SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Sejak dulu, keindahan dari tempat wisata Sukabumi sudah sangat tersohor terutama untuk urusan wisata alamnya. Dari wisata yang berupa gunung dan perbukitan hingga pantai indah bisa Anda temukan.

Sehingga wajar jika Kota Mochi ini selalu ramai kunjungan wisatawan terutama dari luar kota. Nah supaya Anda lebih familiar dengan tempat-tempat menariknya, berikut ini 18 rekomendasi tempat wisata Sukabumi terbaru yang wajib Anda kunjungi:

Daftar Tempat Wisata Sukabumi Populer

Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Mencari tempat wisata yang lengkap di Sukabumi? Kunjungi saja kawasan Geopark Ciletuh. Geopark dengan luas mencapai 128.000 hektar ini memiliki banyak destinasi menarik yang bisa Anda kunjungi.

Misalnya saja seperti geyser Cisolok yang mempunyai sumber air panas yang terus menyembur tidak seperti geyser pada umumnya. Semburan airnya pun tidak berbau belerang namun tetap berkhasiat sebab memiliki kandungan mineral tinggi.

Geopark ini juga memiliki wisata bukit teletubbies yang berada di sisi selatan tepatnya di daerah Citarete. Tempat ini menjadi favorit wisatawan untuk bersantai dan menikmati sunset sambil berfoto.

Tidak ketinggalan keindahan sejumlah pantai yang tersebar di geopark ini seperti salah satunya Pantai Cibuaya. Tidak seperti pantai selatan pada umumnya, ombak di pantai ini sangat tenang dan asyik untuk menikmati sunset.

Kawasan Taman Bumi ini juga memiliki banyak air terjun cantik seperti Curug Puncak Manik yang menjadi air terjun tertinggi. Kontur bebatuan tebing yang unik membuat curug ini tampak semakin menarik.

Anda bisa puas mengunjungi setiap tempat wisata yang ada di Geopark ini dengan memanfaatkan layanan rental mobil innova murah terdekat. Sopir dan armada yang memadainya siap mengantar kemanapun destinasi yang Anda inginkan.

Tiket masuk kawasan wisata Taman Bumi Ciletuh juga bervariasi tergantung destinasi. Namun sebagian besar tiketnya gratis dan tidak lebih dari Rp25.000,00 per orang.

Alamat pusat Geopark Ciletuh sendiri terletak di Ciwaru, Ciemas, Sukabumi. Sebagian besar tempat wisata ini buka selama 24 jam atau berkisar antara pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Situ Gunung

Situ Gunung

Bukan hanya Ranu Kumbolo saja yang menjadi danau di atas ketinggian, Situ Gunung yang ada di Sukabumi pun begitu. Danau alami ini berada di lereng Gunung Pangrango dengan ketinggian sekitar 1.017 mdpl.

Di sini Anda dapat mencoba berbagai hal seperti camping di tepi danau bersama teman. Sembari melepas penat di udara segar pegunungan Anda dapat menikmati panorama bintang cantik di malam hari.

Jika tidak ingin camping kegiatan seperti berkeliling danau juga layak untuk Anda coba. Tersedia rakit bambu yang bisa Anda naiki bersama anak-anak sambil berpetualang melihat kawasan sekitar situ.

Tempat ini juga memiliki daya tarik lain yang lebih populer yakni jembatan gantung. Jembatan ini menghubungkan antara kawasan Situ Gunung dengan destinasi wisata terkenal lain yakni Curug Sawer.

Tidak sedikit wisatawan yang mengunjungi destinasi di kawasan Taman Nasional Gunung Gede ini hanya untuk menikmati sensasi seru di jembatan gantungnya. Seperti halnya ikon tempat wisata hits di Bandung terbaru Jembatan Rengganis yang ada di Rancabali.

