earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Pantai Clungup termasuk salah satu pantai terbersih yang ada di Kabupaten Malang. Tempat ini masih sangat terjaga keasriannya karena berada di kawasan konservasi bersama dengan Pantai Tiga Warna dan Pantai Gatra.

Pantai Clungup memiliki pemandangan eksotis berbeda dengan pantai di pesisir Selatan Malang. Masuk ke dalam kawasan Clungup Mangrove Conservation membuatnya menjadi sarana edukasi dan tempat wisata di Malang yang unik.

Anda bisa mengunjungi Pantai ini dengan mudah menggunakan paket wisata Bromo yang ditawarkan Biro Perjalanan. Kemudian belajar sekaligus menikmati keindahan Alam yang ada di Pantai Clungup.

Sekilas Tentang Pantai Clungup Malang

Pantai ini merupakan pantai konservasi bakau yang ada di daerah selatan kabupaten Malang dengan nama Clungup Mangrove Conservation atau CMC. Kawasan ini terdiri dari beberapa pantai seperti Pantai Gatra dan Pantai Tiga Warna serta hutan bakau yang luas.

Di Pantai ini Anda akan disajikan dengan pemandangan eksotis pepohonan bakau yang tumbuh di pinggir pantai. Pasir putih bersih serta ombak yang tenang menambah keindahan dari panorama Pantai ini.

Ada banyak hal menarik yang bisa Anda temukan saat mengunjungi Pantai Clungup Malang. Pesona keindahan alamnya tidak kalah dengan pantai-pantai terkenal Malang seperti Pantai Balekambang dan Pantai Teluk Asmara.

Kegiatan seru seperti camping dan menanam bakau bisa mengisi waktu liburan Anda dengan lebih bermanfaat. Tidak ada salahnya untuk menjadikan objek wisata ini sebagai tujuan wisata terutama bagi Anda yang ingin mendapatkan liburan tenang yang nyaman.

Daya Tarik Pantai Clungup

Pantai Clungup Malang

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Pantai Clungup lebih sering dikenal sebagai pantai konservasi padahal ada banyak hal menarik lain yang bisa Anda temukan di dalamnya. Berikut ini beberapa daya tarik dari tempat wisata ini yang membuatnya layak untuk dikunjungi:

Trekking Menikmati Pemandangan Pantai

Untuk mencapai Pantai Clungup, dari tempat parkir Anda harus berjalan kaki melewati pos pemeriksaan terlebih dahulu. Di pos pemeriksaan ini barang bawaan Anda akan didata terutama yang berpotensi sebagai sampah.

Setelah itu, perjalanan Anda akan dilanjutkan melewati kawasan hutan hijau yang masih asri. Jalan yang dilalui pun tidak terlalu sulit karena sudah di cor dan cukup lebar bahkan muat untuk dilalui motor.

Pohon rindang yang tumbuh membuat perjalanan Anda terasa menyegarkan dan tidak terlalu panas. Setibanya di Pantai Clungup Anda akan disambut dengan pemandangan pasir putih dan perbukitan hijau di sekitar pantai.

Ombak yang tenang dengan air yang jernih memberikan perasaan tenang bagi siapapun yang memandang. Lelah perjalanan Anda seolah hilang setelah melihat indahnya pemandangan dari Pantai ini.

Menyaksikan Keunikan Pantai Clungup

Salah satu keunikan dari Pantai ini bisa Anda lihat saat air laut sedang surut. Pada waktu surut, pasir di pantai menjadi semakin luas dan menutupi hampir semua bagian pantai.

Saking luasnya hamparan pasir di Pantai ini, membuatnya tampak seperti di padang pasir khas timur tengah. Anda bebas bermain diatas pasir namun tetap harus berhati-hati oleh batu karang yang terkadang muncul dari balik pasir.

Uniknya lagi pasir ini membentuk pola garis bergelombang yang terlihat cantik seperti ombak yang sedang bergulung. Pemandangan unik dan eksotis Pantai ini tidak pernah terlewat dari jepretan kamera para pengunjung.

Berenang

Pantai Clungup mungkin satu-satunya pantai pesisir selatan di Malang yang bisa Anda gunakan untuk berenang meskipun dalam keadaan pasang. Posisi pantai yang agak masuk ke daratan membuat Pantai ini memiliki ombak yang sangat tenang.

Tenangnya ombak pantai ini bahkan lebih terlihat seperti danau, ditambah lagi airnya yang dangkal membuatnya sangat aman untuk berenang. Anda tidak perlu takut terseret ombak saat berenang dan bermain air di Pantai Clungup.

Berenang di Pantai ini bisa jadi pengalaman yang tak terlupakan berkat pemandangan dan uniknya pantai ini. Namun Anda harus tetap berhati-hati terutama pada batu karang yang tajam di balik pasir atau ubur-ubur yang terdampar.

