SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Jawa Barat memiliki keindahan alam berupa pantai dan hamparan pegunungan. Salah satu tempat wisata Jawa Barat terbaik yang memiliki keindahan menakjubkan adalah Pantai Pelabuhan Ratu.

Objek wisata ini sangat terkenal karena sejarah dan kisah misteri di baliknya. Tapi, selain itu, panorama alam pantai ini juga sangat instagramable. Belum lagi fasilitas penunjangnya juga lengkap.

Sekilas Tentang Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi, memiliki keindahan berupa garis pantai yang lebar berpadu dengan batu karang terjal dan pepohonan. Area pasir ini juga sangat luas sehingga cocok untuk berbagai kegiatan pantai.

Selain keindahannya, kawasan wisata ini juga tidak lepas dari kisah mistis yang berhubungan dengan Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul. Tidak sedikit yang percaya bahwa di sini pula ada singgasana gaib.

Selain keindahan alam dan mitosnya yang sangat kuat, di pantai ini juga sering ada acara adat. Acara ini masyarakat setempat adakan karena berbagai alasan dari mulai rasa syukur hingga tolak bala.

Daya Tarik Wisata Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Sebaga salah satu pantai terindah di Indonesia, tempat ini memiliki sejumlah daya tarik wisata yang menjadi alasan kenapa banyak wisatawan datang. Bahkan tidak sedikit yang datang dari luar kota seperti Bandung hingga Jakarta.

Sejarah Pelabuhan Ratu

Pantai ini memiliki sejarah yang beragam dari berbagai versi. Ada yang menyebutkan tentang ratu bangsawan dari Belanda dan ada juga tentang mitos penguasa laut selatan.

Tapi, versi yang paling terkenal adalah berkaitan dengan sosok Nyi Purnamasari. Ia berhasil melarikan diri dari Banten hingga kemudian dia berada di Babakan, Cidadap. Saat itu, kondisinya sedang hamil 5 bulan.

Kemudian, seiring waktu berjalan, Nyi Purnamasari ini menjadi sosok pemimpin di Cidadap. Selama ia memimpin, daerah yang ia pimpin mengalami peningkatan dari sisi ekonomi.

Pada masa emas kepemimpinannya ini, Nyi Ratu justru melakukan tapa. Selama Nyi Ratu melakukan tapa, masyarakat kemudian mengangkat anaknya yang bernama Nyi Mayang Sagara.

Sosok Nyi Mayang Sagara inilah yang mendapat gelar sebagai Nyi Ratu Kidul. Terlepas dari ceritanya, ini hanya menegaskan bahwa di zaman dulu Pelabuhan Ratu pernah memiliki pemimpin dua ratu.

Mitos Warna Hijau

Menurut mitosnya, wisatawan yang datang berkunjung ke tempat wisata paling terkenal di Sukabumi ini tidak boleh mengenakan pakaian warna hijau. Hal ini ada alasannya baik dari sisi mitos maupun sains.

Dari sisi mitos, banyak yang percaya bahwa teluk Pelabuhan Ratu, yakni Pantai Karang Hamu adalah singgasana gaib sang ratu. Oleh sebab itu, ada pengelola melarang agar tidak menggunakan pakaian berwarna hijau.

Konon, hijau adalah warna favorit Nyi Roro Kidul dan mitosnya siapa yang memakai pakaian hijau akan terseret ombak. Tapi, dari sisi sains, ada alasan tersendiri terkait warna hijau.

Berdasarkan sains, warna hijau sulit untuk terlihat ketika berada di dalam air laut. Sebab paparan sinar akan membuat apa saja yang berada di bawah air laut berwarna kehijauan.

Oleh sebab itu, ketika ada pengunjung yang terseret arus ombak, petugas akan mengalami kesulitan mencari atau mengevakuasi. Jadi, sebaiknya tetap tidak menggunakan pakaian hijau dengan alasan sains.

Lokasi Surfing

Surfing di Pantai Pelabuhan Ratu

Di kawasan Pantai Pelabuhan Ratu sendiri, terdapat 9 titik lokasi surfing yang bisa Anda nikmati. Rata-rata spot surfing tersebut memiliki karakteristik ombak yang menjulang tinggi sehingga cocok sekali untuk Anda yang ingin menguji adrenalin.

Sembilan titik tersebut meliputi area Samudra Beach, Karang Sari, Batu Guram, Cimaja, dan Indicator. Selain itu ada juga spot Karang Haji, Ombak Tujuh, Sunset Beach, dan Ujung Ganteng yang juga sangat seru

Di antara semua spot surfing itu, Cimaja adalah yang paling populer di kalangan surfer atau pecinta olahraga surfing. Cimaja memiliki karakter ombak yang paling besar bahkan tingginya mencapai 4 meter.

Oleh sebab itu, Cimaja sering menjadi lokasi kompetisi surfing kelas dunia atau internasional. Tapi, karena karakternya tersebut kawasan ini hanya untuk peselancar profesional, bukan tuk pemula apalagi banyak bebatuan.

