SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Pantai Baron termasuk pantai yang unik dan paling mudah diakses dibanding pantai-pantai lain yang ada kawasan Gunung Kidul Yogyakarta. Ada banyak hal menarik yang bisa Anda temukan di Pantai Baron seperti muara sungai yang segar dan mercusuar.

Pantai Baron menjadi salah satu tempat wisata Jogja yang selalu ramai dikunjungi rombongan wisatawan saat musim liburan tiba. Pemandangan pantai yang indah dan luas membuat pantai ini menjadi favorit bagi wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Anda bisa mengunjungi Pantai ini dan beberapa destinasi wisata Jogja lainnya dengan menggunakan paket tour Jogja dari Biro Perjalanan. Namun sebelum itu mari simak terlebih dahulu beberapa informasi menarik mengenai Pantai Baron berikut ini:

Sekilas Tentang Pantai Baron

Pantai ini mungkin bisa disebut sebagai satu-satunya  pantai di Gunung Kidul yang memiliki pasir berwarna hitam kecoklatan. Warna pasirnya yang gelap ini justru menjadi keunikan dari Pantai Baron dan membuatnya mampu bersaing dengan pantai lain di Gunung Kidul.

Pantai Baron juga memiliki keunikan lain dimana terdapat sungai bawah tanah yang mengalir langsung ke laut melewati pesisir pantai. Air sungai yang tawar tidak bercampur dengan air laut yang asin dan lengket sehingga airnya tetap terasa segar.

Nama Baron sendiri diambil dari nama seorang bangsawan Belanda yakni Baron Sekeber yang pada zaman dulu berlabuh di pantai ini. Namun jauh sebelum itu Pantai ini sudah digunakan penduduk setempat untuk melabuhkan kapalnya dan mencari ikan di laut.

Pantainya yang berbentuk seperti tapal kuda dan diapit oleh tebing batu membuat ombak yang masuk ke pantai tidak terlalu besar. Selain itu terdapat sebuah mercusuar tinggi di salah satu sisi tebing dan menjadi daya tarik lain dari Pantai ini.

Fasilitas yang dimiliki Pantai Baron juga sudah sangat layak sehingga wajar bila tempat ini selalu menjadi destinasi favorit wisatawan Jogja. Akses jalan yang mudah, parkir yang luas, restoran dan pertokoan yang banyak hingga fasilitas umum mushola dan toilet semua tersedia. Wisatawan yang datang ke Pantai ini bisa berlibur dengan tenang, aman, dan nyaman.

Daya Tarik Pantai Baron

Daya Tarik Pantai Baron

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Pantai ini memiliki banyak keindahan yang mempesona dengan ciri khas yang hampir tidak dimiliki pantai lainnya di Gunung Kidul. Anda juga bisa melakukan serta melakukan berbagai hal menarik di Pantai Baron dan berikut beberapa diantaranya:

Menikmati Keindahan Pantai

Pasir berwarna coklat kehitaman yang dimiliki Pantai Baron sudah bisa terlihat bahkan sejak Anda turun di tempat parkir. Suasana pantai pun terasa begitu asri berkat sejumlah pohon besar yang tumbuh mengelilingi kawasan pantai dari ujung ke ujung.

Saat mulai mendekati kawasan pesisir, Anda bisa melihat banyak sekali kapal nelayan bersandar di atas pasir lengkap dengan jaring ikannya. Tebing batu karang yang berwarna hijau tampak serasi dengan warna coklat pasir serta air laut biru di perairan Pantai ini.

Suara air sungai yang mengalir terdengar begitu syahdu saat bertemu dengan deburan ombak yang tidak pernah berhenti bergulung. Delta pasir yang terbentuk dari arus sungai tampak seperti sebuah pulau yang terpisah di tengah Pantai Baron.

Anda bisa duduk santai di atas pasir sembari menikmati keindahan pantai beralas tikar dan payung yang telah disediakan warga sekitar. Sambil ditemani segarnya es kelapa muda, liburan Anda di Pantai Baron akan terasa sangat berkesan dan menyenangkan.