Camping

Camping di Pantai Clungup menjadi salah satu kegiatan yang wajib Anda lakukan ketika berkunjung. Ada lahan khusus yang telah disiapkan pihak pengelola untuk Anda yang ingin mendirikan tenda di area pantai.

Lahan yang disediakan berada di bawah pohon rindang sehingga sangat nyaman untuk Anda bersantai menikmati malam. Sebelum malam tiba, Anda bisa melihat indahnya pemandangan sunset di Pantai ini yang mulai surut.

Pantulan cahaya matahari di genangan air dan pasir yang basah tampak seperti emas yang berkilauan. Pengalaman Anda berkemah di Pantai Clungup semakin seru saat dilakukan bersama teman atau keluarga.

Menjelajah Pantai

Spot Foto di Pantai Clungup

Jika Anda memiliki banyak waktu untuk berkunjung sempatkan juga untuk menjelajah kawasan konservasi Pantai Clungup yang luas. Selain bisa melihat sisi lain keindahan Pantai ini, Anda juga bisa mengunjungi pantai lain yang ada di sekitar.

Dengan berjalan terus ke sisi selatan Anda akan menemukan Pantai Gatra yang terkenal sebagai Raja Ampatnya Jawa Timur. Gugusan pulau karang yang berada di tengah Pantai Gatra menjadi pemandangan indah yang sangat menawan.

Lanjut ke sebelah timur Anda akan tiba di Pantai Tiga Warna yang masih termasuk kawasan Clungup Mangrove Conservation. Namun untuk menikmati pantai ini Anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu karena pembatasan jumlah pengunjung yang hanya 100 orang per hari.

Menanam Bakau

Tidak hanya dapat melihat pemandangan yang apik, di sini Anda juga bisa belajar segala hal yang terkait dengan pohon bakau. Kegiatan belajar ini sangat cocok untuk dilakukan bersama rombongan baik itu study tour atau acara bakti sosial.

Anda bisa mengenal berbagai macam jeni pohon bakau dan bagaimana cara menanamnya. Selain itu Anda dapat mengetahui fungsi penting menjaga ekosistem hutan Bakau di pesisir pantai.

Untuk mengikuti kegiatan ini Anda harus mendaftar terlebih dahulu kepada pihak pengelola agar bisa dipersiapkan hal yang diperlukan. Dengan begitu sambil berlibur Anda juga bisa ikut melestarikan alam Pantai Clungup.

Harga Tiket Masuk Pantai Clungup

Untuk masuk kawasan Pantai ini biaya yang harus dikeluarkan sangat terjangkau. Dengan beberapa ribu rupiah anda sudah bisa menikmati dan menjelajah Pantai Clungup hingga puas.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00
Tour Guide Rp75.000,00 – Rp100.000,00
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga yang tercantum dalam tabel di atas sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan referensi dan perkiraan biaya bila akan berkunjung ke Pantai ini.

Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata lain dengan mudah menggunakan paket wisata dari Biro Perjalanan. Paket ini akan mengurus segala kebutuhan akomodasi Anda selama berlibur, sehingga Anda bisa menikmati liburan di Malang dengan tenang.

Fasilitas Pantai Clungup

Berada di dalam kawasan konservasi membuat Pantai Clungup tidak memiliki terlalu banyak fasilitas. Hanya ada fasilitas seadanya seperti toilet, mushola, gazebo, kamar mandi, dan fasilitas umum lainnya.

Tidak ada warung makan yang menjual makanan khas Malang di area sekitar pantai sehingga Anda harus siap membawa bekal sendiri. Begitu juga dengan oleh-oleh, Anda harus mencari toko souvenir diluar pantai agar bisa mendapatkan oleh-oleh khas Malang yang Anda inginkan.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Clungup

Pantai Clungup terletak di area sawah dan kebun Sendang Biru, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang. Jaraknya sekitar 75 km dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam dari arah Kota Malang.

Anda bisa mendapatkan rute terbaik menuju Pantai ini menggunakan Google Maps yang akan menunjukan jalan dari tempat Anda berada. Bisa juga dengan memanfaatkan jasa sopir rental alphard Malang atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung menuju lokasi.

Jam Operasional Pantai Clungup

Pantai Clungup ini bisa Anda nikmati keindahannya selama 24 jam penuh terutama bila Anda berencana camping di pantai. Namun untuk loket pemeriksaan hanya buka mulai pukul 06.00 WIB sampai 13.30 WIB dari Jumat hingga Rabu.

Untuk hari Kamis kawasan Pantai ini dan seluruh area konservasi tutup agar alam bisa beristirahat dari kunjungan wisatawan. Kapanpun waktu Anda berkunjung destinasi wisata ini tetap siap dengan segala keindahan yang dimilikinya.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)