SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Bekasi, kota yang kaya akan budaya. Percampuran antara budaya Betawi, Sunda, serta suku-suku lain di kota ini membentuk karakter kota yang begitu unik. Hal ini bisa terlihat dari berbagai macam oleh-oleh khas Bekasi yang bisa Anda bawa pulang.

Kebanyakan buah tangan dari kota ini berbentuk makanan dan jajanan nikmat campuran berbagai suku. Rasanya pun tidak kalah nikmat dengan harga yang masih sangat bersahabat.

Penasaran dengan apa saja oleh-oleh khas Bekasi yang wajib Anda bawa pulang, berikut ini 18 rekomendasi diantaranya:

Daftar Oleh-oleh Khas Bekasi yang Terkenal

Bir Pletok

Bir Pletok

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Meski termasuk daerah Jawa Barat, Bir Pletok yang menjadi minuman khas suku Betawi bisa Anda temukan di sini. Berbanding terbalik dengan namanya, minuman satu ini halal karena terbuat dari rempah herbal berkhasiat.

Racikan jahe, serai, pandan, kayu secang serta rempah lain di dalam bir ini mampu menghangatkan badan dan meningkatkan imunitas. Sehingga Anda bisa tetap sehat dan hangat tanpa harus merasakan efek samping yang merusak badan atau memabukkan seperti bir pada umumnya.

Cara membuat bir sehat ini pun cukup mudah, pertama semua bahan rempah direbus selama 15 menit. Kemudian saring lalu tambahkan pandan serta gula. Rebus hingga mendidih sebelum akhirnya disaring dan bir pletok siap Anda nikmati.

Saat ini kemasan minuman tradisional ini sudah sangat modern. Anda bisa mendapatkan minuman ini dalam bentuk botol, kalengan, mentahan hingga bubuk siap seduh. Jadi bisa semakin praktis untuk Anda bawa sebagai oleh-oleh dari Bekasi.

Untuk mendapatkannya pun cukup mudah sebab tersedia di banyak toko terutama pusat oleh-oleh khas Bekasi. Harganya sendiri berkisar antara Rp6.000,00 hingga ratusan ribu tergantung ukuran kemasan yang Anda pilih.

Kue Rangi

Kue Rangi

Selain kerak telor, kue rangi juga termasuk makanan khas Jakarta atau Betawi yang sudah cukup sulit untuk ditemukan. Namun berbeda dengan Jakarta, warga Betawi yang ada di Bekasi lumayan sering membuat hidangan manis satu ini.

Nama lain dari kue ini adalah Sagu Rangi karena bahan utamanya terbuat dari Sagu. Cara membuatnya juga cukup sederhana dan tidak memerlukan banyak bahan, hanya sagu, gula, parutan kelapa, serta toping berupa buah.

Pertama adonan tepung sagu, parutan kelapa tua, serta garam dimasukan kedalam cetakan kue pancong. Setelah semua terisi penuh dan matang, angkat kue dari cetakan lalu siram dengan gula merah cair. Jangan lupa beri potongan buah nangka, durian, atau nanas agar semakin nikmat.

Sayangnya karena termasuk kue basah, Sagu Rangi ini tidak bisa bertahan lama sehingga harus habis di hari yang sama. Meski begitu rasa manis gurih kue ini sangat pas untuk menemani perjalanan Anda pulang dari Bekasi.

Harganya juga sangat terjangkau. Anda tidak perlu merogoh kocek dalam, cukup dengan uang Rp10.000,00 saja, Anda sudah bisa mendapatkan satu bungkus kue rangi yang lezat.

Kue Dongkal

Kue Dongkal

Satu lagi jajanan khas Betawi yang bisa Anda dapatkan di Bekasi yaitu Kue Dongkal. Dari segi rasa dan proses pembuatan kue ini mirip dengan putu ayu, namun ada ciri khas yang membuat kue ini istimewa.

Pertama dari bentuknya yang menyerupai tumpeng dengan warna putih dan cokelat yang bertumpuk. Kedua dari rasa yang lebih manis serta teksturnya yang lebih kenyal dibanding putu. Porsinya yang besar sangat cocok untuk dinikmati bersama-sama.

Untuk membuatnya juga sangat mudah, tepung beras dan gula merah disusun membentuk piramida ke dalam anyaman cetakan tumpeng lalu dikukus. Setelah cukup matang kue diangkat dan diletakkan di atas daun pisang untuk selanjutnya disajikan bersama parutan kelapa agar semakin nikmat.