Lokasi Situ Gunung ini sendiri beralamat di Jl. Kadudampit, Gede Pangrango, Sukamanis, Kadudampit, Sukabumi. Kawasan wisatanya buka mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB dan khusus Jumat dan Sabtu tempat ini buka 24 jam.

Tiket masuknya sendiri cukup terjangkau sekitar Rp16.000,00 hingga Rp18.500,00 untuk wisata. Sedangkan untuk acara camping Anda perlu membayar Rp24.000,00 hingga Rp29.000,00 per orang.

Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng

Salah satu pantai favorit di Geopark Ciletuh adalah Pantai Ujung Genteng yang terletak di Jl. Cipaku 5, Ujung Genteng, Ciracap. Pantai ini menawarkan panorama pasir putih menawan yang masih asri dan jarang terjamah.

Alasannya karena akses menuju pantai ini masih sangat sulit dan cukup jauh dari Pusat Kota Sukabumi. Sehingga tidak sedikit wisatawan memanfaatkan layanan sewa mobil murah terdekat untuk berkunjung.

Setibanya di pantai, Anda dapat puas bersantai di pinggir pantai bersama deburan ombak. Bisa pula mengisi waktu sambil berenang sembari menunggu panorama sunset tersaji di ufuk barat.

Untuk yang tidak ingin basah-basahan, Anda dapat menyewa kapal nelayan dan berlayar hingga tengah laut. Atau mengunjungi pusat penangkaran penyu yang berada tidak jauh dari bibir pantai.

Pantai ini pun buka selama 24 jam penuh, jadi bisa Anda datangi kapanpun. Cukup siapkan tiket masuk sebesar Rp10.000,00 per orang dan Anda sudah bisa bersantai dengan tenang di pantai yang masih asri ini.

Curug Cikaso

Curug Cikaso

Sukabumi juga memiliki air terjun unik bernama Curug Cikaso yang mempunyai beberapa aliran air. Tinggi air terjun ini mencapai 80 meter dengan lebar tebing sekitar 100 meter.

Namun berbeda dengan Air Terjun Tumpak Sewu yang airnya kecil menyebar, curug ini punya 3 aliran utama. Ketiga curug tersebut bernama Curug Aki, Curug Meong, dan Curug Asepan yang saling berdekatan.

Air sungai jernihnya yang berwarna hijau kebiruan menyatu sempurna dengan batuan serta tumbuhan hijau yang subur di sekitarnya. Panorama indahnya inilah yang membuat banyak fotografer berkunjung mencari gambar terbaik.

Curug Cikaso ternyata juga mempunyai mitos seram tentang penunggu air terjunnya. Konon katanya ketiga curug ini menjadi tempat bagi Prabu Siliwangi, Eyang Santang, dan Nyi Blorong bersemayam.

Namun terlepas dari mitos tersebut, keseruan bermain di curug ini tentu lebih menarik. Sebab Anda dapat mengarungi sungai menggunakan sampan untuk bisa ke lokasi disamping berjalan kaki seperti halnya di Air Terjun Sri Gethuk.

Air terjun ini sendiri buka setiap Sabtu Minggu mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Namun Anda tetap bisa mengunjungi dermaga kapalnya setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB.

Tiket masuknya pun hanya Rp5.000,00 dengan biaya sewa perahu Rp65.000,00 per kapal. Untuk alamatnya sendiri berada di Desa Ciniti, Cibitung, Sukabumi masih dalam kawasan Geopark.

Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu

Pelabuhan Ratu menjadi salah satu tempat wisata pantai di Sukabumi yang paling populer daripada pantai lainnya. Bahkan ketenaran serta keindahan pantai ini telah terlihat sejak zaman Presiden Soekarno.

Pesona pantai pelabuhan ratu ini juga tidak bisa terpisahkan dari sosok legendaris Nyi Roro Kidul seperti halnya Pantai Parangtritis. Bahkan menurut mitosnya, di kamar 308 hotel Inna Samudera Beach Pelabuhan Ratu menjadi lokasi untuk bertemu Nyi Roro Kidul.

