SalSari Resto & Coffee

Kepulauan Seribu memiliki banyak bagian obyek wisata yang begitu memukau dan salah satunya adalah Pantai Pasir Perawan Kepulauan Seribu. Terletak di Pulau Pari, salah satu kapubaten di Kepulauan Seribu Selatan yang berluas 40,32 hektar, pantai ini begitu indah.

Pantai ini dapat dicapai dari Jakarta melalui perjalanan laut selama 1,5 jam. Pasir putih yang terlihat begitu perawan dan cantik adalah salah satu hal yang ditawarkan oleh pantai ini. Namun, tentu masih banyak lagi yang ditawarkannya pada pengunjung.

Apabila Anda pernah berkunjung ke Pulau Kelapa, Anda pasti akan menyukai pantai ini. Hamparan pasirnya yang lembut dan beragam aktivitas yang ditawarkannya pasti tidak akan Anda lupakan dengan mudah.

Sekilas Tentang Pantai Pasir Perawan

Wisata Pantai Pasir Perawan

Sebutan Pantai Pasir Perawan yang diberikan pada pantai ini tidak terlepas dari cerita yang beredar di tengah masyarakat Pulau Pari. Dulu kala, ada seorang gadis yang jatuh hati kepada seorang nelayan di pulau tersebut.

Maka, keduanya pun menjalani sebuah kisah cinta yang penuh dengan kebahagiaan. Ketika tiba saatnya untuk sang nelayan melaut, sang gadis pun harus merelakannya pergi. Namun, sang nelayan tidak pernah kembali.

Karena itu, sang gadis pun terus menunggu sang nelayan sampai akhir hayatnya. Maka dari itulah pantai ini disebut dengan nama Pantai Pasir Perawan.

Tentunya, jika Anda sudah pernah berkunjung ke Pulau Ayer dan Anda menikmatinya, Anda akan menikmati berlibur ke sini. Berikut daya tarik yang dimiliki oleh pantai nan indah ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Perawan

Tiket masuk Pantai Pasir Perawan Pulau Pari adalah Rp5.000,00. Namun maish ada biaya tambahan lain seperti biaya penyeberangan, berikut ini rincian lengkapnya untuk Anda:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00
Penyeberangan Speedboat Mulai dari Rp150.000,00
Penyeberangan Kapal Tradisional Mulai dari Rp100.000,00

Rute Menuju Lokasi Pantai Pasir Perawan

Lokasi Wisata Pantai Pasir Perawan

Pantai Pasir Perawan terletak di Jl. Pari Utama, Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan, Administrasi Kepulauan Seribu, Jakarta. Anda bisa mencapai alamat ini hanya dengan perjalanan selama kurang lebih 90-120 menit Jakarta.

Jika Anda ke sini dari Pelabuhan Muara Angke menggunakan speedboat, Anda akan sampai dalam waktu kurang lebih dua jam. Jadwal keberangkatan kapal biasanya pada pukul 07.00 dan 14.00 WIB.

Sementara itu, jika Anda memilih untuk berangkat dari Pelabuhan Marina, Pantai Ancol, Anda bisa sampai di pantai ini lebih cepat. Selisih waktunya kira-kira setengah jam. Itu karena lokasi keduanya berdekatan.

Meski begitu, Anda harus rela membayar lebih mahal jika Anda memilih rute ini. Harga tiketnya sekitar Rp.150.000,00 hingga Rp.170.000,00 per orang. Namun, keuntungan yang Anda dapatkan tentunya pantas Anda bayar dengan harga tersebut.

Agar semakin mudah menuju lokasi pelabuhan, Anda bisa minta antara sopir dari tempat rental mobil innova Jakarta terdekat. Sehingga Anda tidak perlu lagi repot menghafal jalan dan lelah berkendara.

Jam Buka Pantai Pasir Perawan

Sebelum berkunjung ke pantai ini, Anda harus mencatat bahwa pantai ini buka dari pukul 09.00 sampai pukul 17.00 WIB. Tentu, lewat dari jam operasional tersebut, Anda boleh menghabiskan malam di pantai ini.

