Kesultanan Deli dengan gaya arsitekturnya Mughal, Melayu, dan khas Belanda.

Berkunjung ke istana ini memungkinkan Anda bisa menemukan informasi dan sejarah tentang kejayaan Kesultanan Deli di masanya. Anda bisa  berfoto dan menggunakan pakaian adat di kawasan istana tersebut.

Istana yang berdiri pada tahun 1888 tersebut memiliki luas 2.772 meter persegi. Bangunannya terdiri dari dua lantai dengan satu bangunan induk dan dua bangunan lainnya di sayap kiri dan kanan. Anda bisa mendapatkan banyak informasi tentang kerajaan Islam tersebut dari penjaga istana yang ada.

Pura Tanah Lot Bali

Pura Tanah Lot Bali

Salah satu ikon wisata bagi umat Hindu di Bali yang sangat populer adalah pura yang ada di Tanah Lot. Pura Tanah Lot Bali ini  bukan hanya menyuguhkan suasana yang religiusitas, tetapi juga keindahan alamnya yang memukau di tepi pantai. Lokasinya berada di Desa Beraban, daerah Kecamatan Kediri di Tabanan.

Jika Anda pergi jalan-jalan bersama rombongan menuju ke pura tersebut, Anda bisa memanfaatkan layanan sewa bus pariwisata Bali dengan harga yang lebih terjangkau. Jalan-jalan ke pantai sekaligus menikmati keindahan arsitektur pura yang indah di tepi pantai tersebut.

Wisata pura di Bali ini populer hingga mancanegara. Bukan hanya wisatawan dalam negeri yang berkunjung, tetapi juga wisatawan asing. Ada yang memang ingin berdoa dan beribadah, tetapi tak jarang pula yang hanya ingin berfoto dan menikmati keindahan arsitekturnya.

Pura Tirta Empul Gianyar Bali

Pura Tirta Empul

Tempat wisata Bali ini masuk dalam daftar warisan dunia yang terpelihara. Salah satu ikon peribadatan bagi warga Hindu di Bali ini terkenal dengan pengelolaannya yang bersih. Lokasinya berada di sebelah timur dari Istana Kepresidenan Tampaksiring.

Pura ini menjadi tempat upacara keagamaan warga Hindu, sekaligus juga menjadi salah satu ikon wisata religi di daerah setempat. Sumber air di kawasan pura ini sangat jernih sehingga cukup nyaman untuk para wisatawan yang melakukan berbagai aktivitas di sekitar lokasi pura.

Anda bisa melakukan peribadatan sekaligus berfoto di tempat wisata religi Hindu yang satu ini. Walaupun di Bali terdapat banyak pura, Anda bisa berkunjung ke Pura Tirta Empul dan menikmati suasana keagamaan yang berbeda.

Masjid Agung Annur Pekanbaru

Masjid Agung Annur Pekanbaru

Provinsi Riau selain terkenal dengan wisata budaya Melayu, juga menyuguhkan pesona wisata religi berupa masjid-masjid. Berkunjung ke Pekanbaru akan membawa Anda melihat banyaknya masjid-masjid besar dengan desain mewah dan wah. Termasuk di daerah kabupaten lainnya seperti Kampar dan Rokan Hulu.

Masjid Agung Annur di Pekanbaru memiliki desain mirip dengan Taj Mahal di India. Bangunan masjid dua lantai tersebut terhubung dengan escalator antara lantai satu dan lantai dua. Bukan hanya sebagai tempat ibadah, kawasan masjid yang terletak di Jalan Hang Tuah Ujung, Sumahilang tersebut juga menjadi pusat perkantoran lembaga-lembaga Islam seperti MUI.

Di masjid ini sering diadakan acara kajian akbar dengan ustadz-ustadz nasional yang terkenal. Jika beruntung, Anda bisa mendengarkan ceramah Ustadz Abdul Somad yang juga berasal dari Kota Pekanbaru. Bangunan yang megah, AC yang dingin, dan karpet yang tebal dan mahal membuat jamaah betah berlama-lama di Masjid Agung Annur.

Sendangsono Yogyakarta

Sendangsono Yogyakarta

Wisata religi Katolik yang cukup terkenal di Yogyakarta adalah Sendangsono. Sendang artinya mata air dan sono berarti pohon. Hal ini karena sumber mata air di tempat ini berada di bawah pohon sono.

Di tahun 1904, seorang romo bernama Romo Van Lith melakukan pembaptisan kepada sebanyak 173 warga yang ada di Kalibawang. Lantaran peristiwa tersebut, tempat ini menjadi populer dan masuk dalam daftar tempat wisata religi agama Kristen Katolik.