Kue ini juga bisa Anda temukan di daerah Jawa Barat dengan nama Awug. Untuk mendapatkannya di Bekasi, Anda bisa mengunjungi Jl. Raya Setu, Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi. Anda bisa meminta sopir dari tempat rental mobil avanza Bekasi yang Anda gunakan untuk mengantar langsung ke lokasi.

Satu porsi kecil kue ini bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari Rp8.000,00 per kotaknya. Sedangkan untuk porsi besar bisa mencapai Rp80.000,00. Namun perlu diingat, kue ini tidak bisa bertahan lebih dari sehari jadi harus langsung Anda habiskan.

Telur Gabus

Telur Gabus

Camilan satu ini bisa jadi pilihan untuk Anda yang ingin membawa buah tangan dari Bekasi yang awet dan tahan lama. Telur gabus ini bahkan sudah sangat terkenal se-nusantara, hampir setiap hari Anda bisa menemukan jajanan ringan khas Bekasi ini.

Ada beberapa alasan kue kering ini diberi nama cukup unik, salah satunya karena bentuknya dan warnanya yang seperti telur ikan gabus. Ada pula yang menyebut tekstur kue yang renyah dan kosong di bagian tengah mirip dengan gabus jadi penyebab kue ini diberi nama kue telur gabus.

Meski termasuk jajanan tradisional yang sudah ada sejak lama, kue ini tersedia dalam banyak rasa kekinian. Ada rasa original yang gurih, lalu ada rasa keju, hingga telur gabus manis dengan taburan tepung gula halus.

Untuk mendapatkanya pun terbilang mudah sebab kue ini tersedia di banyak toko camilan di seluruh Kota. Anda juga hanya perlu mengeluarkan uang Rp6.000,00 untuk bisa mendapatkan telur gabus dalam kemasan 100 gram.

Kue Cubit

Kue Cubit

Panganan manis lain yang wajib Anda bawa pulang saat di Bekasi adalah Kue Cubit. Kue satu ini sudah ada sejak lama dan jadi jajanan favorit banyak orang di Bekasi, Jakarta, dan sekitarnya terutama warga Betawi.

Diperkirakan nama unik kue ini berasal dari proses memasaknya yang harus dicubit atau dijepit. Ada juga yang menyebut nama kue cubit diberikan karena ukurannya yang kecil dan lembut membuat siapapun gemas ingin mencubit.

Jajanan jadul ini sudah mengikuti zaman sehingga mulai banyak muncul variasi rasa yang bisa Anda pilih. Mulai dari toping cokelat, keju, kacang, hingga beberapa toping kekinian seperti kitkat dan lainnya. Rasa asli kue yang manis, legit, dan lembut tidak berubah meski ditambah toping beraneka ragam.

Anda bisa menemukan pedagang kue mungil ini di sejumlah toko kue atau tempat wisata di Bekasi dengan harga yang terjangkau. Satu potong kue cubit ini bisa Anda beli mulai dari Rp1.000,00 tergantung varian rasanya. Namun kue ini tidak bisa bertahan lama jadi Anda harus berhati-hati.

Sop Janda

Sop Janda

Selain jajanan Anda juga bisa membawa makanan seperti Sop Janda sebagai oleh-oleh khas Bekasi yang enak. Janda yang dimaksud bukan janda biasa, melainkan gabungan dari Jawa Sunda atau Jakarta Sunda yang menjadi ciri dari Bekasi.

Sekilas sop ini tidak jauh berbeda dengan sop buntut atau sop lainnya, namun saat Anda mencoba baru terlihat perbedaannya. Rasa dari kaldu sop ini lebih kaya berkat rempah yang digunakan dalam proses memasak.

Ditambah lagi dengan daging serta tulang sapi berkualitas dalam kuahnya yang membuat rasa sop ini semakin nikmat. Kuah sop yang pedas memberikan aroma khas dan semakin mantap bila dinikmati saat masih panas.

Salah satu tempat terkenal untuk mendapatkan sop Janda ini terletak di Jl. H. Mad. Boich Idris, Cikarang tepatnya di Warung Sop Janda Ibu Darmi. Satu mangkuk penuh sop berisi iga sapi ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp45.000,00 lengkap dengan nasi sepuasnya.

Dodol Betawi

Dodol Betawi

Makanan khas Betawi satu ini juga bisa dengan mudah Anda dapatkan di Bekasi. Banyak toko yang menjual dodol betawi di Bekasi namun salah satu yang paling terkenal adalah Toko Souvenir Mpok Nini yang terletak di Jl. Belanak 2 Ujung, Bekasi Selatan.

