Isi waktu liburan dengan mendatangi sebuah museum memang terdengar mengasyikan. Apalagi Anda adalah pecinta sejarah. Tentu mendatangi Museum Lubang Buaya di Jakarta akan menjadi keputusan yang tepat.

Di sini, ada banyak koleksi menarik terkait dengan tragedi Lubang Buaya. Mungkin bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke sini penasaran dengan daya tarik dan info menarik lainnya, simak terus review lengkapnya berikut ini.

Sejarah Museum Lubang Buaya

harga masuk museum lubang buaya

Museum Lubang Buaya memiliki luas lahan mencapai 14,6 hektar. Di depan bangunan museum, ada sebuah monumen bernama Monumen Pahlawan Revolusi yang dibangun pada pertengahan Agustus 1967.

Museum ini juga dikenal sebagai Museum Pengkhianatan PKI yang menceritakan tentang pemberontakan PKI pada tahun 1965. Pemberontakan tersebut dilakukan oleh PKI yang ingin mengganti dasar negara Pancasila dengan paham komunis.

Museum ini menampilkan beberapa koleksi foto dari peristiwa pemberontakan PKI pada tahun 1965. Selain itu, museum ini juga menyajikan gambaran proses pengangkatan jenazah ketujuh Pahlawan Revolusi.

Ada juga koleksi beberapa diorama, pakaian dan foto profil ketujuh Pahlawan Revolusi, dan juga masih banyak koleksi lainnya. Semua dapat Anda temui di tempat wisata Jakarta untuk keluarga yang satu ini.

Lokasi Museum Lubang Buaya

Mungkin Anda bertanya-tanya Museum Lubang Buaya dimana? Alamat Museum Lubang Buaya terletak di Jl Raya Pondok Gede, RT 04, RW 12, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur.

Ada 3 pilihan rute untuk bisa tiba di lokasi museum ini, yaitu via Jalan D.I Panjaitan, Jalan Tol Cililitan 2, dan Jalan Pahlawan Revolusi yang kemudian lanjut ke Jalan Raya Jatiwaringin.

Masing-masing memiliki jalur arah yang berbeda sehingga penting untuk memanfaatkan Google Maps. Ada juga rute busway ke museum ini, yaitu turun di Halte Lubang Buaya yang terletak di depan Monumen Pancasila Sakti.

Namun ada cara lain yang lebih praktis untuk menuju ke lokasi museum. Tepat sekali, dengan memanfaatkan jasa rental mobil Jakarta Timur murah di Salsa Wisata. Selain murah, kualitas armadanya terjamin yang terbaik.

Jam Buka Museum Lubang Buaya

Terkait dengan jam buka, ada perbedaan jam buka Museum Lubang Buaya khusus untuk hari Minggu. Berikut info selengkapnya:

Jadwal Operasional Jam Operasional
Senin-Sabtu 10.00-16.00 WIB
Minggu 10.00-16.30 WIB

Anda bisa sesuaikan waktu luang Anda untuk bisa berkunjung ke museum ini. Bila ingin menikmati museum tour dengan suasana yang lebih sepi, datanglah saat weekdays di jam berapa saja.

Sebaliknya, selama weekend, museum ini biasanya akan lebih ramai oleh pengunjung, dan situasi ini biasanya juga berlaku di Museum Mandiri dan museum-museum lainnya yang ada di Jakarta.

Harga Tiket Masuk Museum Lubang Buaya

Tidak perlu keluarkan budget besar untuk memulai museum tour di museum yang penuh dengan kisah sejarah ini. Sebab, harga masuk museum ini cukup murah.

Selain harus membeli tiket masuk Museum Lubang Buaya, khusus pengunjung yang menggunakan kendaraan juga akan dikenai biaya parkir kendaraan. Tarifnya murah seperti tarif di museum pada umumnya.

Berikut kami infokan harga tiket masuk, biaya parkir, dan biaya pelayanan yang terupdate:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk – Umum Rp5.000,00 per orang
Tiket Masuk – Siswa dan Mahasiswa Rp3.000,00 per orang
Parkir Sepeda Motor Rp5.000,00 per unit
Parkir Mobil Rp15.000,00 per unit
Parkir Bus Rp25.000,00 per unit
Layanan Pemandu Bahasa Indonesia Rp75.000,00
Layanan Pemandu Bahasa Inggris Rp100.000,00
Pemutaran Film – Rombongan Kurang dari 50 Orang Rp75.000,00
Pemutaran Film – Rombongan Lebih dari 50 Orang Rp150.000,00

Tarif yang cukup murah, bukan? Dengan tarif yang murah, budget yang tersisa bisa Anda manfaatkan untuk membeli buah tangan atau oleh-oleh khas Jakarta terdekat, wisata kuliner, dan keperluan wisata lainnya.