Gua Maria Sendangsono ini memiliki kapel-kapel kecil, sungai, pendopo, jalan salib, dan gua Maria yang bisa menjadi tujuan tempat wisata. Anda bisa berfoto dan mengenalkan nilai-nilai keagamaan kepada keluarga dan anak yang Anda ajak berkunjung. Di tempat ini juga terdapat toko yang menjual perlengkapan untuk berdoa.

Masjid Baiturrahman Aceh

Masjid Baiturrahman Aceh

Salah satu ikon wisata religi di negeri Serambi Makkah Aceh adalah Masjid Baiturrahman. Bangunan ini telah berdiri kokoh sejak tahun 1612 dan menjadi ikon Islam yang mendunia di Aceh. Masjid ini berdiri sejak masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda.

Masjid yang pernah menjadi benteng pertahanan melawan penjajah Belanda pada tahun 1873 tersebut semakin populer di tahun 2004. Pada saat musibah tragedi tsunami yang dahsyat, masjid ini tetap berdiri kokoh di tengah hantaman gelombang tsunami yang menenggelamkan banyak bangunan.

Masjid Baiturrahman memiliki tujuh buah kubah dan 8 buah menara yang indah. Berkunjung ke masjid ini bukan hanya membuat hati dan ibadah terasa tenang, Anda juga bisa berfoto dengan latar bangunan religi yang penuh sejarah tersebut.

Batu Qur’an Banten

Batu Qur’an Banten

Wisata religi Banten selain masjid dan makam yang bisa Anda kunjungi adalah Batu Qur’an yang fenomenal. Lokasinya berada di Jalan Cikoromoy daerah Gunungsari, Cimanuk. Kawasan ini bukan hanya indah tetapi juga menawarkan pesona kesejukan di hati pengunjung.

Kawasan ziarah dengan bangunan menyerupai masjid tersebut memiliki kolam dengan batu-batu hitam besar di sekelilingnya. Konon penamaan nama Batu Qur’an tersebut berasal dari tulisan yang ada di atas batu-batu hitam yang besar.

Namun, uniknya menurut keyakinan masyarakat setempat, tulisan Qur’an yang ada di batu itu hanya bisa terlihat oleh orang-orang sakti. Berada di tempat wisata ini cukup tenang karena suasananya yang basah dan teduh. Anda bisa berziarah sekaligus berfoto menyaksikan pemandangan lokasi ziarah yang cukup terkenal di daerah Banten tersebut.

Masjid 99 Kubah Makassar

Masjid 99 Kubah

Bosan berwisata di Jawa, Anda bisa mencoba wisata religi di Indonesia Timur. Masjid 99 Kubah menjadi salah satu ikon wisata religi Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Jika Anda mengambil paket wisata Makassar, jangan lupa singgah di tempat wisata ikonik tersebut.

Menjelajah tempat-tempat wisata di Makassar seperti masjid 99 Kubah tersebut akan lebih nyaman menggunakan layanan rental mobil Makassar berlama-lama di masjid ini lalu singgah di Pantai Losari pun akan semakin nyaman.

Masjid ini memiliki keunikan karena puluhan kubah beraneka ukuran menghiasi bagian atasnya. Arsiteknya pun bukan sembarangan, langsung dirancang oleh Ridwan Kamil yang saat ini menjadi Gubernur Jawa Barat.

Walaupun masjid ini baru akan selesai di tahun 2022, pesonanya sudah cukup terkenal dan menjadi salah satu ikon wisata religi Kota Makassar.

Masjid Hubbul Wathan Islamic Center Lombok

Masjid Hubbul Wathan Islamic Center Lombok

Nusa Tenggara Barat (NTB) juga memiliki ikon wisata religi Islam yang cukup terkenal, yakni Masjid Hubbul Wathan Islamic Center. Masjid yang mampu menampung sebanyak 15 ribu orang jamaah tersebut masih terbilang baru dan berdiri megah di pulau yang memiliki pemandangan alam indah tersebut.

Bangunan yang berdiri luas di tanah 3,5 hektare tersebut menjadi salah satu masjid paling besar di Lombok. Lokasinya berada di Jalan Udayana No. 2A Mataram Bar. Bangunannya sangat megah dengan pilar-pilar yang kokoh dan tinggi.

Berkunjung ke tempat wisata lombok ini bukan hanya akan membuat ibadah Anda lebih khusyuk dan tenang, Anda juga bisa langsung mengabadikan foto-foto keren dengan latar bangunan masjid berkelas dan modern.

