SalSari Resto & Coffee

Jumlah pantai berpasir putih di Bali cukup banyak. Tapi, masing-masing tempat wisata hits Bali tersebut memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah Pantai Bias Tugel yang memiliki laguna alami.

Pantai ini menawarkan keindahan alami yang menakjubkan. Wisatawan yang datang di sini akan berdecak kagum dengan pesonanya. Apalagi, pantai ini masuk dalam kategori yang tersembunyi.

Sekilas Tentang Pantai Bias Tugel

Wisata Pantai Bias Tugel

Memang benar, di Bali sendiri masih cukup banyak pantai yang tersembunyi bahkan masuk kategori belum terjamah. Sebab, setiap daerah pesisir Bali menyimpan potensi pariwisata alam atau pantai yang indah.

Pantai Bias Tugel Bali masuk kategori sudah terjamah tapi masih tersembunyi. Menariknya adalah kawasan wisata pantai masih terjaga alami dan bersih. Warga setempat menjaga pantai ini dengan sangat baik.

Fasilitas di area wisata juga cukup lengkap. Jadi, pastikan untuk berkunjung ke pantai ini jika sedang berlibur ke Bali. Anda bisa menggunakan jasa rental mobil Avanza Bali agar perjalanan lebih nyaman.

Harga Tiket Masuk Pantai Bias Tugel

Harga tiket masuk Pantai Bias Tugel ini gratis. Sehingga wisatawan tidak perlu membayarnya. Tapi, cukup membayar tiket parkir saja.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Sewa Kursi Pantai dan Payung Rp50.000,00 per orang
Sewa Alat Snorkeling Rp100.000,00 – Rp150.000,00 per orang
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Rute Menuju Lokasi Pantai Bias Tugel

Lokasi Wisata Pantai Bias Tugel

Lokasi Pantai Bias Tugel berada di Padangbai, Manggis, Karangasem.  Jika dari Denpasar, jaraknya sekitar 44 km.  Sedangkan dari Pelabuhan Bai hanya beberapa menit saja.

Jalur paling mudah adalah dengan mengikuti rute ke Pelabuhan Padang Bai. Sebelum pintu masuk, nanti ikuti Jln. Penataran Agung dan belok lagi ke arah Jln. Pantai Bias Tugel. Ikuti Google Map jika sudah di pelabuhan.

Letak pantai berada di bawah sehingga dari area parkir wisatawan perlu menuruni ratusan anak tangga. Butuh waktu sekitar 10 hingga 15 menit menuruni anak tangga hingga sampai ke lokasi pantai.

Lebih mudah lagi jika Anda memanfaatkan layanan biro perjalanan melalui paket tour wisata Bali yang tersedia. Sebab semua kebutuhan Anda pasti terpenuhi mulai dari transportasi hingga akomodasi.

Jam Buka Pantai Bias Tugel

Pantai Bias Tugel buka selama 24 jam setiap hari. Wisatawan bisa datang kapan saja dan di hari apa saja. Di akhir pekan, mungkin jumlah pengunjung sedikit lebih ramai.

Di lokasi tempat wisata atau dekat pelabuhan ada cukup banyak pusat oleh-oleh khas Bali yang bisa Anda kunjungi. Oleh-oleh Bali sangat khas baik berupa jajanan, kue maupun cinderamata.

Fasilitas Pantai Bias Tugel

Fasilitas Wisata Pantai Bias Tugel

Fasilitas Pantai Bias Tugel cukup lengkap walaupun berada di area yang tersembunyi. Bahkan wisatawan dapat menemukan wisata kuliner Bali di sini karena ada warung yang menyajikan beragam makanan dan minuman.

Selain warung, ada toko cinderamata, bar dan toilet. Sehingga, walau terisolir, Anda tidak perlu khawatir. Untuk kegiatan snorkeling dan surfing, wisatawan bisa menyewanya di lokasi.

Daya Tarik Wisata Pantai Bias Tugel

Walau lokasinya tersembunyi, pantai ini menjadi salah satu yang paling favorit wisatawan. Terutama mereka yang lebih memilih privasi dan ketenangan daripada pantai yang terlalu ramai atau mainstream.

Keindahan Pantai yang Masih Tersembunyi

Lokasi pantai masih terisolir dari keramaian, bahkan untuk mencapainya membutuhkan perjuangan dan ekstra kehati-hatian. Di kanan dan kiri pantai berupa tebing karang jadi seolah pantai tidak terlihat.