Namun di samping itu semua, pantai ini memiliki daya tarik yang tak kalah menarik. Seperti pemandangan laut lepas yang menawan, ombak yang pas untuk berselancar, serta berbagai upacara budaya kearifan lokal.

Jika Anda penasaran dengan pantai satu ini bisa datang ke lokasinya yang selalu buka selama 24 jam. Alamat persisnya berada di Jl. Raya Cikidang Kencana, Pelabuhan Ratu, Sukabumi.

Untuk masuknya pun Anda tidak perlu membayar biaya mahal, hanya perlu siapkan uang sebesar Rp3.000,00 saja. Sehingga wajar jika tempat ini selalu ramai saat liburan tiba.

Curug Sawer

Curug Sawer

Tidak jauh dari Situ Gunung, Anda juga bisa mengunjungi Curug Sawer yang terkenal dengan keindahannya. Secara sekilas, derasnya air di curug ini terlihat mirip dengan Air Terjun Jumog yang ada di Karanganyar.

Namun bedanya, curug ini mempunyai daya tarik lain yang membuatnya istimewa yakni jembatan gantung. Jembatan gantung ini menghubungkan antara Situ Gunung dan area curug yang terpisah lembah.

Selain jembatan, suasana asri curug yang berada di tengah hutan juga menjadi daya tarik tersendiri. Hawa dingin dan sejuknya sangat pas untuk Anda nikmati saat merasa penat dari rutinitas harian.

Tempat ini juga menyediakan area camping yang bisa jadi lokasi Anda healing selama liburan bersama teman. Aktivitas seru lain seperti river tubing pun bisa Anda coba di sini.

Jika tertarik Anda bisa berangkat ke alamatnya di Jl. Kadudampit, Sukamaju, Kadudampit, Sukabumi antara pukul 07.00 WIB hingga 16.00 WIB. Untuk tiket masuknya sendiri berkisar antara Rp16.000,00 hingga Rp18.500,00 per orang.

Curug Cibeureum Sukabumi

Curug Cibeureum Sukabumi

Di daerah Kabandungan tepatnya di Jl. Pondok Beureum, Kabandungan, Sukabumi, terdapat sebuah curug cantik bernama Curug Cibeureum. Air terjun yang juga memiliki nama Curug Sentral ini terkenal dengan suasana hutannya yang asri.

Bahkan saking asrinya Anda dapat dengan mudah bertemu dengan kawanan monyet selama perjalanan seperti di Monkey Forest Ubud. Hawa sejuk kawasan sekitarnya pun terasa sangat menyegarkan sehingga pas sekali menjadi tujuan Anda bersantai.

Sebelum menuju kawasan curug, Anda juga dapat berfoto di area kebun teh yang ada di dekat gerbang masuk. Tempat ini pula yang sering menjadi langganan wisatawan untuk melangsungkan sesi pemotretan.

Jika Anda tertarik bisa langsung saja datang ke lokasinya antara pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Siapkan pula biaya tiket masuk sebesar Rp5.000,00 per orang sebelum masuk kawasan wisata.

Pondok Halimun

Pondok Halimun Sukabumi

Meski mengambil nama yang mirip dengan Gunung Halimun, tempat wisata rekreasi di Sukabumi ini menawarkan keseruan yang sedikit berbeda. Di Pondok Halimun, Anda tidak hanya dapat menikmati alamnya, namun juga bermain dengan sejumlah wahana.

Tempat ini menjadi salah satu tempat outbound favorit bagi warga Sukabumi dan sekitarnya. Fasilitas dan wahananya cukup lengkap, sebut saja sky bike, river tubing, hingga tempat camping semua ada seperti di Cikole.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan treking mengitari kebun teh atau mengunjungi air terjun yang masih berada di kawasan yang sama. Dengan berbagai fasilitas dan wahana tersebut tidak heran bila area camping ini sering menjadi destinasi piknik yang ramai saat liburan.

