Pantai Indrayanti merupakan Pantai di Jogja yang sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan selain Pantai Parangtritis atau Tempat Wisata lainnya. Meski belum lama dibuka sebagai destinasi wisata Jogja, Pantai ini tidak kalah pamor dengan pantai lainnya berkat keindahan yang dimilikinya.

Hamparan pasir putih bersih di Pantai Indrayanti menjadi daya tarik utama dari pantai ini yang membuatnya berbeda dengan pantai lainnya. Area pantai yang luas juga memungkinkan banyak aktivitas seru untuk Anda lakukan saat berkunjung.

Anda bisa mengunjungi Pantai ini dan beberapa pantai di sekitarnya dengan menggunakan paket liburan ke Jogja yang ditawarkan Biro Perjalanan. Namun sebelum berkunjung mari simak terlebih dahulu beberapa informasi menarik mengenai Pantai Indrayanti berikut ini:

Sejarah Pantai Indrayanti

Pada tahun 2009, Pantai ini pertama kali dikenal dan dibuka untuk umum sebagai destinasi wisata pantai baru di Jogja. Sebelum dikenal sebagai Pantai Indrayanti, pantai ini lebih dikenal dengan nama Pantai Pulang Syawal oleh masyarakat sekitar.

Nama Indrayanti sendiri berasal dari gabungan nama pasangan yang memiliki rumah makan di sekitar pantai yakni Indra dan Yanti. Karena nama Indrayanti lebih mudah diingat dan disebut dibanding Pulang Syawal, akhirnya nama Indrayanti inilah yang lebih dikenal hingga sekarang.

Sejak saat itu ketenaran dari Pantai ini semakin melambung, terlebih lagi foto-foto indah Pantai Indrayanti terus bermunculan di sosial media. Banyak pengunjung yang penasaran ingin melihat langsung pesona pantai pasir putih Indrayanti yang seperti Pantai di Bali.

Bila dibandingkan dengan Pantai Parangtritis yang panjang, Pantai ini cukup pendek dengan garis pantai kurang lebih 271 meter. Di kedua ujung Pantai ini terdapat batu karang yang seperti membentengi dan menjadi ciri khas dari pantai ini.

Pantai yang landai dan berbentuk melengkung terlihat sangat indah saat air pasang maupun surut dan sangat pas untuk bersantai. Anda bisa duduk santai di atas pasir atau bermain air dengan puas saat mengunjungi Pantai ini.

Fasilitas yang dimiliki Pantai ini pun lebih lengkap dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Anda bisa menemukan banyak restoran, penginapan, serta fasilitas umum lain yang siap membuat liburan Anda di Pantai ini tetap nyaman.

Daya Tarik Pantai Indrayanti

Keindahan dari Pantai ini sudah sangat terkenal dan selalu menjadi incaran bagi wisatawan yang datang berlibur ke Jogja. Selain itu pantai ini juga menawarkan banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan dan berikut beberapa diantaranya:

Bersantai Menikmati Pemandangan Pantai

Ada banyak cara untuk menikmati keindahan dari Pantai ini, salah satunya dengan berjemur di atas pasir tepi pantai. Cukup dengan payung dan alas tikar atau kursi pantai Anda sudah bisa bersantai dan menyaksikan pemandangan indah Pantai ini.

Selain dari tepi pantai Anda juga bisa melihat panorama Pantai Indrayanti lebih jelas dari tebing karang di salah satu sisi pantai. Dari atas sini pemandangan pantai ini dan pantai di sekitarnya bisa terlihat dengan jelas termasuk laut lepas yang ada di depan.

Pemandangan indah Pantai ini terlihat semakin cantik dan mempesona saat matahari mulai terbenam di ufuk barat. Anda bisa menyaksikan dengan jelas lembayung senja yang muncul menghiasi langit sore Pantai ini dari tebing maupun tepi pantai.

Para pengunjung yang datang juga tidak pernah melewatkan pesona Pantai dari jepretan kameranya. Anda bisa berfoto di tengah pasir putih atau dengan pemandangan Pantai Indrayanti yang begitu menawan.

Bermain Air dan Pasir

Jika kurang puas hanya bersantai dan melihat pemandangan, Anda bisa coba berbagai permainan menarik di Pantai Indrayanti seperti bermain jetski. Saat air laut pasang, Anda bisa mencoba bermain dan meluncur dengan kecepatan tinggi menggunakan jetski yang tersedia.

Selama bermain jetski Anda akan didampingi dan diajari oleh petugas sehingga bisa tetap aman untuk dimainkan bahkan oleh anak-anak. Sedangkan saat surut, Pantai Indrayanti sering dimanfaatkan pengunjung untuk bermain air atau snorkeling di area karang yang dangkal.

Anak-anak bisa dengan aman bermain air sambil mencari ikan kecil atau hewan laut lain yang terperangkap di genangan air laut. Namun jika Anda tidak ingin basah-basahan, bermain pasir di tepi pantai juga bisa jadi hal menarik untuk dilakukan.

