SalSari Resto & Coffee

Mungkin sebagian orang akan menggambarkan Kota Bekasi sebagai kota yang gersang dan penuh kemacetan. Namun ternyata ada wisata terkenal di sini. Namanya adalah Pantai Muara Gembong.

Pantai di Bekasi ini memiliki suasana yang cukup asri dan penuh dengan pepohonan. Dengan suguhan suasana alami, pantai ini dapat menjadi destinasi alternatif selain liburan di sejumlah mall di Bekasi Timur.

Sekilas Tentang Pantai Muara Gembong

Pantai Muara Gembong bekasi

Pantai Muara Gembong adalah destinasi wisata di Bekasi yang cukup ramai. Tempat wisata Bekasi terbaru ini bisa Anda manfaatkan untuk menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga.

Ada banyak hal menarik yang ditawarkan oleh pantai ini. Diantaranya adalah pusat ekowisata mangrove, tambak udang, dan habitat beberapa spesies satwa.

Ada sekitar 70 hektar luas hutan mangrove di sini. Dengan luas ini, kawasan pantai ini tentu menjadi area konservasi mangrove terbesar di Kota Bekasi.

Lokasi Pantai Muara Gembong

Alamat atau lokasi Pantai Muara Gembong berada di kawasan Pantai Bahagia, Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat. Lokasi ini dapat ditempuh sekitar 2 jam dari jantung Kota Bekasi.

Anda bisa menggunakan mobil atau sepeda motor ke sini. Aksesnya juga sudah memadai dan rute menuju Pantai Muara Gembong cukup mudah. Dari Kota Bekasi, langsung saja ke Ganda Agung lalu ke Desa Sriamur Babelan dan Muara Gembong.

Untuk menemukan lokasi pantainya, cek saja melalui Google Maps. Apabila ingin praktis dan efektif, ada layanan rental mobil Fortuner Bekasi yang bisa Anda sewa dari Salsa Wisata. Selain nyaman, tarif sewanya lebih murah.

Jam Buka Pantai Muara Gembong

Wisata Bekasi ini terus beroperasi setiap hari; tak terkecuali hari libur nasional. Jam buka Pantai Muara Gembong ini 24 jam, kecuali fasilitas-fasilitas tertentu seperti warung makan.

Harga Tiket Masuk Pantai Muara Gembong

Untuk masuk ke tempat wisata pantai ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Tiket masuk Pantai Muara Gembong ini gratis. Anda hanya perlu membayar tarif parkir kendaraan dan sewa perahu.

Berikut kami bagikan info tarif parkir kendaraan dan sewa perahu terupdate:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Sewa Perahu Rp20.000,00 per orang
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00 pe orang
Parkir Mobil Rp5.000,00 per orang

Daya Tarik Wisata Pantai Muara Gembong

Pantai Muara Gembong memiliki berbagai daya tarik bagi wisatawan. Selain menikmati keindahan pantai, Anda juga bisa bermain pasir dan air bersama dengan keluarga.

Selain itu, ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan mulai dari berkeliling, berfoto, hingga menikmati wisata kuliner malam Bekasi. Kemudian masih ada beberapa daya tarik lainnya yang telah kami rangkum berikut ini:

Keindahan Pantai

Bila Anda ingin pergi ke pantai ini, Anda perlu naik perahu sekitar 15 menit dari Kampung Beting Muara Gembong. Selama perjalanan Anda akan melewati hutan mangrove yang cantik di sisi sungai.

Melewati kawasan mangrove akan membuat Anda seolah bukan berada di Bekasi. Sebab, suasananya begitu asri. Jika Anda datang sekitar bulan September hingga Februari; biasanya akan melihat kawanan burung cantik di sekitar mangrove.

Selain burung tersebut, ada juga burung-burung yang bermigrasi dari Laut Cina Selatan dan Samudera Pasifik menuju ke area pantai ini. Pada intinya, suasana liburan di sini tak kalah serunya dengan liburan di Go Wet Waterpark Bekasi.