Di sini Anda bisa mendapatkan dodol betawi dengan beraneka rasa. Ada rasa ketan hitam, ketan putih, dan juga durian. Bentuk kemasannya pun beragam, bisa lonjoran seperti Pempek, makanan khas Palembang, atau dalam bentuk potongan kecil.

Rasa manis yang pas dari dodol ini membuatnya jadi favorit banyak orang tidak hanya orang betawi. Tekstur lembut yang legit tapi tidak lengket juga menjadi alasan dodol satu ini mampu bersaing bersama dodol garut yang lebih dulu terkenal.

Harganya pun murah sebab dibanderol mulai dari Rp12.000,00 hingga Rp500.000,00-an tergantung ukuran. Karakternya yang awet dan tahan lama sangat cocok menjadi buah tangan setelah mengunjungi Bekasi.

Kue Sagon

Kue Sagon

Budaya Betawi juga ikut mempengaruhi jenis kue kering yang terdapat di Bekasi salah satunya kue sagon. Kue dengan bahan utama dari parutan kelapa, gula, serta tepung sagu ini sudah ada sejak lama dan terkenal dengan rasanya.

Rasanya gurih dan langsung meleleh saat masuk ke dalam mulut. After taste-nya pun manis dengan sedikit sensasi dingin di mulut, sehingga banyak disukai orang. Selain itu kalori dari camilan sejenis roti ini cukup tinggi berkat proses sangrai kelapa yang cukup lama.

Untuk mendapatkannya pun tidak sulit karena banyak toko kue kering serta toko oleh-oleh khas Bekasi kekinian yang menjual camilan satu ini. Anda tinggal meminta sopir dari rental Hiace Bekasi yang Anda gunakan untuk mengantar langsung ke lokasi penjual dan Sagon fresh bisa Anda dapatkan.

Urusan harga, masih sangat terjangkau, satu toplesnya bisa Anda beli dengan harga Rp20.000,00 untuk kemasan 250 gram. Pilihan bentuknya juga bervariasi ada yang kotak, tempurung kura-kura, hingga berbentuk cincin bisa Anda beli tergantung selera.

Kue Biji Ketapang

Kue Biji Ketapang

Biji ketapang yang dimaksud bukan biji asli, melainkan kue legendaris warga Betawi di Bekasi. Nama tersebut diberikan sebab kue kering ini memiliki bentuk persis seperti biji buah ketapang yang bulat lonjong.

Warna keemasan kue ini berasal dari proses penggorengan yang tidak terlalu lama. Jadi campuran adonan terigu, telur, santan, margarin, serta bahan lainnya dimasukan ke dalam penggorengan dalam bentuk potongan kecil menyerupai kacang.

Meski butuh usaha lebih untuk menggigit kue ini, rasa renyah, manis dan gurihnya langsung terasa di mulut. Camilan ini sangat cocok untuk Anda nikmati selagi bersantai di sore hari ditemani secangkir teh atau kopi hangat.

Anda bisa membeli biji ketapang khas Bekasi ini di sejumlah toko jajanan atau pusat oleh-oleh khas Bekasi yang ada. Cukup siapkan budget mulai dari Rp10.000,00 Anda sudah bisa mendapatkan satu toples kecil ukuran 100 gram.

Kue Duit

Kue Duit

Bentuknya yang seperti lempengan koin membuat kue ini dijuluki sebagai kue duit. Kudapan ringan ini bisa jadi pilihan terbaik untuk Anda yang ingin membawa makanan khas Bekasi sebagai buah tangan.

Walaupun bernama kue, teksturnya yang renyah lebih mirip seperti kerupuk atau cone es krim. Rasanya pun manis serta gurih karena terbuat dari campuran tepung, gula, telur, dan bahan lainnya.

Jajanan ini sangat pas untuk Anda nikmati saat bersantai bersama keluarga. Kue koin ini juga sering tersaji di rumah-rumah warga Betawi saat lebaran idul fitri berlangsung.

Bila Anda tertarik ingin mencoba kue ini bisa mengunjungi toko-toko kue atau jajanan khas Betawi yang ada di Bekasi. Harganya pun sangat terjangkau yakni sekitar Rp15.000,00 per kemasan.

Kue Jalabia

Kue Jalabia

Sekilas kue ini terlihat mirip dengan donat padahal Kue Jalabia termasuk jenis gemblong ala Betawi yang nikmat. Bahan utamanya terbuat dari tepung ketan, terigu, garam, santan dan bahan lain yang digoreng lalu diberi balutan gula cair.

