Pantai Tamban memang tidak terlalu dikenal bila dibandingkan dengan pantai di Malang lain seperti Pantai Balekambang dan Pantai Teluk Asmara. Namun keindahan pantai ini mampu bersaing dengan tempat wisata Malang lainnya.

Pesona pantai yang luas dengan pepohonan hijau disekitarnya membuat Pantai Tamban menjadi salah satu tempat wisata yang pas untuk bersantai. Berbagai kegiatan seru juga bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu liburan Anda.

Pantai ini bisa Anda kunjungi dengan menggunakan paket gathering Malang yang ditawarkan Biro Perjalanan. Namun sebelum Anda berkunjung, mari simak hal menarik apa saja yang akan Anda temukan di Pantai Tamban berikut ini:

Sekilas Tentang Pantai Tamban Malang

Pantai Tamban termasuk salah satu pantai di Malang yang memiliki muara di pantainya seperti Pantai Kondang Merak dan Kondang Iwak. Muara ini juga memiliki kaitan erat dengan pemberian nama dari Pantai ini.

Menurut cerita sekitar tahun 1880-an, ada tiga orang kiai yang melakukan babat alas untuk bisa tinggal di sekitar kawasan hutan. Nama ketiga kiai tersebut adalah Kiai Taser, Kiai Ngastowo, dan Kiai Ngastowo.

Sebelum memulai babat alas, mereka bertiga meminta restu terlebih dahulu kepada seorang sesepuh yakni Kiai Truono Sumitro. Setelah mendapat restu, sayangnya saat mereka mulai membabat alas, ketiganya jatuh sakit karena kehausan dan sulit mendapat air bersih.

Air sungai yang ada saat itu sangat kotor dengan warna hijau yang pekat, namun karena terpaksa air sungai pun tetap diminum. Namun air sungai ini justru membuat mulut mereka bertambah pahit dan haus.

Akhirnya mereka mencoba untuk meminum air laut dan anehnya air laut ini tidak terasa asin. Ajaibnya lagi mereka pun sembuh setelah air laut dari pantai tersebut.

Sejak itulah pantai ini diberi nama Pantai Tamban yang berarti pantai obat, karena air lautnya yang berkhasiat seperti menyembuhkan penyakit. Sedangkan muara sungai pantai ini memiliki nama Kedung Ijo karena bentuk muara yang seperti sebuah kedung berwarna hijau.

Daya Tarik Pantai Tamban

Pantai Tamban Malang

Pantai Tamban memiliki beberapa ciri khas yang membuatnya berbeda dengan kebanyakan pantai yang ada di pesisir Selatan Kabupaten Malang. Variasi kegiatan yang bisa dilakukan pun cukup menarik sehingga liburan Anda ke Pantai ini hampir tidak pernah bosan.

Anda bisa melakukan berbagai hal seru selama berlibur di Pantai Tamban Malang. Berikut ini beberapa hal seru yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke objek wisata ini untuk berlibur:

Menikmati Pemandangan

Sunset di Pantai Tamban

Pantai Tamban memiliki pemandangan yang sangat eksotis terutama dari suasana di sekeliling pantai. Pasir Pantai Tamban yang berwarna putih kecoklatan terlihat seperti susu ditambah krim dari busa ombak yang bergulung.

Pepohonan bakau hijau terlihat menghiasi sepanjang garis pantai dari ujung timur hingga ujung barat yang memberikan hawa sejuk di pantai. Dari bibir pantai Anda bisa melihat kapal-kapal kecil nelayan berlalu lalang di tengah laut dengan indah.

Tebing bukit yang longsor di dekat muara menjadi pemandangan berbeda yang disajikan Pantai ini untuk pengunjung. Batu-batu besar berukuran kepala terlihat sangat unik dan juga menarik untuk digunakan berfoto.

Anda juga bisa menyaksikan indahnya Pantai Tamban dari sisi lain dengan menggunakan kapal nelayan. Pemandangan dari tengah laut dapat memperlihatkan pesona indah tempat wisata ini yang tidak kalah cantik dengan pantai lainnya.