Di Pelabuhan Ratu ini juga memiliki arus laut yang kuat sehingga cukup berbahaya bagi peselancar pemula. Belum lagi intensitas gulungan ombak juga cukup tinggi jadi wisatawan yang ingin mencoba harus benar-benar berhati-hati.

Ritual Pesta Laut

Pantai Pelabuhan Ratu juga terkenal dengan pesta lautnya. Ritual merupakan adat melarungkan kepala kerbau dan sesaji. Masyarakat akan mengarak sesaji dan kepala kerbau hingga ke tengah laut.

Saat agenda ini berlangsung, jumlah pengunjung pantai sangat banyak sekali bahkan membludak. Mereka penasaran dan ingin melihat pesta laut yang secara rutin digelar tersebut.

Pesta laut ini adalah ungkapan rasa syukur masyarakat kepada Tuhan atas anugerah berupa hasil tangkapan ikan yang bagus. Tapi, dalam kegiatan ini tidak hanya melarung, melainkan ada banyak agenda kesenian lokal.

Keindahan Pemandangan Pantai

Tentu saja, wisatawan yang datang ke sini adalah karena pemandangan pantai yang indah. Jika Anda dan rombongan besar ingin menikmati panoramanya, bisa memanfaatkan jasa sewa bus pariwisata murah.

View landscape berupa bentangan pantai ini semakin indah ketika matahari mulai terbenam. Sunsetnya pun begitu terasa romantis dengan langit yang berwarna jingga kemerahan seperti emas.

Udara yang segar, air laut biru, pasir dan langit cerah seakan berpadu dalam harmoni keindahan. Wisatawan bisa duduk sambil menikmati suasana penuh ketenangan dan kedamaian ini.

Suasana Syahdu di Malam Hari

Pelabuhan Ratu ini juga buka hingga malam hari. Saat malam tiba, warung-warung akan menyalakan lampu remang-remang yang terasa begitu hangat di kegelapan pantai.

Berbeda dengan siang hari di mana banyak pengunjung yang lalu lalang, di malam hari suasana begitu tenang. Pengunjung bisa menikmati suasana malam dengan menyantap makanan khas Jawa Barat yang ada di warung.

Pelelangan Ikan

Wisata Pantai Pelabuhan Ratu ini memiliki Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Ada banyak sekali hasil tangkapan laut nelayan dari cumi-cumi, udang, cakalan, layur dan jenis ikan lainnya dalam keadaan segar.

Bagi pengunjung yang ingin membeli ikan segar, bisa datang di pagi hari atau saat nelayan mendaratkan kapal yakni jam 11.00. Ada banyak nelayan yang menyandarkan kapal dengan hasil tangkapan yang masih segar.

Fasilitas Pantai Pelabuhan Ratu

Tiket Masuk Pantai Pelabuhan Ratu

Pelabuhan Ratu memiliki fasilitas yang sangat lengkap mulai dari area parkir, masjid, mushola, pusat informasi hingga playground anak-anak. Selain itu ada warung, toilet bahkan ada layanan Kesatuan Life Guard.

Jika ingin menginap, ada juga beberapa penginapan yang tersedia di dekat pantai. Biaya sewa penginapan ini cukup terjangkau dengan fasilitas memadai. Jadi Anda tetap bisa bermalam dengan nyaman di kawasan ini.

Harga Tiket Masuk Pelabuhan Ratu

Tiket masuk Pantai Pelabuhan Ratu ini sangat murah tidak lebih dari Rp5.000,00 untuk para pejalan kaki. Sedangkan untuk yang membawa kendaraan, harganya berbeda-beda tergantung kendaraan yang Anda gunakan.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp3.000,00
Sepeda Motor Rp8.000,00
Mobil Rp20.000,00
Minibus Rp30.000,00

Rute Menuju Lokasi Pelabuhan Ratu

Lokasi Pantai Pelabuhan Ratu

Lokasi Pantai Pelabuhan Ratu berada di Jl. Siliwangi Palabuhanratu, Pelabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 60 km dari Kota Sukabumi. Rute paling mudah adalah dengan menggunakan Google Map.

Atau bisa juga dengan memanfaatkan layanan dari biro perjalanan seperti Salsa Wisata. Dengan paket tour family gathering murah yang tersedia, kemanapun tujuan Anda bukan masalah karena akan selalu diantar.

Jam Buka Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu buka setiap hari selama 24 jam. Sehingga wisatawan bisa datang kapan saja termasuk malam hari. Tertarik untuk berkunjung ke pantai ini? Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Jawa Barat yang ada.

Agar perjalanan ke Pantai Pelabuhan Ratu semakin nyaman, manfaatkan layanan dari Salsa Wisata. Anda bisa memilih paket wisata yang sesuai dengan jumlah hari libur atau budget. Jadi tunggu apalagi hubungi kami sekarang.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Zaki

Penulis yang senang makan dan melakukan hal menyenangkan sambil jalan-jalan bersama rekan.
By Categories: Destinasi, Sukabumi



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)