SalSari Resto & Coffee

Salah satu destinasi favorit bagi masyarakat Indonesia adalah wisata air. Jika Anda berada di Purbalingga, Purwokerto dan sekitarnya, maka tak ada salahnya untuk pergi ke Owabong sebagai tempat berlibur bersama keluarga.

Tempat wisata hits di Purbalingga ini menjadi salah satu tempat pilihan bagi wisatawan baik dari dalam maupun luar kota. Masyarakat Jawa Tengah telah mengenal kawasan wisata ini sebagai salah satu tempat terbaik untuk menghabiskan waktu liburan.

Jika Anda belum pernah berkunjung ke tempat ini, maka bisa meluangkan waktu bersama keluarga untuk singgah dan bermain air. Anda pasti tidak akan kecewa dengan berbagai wahana dan permainan menarik di dalamnya.

Kawasan ini cukup luas sehingga Anda tidak akan bosan. Jadi, segera atur jadwal untuk berkunjung ke tempat wisata ini bersama keluarga atau rekan-rekan.

Sekilas Tentang Owabong

sekilas tentang owabong

Objek wisata Owabong terletak di Jalan Raya Owabong No.1, Dusun 2, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Wisata ini hanya berjarak 17 kilometer dari tempat rekreasi lainnya yaitu Dino Land Purbalingga.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda dan keluarga. Di dalamnya Anda akan menemukan berbagai wahana permainan seperti kolam renang, arena gokart, waterboom, dan wahana air lainnya.

Perlu Anda tahu bahwa tempat ini awalnya merupakan sebuah kolam renang pribadi. Dibangun pada tahun 1946 oleh seorang warga negara Belanda.

Kemudian kepemilikan kolam renang ini berpindah ke tangan seseorang keturunan Tionghoa. Setelah itu pada tahun 2004, Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga akhirnya membeli tempat ini dan meresmikannya sebagai wahana wisata pada 1 Maret 2005.

Anda pasti akan sangat puas berkeliling di tempat ini. Karena kini luas seluruh areanya mencapai 4,8 hektar. Dengan luas tersebut, Anda bisa berkeliling seluruh area sembari menikmati berbagai wahana yang tersedia.

Fasilitas di Owabong Waterpark

fasilitas Owabong

Owabong adalah wisata yang menyediakan fasilitas lengkap untuk para pengunjungnya. Anda akan menikmati berbagai layanan yang akan memanjakan selama berada di sana.

Selain tempat parkir, toilet dan berbagai kamar ganti, Anda juga akan menemukan fasilitas lainnya seperti restoran, area souvenir dan lain sebagainya.

Jadi, jika perut Anda merasa keroncongan setelah lelah bermain maka bisa menyantap makanan khas Jawa Tengah terkenal di restoran tersebut. Anda juga bisa menikmati fasilitas lain yang tersedia di sini seperti gazebo, kursi santai dan tribun untuk tempat bersantai.

Harga Tiket Masuk Owabong

Anda dapat menikmati wisata air yang menyenangkan dan berbagai wahana permainan di dalamnya dengan harga terjangkau. Jadi, Anda bisa menyisihkan sebagian uang untuk membeli berbagai oleh-oleh khas Jawa Tengah kekinian seperti makanan atau souvenir di area tersebut.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Weekdays Rp25.000,00

Weekend Rp35.000,00

Tiket kolam ombak Rp15.000,00
Parkir mobil Rp5.000,00
Parkir motor Rp2.000,00

Lokasi dan Rute Menuju Owabong

kolam splash Owabong

Wisata Owabong beralamatkan di Jl. Raya Owabong No.1, Dusun 2, Bojongsari, Kec. Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Akses menuju ke tempat wisata Owabong sangat mudah, Anda bisa membawa kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Ketika Anda memasuki wilayah Kabupaten Purbalingga, maka akan langsung melihat petunjuk arah yang mengarahkan Anda ke wisata tersebut.

Anda bisa mengikuti petunjuk arah tersebut hingga sampai ke lokasi tujuan. Anda bisa menggunakan motor atau juga mobil.

Rekomendasi bagi Anda yang ingin pergi ke tempat tersebut adalah dengan menggunakan layanan rental mobil plus driver dari Salsa Wisata. Anda akan mendapatkan layanan yang prima dengan selama perjalanan.