Meski bentuknya seperti donat yang bolong tengahnya, kue basah ini memiliki rasa yang berbeda. Teksturnya lembut di dalam dengan bagian luar yang garing dan rasa manis dari gulanya begitu terasa.

Ada beberapa jenis jalabia yang bisa Anda nikmati seperti Jalabia ketan hitam gula putih, jalabia ketan putih gula merah, dan jalabia ketan putih gula putih. Apapun varian yang Anda pilih semua sangat nikmat untuk disantap.

Kue ini bisa dengan mudah Anda temukan di sejumlah pasar tradisional tepatnya di warung jajanan pasar yang ada. Satu potong jalabia bisa Anda beli hanya dengan uang sebesar Rp1.000,00. Namun sayangnya kue ini tidak bisa disimpan berhari-hari jadi harus langsung Anda nikmati.

Kue Akar

Kue Akar Kelapa

Jajanan khas Betawi yang tidak boleh ketinggalan Anda beli ketika mengunjungi Bekasi adalah kue akar. Seperti namanya jenis kue kering ini memiliki bentuk layaknya akar pohon lebih spesifik lagi akar dari pohon kelapa.

Menurut warga Betawi asli, panganan ini sudah ada sejak zaman dahulu sebelum kemerdekaan. Bahan utama pembuatannya berasal dari tepung ketan, tepung beras, soda kue, kuning telur, santan, dan beberapa bahan lainnya.

Meski tergolong kue tradisional, rasa dari jajanan ini cukup bervariasi mengikuti perkembangan zaman. Selain rasa originalnya yang gurih Anda juga bisa mencoba rasa keju dan cokelat yang tidak kalah lezat dibanding rasa aslinya.

Jajanan khas Betawi ini bisa Anda beli di toko Mpok Nini yang terkenal sebagai pusat oleh-oleh khas Bekasi Jawa Barat. Harganya juga tidak terlalu mahal karena hanya sekitar Rp15.000,00 per kemasan ukuran kecil.

Bandeng Rorod

Bandeng Rorod

Bila Anda mengunjungi Tangerang, tentu sudah tidak asing lagi dengan sate bandeng, salah satu makanan khas Tangerang yang terkenal. Kenikmatan bandengnya jadi favorit banyak orang dan sering dibawa sebagai oleh-oleh.

Begitu pula halnya dengan Bandeng Rorod dari Bekasi ini. Daging bandeng tanpa tulangnya memberi pengalaman menikmati bandeng yang menyangkan. Selain itu rasa dari bumbunya yang meresap semakin menambah nikmat olahan Bandeng satu ini.

Bentuk kemasannya juga praktis dengan isi antara 2 sampai 4 bandeng seperti kemasan Bandeng Presto kuliner khas Semarang. Cara mengolahnya yang khusus juga membuat bandeng ini mampu bertahan cukup lama. Jadi Anda bisa menikmatinya di rumah sebagai lauk tanpa takut basi di jalan.

Harganya juga cukup ramah di kantong sekitar Rp30.000,00 per kotaknya. Bandeng ini sangat cocok Anda makan bersama sambal dan juga nasi hangat bersama keluarga.

Wajik Ketan Hitam

Wajik Ketan Hitam

Ketan hitam tidak hanya bisa diolah menjadi dodol ataupun kue Betawi lainnya, tapi bisa juga menjadi wajik seperti di Bekasi. Wajik ketan ini pun memiliki rasa yang tidak kalah nikmat dari olahan ketan yang lain.

Rasanya manis legit dengan warna yang biasanya cokelat menggoda. Teksturnya padat namun sedikit lengket saat dipegang. Meski begitu tidak mengurangi cita rasa ketan yang khas.

Alasan lain makanan ini begitu populer adalah daya tahannya yang cukup lama. Apalagi disimpan di lemari pendingin, jadi Anda tidak perlu ragu bila ingin membelinya dalam jumlah yang banyak.

Harganya juga tidak terlalu mahal. Satu loyang ukuran besar sudah bisa Anda dapatkan dengan harga Rp65.000,00 saja. Ketan ini pun sering menjadi seserahan saat pernikahan orang Betawi dan bisa pula Anda beli dengan harga Rp85.000,00 lengkap dengan hiasannya.