Anda bisa membangun istana pasir, mencari kerang, atau sekedar berlari-lari di pinggir pantai bersama teman-teman. Apapun permainan yang Anda lakukan, mengunjungi Pantai Indrayanti tetap akan menjadi liburan terbaik yang Anda dapatkan saat berada di Jogja.

Wisata Kuliner

Pantai Indrayanti juga menyediakan berbagai kuliner lezat yang bisa Anda nikmati saat berkunjung dengan harga yang cukup terjangkau. Anda bisa menikmati hidangan sederhana seperti nasi telur atau bahkan makanan khas Jogja atau gunung kidul yang dijual warung-warung sekitar.

Selain restoran atau warung makan, di sekitar Pantai Indrayanti juga banyak sekali pedagang jajanan yang berkeliling menawarkan berbagai kudapan lezat. Anda yang haus juga bisa memesan es kelapa mudah atau minuman segar lain yang dijajakan langsung di lokasi.

Bila ingin lebih hemat lagi, Anda bisa membawa bekal sendiri dari rumah dan menikmatinya langsung sambil bersantai di pantai. Dengan begitu bekal yang Anda bawa akan terasa semakin nikmat dan lezat dengan pemandangan indah Pantai Indrayanti.

Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti

Untuk masuk Pantai Indrayanti Anda tidak harus mengeluarkan uang yang banyak karena biayanya masih sangat terjangkau. Selain itu untuk fasilitas tambahan di Pantai ini juga sangat murah jadi Anda tetap bisa berhemat.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00
Sewa Payung Pantai Rp20.000,00
Sewa Gazebo Rp30.000,00
Sewa Jetski Rp250.000,00 per 15 menit
Sewa Pelampung Rp15.000,00
Toilet atau Kamar Bilas Rp5.000,00
Denda Sampah Rp10.000,00
Makanan Mulai dari Rp10.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel diatas sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan pertimbangan dan perkiraan biaya saat akan mengunjungi Pantai ini.

Dapatkan juga kemudahan mengunjungi tempat wisata di Jogja lainnya dengan menggunakan paket wisata dari Biro Perjalanan. Paket ini akan membantu segala urusan akomodasi Anda selama liburan mulai dari berangkat hingga Anda pulang membawa oleh-oleh khas Jogja.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti terletak di daerah Ngasem, Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul dan tidak terlalu jauh dari Pantai di Gunung Kidul lainnya. Jarak pantai ini sekitar 27 km dari Kota Wonosari Gunung Kidul atau sekitar 46 menit perjalanan.

Rute terbaik menuju Pantai Indrayanti bisa Anda dapatkan dengan menggunakan bantuan petunjuk jalan dari Google Maps. Bisa juga dengan memanfaatkan jasa sopir dari sewa mobil innova venturer Jogja atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi.

Jam Operasional Pantai Indrayanti

Pantai ini bisa dikunjungi kapanpun Anda mau karena tidak ada batasan waktu untuk Anda datang. Namun biasanya Pantai ini akan ramai saat pagi hari di akhir pekan hingga menjelang sore saat sunset berlangsung.

Bila Anda ingin berkunjung usahakan untuk datang saat musim kemarau atau saat cuaca cerah agar terhindar dari mendung atau hujan. Dengan begitu Anda bisa menikmati keindahan Pantai ini hingga puas tanpa harus terganggu hujan yang turun.

Hotel Dekat Pantai Indrayanti

Untuk Anda yang ingin menginap di Pantai ini, ada banyak hotel yang bisa Anda pilih untuk bermalam menghabiskan waktu. Dengan menginap di beberapa hotel berikut Anda tidak perlu repot berjalan jauh ke Gunung Kidul untuk bermain di pantai:

Walet Guesthouse

Guest house ini termasuk salah satu hotel dekat Pantai Indrayanti yang menjadi tempat Anda bermalam dan bersantai. Konsepnya yang seperti rumah juga membuat wisatawan bisa lebih nyaman untuk beristirahat.

Dengan biaya per malam sekitar Rp400.000,00, Anda bisa mendapatkan kamar dengan kapasitas untuk dua orang lebih. Fasilitas yang didapatkan juga cukup memadai seperti kipas, kasur, televisi, hingga kamar mandi dalam.

The Royal Joglo Hotel

Jika Anda ingin menikmati hotel yang lebih modern bisa coba The Royal Joglo yang juga berada di dekat Pantai Indrayanti. Interior dan fasilitas yang tersedia di tempat ini mirip dengan hotel-hotel yang ada di tengah kota sehingga terasa sangat nyaman.

Meski begitu biayanya tidak terlalu mahal yakni sekitar Rp350.000,00 per malam dan sudah lengkap dengan segala fasilitasnya. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya AC, shower, peralatan mandi, televisi dan juga kasur ukuran Queen yang cukup untuk tiga orang.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (1 vote)