Kompleks Makam Marhum Pekan

Kompleks Makam Marhum Pekan

Jika Anda ingin menyaksikan bukti sejarah pendiri Kota Pekanbaru yang terkenal dengan budaya Melayunya, Anda bisa berkunjung ke kompleks Makam Marhum Pekan.

Marhum Pekan merupakan nama julukan dari pendiri Kota Pekanbaru. Lokasinya berdekatan dengan Masjid Senapelan yang juga menjadi wisata religi di Kota Pekanbaru.

Di kompleks pemakaman ini juga menjadi kawasan wisata edukasi. Anda bisa bertanya banyak hal tentang sejarah berdirinya Kota Pekanbaru oleh seorang tokoh yang makamnya ada di kawasan pemakaman tersebut bersama keluarganya.

Kawasan pemakaman ini masih menjadi tempat ziarah para pejabat di Pekanbaru. Momen seperti Ramadan atau hari-hari besar Islam lainnya, tempat ini akan ramai oleh kunjungan para pejabat yang berziarah.

Makam Sunan Ampel Surabaya

Makam Sunan Ampel Surabaya

Wisata religi di Surabaya memang cukup banyak, salah satunya yang paling hits adalah Makam Sunan Ampel. Lokasinya berada di kampung Ampel. Sunan Ampel sendiri merupakan salah satu dewan dari Walisongo yang peranannya sangat besar dalam penyebaran Islam di Pulau Jawa.

Berkunjung ke tempat wisata ini bisa Anda lakukan dengan berziarah, mendoakan, dan mendapatkan banyak informasi tentang bukti dan jejak sejarah Walisongo di Pulau Jawa.

Pengunjungnya bukan hanya dari Indonesia, tetapi juga dari negara luar seperti Jepang, Yunani, Jerman, Brunei Darussalam, Arab Saudi, Korea, Selandia Baru, dan sebagainya. Anda bisa berkunjung ke tempat wisata religi ini dengan menikmati layanan paket wisata Surabaya  dengan pilihan beragam hari dan destinasi.

Kompleks Pemakaman Kesultanan Batu Layang

Kompleks Pemakaman Kesultanan Batu Layang

Bagi Anda yang ingin menikmati wisata religi di daerah Timur, bisa berkunjung ke Kota Pontianak. Kompleks Pemakaman Kesultanan Batu Layang merupakan wisata ziarah yang bisa Anda kunjungi.

Di sini terdapat makam Sultan Hamid II Alkadrie yang merupakan pembuat lambang negara Indonesia kita, yakni Garuda Pancasila. Selain itu juga ada makam Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie yang merupakan pembuka Kota Pontianak.

Berkunjung ke tempat wisata ini akan membuat Anda tahu dan melihat langsung bukti jejak sejarah dan perkembangan Islam di Kalimantan Barat.

Wisata Lampu Colok

Lampu Colok

Lampu Colok yang ada di daerah pesisir Riau juga menjadi salah satu wisata budaya. Wisata budaya adalah wisata yang menampilkan nilai-nilai budaya masyarakat setempat sekaligus memiliki nilai wisata yang menarik.

Festival Lampu Colok merupakan salah satu wisata budaya Melayu yang bisa Anda temukan di daerah Pekanbaru, Bengkalis, dan Kabupaten Siak. Lampu Colok merupakan tradisi menghidupkan lampu minyak ratusan hingga ribuan yang bentuknya menyerupai ikon religi seperti masjid.

Tradisi ini biasanya dilakukan pada bulan Ramadan hingga Syawal dengan tujuan untuk merayakan dua hari yang mulia tersebut. Festival Lampu Colok ini bisa Anda saksikan di malam hari dan biasanya akan menjadi event pemerintah di tingkat Kecamatan hingga Kabupaten.

Lampu colok paling indah dan paling kreatif akan menjadi pemenang dalam festival ini. Sudah pasti menjadi spot berfoto di malam hari yang tampak unik dan menarik. Walaupun menghabiskan puluhan liter minyak tanah, even ini tetap menjadi tradisi yang bernilai religiusitas bagi masyarakat Melayu, sehingga tetap bertahan dari tahun ke tahun.

Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat

Berkunjung ke tanah Minang belum sah rasanya jika belum berfoto di Masjid Raya Sumatera Barat. Lokasinya berada di Jalan Khatib Sulaiman, Padang Utara.