Wisata Tambak

tambak udang pantai muara gembong bekasi

Anda bisa beranjak ke wisata tambak jika sudah puas berkeliling di hutan mangrove. Anda dapat melihat kegiatan budidaya ikan dan udang di pantai ini.

Ada tiga model tambak yang bisa Anda temukan di sini yaitu model Kao-kao, Komplangan dan Gei Wai. Menariknya, Anda dapat membeli hasil budidaya dari para nelayan tersebut dengan harga yang ekonomis.

Hasil tangkapan warga tersebut bisa menjadi buah tangan yang spesial. Jadi Anda pun tidak perlu singgah ke toko oleh-oleh khas Bekasi lantaran sudah ada buah tangan berupa ikan dan udang segar yang baru saja Anda beli.

Ekowisata Mangrove

Salah satu spot favorit pengunjung adalah ekowisata mangrove. Kawasan tersebut sudah menjadi ekowisata mangrove sejak tahun 2018.

Di sana, terdapat sebuah gapura setinggi 3.5 meter yang sekaligus sebagai pintu masuk hutan mangrove. Anda dapat berjalan menyusuri hutan mangrove melalui jembatan bambu dengan lebar 1.5 meter dan panjang 200 meter.

Kawasan mangrove di sini masuk ke dalam area Hutan Lindung Ujung Krawang dengan 23 jenis mangrove sejati. Jenis yang paling banyak adalah jenis Mangrove Api-api atau Avicennia dan bakau atau Rhizophora.

Penangkaran Satwa

Hutan mangrove di pantai tidak hanya menjadi habitat bagi tumbuh-tumbuhan, tetapi juga bagi kawanan burung. Ada sekitar 158 jenis burung menghuni hutan ini.

Jika Anda masuk dan mengeksplorasi lebih jauh kawasan ini, Anda akan menemukan sejumlah satwa liar langka yang dilindungi. Contohnya yaitu Lutung Jawa, kera, biawak, dan kera ekor panjang.

Lutung Jawa termasuk dalam satwa liar yang dilindungi oleh pemerintah. Oleh sebab itu, di sini juga terdapat penangkaran hewan tersebut yang menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Pesta Laut Tahunan

Ada kegiatan rutin tahunan yang biasa dilakukan oleh masyarakat sekitar, yaitu pesta laut. Anda juga bisa hadir di kegiatan ini dan menyaksikan langsung betapa semaraknya acara tersebut.

Masyarakat setempat menyebut acara ini dengan sebutan Nadran. Nadran adalah acara pesta laut tahunan sebagai perwujudan rasa syukur masyarakat nelayan terhadap hasil laut yang melimpah.

Selama pesta laut ini berlangsung, Anda akan menemui banyak sekali makanan dan minuman khas Bekasi yang tersaji di sekitar lokasi. Nantinya hidangan tersebut juga akan dibagikan kepada pengunjung.

Fasilitas di Pantai Muara Gembong

ekowisata mangrove di pantai muara gembong

Sebagai objek wisata yang cukup terkenal, pantai ini memiliki sejumlah fasilitas penting. Fasilitas-fasilitas ini tentu cukup membantu pengunjung selama liburan di kawasan wisata bahari ini.

Berikut adalah daftar nama fasilitas yang bisa dijumpai di wisata pantai Bekasi ini:

  • area parkir kendaraan
  • toilet umum
  • mushola
  • gazebo
  • warung wisata
  • spot foto

Itulah sedikit ulasan singkat mengenai salah satu objek wisata pantai di Daerah Bekasi. Jika Anda berminat untuk ajak keluarga untuk liburan singkat di sini, pastikan semua kebutuhan liburan sudah Anda siapkan dengan baik.

Namun jika Anda tak memiliki waktu untuk menyiapkannya, ada layanan paket wisata dari Salsa Wisata. Harga paketnya bersahabat, fasilitas dan pelayanannya berkualitas. Liburan di Wisata Pantai Muara Gembong Bekasi pun akan lebih fun.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)