SalSari Resto & Coffee

Orang sering beranggapan bahwa pantai-pantai tercantik di Indonesia itu justru ada di kepulauan bagian timur. Memang anggapan tersebut ada benarnya. Sebut saja berbagai pantai cantik di Indonesia timur, dari mulai Pantai Ketapang sampai Pantai Senggigi. Kalau Pantai Takisung, apa Anda sudah pernah dengar mengenai pantai yang cantik ini?

Pantai ini letaknya di Kalimantan, tepatnya di Kalimantan Selatan. Bagi masyarakat Pelaihari, Banjarmasin, dan Banjarbaru, pantai ini merupakan salah satu tempat wisata yang populer.

Bahkan, pantai ini kelihatannya tidak pernah sepi pengunjung, apalagi di hari libur. Tak heran, pesona laut yang cantik dipancarkan oleh wisata bahari yang satu ini.

Sekilas Tentang Pantai Takisung

Pantai Takisung Banjarmasin

Mengapa namanya Takisung? Jadi, nama pantai ini diambil dari nama desa di mana pantai ini berada. Letaknya memang di desa Takisung. Pemandangan yang ditawarkan sangat indah.

Kilauan air laut yang biru seolah mengundang Anda untuk bermain air dan pasir di sini. Selain itu, variasi wisatanya juga beragam. Tak heran banyak yang berbondong-bondong ke sini.

Yang membuat pengunjung betah juga kondisi dan cara penataan objek wisata ini. Pantai Takisung itu terawat rapi. Itu karena tempat ini memang dikelola oleh Dinas Pariwisata setempat.

Pemkab bahkan turun langsung untuk mengawasi fasilitas yang sudah disediakan di pantai ini. Tentu saja itu semua dilakukan demi kenyamanan wisatawan.

Pantai ini menyuguhkan pemandangan eksotis yang cantik untuk dipandang. Hamparan pasirnya luas di sepanjang pantai. Deretan nyiur yang menjulang juga membuat tempat ini teduh.

Air lautnya sangat jernih dan berwarna biru. Dijamin Anda akan terpesona begitu melihat air biru yang berkilauan di pantai ini

Tidak seperti ombak di pantai selatan yang ganas, ombak di sini cenderung tenang. Jadi, jangan bandingkan dengan pantai pelabuhan ratu atau pantai parangtritis yang indah tapi ganas.

Karena ombaknya kecil inilah banyak pengunjung yang melakukan kegiatan wisata, seperti berenang dan main air di sini. Bahkan, pantai ini juga letaknya dekat dengan pemukiman, karena dinilai aman.

Pantai cantik yang terletak di Tanah Laut ini juga bentuknya landai, persis seperti pantai Greenbowl yang ada di Bali. Itu berarti, And bisa bermain dengan aman di sepanjang garis pantainya. Warna pasirnya putih kecoklatan dan teksturnya lembut, cocok dipakai untuk berlarian.

Lokasi Pantai Takisung

Pantai Takisung ada di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Kalau dari kota Pelaihari jaraknya kira-kira 22 kilometer. Kalau dari kota Banjarmasin, jaraknya 90 km. Memang sangat jauh dari Banjarmasin, tapi ini adalah tempat wisata yang cocok untuk Anda yang ingin menjauh dari hiruk-pikuk kota.

Menuju ke sini tidak bisa pakai kendaraan umum. Kalau Anda wisatawan dari luar pulau dan tidak membawa kendaraan pribada, alternatifnya yaitu menggunakan jasa rental mobil harian terdekat.

Jam Operasional Pantai Takisung

Jam Operasional Pukul
Setiap Hari 24 Jam

Fasilitas Pantai Takisung

fasilitas di Pantai Takisung

Fasilitas di pantai ini lengkap, dari mulai fasilitas standar sampai fasilitas pendukung. Berikut ini beberapa fasilitas yang bisa Anda manfaatkan.

