SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Museum Ullen Sentalu menjadi satu dari sekian banyak museum dan tempat bersejarah menarik yang wajib Anda kunjungi di Jogja. Tempat wisata Jogja ini menyimpan berbagai macam barang peninggalan Kerajaan Mataram Jawa mulai dari perabotan hingga batik milik para bangsawan.

Anda bisa melihat bagaimana megahnya kerajaan Mataram pada waktu itu melalui koleksi di Museum Ullen Sentalu. Arsitektur bangunan museum yang unik dan udara yang sejuk juga menjadi alasan menarik untuk mengunjungi museum satu ini.

Objek wisata ini bisa juga Anda kunjungi dengan mudah menggunakan paket tour Jogja yang banyak ditawarkan oleh Biro Perjalanan. Namun sebelum berkunjung, mari simak terlebih dahulu beberapa informasi menarik mengenai tempat wisata berikut ini:

Sejarah Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu merupakan salah satu museum yang didirikan pemerintah Jogja atas prakarsa keluarga Haryono dan Yayasan Ulating Blencong. Nama Ullen Sentalu yang disematkan pada museum ini merupakan singkatan dari sebuah pepatah Jawa yakni Ulating Blencong Sejatining Tataraning Lumaku.

Falsafah tersebut memiliki arti nyala lampu blencong sebagai petunjuk bagi umat manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan. Harapannya dengan adanya museum ini bisa menjadi pengingat bagaimana jati diri bangsa dan budaya yang ditanamkan oleh kerajaan Mataram dulu.

Museum Ullen Sentalu selesai dibangun dan diresmikan pada tanggal 1 Maret 1997 oleh KGPAA Paku Alam VIII. Sejak peresmiannya tersebut, destinasi wisata ini mulai ramai dan menjadi salah satu tempat wisata terkenal di Jogjakarta.

Sekilas Tentang Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu terletak di atas ketinggian daerah pegunungan Sleman dengan luas lahan sekitar 1.2 hektar. Lokasinya yang berada di lereng gunung Merapi membuat tempat ini terasa sejuk dengan suhu sekitar 15 hingga 25 derajat celcius.

Ditambah lagi pepohonan rindang yang tumbuh di sekitar kawasan museum semakin menambah asri suasana museum. Area museum ini dikenal juga dengan nama Ndalem Kaswargan atau Rumah Surga berkat keindahan dan suasananya yang damai.

Sebelum masuk museum Anda bisa melihat banyak patung serta bentuk bangunan museum yang unik dan menarik untuk difoto. Berbagai tumbuhan serta ornamen bangunan yang bergaya Eropa gothic modern dan jawa bisa Anda lihat di sekeliling museum.

Ullen Sentalu Yogyakarta ini menampilkan berbagai macam koleksi peninggalan kerajaan Mataram mulai dari Mataram Kuno hingga Mataram Islam. Semua barang-barang tersebut masih terawat dengan baik sehingga Anda seperti diajak kembali ke masa lalu, masa kejayaan kerajaan Mataram.

Kehadiran objek wisata ini dapat menjadi jendela peradaban seni dan budaya Jawa yang dulu sempat berjaya dengan berbagai koleksinya. Anda bisa belajar banyak mengenai sejarah Kerajaan Mataram yang menjadi cikal bakal Keraton Jogja dan juga Keraton Solo.

Namun sayangnya sesaat setelah masuk bangunan museum, pengunjung tidak diperkenankan menggunakan kamera. Meski begitu tidak akan mengurangi keseruan Anda mengunjungi museum terbaik yang ada di Jogja ini.

Daya Tarik Museum Ullen Sentalu

Pengalaman mengunjungi Ullen Sentalu Museum akan sangat berbeda dengan mengunjungi museum-museum lain yang ada di Jogja. Ada banyak hal menarik dan aktivitas seru yang bisa Anda temukan serta lakukan di tempat ini, berikut beberapa diantaranya

Koleksi Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu berisi berbagai macam peninggalan kerajaan Mataram Kuno hingga Mataram Islam seperti dari patung, arca, syair, dan gamelan. Selain itu ada pula lukisan serta sejumlah benda hadiah dari Keraton Yogyakarta yang merupakan pecahan dari Kerajaan Mataram Islam.

Gamelan yang ada di tempat ini juga bagian dari hibah Keraton Yogyakarta yang dulu sering digunakan untuk mengiringi pementasan Keraton. Diantara beberapa lukisan yang ada Lukisan Jumenengan tentang Tari Bedhaya menjadi salah satu koleksi unggulan dari Museum Ullen Sentalu.

Lukisan yang juga tidak kalah menarik adalah lukisan Busana Paes Ageng yang menunjukan detail lengkap pengantin dengan riasan paes ageng. Anda juga bisa belajar secara mendalam mengenai maksud dari berbagai macam motif batik yang ada sejak lama di museum ini.