Masjid yang sangat megah ini menjadi salah satu bangunan masjid paling unik di dunia. Wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sumatera Barat menjadikan tempat wisata Padang ini sebagai salah satu tujuan wisata populer.

Keunikan masjid di Padang ini salah satunya adalah bentuknya yang berupa gonjong, sangat khas dengan budaya dan tradisi Minangkabau. Masjid yang selesai dibangun tahun 2019 tersebut mampu menampung jamaah sebanyak 5 hingga 6 ribu orang.

Desain masjid tersebut mendapatkan bantuan langsung dari Arab Saudi dan menggunakan desain tahan gempa. Awalnya dana pembangunan masjid ini sebesar Rp500 miliar dari Arab Saudi. Namun, karena pada tahun 2015 terjadi gempa, dana tersebut terpakai untuk penanganan musibah gempa Sumbar sehingga total  biaya masjid hanya 330 miliar saja.

Hal tersebut terpaksa menjadi kebijakan pemerintah daerah atas usulan Jusuf Kalla. Datang dan beribadah di masjid Kota Padang ini bukan hanya akan membuat Anda lebih tenang, tetapi juga bisa mendapatkan spot berfoto yang instagramable dengan latar budaya Minangkabau yang khas.

Klenteng Sam Po Kong

Sam Poo Kong

Wisata religi di Jawa Tengah yang bisa Anda kunjungi adalah Klenteng Sam Po Kong. Klenteng ini menjadi bukti sejarah bahwa Laksamana Cheng Ho pernah berlayar hingga ke Kota Semarang. Bangunan dengan dominasi warna merah terlihat di klenteng ini dan menjadi tempat berfoto menarik bagi wisatawan.

Di dalam klenteng ini juga tersedia pakaian khas ala tentara Cina yang bisa Anda pakai untuk berfoto. Bangunannya yang khas Tionghoa akan membuat Anda seolah-olah sedang berada di negeri panda.

Nikmati berkunjung ke klenteng bukan hanya untuk beribadah, tetapi Anda juga bisa menyimak sejarah sekaligus berfoto di spot yang instagramable.

Makam Sunan Kalijaga

Makam Sunan Kalijaga

Wisata religi in English dikenal dengan istilah religious tourism. Istilah ini populer di Indonesia karena memang Indonesia memiliki destinasi religi yang berbeda dengan yang ada di Timur Tengah. Sebagai contoh makam para sunan di Pulau Jawa. Salah satunya Makam Sunan Kalijaga di Kadilangu, Jawa Tengah.

Siapa sangka tempat wisata religi seperti ini menjadi tujuan wisata yang menarik bagi para Muslim Timur Tengah. Keramahan masyarakat Indonesia menjadi nilai plus dan bernilai di mata wisatawan asing.

Anda bisa berkunjung ke Makam Sunan Kalijaga, Makam Sunan Kudus, dan Makam Sunan Muria yang juga ada di Jawa Tengah. Selain berziarah, Anda juga bisa mendapatkan berbagai informasi tentang sejarah dan perkembangan Islam di pulau Jawa hingga Nusantara. Jejaknya terlihat di antaranya dari perjuangan para sunan tersebut.

Patung Yesus Toraja

Patung Yesus Toraja

Patung Yesus tertinggi di dunia ternyata ada di Indonesia, tepatnya di Toraja. Untuk sampai ke patung tersebut, Anda harus menaiki sebanyak 7.777 anak tangga. Di kawasan ini juga tersedia teater yang bisa menjadi lokasi pertunjukan hingga acara-acara konser.

Patung yang tinggi menjulang dengan warna pakaian Yesus yang putih terlihat sangat khas dan menjadi ikon religiusitas dari tanah Toraja. Bagi masyarakat Kristiani berfoto di tempat wisata ini menjadi kebanggaan tersendiri.

Berkunjung ke Toraja akan memberikan kesan religiusitas yang kuat untuk Anda. Bukan hanya simbol di tempat wisatanya, tetapi juga tradisi dan budayanya.

Jalan-jalan keliling Indonesia tidak selamanya menjadi aktivitas sia-sia yang menghabiskan uang semata. Berkunjung ke tempat wisata religi justru akan semakin membuat pemahaman dan kondisi jiwa Anda menjadi tenang dan nyaman.

Kami merekomendasikan Anda untuk sesekali berkunjung ke tempat wisata religi di Indonesia. Pilihannya banyak dan lengkap, ada di seluruh daerah di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Lengkapi perjalanan umroh atau haji Anda di tahun ini dengan mengunjungi wisata religi lokal tanah air. Semoga hati Anda semakin tenang dan nyaman.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)