SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Selain sudah terkenal akan kuliner rendang yang berhasil go internasional, Sumatera Barat juga mempunyai oleh-oleh khas yang wajib untuk Anda coba. Adalah hal wajib membeli buah tangan saat berkunjung ke sebuah kota, termasuk ke Sumatera Barat.

Anda dapat membeli beberapa macam oleh-oleh khas Sumatera Barat yang enak dan unik tersebut. Rata-rata oleh-oleh dari Sumatera Barat hampir tak lepas dari adat dan budaya yang sudah menyatu dengan masyarakat Minang. Karena keunikan itulah yang membuat Anda wajib membawa setidaknya satu macam oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Bingung benda apa saja yang mencerminkan khas dari tanah Minang ini? Berikut kami telah merekomendasikan 16 oleh-oleh khas Sumatera Barat terbaik dan bagus untuk Anda berikan kepada orang spesial. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Oleh-oleh khas Sumatera Barat Terbaik

Roti Randang

Roti Randang

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Biasanya rendang dimasak langsung menggunakan bumbu rempah. Namun ada olahan rendang yang unik, di Kota Padang terdapat satu produsen oleh-oleh khas Padang dengan nama ‘Roti Randang Ninur’. Sesuai namanya produk ini berupa roti yang mencampurkan dengan daging rendang.

Memang terdengar aneh, melihat rasa rendang yang cenderung pedas berserat dan kontras dengan rasa roti yang lembut dan manis. Namun kombinasi dua komponen tersebut justru melahirkan inovasi baru dan menimbulkan keunikan tersendiri. Rasa dan aroma rendangnya masih kuat. Sehingga aroma rendang dengan citarasa yang pedas gurih akan terasa pada saat gigitan pertama.

Untuk menambah kelezatan, di bagian atas rotinya terdapat taburan daun oregano kering, daun bawang, dan keju mozarela. Dengan porsi yang tak terlalu besar, sepotong kue randang menjadi pilihan pas untuk menu sarapan yang mengenyangkan. Apa lagi harganya tak terlalu mahal, satu roti berukuran sedang dapat Anda dapatkan dengan harga Rp6.000.

Jika Anda ingin membelinya bisa datang langsung ke outletnya yang ada di Jalan Proklamasi, atau cabang lainnya di Bandara Minangkabau. Tersedia tiga varian yang bisa Anda pilih yaitu rendang ayam, rendang sapi, dan yang paling unik rendang kacang merah. Jika untuk oleh-oleh, kami sarankan membeli yang versi randang gulung karena berukuran lebih besar. Harganya cuma Rp60.000.

Kue Sapik

Kue Sapik

Kue Sapik merupakan makanan khas Sumatera Barat yang mempunya citarasa renyah dan manis. Jajan lezat ini terbuat dari telur, santan, tepung beras, gula, kayu manis, garam, dan margarin. Sekilas mirip seperti kue semprong yang merupakan makanan khas Purwakarta.

Namun pada kenyataannya dua makanan tersebut berbeda. Dari bentuknya kue semprong berbentuk gulungan, sementara kue sapik berbentuk segitiga. Kedua makanan tersebut sering ada dalam momen perayaan Idul Fitri ataupun acara besar lainnya seperti arisan, pengajian, atau nikahan.

Dalam pembuatannya butuh ketelitian dan ketelatenan yang ekstra. Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan seluruh bahan dalam satu wadah. Setalah menjadi adonan tuangkan ke cetakan yang sebelumnya telah dilumuri margarin. Selanjutnya cetakan dipanggang sambil dibolak-balik hingga matang secara sempurna.

Kue Sapik bisa Anda jadikan sebagai buah tangan karena rasanya yang enak dan lezat. Sesampinya di rumah Anda bisa berikan oleh-oleh khas Sumatera Barat ini kepada kerabat ataupun tetangga sekitar. Kue Sapik banyak tersedia di seluruh toko oleh-oleh Sumatera Barat. Silahkan minta driver dari layanan rental bus Padang untuk mengantarkan ke pusat oleh-oleh Padang terkenal.

Karak Kaliang

Karak Kaliang

Karak Kaliang merupakan salah satu oleh-oleh khas Sumatera Barat yang hampir selalu dibawa oleh orang yang habis pergi dari sana. Selain karena rasanya yang renyah dan enak, cemilan khas Sumatera Barat ini bisa tahan sampai berbulan-bulan.

Olahan kerupuk ini terbuat dari tepung upi dan bumbu penyedap alami seperti garam dan bawang putih. Sebelum digoreng adonan terlebih dahulu dibentuk seperti angka delapan.

Sebenarnya karak kaliang banyak ada di toko oleh-oleh Sumatera Barat. Namun jika ingin mendapatkan harga miring, Anda bisa langsung datang ke pabriknya. Salah satu pabrik pembuat karak kaliang ada di Kota Payakumbuh, Padang. Harga di pabrik pembuatannya hanya berkisar Rp5.000 per bungkusnya.

Kerupuk Jangek

Kerupuk Jangek

Kerupuk merupakan cemilan yang paling pas untuk menemani makan makanan apapun. Mulai dari bakso, soto, nasi goreng, mie ayam, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu warga Minang mengeluarkan satu produk kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau. Kalau olahan kulit rebus atau kikil banyak ada di makanan khas Jawa, seperti gudeg, soto mie Bogor, mie kocok, cungkring, dan masih banyak lagi.

Di Sumatera Barat ada kerupuk jangek, cemilan ini juga menjadi oleh-oleh khas Sumatera Barat yang unggulan. Cara pembuatannya cukup mudah, bahan-bahannya yaitu kulit kerbau atau sapi, garam, minyak goreng, dan panas matahari.

Pertama jemur kulit sampai kering dan bersih, kemudian rebus sampai teksturnya empuk dan bulu-bulunya berkurang. Selanjutnya, potong kecil-kecil dan taburi dengan garam. Terakhir jemur potongan kulit selama 3 sampai 7 hari sampai benar-benar kering, baru kemudian digoreng di minyak panas.

Bolu Batik Kukus

Bolu Batik Kukus

Untuk mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju, banyak masyarakat yang melakukan inovasi baru. Dan salah satunya bolu batik khas Sumatera Barat ini. Menampilkan bolu gulung dengan hiasan batik warna-warni di atasnya sehingga menimbulkan keunikan dan daya tarik tersendiri. Terbukti gebrakan baru ini mampu meningkatkan daya jual kepada wisatawan yang sedang datang berkunjung ke Sumatera Barat.

Pembuatan motif batiknya sendiri juga tak main-main. Butuh keahlian khusus dan ketelitian saat membubuhkan pewarna sehingga menjadi motif yang indah. Tak hanya tampilannya saja yang istimewa, rasanya pun juga tak kalah lezat.

Bila ingin mendapatkan oleh-oleh khas Sumatera Barat yang kekinian ini, Anda bisa membelinya di toko oleh-oleh makanan terdekat. Harga bolu batik kukus berkisar mulai dari Rp45.000, bisa juga lebih mahal tergantung dari tingkat kesulitan motif batik pada bolunya.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Miqdad Aufa

I am Groot
By Categories: Kuliner

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)