Pantai Batu Bengkung merupakan satu diantara puluhan pantai yang menjadi tempat wisata di Malang terpopuler. Daya tarik yang ditawarkan pantai ini terbilang sangat unik dan berbeda dari kebanyakan pantai di Malang.

Pantai yang masih asri dan sepi membuatnya sangat terjaga dari polusi sampah. Tempat ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin liburan tenang dan jauh dari keramaian wisatawan.

Anda bisa mengunjungi Pantai Batu Bengkung dengan menggunakan paket gathering Malang yang ditawarkan Biro Perjalanan. Namun sebelum itu mari simak terlebih dahulu hal menarik apa saja yang sudah menunggu Anda di Pantai Batu Bengkung Malang.

Sekilas Tentang Pantai Batu Bengkung

Hal yang membedakan Pantai ini dengan pantai-pantai lain adalah garis pantai yang berada di sisi kiri dan kanannya. Terdapat pantai yang menghadap barat dan juga selatan yang membuat pantai ini seperti dua pantai berbeda.

Seperti kebanyakan pantai di pesisir selatan Jawa pada umumnya ombak di Pantai ini sangat kencang dan besar. Sehingga cukup berbahaya bila terlalu ke tengah dan tergulung ombak menuju laut.

Namun karena kontur karang yang unik, Anda bisa bermain air dengan pengawasan dari tim SAR di sanan. Karang sisi selatan Pantai Batu Bengkung terlihat seperti membentuk sebuah benteng sehingga ombak yang datang dapat tertahan sementara di pinggiran.

Air laut yang tertahan ini kemudian membentuk sebuah kolam yang bisa digunakan pengunjung untuk berenang. Sekitar Pantai ini juga terdapat bukit karang besar yang hampir terlihat seperti sebuah pulau dengan pepohonan yang tumbuh diatasnya.

Nama batu bengkung sendiri diambil dari bentuk pantainya yang unik tersebut. Garis pantai yang terbentuk dan Batu karang besar ini terlihat seperti perut yang sedang dibengkung atau diikat menggunakan stagen.

Sehingga pantai ini terlihat ramping seperti perut wanita yang diikat oleh stagen saat selesai melahirkan. Keunikan nya inilah yang membuat Pantai ini sangat menarik untuk Anda kunjungi saat berada di Malang.

Kegiatan Seru di Pantai Batu Bengkung

Ada banyak cara untuk Anda menikmati keindahan dari Pantai Batu Bengkung mulai dari berenang, bermain pasir, hingga menikmati wisata kuliner Malang. Berikut ini beberapa rekomendasi kegiatan seru untuk Anda coba lakukan saat berada di Pantai ini.

Menikmati Keindahan Pantai

Pesona keindahan Pantai ini tidak kalah dengan pantai-pantai pesisir selatan Malang lainnya. hamparan pasir putih dengan ombak yang jernih menjadi pemandangan yang pasti Anda dapatkan.

Hal yang membedakan hanyalah keberadaan tembok karang dan dua panorama pantai yang bisa Anda nikmati sekaligus. Tembok karang ini terlihat sangat indah saat menjadi pemecah ombak alami dari hantaman gelombang yang besar.

Di sekeliling pantai Anda juga dapat menyaksikan pepohonan hijau tumbuh mengitari sekitar pantai dan batu karang besar. Adanya pohon-pohon ini semakin menambah suasana asri dari Pantai Batu Bengkung dan membuatnya nyaman untuk dipandang.

Perpaduan antara warna kuning, putih, biru, dan hijau dari pemandangan pantai membuatnya terlihat sangat menawan. Anda yang ingin merasakan pantai yang bersih, asri, dan belum terlalu ramai bisa datang mengunjungi Pantai ini.

Berenang di Kolam Alami

Meskipun memiliki ombak yang besar, Pantai Batu Bengkung relatif aman digunakan untuk aktivitas berenang wisatawan. Hal ini berkat batu karang yang membentuk sebuah tembok yang menahan laju ombak yang datang.

Dari tembok karang itulah kolam alami sedalam 1.5 meter terbentuk dan menjadi tempat berenang yang pas untuk para pengunjung. Kolam alami ini membentang sepanjang garis Pantai ini bagian selatan sehingga Anda bisa puas berenang dari ujung ke ujung.

Namun untuk menikmati kolam air asin tersebut, Anda harus menunggu waktu air laut pasang dan mengisi cekungan kolam. Sebab saat air laut sedang surut, air di dalam kolam pun ikut menyusut dan hilang.

Saat berenang jangan lupa untuk tetap berhati-hati dan patuhi protokol keselamatan dari petugas yang berjaga. Kondisi alam yang tidak tertebak dapat menjadi berbahaya bila Anda tidak waspada saat bermain.

Menyaksikan Sunset

Sunset di Pantai Batu Bengkung

Salah satu sisi Pantai Batu Bengkung juga bisa Anda manfaatkan untuk menyaksikan indahnya momen matahari terbenam. Pantai yang menghadap barat memberikan pemandangan sunset yang jelas tanpa penghalang apapun.