Tempat wisata di Selabintana ini beralamat lengkap di Jl. Selabintana, Perbawati, Sukabumi. Anda bisa berkunjung setiap hari selama 24 jam dengan menyiapkan biaya mulai dari Rp12.500,00 hingga Rp34.000,00 per orang.

Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu

Kawasan pantai lain yang tak kalah populer di Geopark Ciletuh adalah Pantai Karang Hawu. Seperti halnya salah satu pantai Jogja yang terkenal, Pantai Parangkusumo, pantai ini juga menjadi pantai keramat bagi masyarakat.

Kesan magis pantai ini berasal dari mitos yang beredar dan berkaitan dengan Nyi Roro Kidul serta makam keramat Syekh Hasan Ali. Kedua sosok ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari ketenaran Pantai Karang Hawu.

Terlepas hal itu semua, pantai ini memang benar indah adanya. Anda bisa menikmati keindahan pantai berpasir atau pantai berbatu karang besar di sekitar garis pantainya yang panjang.

Di ujung Barat pantai, Anda juga dapat menemukan 7 sumur keramat yang memiliki rasa berbeda. Jika penasaran dengan keunikan pantai ini datang saja ke alamatnya di Jl. Raya Cisolok, Karangpapak, Cisolok, Sukabumi.

Tidak ada tiket masuk yang harus Anda bayarkan hanya siapkan saja biaya parkir yang tidak lebih dari Rp10.000,00. Tempat ini juga buka selama 24 jam sehingga bisa bebas Anda kunjungi kapanpun.

Jembatan Gantung Sukabumi

Jembatan Gantung Sukabumi

Salah satu tempat wisata Sukabumi yang viral adalah Jembatan Gantung Situ Gunung atau Situ Gunung Suspension Bridge. Jembatan ini menjadi salah satu jembatan gantung terpanjang se-Asia Tenggara yang panjangnya mencapai 250 meter.

Tak hanya panjang, jembatan ini juga membentang setinggi 150 meter di atas permukaan tanah dengan lebar sekitar 2 meter. Jembatan ini sendiri menghubungkan dua bukit antara lokasi Situ Gunung dan juga Curug Sawer.

Pengunjung yang datang bisa berfoto di tengah jembatan dan merasakan sensasi seru saat jembatan bergoyang tertiup angin. Meski terlihat mengerikan, keamanan jembatan ini tetap terjamin karena menggunakan standar dan bahan terbaik berbeda dengan Pantai Timang yang swadaya.

Bila Anda penasaran ingin berfoto di tempat wisata instagramable satu ini bisa datang ke kawasan Situ Gunung. Lalu siapkan uang retribusi untuk melewati jembatan sebesar Rp25.000,00 hingga Rp75.000,00 per orang.

Biaya ini berbeda dengan tiket masuk wisata yang Situ Gunung atau Curug Sawer. Meski sedikit mahal, keseruan yang Anda dapatkan di jembatan gantung ini akan sangat berkesan.

Pantai Citepus

Pantai Citepus Sukabumi

Wisata pantai ikonik lain di Sukabumi seperti Pantai Citepus juga wajib Anda kunjungi saat liburan. Pantai di kawasan Geopark Ciletuh ini mempunyai hamparan pasir luas yang landai seperti Pantai Air Manis di Padang.

Pasirnya pun berwarna gelap kecokelatan dengan tekstur yang halus dan lembut di kaki. Selain itu ombaknya juga tidak terlalu besar sehingga tetap aman untuk anak-anak bermain air.

Pantai ini juga asyik untuk Anda yang ingin bersantai menikmati sunset atau kuliner lezat di tepi pantai. Tinggal datang saja ke lokasinya di Jl. Raya Citepus, Citepus, Pelabuhanratu, Sukabumi.