Daya Tarik Museum Lubang Buaya

Tiap museum memiliki daya tarik yang berbeda, termasuk koleksinya. Seperti museum ini, daya tariknya ada pada benda-benda koleksi yang ada di dalamnya. Sebut saja koleksi-koleksi berikut:

Kumpulan Foto Bersejarah

museum lubang buaya jam buka

Saat memasuki area dalam museum, Anda akan menjumpai kumpulan foto bersejarah di salah satu sudutnya. Foto-foto tersebut terpasang di dinding museum.

Koleksi foto ini menggambarkan rangkaian perisitiwa sejarah yang ada kaitannya dengan tragedi Pemberontakan PKI di Indonesia. Beberapa diantaranya ada berupa foto-foto Pahlawan Revolusi Indonesia lengkap dengan display seragamnya.

Koleksi Diorama

Selain suguhkan koleksi foto, museum ini juga sajikan diorama-diorama bercerita. Deretan diorama ini ceritakan peristiwa pemberontakan PKI, khususnya peristiwa G30S PKI yang terjadi pada tahun 1965 silam.

Masing-masing diorama menggambarkan rangkaian cerita yang pedih yang dialami oleh para Pahlawan Revolusi kita. Dari diorama-diorama ini, para pengunjung dapat memperoleh gambaran peristiwa sejarah yang sesungguhnya.

Display Seragam milik Pahlawan Revolusi

Museum ini juga pamerkan seragam milik para Pahlawan Revolusi kita lengkap dengan atribut kepangkatannya. Seragam tersebut dipajang dengan rapi di dalam frame berkaca.

Di samping pigura berisi seragam, terdapat foto profil masing-masing figur Pahlawan Revolusi kita. Dari sini, para pengunjung, terutama pelajar, dapat mengenal dan bahkan dapat melihat langsung profil wajah para pahlawan tersebut.

Sumur Lubang Buaya

Situs Sumur Lubang Buaya ini menjadi ikon dari museum ini. Sesuai dengan namanya, sumur ini merupakan saksi bisu di mana jenazah para Pahlawan Revolusi kita ditemukan.

Sumur ini memiliki diameter yang cukup sempit, yakni 75 cm saja dan kedalamannya capai 12 meter. Di sinilah para korban pembantaian PKI ditemukan dalam kondisi yang sangat memprihatinkan.

Anda dapat menemukan situs sumur ini di belakang museum dengan pagar keliling yang membentengi. Jadi, para pengunjung tetap akan aman saat berada di titik sumur ini berada.

Kompleks Paseban

Kawasan ini dulunya adalah lokasi rapat terkait dengan rencana penculikan para jenderal oleh anggota PKI. Lokasi ini sangat penting karena menjadi lokasi banyaknya rekam peristiwa sejarah.

Kompleks Paseban menjadi bagian dari koleksi museum, jadi Anda dan pengunjung lainnya bisa mengakses lokasi ini saat sedang melakukan museum tour atau virtual tour.

Icip Kuliner

Di sekitar kompleks bangunan museum memang ada beberapa warung makan yang sering jadi tempat singgah bagi para pengunjung museum. Di sini, ada cukup banyak pilihan menu makanan dan minuman yang tersaji.

Sebagian besar adalah menu-menu makanan khas Jakarta Betawi. Namun tak sedikit pula pilihan menu masakan khas Nusantara yang terkenal. Seperti kuliner khas Minang, Sate, kuliner khas Sunda, dan masih banyak lainnya.

Berfoto Ria

Tak hanya di coffee shop di Jakarta murah dan kekinian saja Anda bebas berfoto atau ber-selfi ria dengan pose dan ekspresi terbaik Anda. Di sini, Anda juga boleh berfoto ria di semua spot terbaik museum ini.

Anda juga boleh bebas mengambil foto dengan catatan tidak merusak koleksi yang ada di dalam museum.

Fasilitas di Museum Lubang Buaya

museum lubang buaya dimana

Terdapat fasilitas lengkap untuk menunjang kenyamanan para pengunjung museum, diantaranya yaitu:

  • pusat informasi
  • toilet
  • area parkir kendaraan
  • tempat sampah

Museum ini cukup menarik sebagai destinasi liburan akhir pekan bersama orang tercinta. Selain dapat menyuguhkan hiburan, akan ada banyak informasi pengetahuan baru yang akan Anda dapat.

Bagi yang berminat, Anda dapat manfaatkan layanan paket liburan Jakarta dari Salsa Wisata Tour Organizer untuk mengakomodasi liburan ke Museum Lubang Buaya ini. Biaya liburan hemat, fasilitas juga lengkap.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Apa yang menarik minat Anda?

5/5 - (2 votes)