Kue Balok Bekasi

Kue Balok Bekasi

Di beberapa daerah kue ini dikenal dengan nama berbeda, seperti Kue Ganjel Rel yang menjadi salah satu oleh-oleh khas Semarang yang populer. Namun tidak seperti kue tersebut yang bertekstur alot atau bantat, kue balok bekasi lebih lembut dengan variasi kekinian.

Kue ini merupakan perpaduan antara brownies dan kue balok yang menciptakan rasa dan sensasi baru. Saat digigit isian cokelat yang ada di dalam adonan meleleh lembut di dalam mulut. Rasa manisnya menyebar dan menjadi salah satu alasan mengapa kue ini begitu disukai.

Cara membuatnya pun cukup mudah karena seperti membuat brownies pada umumnya dengan sedikit teknik berbeda. Namun untuk Anda yang tidak mau repot bisa membelinya langsung di toko kue Balok Parikesit yang ada di Bekasi.

Untuk urusan harga pun bervariasi, satu potong kue ini bisa Anda beli dengan harga Rp2.000,00 saja. Sedangkan untuk kemasan boks biasanya dijual dengan harga sekitar Rp28.000,00 per kotaknya.

Goreng Garem

Goreng Garem

Belum banyak yang sadar bahwa Bekasi memiliki bumbu khusus yang bisa membuat semua makanan semakin nikmat yaitu Goreng Garem. Bumbu ini terbuat dari rempah sederhana seperti bawang merah, cabai, serta garam yang digoreng bersama.

Walau berasal dari bumbu sederhana, rasa pedas dan gurihnya mampu menyulap makanan Anda menjadi lebih lezat. Bahkan di beberapa goreng garem diberi tambahan teri, kentang, atau terasi untuk membuatnya semakin mantap.

Penyedap rasa makanan ini bisa Anda beli dalam bentuk kemasan botol yang praktis dibawa serta tahan lama. Harganya berkisar antara Rp15.000,00 hingga ratusan ribu rupiah tergantung ukuran kemasannya.

Es Durian Patal

Es Durian Patal

Ingin membawa buah tangan yang segar? Es durian patal ini bisa jadi pilihan terlebih untuk Anda penggila durian. Perpaduan antara daging durian asli dengan es krim serta keju memberi rasa segar yang unik untuk mendinginkan hawa Bekasi.

Pilihan rasanya pun beragam tidak kalah dengan pancake durian yang menjadi oleh-oleh khas Pekanbaru. Selain keju Anda juga bisa mencoba rasa cokelat dan juga kacang yang menyatu sempurna bersama es durian.

Salah satu tempat terkenal untuk mencoba es durian ini adalah toko es krim durian orien yang ada di Jl. KH. Agus Salim, Bekasi Timur. Satu porsi es krim ini biasa dijual dengan harga mulai dari Rp10.000,00 hingga Rp30.000,00 tergantung varian rasanya.

Coklat Mete Bekasi

Coklat Mete Bekasi

Bekasi juga terkenal sebagai salah satu kota penghasil kacang mete. Selain dijual dalam bentuk kacang, ada banyak olahan lain yang juga bisa Anda beli seperti misalnya cokelat mete.

Kacang mete yang renyah dan gurih terasa semakin nikmat dengan balutan coklat yang manis. Pilihan rasa cokelatnya juga beragam ada coklat putih, strawberry, dark chocolate, dan masih banyak rasa lainnya.

Jajanan ini bisa Anda beli di sejumlah toko oleh-oleh khas Bekasi atau toko cokelat yang ada di Bekasi. Satu toplesnya dibanderol dengan harga mulai dari Rp20.000,00 untuk ukuran 100 gram.

Nah itulah tadi beberapa rekomendasi buah tangan yang bisa Anda beli saat berkunjung. Memang sebagian besar oleh-oleh khas Bekasi ini berupa makanan dan jajanan namun bukan berarti tidak ada barang menarik di Bekasi.

Masih banyak souvenir menarik khas Kota Bekasi yang bisa Anda pilih saat berkunjung langsung ke kota ini. Agar semakin puas berkeliling dan berburu souvenir, manfaatkan saja layanan dari biro perjalanan seperti Salsa Wisata.

Berbagai paket menarik siap menjadikan kunjungan Anda baik itu sendiri atau bersama keluarga jadi berkesan. Biayanya yang terjangkau pun tidak akan memberatkan, jadi Anda bisa tetap santai berbelanja dan menikmati liburan.

Jadi tidak berlama-lama, langsung pilih saja paket liburan impian Anda bersama Salsa Wisata saat ini juga.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Bekasi, Kuliner



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)