Pantai ini buka selama 24 jam sehingga bisa Anda nikmati sepuasnya setiap hari. Apalagi dengan tiket masuk yang gratis jadi biaya liburan Anda jadi sangat hemat.

Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung

Salah satu curug dengan panorama unik di Sukabumi adalah Curug Cimarinjung. Tempat wisata alam Sukabumi hits ini memiliki formasi batuan yang unik serta panorama air terjun yang berbeda.

Lokasi curug ini berada di area persawahan dengan batuan tebing berwarna merah. Saat perjalanan menuju air terjun, Anda dapat melihat curug dari area pematang sawah seperti salah satu tempat wisata di Magelang terkenal, Curug Gleyor.

Setibanya di lokasi, pemandangan air terjun yang deras dengan ketinggian 35 meter langsung menyambut. Formasi batuan purba di curug ini pun menjadi daya tarik tersendiri yang belum tentu ada di tempat lain.

Curug ini sendiri beralamat di Jl. Cimarinjung, Ciemas, Sukabumi dan masih dalam kawasan Geopark Ciletuh. Untuk tiket masuknya sukarela dan bisa Anda kunjungi antara pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Selain dapat menikmati keindahan alamnya, Taman Nasional Gunung Halimun Salak juga menawarkan aktivitas wisata yang seru. Sebut saja pendakian ke puncak kawah ratu yang jadi favorit para pecinta alam.

Namun tak hanya itu saja, Anda juga bisa mencoba berkeliling di canopy trail sambil mengamati kehidupan fauna yang ada di hutan. Jalur trekking ini sendiri berada di ketinggian 25 meter dengan panjang 125 meter dari pohon ke pohon.

Untuk Anda yang senang bermain air pun bisa mencoba jelajah curug atau berendam di air hangat belerang. Tidak ketinggalan pula, taman selfie kekinian yang selalu menjadi incaran wisatawan saat liburan juga tersedia.

Lokasi taman nasional ini terletak di Jl. Raya Cipanas, Malasari, Kabandungan, Sukabumi dan bisa Anda kunjungi selama 24 jam. Untuk tiketnya sendiri masih sangat murah, hanya Rp5.000,00 hingga Rp75.000,00 saja.

Puncak Darma Geopark

Puncak Darma Geopark

Keindahan panorama kawasan Ciletuh Geopark bisa Anda nikmati dari ketinggian Puncak Darma. Area dataran tinggi ini menyajikan pemandangan teluk dan pegunungan dari Geopark yang sangat apik.

Selain itu, seperti halnya Puncak Becici di Jogja, Puncak Darma ini juga menjadi lokasi terbaik menikmati sunset. Anda bisa piknik singkat bersama teman atau pasangan untuk menyaksikan view cantik dari tempat ini.

Bahkan tidak jarang wisatawan yang memilih puncak ini sebagai lokasi melakukan sesi prewedding. Apalagi dengan tiket masuk yang sangat murah, hanya Rp3.000,00 saja.

Jika tertarik berkunjung, lokasi puncak ini berada di Jl. Puncak Darma, Girimukti, Ciemas, Sukabumi. Anda bisa datang kapanpun karena tempat ini terbuka 24 jam namun waktu terbaik berkunjung tentu saja saat sore hari.

Curug Sodong

Curug Sodong

Air terjun yang juga memiliki mitos unik di kawasan Geopark Ciletuh adalah Curug Sodong. Curug satu  ini sering pula mendapat sebutan sebagai curug pengantin, sama seperti salah satu tempat wisata di Pangalengan terkenal, Curug Panganten.

Nama tersebut diberikan karena air terjun ini memiliki dua aliran yang terlihat seperti pengantin bersanding. Sayangnya keindahan tersebut berbanding terbalik dengan mitos yang beredar.

Sebab konon katanya pasangan kekasih yang mengunjungi tempat ini salah satunya tidak akan selamat. Namun terlepas dari mitos tersebut, Curug Sodong tetap jadi curug yang cantik dengan goa alami dan airnya yang jernih.