Daya Tarik Owabong

Owabong adalah salah satu tempat rekreasi air dengan berbagai wahana permainan yang lengkap. Betapa tidak, tempat ini memiliki empat zona wahana yang bisa Anda nikmati yaitu Waterpark, Sanggaluri, Usman Janatin, dan Cottage.

Anda bisa bermain di kolam renang olympic, kolam ombak sagara, atau kolam sesat di area Waterpark. Sementara, di Sanggaluri, Anda akan menemukan taman kelinci, rumah kaca, hingga rumah gempa bahkan labirin.

Kemudian di Usman Janatin, Anda bisa berkeliling taman lampion, bermain bom-bom car, atau naik kereta mini. Jangan lupa untuk menyempatkan diri ke Cottage yang menyediakan paket outbound, terdiri dari paket outbound menginap, fun game menginap, hingga paket pelajar dan rafting.

Menguji Adrenalin

waterboom Owabong

Bagi Anda yang menyukai permainan menantang, maka kawasan ini adalah tempat yang cocok untuk Anda. Di zona Waterpark ada salah satu area yang menyediakan berbagai permainan menantang yang menguji adrenalin.

Wahana permainan yang pertama adalah Psicobloc. Ini adalah arena panjat dinding tanpa tali yang berada di atas kolam. Banyak orang mengatakan wahana ini sebagai yang pertama di Indonesia.

Kemudian ada juga yang tak kalang menegangkan yaitu permainan Russian Swing Flip. Wahana ini tidak jauh berbeda dengan permainan ayunan.

Namun permainan ini bukan ayunan biasa. Anda akan dibawa untuk berayun-ayun sebelum akhirnya terjun bebas ke atas air. Semakin kuat ayunan tersebut, maka Anda akan terbawa hingga berputar balik menuju kolam.

Ada juga wahana yang menantang Anda untuk meluncur dari ketinggian 40 kaki. Capsule, torpedo, dan spiral adalah tiga dari permainan yang akan membawa Anda meluncur dari ketinggian. Sensasinya membuat jantung seperti mau copot.

Serunya Bermain Air di Kolam Renang

wahana anak Owabong

Daya tarik utama dari kawasan wisata ini adalah kolam renang. Oleh sebab itu sangat rugi jika Anda berkunjung ke tempat ini namun tidak merasakan serunya berenang di kolam renang.

Namun, yang menarik dari area rekreasi ini adalah berbagai inovasi permainan airnya. Anda tidak hanya dapat berenang di kolam air, tetapi juga menikmati berbagai permainannya.

Ada banyak wahana yang bisa Anda coba, sebut saja istana air, water ball, kolam arus, dan kolam bebas tsunami. Ada juga kolam air yang memungkinkan Anda untuk bermain basket. Seraya bermain, ada ember tumpah yang siap mengguyur Anda setiap 4 menit sekali.

Tidak sampai di situ saja, Anda juga bisa mandi busa di kolam. Ya, tempat ini menyediakan kolam yang penuh dengan busa putih. Layaknya salju, busa tersebut menutupi seluruh isi kolam.

Snorkeling

Tidak hanya di laut saja, Anda juga bisa bermain snorkeling dan melihat ikan terbesar di Sungai Amazon yakni Arapaima Gigas. Anda juga akan melihat reruntuhan pesawat terbang hingga menyelam ke kerajaan kuno di bawah air.

Jika anak-anak Anda tertarik untuk bermain snorkeling, di sini juga tersedia permainan tersebut yang khusus untuk anak-anak. Berbeda dengan permainan dewasa, anak-anak akan melihat ikan warna-warni seperti nemo dan melihat dunia layaknya di kartun Spongebob.

Jam Operasional Owabong

Owabong buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Agar lebih puas Anda bisa berkunjung mulai pagi hari supaya dapat menikmati berbagai wahana permainannya.

Sekarang sudah tersedia paket gathering murah dari Salsa Wisata yang akan menemani perjalanan Anda selama di Owabong. Anda juga bisa menggunakan layanan travel ini untuk berkeliling ke tempat wisata kekinian di Jawa Tengah lainnya.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (9 votes)