Berenang dan Bermain Air

Berenang menjadi salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan saat Anda mengunjungi Pantai ini. Pantai yang cukup landai membuat siapapun yang ingin bermain ombak di sekitar Pantai ini bisa bermain dengan aman.

Sungai bawah tanah yang mengalir membelah pasir Pantai Baron juga bisa Anda jadikan tempat berenang. Airnya yang segar dan tidak lengket menjadi salah satu alasan area sungai Pantai ini jadi favorit wisatawan untuk membasuh diri.

Arus sungai yang cukup deras juga cocok untuk berbagai permainan seperti jetski, flyboard, atau river tubing menggunakan ban dalam mobil. Anda dan keluarga bisa bermain dan berenang dengan puas di Pantai Baron dengan berbagai fasilitas yang tersedia di dalamnya.

Menaiki Kapal Nelayan

Untuk Anda yang tidak mau basah-basahan namun tetap ingin merasakan keseruan bermain di Pantai Baron bisa coba menyewa kapal nelayan. Para nelayan di Pantai ini siap mengantar Anda mengelilingi kawasan pantai hingga ke tengah laut menggunakan perahu kayu tradisional.

Di atas perahu tersebut Anda akan diajak membelah ombak dan berkeliling mengitari lautan sekitar Pantai Baron. Sensasi terombang ambing di atas kapal saat melewati ombak besar dapat memacu adrenalin Anda selama berlayar.

Saat di tengah laut, Anda dapat melihat dengan jelas pemandangan Pantai ini yang indah dari sudut pandang berbeda. Keseruan serta pengalaman menaiki perahu nelayan ini akan menjadi salah satu pengalaman berharga yang Anda dapatkan selama berlibur ke Jogja.

Mengunjungi Mercusuar

Selain dari tengah laut, Anda juga bisa menikmati keindahan Pantai Baron dari puncak mercusuar yang dibangun di atas tebing pantai. Untuk menuju tempat ini Anda harus berjalan kaki menaiki tebing sisi timur Pantai ini melewati sejumlah anak tangga.

Selama perjalanan Anda juga bisa berhenti sejenak di sejumlah spot foto menarik yang telah disediakan pengelola. Spot foto kekinian seperti gardu pandang berbentuk kapal, hati, sayap dan lainnya bisa menjadi latar foto yang menarik.

Saat tiba di puncak mercusuar, Pantai ini terlihat begitu indah dari ketinggian dengan ombak yang menyapu pasir coklatnya. Dari atas sini Anda bisa mendapatkan foto terbaik Pantai Baron sekaligus area sekitarnya yang tampak sangat mempesona.

Melihat Pemandangan dari Baron Techno Park

Baron Techno Park

Anda juga bisa menikmati panorama indah Pantai Baron dengan berkunjung ke Baron Techno Park yang terletak di tebing sisi barat. Dari Baron Technopark ini pemandangan laut samudera hindia terhampar jelas dan menjadi salah satu daya tarik yang bisa Anda dapatkan.

Hal unik lain yang bisa Anda temukan di Baron Techno Park ini adalah keberadaan jam matahari serta kincir angin. Jam matahari berukuran raksasa sering jadi pilihan wisatawan sebagai spot berfoto menarik di kawasan ini.

Kincir angin yang terpasang juga berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga angin yang listriknya untuk kehidupanmasyarakat sekitar. Untuk menuju lokasi ini tidak bisa Anda akses langsung dari pantai sehingga harus memutar melewati jalan berbeda.

Memancing

Pantai Baron juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk Anda yang memiliki hobi memancing ikan laut. Ada banyak sekali spot memancing yang bisa Anda pilih seperti misalnya area tebing karang yang menjadi favorit ikan-ikan seperti ikan kerapu.

Selain ikan kerapu masih banyak ikan lain yang bisa Anda dapatkan mulai dari ikan kuwe, barakuda, tenggiri hingga ikan hiu. Anda bisa menyewa kapal nelayan untuk minta mengantar Anda ke spot mancing terbaik yang ada di sini.