  • Parkiran
  • Toilet
  • Kamar mandi bilas
  • Tempat berteduh
  • Mushola
  • Wahana permainan
  • Warung makan
  • Toko souvenir

Harga Tiket Masuk Pantai Takisung

Retribusi Tarif
Tiket masuk Weekdays Rp5.000,00

Weekend Rp10.000,00

Sewa tenda seharian Rp50.000,00
Sewa payung seharian Rp25.000,00
Motor racing mini Rp50.000,00 per 30 menit
Banana Boat Rp20.000,00 per orang dewasa

Rp15.000,00 per anak

Daya Tarik Pantai Takisung

spot foto Pantai Takisung

Mengeksplor Pulau Datu

Di pantai ini, ada sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang bisa Anda datangi. Untuk bisa datang ke Pulau Datu, Anda bisa naik kelotok. Di pulau Datu, Anda bisa melihat gua cantik dan air sungai yang mengalir langsung ke laut.

Selain itu, pulau ini juga memiliki hutan kecil di tengahnya. Anda bisa masuk dan menjelajah hutan tersebut untuk meneliti flora dan fauna yang ada di dalamnya. Banyak keindahan yang sayang kalau dilewatkan. Setiap sudut pulau ini juga bisa dijadikan spot foto yang instagramable.

Berenang dan Snorkeling

Karena ombak di pantai ini cenderung tenang, banyak pengunjung yang ingin menghabiskan waktu dengan berenang. Bentuk pantainya yang landai juga memungkinan Anda untuk berenang dengan aman.

Selain itu, ada spot-spot untuk snorkeling juga. Anda bisa melihat keindahan bawah laut yang ditawarkan oleh pantai ini. Tenang saja, ada penyewaan alat snorkeling di pantai. Anda juga bisa langsung menyelam bahkan meski ini pengalaman pertama Anda snorkeling. Saksikan sendiri kecantikan biota laut di bawah sana.

Menikmati Wahana Pantai

Wisata ke pantai tentu belum lengkap kalau belum naik berbagai wahana air. Di sini ada banana boat yang bisa Anda nikmati bersama rombongan. Perahu karet ini dijamin akan memacu adrenalin Anda. Kalau ingin mengelilingi pantai langsung dari laut, Anda juga bisa sewa kapal untuk mengajak Anda berkeliling.

Tidak ingin basah-basahan? Tenang, Anda bisa main mini motor racing. Di sini, Anda bisa menjelajahi pantai dengan mengendarai motor racing ukuran mini. Mengendarai motor racing di area berpasir tentu akan menciptakan sensasi tersendiri yang menyenangkan.

Berjemur dan Bersantai

Banyak pengunjung yang memilih untuk menggelar tikar dan berjemur di pantai ini, persis seperti di Bali. Bentuk pantai yang landai memang menjadikannya cocok sebagai tempat untuk mandi sinar matahari.

Anda juga bisa menyaksikan aktivitas masyarakat lokal. Penduduk sekitar punya industri kecil-kecilan berskala rumahan. Industri rumahan ini bergerak di bidang pengolahan khas Tanah Laut. Atau, Anda juga bisa menyaksikan dari dekat bagaimana nelayan lokal menangkap ikan.

Nah, kalau Anda ingin menyaksikan sendiri keindahan pantai ini, Anda bisa memesan perjalanan liburan Anda ke Kalimantan via Salsa Wisata. Kami menyediakan banyak pilihan paket wisata di banyak kota di Indonesia.

Dengan paket wisata, Anda tidak perlu repot lagi mengurus reservasi hotel, memilih transportasi selama di kota wisata, memilih tempat makan, dan sebagainya. Dengan paket wisata, Anda sudah sekalian membayar untuk penginapan berbintang, makan, transportasi plus sopir, dan tiket wisata.

Harganya tentu jauh lebih murah ketimbang jika Anda harus memesannya sendiri-sendiri. Hubungi Salsa Wisata sekarang untuk info lebih lanjut.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)