Salah satu motif batik yang cukup terkenal adalah Batik Motif Urang Wetan, motif batik khas keraton yang pernah digunakan permaisuri. Setiap barang koleksi yang ada akan menambah wawasan Anda mengenai nilai budaya, sejarah, dan filosofi yang diberikan oleh kerajaan Mataram.

Berfoto di Berbagai Spot Menarik

Meski tidak bisa berfoto-foto di bagian dalam museum, area luar museum yang menarik bisa menjadi tempat yang pas untuk berpose. Ada banyak sekali spot menarik yang bisa Anda pilih untuk berfoto salah satu yang populer adalah arca Dewi Sri.

Arca yang berada di bagian depan museum ini terlihat sangat unik karena posisinya yang miring dan ukuran yang cukup besar. Spot yang juga jadi favorit wisatawan adalah area gerbang dengan suasana yang asri, rindang dan arsitekturnya yang unik.

Bangunan-bangunan di museum ini juga sangat instagramable berkat arsitektur bergaya eropa modern yang dipadukan gaya jawa tradisional.  Mengunjungi Ullen Sentalu ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin mendapatkan foto liburan menarik di Jogja.

Ikut Tur Edukasi dan Jelajah Budaya

Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman berkunjung yang memuaskan, pihak pengelola museum telah menyediakan beberapa tur edukasi yang bisa Anda pilih. Salah satu tur tersebut adalah Tur Adiluhung Mataram yang mengajak Anda mengenal peninggalan Mataram melalui seni dan budaya yang ada.

Ada juga Tur Vorstenlanden atau Tur Tanah Para Raja yang lebih spesifik mengajak Anda mengenal Keraton Jogja dan juga Solo. Vorstenlanden atau Tanah Para Raja sendiri merupakan julukan dari kolonial Belanda untuk Jawa khususnya pada masa kejayaan Kerajaan Mataram.

Anda yang ingin belajar lebih banyak bisa juga ikut program Jelajah Budaya yang akan mengajak Anda mengenal keragaman budaya Jawa. Anda tidak hanya akan diajak berkeliling museum tapi juga mengunjungi berbagai tempat bersejarah di Kaliurang hingga Kotagede.

Bersantai Menikmati Suasana

Suasana sekitar Museum Ullen Sentalu yang asri dengan hawa dinginnya sangat cocok untuk Anda bersantai melepas penat suasana kota. Angin sepoi-sepoi yang bertiup serta gemericik air dari sejumlah kolam yang ada di sekitar museum semakin menambah sejuk suasana.

Anda juga bisa bersantai di restoran dan cafe yang tersedia sambil menikmati makanan khas Jogja yang dijual. Ada juga kudapan lezat seperti roti dan kukis homemade dari Beukenhof Bakkerij yang siap menemani waktu bersantai Anda menikmati kopi.

Harga Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu

Untuk masuk kedalam kawasan Museum Ullen Sentalu Anda mungkin perlu mengeluarkan biaya yang cukup banyak karena relatif mahal. Meski begitu suasana yang asri dari museum dan keseruan yang didapat sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.

Reteibusi Tarif
Tiket Wisatawan Dewasa Rp40.000,00
Tiket Wisatawan Anak-Anak Rp15.000,00
Tiket Tur Adiluhung Mataram Rp50.000,00
Tiket Tur Vorstenlanden Rp100.000,00

Harga tiket yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan pertimbangan dan perkiraan biaya yang diperlukan saat akan mengunjungi destinasi wisata ini.

Anda juga bisa mengunjungi berbagai tempat wisata di Jogja lainnya dengan mudah menggunakan Paket Wisata dari Biro Perjalanan. Paket ini akan mengurus segala urusan akomodasi Anda mulai dari berangkat hingga pulang membawa oleh-oleh khas Jogja yang Anda inginkan.

Lokasi dan Rute Menuju Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu terletak di Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Jaraknya tidak terlalu jauh dari Lava Tour Merapi Kaliurang yang hanya berjarak 2 km atau sekitar 6 menit perjalanan.

Rute terbaik menuju objek wisata ini bisa Anda dapatkan dengan mudah menggunakan petunjuk jalan dari Google Maps. Bisa juga dengan memanfaatkan jasa sopir dari sewa mobil pajero Jogja atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi.

Jam Operasional Museum Ullen Sentalu

Ullen Sentalu Museum bisa Anda kunjungi setiap hari kecuali hari Senin mulai pukul 08.30 hingga pukul 16.00 WIB. Khusus untuk weekend seperti hari Sabtu dan Minggu museum tutup lebih lama yakni pukul 17.00 WIB.

Jika Anda ingin berkunjung usahakan saat pagi hari atau siang di musim panas agar terhindar dari hujan atau cuaca mendung. Dengan begitu Anda bisa puas berfoto dan melihat berbagai hal menarik yang ada di Museum Ullen Sentalu.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Jogja



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (1 vote)