Anda bisa menikmati indahnya momen matahari terbenam sambil bersantai duduk menikmati makanan bersama teman maupun pasangan. Suasana romantis langit senja Pantai ini menjadi momen indah yang selalu ditunggu-tunggu wisatawan.

Jepretan kamera untuk mengabadikan momen indah ini pun tidak pernah berhenti hingga langit mulai gelap. Pemandangan indah sunset Pantai Batu Bengkung bisa menjadi view terbaik dan foto terindah yang Anda miliki saat liburan.

Mendaki Bukit Karang

Bosan hanya bermain air dan bermain pasir di pinggiran pantai, cobalah mendaki bukit karang di Pantai Batu Bengkung. Dari ketinggian bukit karang ini Anda dapat melihat dengan jelas keindahan panorama pantai dan laut luas di hadapannya.

Bukit ini juga selalu menjadi spot favorit wisatawan untuk berfoto karena memiliki latar belakang yang indah. Untuk menuju puncak bukit, Anda harus melewati jalanan sempit di tepian dengan bantuan tali pengaman yang sudah terpasang.

Meskipun terasa sulit, namun pemandangan yang terlihat dari atas bukit membangkitkan semangat para pengunjung untuk terus berjalan. Namun ingat untuk selalu berhati-hati agar tidak terpeleset dan terjatuh dari bukit karang.

Camping

Camping di Pantai Batu Bengkung

Kegiatan seru lain seperti berkemah juga bisa Anda lakukan di Pantai Batu Bengkung. Camping ini sering menjadi pilihan bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan ini lebih lama.

Setelah menyaksikan sunset, suasana malam yang sepi sangat pas untuk menyalakan api unggun dan bernyanyi bersama menghabiskan waktu. Diterangi cahaya bulan dan bintang semakin menambah suasana syahdu malam hari Pantai ini.

Namun untuk berkemah Anda harus mempersiapkan sendiri peralatan dan perlengkapan camping dari rumah. Di sekitar Pantai ini masih belum tersedia tempat penyewaan yang bisa Anda gunakan.

Wisata Kuliner

Mengunjungi Pantai Batu Bengkung tentu semakin lengkap bila Anda menikmati makanan khas Malang yang tersedia. Berbagai menu olahan seafood bisa Anda nikmati di sini mulai dari udang, kepiting, dan ikan laut segar semua ada.

Menu seperti kepiting saus pedas dan ikan asam manis menjadi menu favorit yang wajib Anda coba saat berkunjung. Harga yang dipatok pun cukup terjangkau dengan rasa yang tidak kalah dari tempat makan di tengah kota.

Di pinggiran pantai juga tersedia toko-toko yang menjual berbagai pernak-pernik dan oleh-oleh khas Malang yang bisa Anda bawa pulang. Liburan Anda ke Pantai Batu Bengkung pun menjadi sempurna sambil menikmati keindahan alam dan berbelanja.

Harga Tiket Masuk Pantai Batu Bengkung

Untuk bisa masuk kawasan Pantai Batu Bengkung, Anda tidak perlu membayar biaya mahal. Tiket masuk pantai ini sangat terjangkau, untuk lebih jelasnya perhatikan tabel berikut:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu waktu dapat berubah tergantung kebijakan pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan persiapan dan perkiraan biaya sebelum mengunjungi Pantai ini.

Dapatkan juga kemudahan mengunjungi tempat wisata lain di Malang menggunakan paket wisata dari Biro Perjalanan. Dengan paket ini Anda bisa menghemat banyak biaya, waktu, dan tenaga selama liburan karena semua sudah dipersiapkan biro.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung terletak di Jalur Lintas Selatan, RT.42/RW.05, Hutan, Desa Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, Malang. Lokasinya tidak terlalu jauh dari beberapa pantai terkenal lain di Malang seperti Pantai Bajul Mati dan Pantai Goa Cina.

Jaraknya sekitar 64 km dari pusat Kota Malang dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan. Rute terbaik menuju pantai ini bisa Anda dapatkan menggunakan Google Maps yang akan menunjukan jalan dari titik Anda berangkat.

Bisa juga dengan memanfaatkan jasa sopir dari sewa alphard Malang atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung menuju lokasi. Dengan begitu Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan jalan mana yang harus dilalui untuk mengunjungi Pantai ini.

Jam Operasional Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung bisa Anda nikmati kapanpun karena tempat ini buka selama 24 jam penuh. Namun ada waktu-waktu tertentu yang mungkin bisa Anda pilih untuk waktu berkunjung seperti saat sore hari.

Di sore hari matahari tidak terlalu panas sehingga Anda bisa puas berkeliling dan bermain air di pantai. Anda juga bisa menikmati momen indah sunset Pantai ini tanpa harus menunggu lama dan berpanas-panasan.

Pastikan juga untuk datang saat musim kemarau agar Anda bisa terhindar dari cuaca mendung dan hujan yang turun. Dengan begitu Anda bisa berkeliling dan liburan di Pantai ini tanpa terganggu apapun.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)