Tempat wisata hits Sukabumi ini juga tidak mematok biaya masuk bagi wisatawan, hanya perlu membayar parkir saja. Jika Anda ingin datang, langsung saja ke alamatnya di Jl. Raya Cikanteh, Ciwaru, Ciemas, Sukabumi.

Curug Cikanteh

Curug Cikanteh

Tidak jauh dari Curug Sodong, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Curug Cikanteh dengan berjalan kaki membelah hutan. Walau terdengar berat, jalur trek yang masih penuh dengan pepohonan alami terasa begitu asri.

Setibanya di lokasi, air terjun setinggi 60 meter telah menyambut Anda dengan aliran airnya yang jernih. Kolam di bagian bawah curugnya bisa Anda manfaatkan untuk berenang atau sekedar bermain air.

Panorama air terjun ini pun semakin cantik berkat air terjun setinggi 100 meter yang ada di atasnya seperti air terjun di sejumlah tempat wisata di Kulon Progo terkenal. Terlebih lagi dengan tebing curug yang berundak, sudah pasti Curug Cikanteh ini menjadi latar foto liburan yang elok.

Seperti halnya Curug Sodong, air terjun ini juga tidak mematok biaya khusus atau hanya seikhlasnya. Alamatnya pun sama yakni di Jl. Raya Cikanteh, Ciwaru, Ciemas, Sukabumi dengan jam buka selama 24 jam penuh.

Pantai Palangpang

Pantai Palangpang

Salah satu pantai apik di Geopark Ciletuh yang tidak boleh Anda lewatkan sudah pasti Pantai Palangpang. Pantai di kawasan teluk ini punya pasir putih yang luas dan air laut biru yang jernih.

Selain keindahan pantainya, yang bisa Anda jadikan lokasi berenang atau snorkling, pantai indah di Indonesia ini juga menawarkan aktivitas lain. Misalnya seperti bermain banana boat, jelajah curug, hingga island hopping.

Khusus untuk island hopping, Pulau Kunti jadi rekomendasi terbaik terutama untuk Anda yang senang diving. Dengan keindahan alamnya ini, tidak jarang wisatawan memilih camping atau glamping di sekitar pantai.

Lokasi pantainya sendiri terletak di Jl. Cimarinjung, Ciwaru, Ciemas, Sukabumi dekat Curug Cimarinjung. Anda hanya perlu membayar Rp5.000,00 untuk masuk kawasan wisata yang buka 24 jam ini.

Pantai Cibangban

Pantai Cibangban

Satu lagi pantai menarik yang harus Anda kunjungi yakni Pantai Cibangban. Pantai ini sangat cocok untuk Anda yang ingin bersantai di suasana pantai pesisir Selatan.

Pemandangan sunsetnya sangat cantik dengan berbagai macam kuliner lezat yang siap menemani Anda bersantai. Anda juga bisa puas bermain pasir dan ombak di pantai satu ini.

Semakin asyik lagi jika Anda menikmati sunset ini di tengah laut menggunakan kapal nelayan sewaan yang tersedia. Untuk Anda yang ingin berkunjung bisa datang ke Jl. Raya Cisolok – Pelabuhan Ratu, Pasir Baru, Pelabuhan Ratu, Sukabumi.

Beberapa rekomendasi di atas, baru sebagian kecil dari pesona yang ada di setiap tempat wisata Sukabumi populer.

Anda masih bisa mengunjungi banyak destinasi menarik lain seperti Kampung Adat Ciptagelar jika memanfaatkan layanan biro perjalanan seperti Salsa Wisata.

Selain lebih mudah karena semua kebutuhan telah terpenuhi, biayanya pun jadi lebih murah. Jadi tunggu apalagi langsung saja pilih layanan wisata yang Anda inginkan dan dapatkan pengalaman liburan yang selalu Anda impikan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Sukabumi



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)