Tapi, perjuangan yang melelahkan itu akan terbayar ketika sampai di lokasi. Pemandangannya benar-benar seperti hidden treasure yang belum terjamah manusia. Terlihat masih perawan dan begitu eksotis.

Perpaduan antara warna pasir, air laut dan batuan karang sangat sempurna dan mengundang rasa kagum. Wisatawan yang datang ke sini, pasti betah berlama-lama untuk bersantai dan menikmati suasana.

Keindahan Pantai dengan Pasir Putih

Keindahan Pantai Bias Tugel

Seperti pantai indah di Bali lainnya, Pantai Bias Tugel juga memiliki hamparan pasir berwarna putih. Pasirnya lembut saat wisatawan menginjakkan kaki di atasnya.

Pasir putih dan air laut biru serta warna karang begitu kontras dan sangat ciamik. Seakan benar-benar memanjakan mata, sejauh arah memandang semua terlihat begitu indah.

Bahkan, batas pasir yang putih dengan air biru kehijauan ini terlihat begitu instagramable. Tidak jauh berbeda dengan wallpaper yang sangat cantik. Memang, keindahannya begitu sempurna.

Area pasir pantai juga cukup luas sehingga cocok untuk berbagai kegiatan seru seperti bermain pasir, voli pantai atau berjemur. Apalagi udaranya begitu sejuk terutama saat pagi dan sore hari.

Suasana Tenang dan Nyaman

Wisata Pantai Bias Tugel memang menawarkan ketenangan dan kedamaian penuh kenyamanan bagi wisatawan. Sehingga, cocok untuk Anda yang mencari tempat healing untuk melarikan diri dari rutinitas kota.

Duduk santai sambil menikmati keindahan alam, berbaring dan memejamkan mata terasa begitu rileks. Angin sepoi-sepoi yang juga turut membuat suasana semakin syahdu.

Duduk santai di atas kursi pantai berpayung, sambil menikmati makanan khas Bali, tentu menyenangkan juga. Setiap wisatawan memang memiliki cara tersendiri untuk menikmati momen di pantai ini.

Snorkeling

Snorkeling Pantai Bias Tugel

Daya tarik lain dari pantai ini adalah airnya yang sangat jernih dengan kehidupan bawah laut menakjubkan. Terumbu karang di pantai ini masih terjaga dengan baik sehingga ikan warna-warni pun dapat Anda jumpai.

Tidak perlu menyelam ke dalam lautan untuk menyaksikan pemandangan bawah laut, cukup di permukaan saja dengan snorkeling. Wisatawan dapat melihat ikan yang berlarian ke sana kemari, bermain di sekitar karang.

Surfing

Seperti pantai indah Bali lainnya, di sini wisatawan juga bisa berselancar. Gulungan ombak pantai cukup besar sehingga harus berhati-hati jika Anda masih pemula. Sedangkan bagi yang berpengalaman, ini seru sekali.

Ombak yang cukup tinggi dengan air jernih sangat menyenangkan untuk berselancar di atasnya. Bagi wisatawan yang tidak bisa berselancar, cukup nikmati keseruan mereka yang sedang berlomba dengan ombak.

Fenomena Waterblow

Fenomena Waterblow

Ombak di pantai ini memang cukup kencang, sehingga ketika menabrak batuan karang akan tercipta cipratan yang besar dan tinggi. Momen inilah yang kemudian terkenal sebagai water blow pantai tugel.

Jika berniat mendekati area ini, harus ekstra hati-hati karena ombak bisa menabrak karang dengan sangat keras. Tumpahan airnya pun bisa membuat area karang cukup licin.

Cukup menikmati keseruannya dari jauh saja atau jika ingin berfoto, jaga jarak aman. Water blow di sini memang terlihat cukup ekstrim tapi menyenangkan untuk Anda saksikan.

Berenang di Laguna

Pantai ini memiliki laguna atau kolam alami yang terbentuk dari batuan karang. Biasanya, pengunjung akan datang ke laguna ini untuk berenang. Air lautnya begitu bersih dan jernih hingga dasar karang pun kelihatan.

Berenang di laguna ini sangat menyenangkan sekaligus menantang karena ombak bisa datang kapan saja. Ya, air di laguna berasal dari ombak yang menghantam karang dan mengalir ke area laguna.

Salsa Wisata bisa menjadi partner wisata terbaik untuk berkunjung ke Pantai Bias Tugel dan pantai lain di Bali. Layanan Salsa juga termasuk paket wisata Bali, sehingga banyak destinasi wisata yang bisa Anda jelajahi.



By Categories: Bali, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (4 votes)