Daya Tarik Pantai Pasir Perawan

Dikelilingi hutan bakau yang menjadi salah satu pertahanan terbesarnya, pantai di Pulau Pari ini bisa Anda jelajahi dengan sampan. Terdapat sampan yang tersedia untuk pengunjung di tepian pantai.

Pastinya, pengalaman mengelilingi hutan bakau sambal naik sampan akan menjadi pengalaman unik yang takkan Anda lupakan. Tentu, hal tersebut bukan satu-satunya yang bisa Anda lakukan di area pantai ini.

Pemandangan Pantai yang Indah

Keasrian pantai ini sangat terjaga sehingga pemandangan yang ia tawarkan begitu memikat. Satu hal yang membuat pantai ini sangat memukau adalah gradasi warna yang tercipta dari area pantai hingga lautan yang terhampar.

Gradasi warna tersebut terdiri dari warna tosca, biru dan hijau. Ditambah lagi, pemandangan yang memukau tersebut benar-benar alami. Di sini, Anda akan merasa berada di tempat wisata yang baru saja Anda temukan dengan pasir putih yang bersih.

Tak hanya itu, terdapat beberapa saung yang menghadap ke arah laut di sini. Di salah satu saung tersebut, Anda dapat menikmati suasana pantai yang tenang sambal menikmati pemandangan yang memanjakan mata.

Tak ayal, tempat ini rasanya lebih dari pantas Anda masukkan ke dalam daftar tempat wisata Jakarta yang wajib Anda kunjungi. Pasalnya, letaknya tidaklah begitu jauh dari ibu kota negeri kita tercinta.

Berbagai Aktivitas Alam yang Menarik

Obyek wisata alam ini sangat terkenal dan itu terbukti dari banyaknya pengunjung yang berlibur di sini pada akhir pekan. Selain itu, tempat ini juga senantiasa ramai di hari libur nasional.

Itu karena ada berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai ini. Aktivitas-aktivitas tersebut meliputi barbeque, snorkeling, dan mengelilingi pantai dan hutan bakau dengan sampan.

Bukan itu saja, di sini, Anda juga bisa bermain voli pantai, bersepeda dan bermain kano. Bahkan, bermain air dan pasir pun terasa sangat mengasyikkan di pantai yang masih sangat alami ini.

Fasilitas Pantai Pasir Perawan

Fasilitas di Pantai Pasir Perawan

Pantai yang asri ini menawarkan beragam fasilitas kepada wisatawan yang berkunjung. Sebagai contoh, di sisi timur dan barat pantai ini, terdapat lokasi camping. Lokasi ini tersedia untuk pengunjung yang tidak ingin menginap di homestay.

Namun perlu diingat, jika Anda ingin camping di sini, Anda harus membawa tenda dan peralatan Anda sendiri. Jika Anda tidak ingin camping, tentu akan lebih baik jika Anda menginap di homestay yang ada di sekitar pantai.

Di pantai ini, juga terdapat tempat parkir sepeda. Tempat parkir ini disediakan karena sepeda tidak boleh memasuki area pantai. Maka, sepeda hanya boleh digunakan sampai ke area parkir tersebut.

Jika Anda ingin berkunjung dalam dan mendapatkan fasilitas yang pantai ini tawarkan, ada baiknya Anda menggunakan jasa sewa hiace Jakarta murah terdekat. Ini akan membuat liburan Anda terasa lebih nyaman dan tidak merepotkan.

Selepas menghabiskan waktu yang menyenangkan di pantai ini, tentu tak ada ruginya jika Anda membeli oleh-oleh untuk keluarga. Kunjungi langsung sejumlah pusat oleh-oleh terdekat atau minta biro perjalanan seperti Salsa Wisata untuk siapkan.

Sebab melalui layanan dari Salsa Wisata, segala kebutuhan Anda selama liburan akan terpenuhi. Mulai dari berangkat hingga pulang membawa buah tangan yang Anda inginkan. Jadi tunggu apalagi hubungi kami sekarang dan nikmati liburan paling berkesan di Jakarta dan seluruh Indonesia.



By Categories: Destinasi, Jakarta

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)