Nelayan Pantai Baron juga menyediakan peralatan pancing untuk Anda sewa atau beli sehingga tidak perlu repot membawa peralatan sendiri. Ikan yang Anda dapatkan bisa Anda lepas kembali atau langsung bawa pulang sebagai cenderamata dan santapan gratis di rumah.

Berbelanja dan Menikmati Kuliner Khas

Kawasan Pantai ini juga terdapat banyak warung serta pertokoan yang siap memanjakan Anda dengan hidangan lezat serta barang menarik. Anda bisa membeli berbagai macam oleh-oleh khas Jogja untuk pacar atau  souvenir daerah pantai yang bisa Anda beli di setiap toko.

Menu makanan khas Jogja dan seafood segar yang tersedia di sekitar pantai mampu menggugah selera makan Anda setelah puas bermain. Di tempat ini Anda bisa menikmati olahan ikan, udang, cumi, hingga lobster yang sudah dimasak dengan bumbu khusus yang lezat.

Pantai Baron juga memiliki pasar ikan yang menjual ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan dan bisa Anda kunjungi untuk membeli oleh-oleh. Dengan mengunjungi Pantai ini Anda tidak hanya dapat puas bermain namun juga berbelanja.

Mitos dan Berbagai Hal Menarik Lainnya

Di balik keindahan pantainya, ternyata Pantai ini memiliki sejumlah mitos yang dipercaya sebagian besar masyarakat sekitar. Salah satu mitos menyebutkan pasangan kekasih yang bermain air di aliran sungai Pantai ini hubungannya akan berjalan langgeng seumur hidup.

Selain itu adapula mitos dan misteri mengenai keberadaan goa keramat yang menjadi tempat harimau gaib bersemayam menjaga kawasan sekitar. Keunikan lain bisa terlihat dari bentuk Pantai Baron yang selalu berubah-ubah mengikuti aliran sungai yang konon katanya dapat menjadi tanda tertentu.

Masyarakat sekitar juga sering melakukan upacara sedekah laut untuk menunjukan rasa syukur atas hasil laut yang melimpah di Pantai Baron. Berbagai hal tersebut membuat Pantai ini menjadi lebih istimewa dan semakin menarik untuk Anda kunjungi.

Harga Tiket Masuk Pantai Baron

Untuk masuk kawasan Pantai Baron Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal karena tarifnya masih sangat terjangkau. Cukup dengan beberapa ribu rupiah saja Anda sudah bisa berkeliling dan puas bermain di kawasan Pantai ini dan sekitarnya.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Rp10.000,00
Tiket Masuk Mercusuar Pantai Baron Rp5.000,00
Sewa Perahu Nelayan Rp10.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00
Parkir Bus Rp10.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar di atas bisa Anda gunakan sebagai bahan perkiraan biaya dan pertimbangan sebelum berkunjung ke Pantai ini dan sekitarnya.

Anda juga bisa mengunjungi berbagai tempat wisata di Jogja lainnya dengan menggunakan paket wisata yang bisa Anda dapatkan di agen tour. Paket ini akan mengurus segala kebutuhan akomodasi Anda selama liburan sehingga Anda tinggal duduk tenang menikmati waktu bersantai.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Baron

Lokasi Pantai Baron terletak di daerah Rejosari, Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul dekat dengan Pantai Sundak, Kukup, dan Krakal. Jaraknya sekitar 57 km dari pusat Kota Jogja dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 35 menit.

Anda bisa mendapatkan rute terbaik dari titik Anda berada menuju Pantai ini dengan menggunakan petunjuk navigasi dari Google Maps. Bisa pula dengan memanfaatkan jasa sopir dari rental mobil innova reborn Jogja atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi.

Jam Operasional Pantai Baron

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Baron bisa datang setiap hari antara pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Biasanya waktu terbaik mengunjungi Pantai ini berlangsung saat sore menjelang matahari terbenam.

Usahakan pula untuk datang saat musim kemarau atau musim panas sedang berlangsung agar liburan Anda terhindar dari hujan. Dengan begitu Anda bisa bebas bermain air dan menikmati keindahan Pantai Baron dengan tenang tanpa takut terganggu cuaca buruk.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Jogja



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (4 votes)