Memancing

Memancing di Pantai Tamban

Banyaknya kapal nelayan di sekitar pantai membuktikan kawasan Pantai ini memiliki ikan yang melimpah. Kegiatan seperti memancing sudah sering dilakukan oleh sebagian besar pengunjung yang datang.

Tersedia berbagai spot memancing terbaik yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan ikan dengan mudah. Para nelayan juga siap mengantar Anda dengan kapalnya menuju spot tengah laut atau spot mancing tersembunyi yang memiliki banyak ikan.

Ketenaran Pantai Tamban sebagai lokasi memancing membuatnya pernah menjadi lokasi pelaksanaan lomba mancing Ultralight. Salah satu spot yang sering dipilih wisatawan adalah area muara dimana terdapat banyak ikan air tawar dan payau yang berenang.

Anda yang tidak memiliki atau membawa sendiri alat pancing, bisa membeli peralatan pancing lengkap di toko sekitar pantai. Mengunjungi Pantai Tamban bisa menjadi keputusan terbaik terutama untuk Anda yang ingin menyalurkan hobi memancingnya.

Menginap di Pantai

Suasana pantai yang tenang dan tidak terlalu ramai membuatnya sangat nyaman untuk bersantai. Tidak banyak gangguan yang bisa Anda temukan di pantai ini, hanya suara ombak yang bersahutan dan tiupan kencang angin laut.

Pengunjung bisa menikmati keindahan Pantai ini sepenuhnya selama semalaman dengan berkemah di sekitar pantai. Pohon rindang yang tumbuh bisa menjadi pelindung dari angin dan hujan yang kencang di saat malam.

Pemandangan malam Pantai Tamban yang penuh bintang jadi pemandangan lain yang jarang Anda bisa nikmati. Untuk urusan makanan, Anda bisa membakar ikan hasil tangkapan atau membeli langsung makanan jadi di warung yang ada.

Tidak ingin repot mendirikan tenda di tempat ini tersedia banyak penginapan murah yang bisa menjadi alternatif tempat Anda bermalam. Menikmati indahnya malam di Pantai Tamban dengan berbagai aktivitas seru akan membuat liburan Anda menjadi sangat berkesan.

Jelajah Muara

Salah satu hal yang tidak boleh terlewat saat berkunjung ke Pantai Tamban adalah menelusuri kawasan Muara Kedung Ijo. Air sungai yang tenang berwarna hijau terlihat seperti sebuah danau ditengah hutan bakau.

Anda bisa menyewa kapal nelayan untuk berkeliling dan melihat keindahan dari pohon bakau yang ada di sepanjang sungai. Bisa pula dengan berenang atau snorkeling sehingga Anda bisa menyaksikan hewan-hewan kecil seperti ikan, udang, burung, dan kepiting berkeliaran bebas.

Tempat yang cukup sering dikunjungi wisatawan adalah tebing batu longsor yang ada di sisi timur muara. Batu-batu yang berjatuhan ini memiliki ukuran besar yang terlihat sangat unik karena berbentuk bulat seperti kepala.

Menjelajah Muara Kedung Ijo bisa menjadi kegiatan unik untuk Anda menikmati Pantai ini. Rasa segar air tawar muara terasa sangat segar dan sayang sekali bila terlewatkan begitu saja

Wisata Kuliner

Di sekitar pantai terdapat banyak sekali warung yang menjual berbagai menu makanan khas Malang yang enak terlebih lagi olahan seafood. Beragam jenis ikan dan variasi pengolahannya yang lezat bisa Anda nikmati di warung-warung ini.

Bahkan saat musim ikan tiba, Anda bisa mencicipi menu olahan ikan eksotis seperti hiu dan gurita yang pasti menggugah selera. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau dan tidak terlalu menguras dompet.

Selain warung makan, toko yang ada di sekitar pantai ini juga ternyata menjual banyak oleh-oleh khas Malang yang terkenal bisa Anda bawa pulang. Barang yang dijual biasanya merupakan hasil produksi desa wisata yang ada di dekat Pantai Tamban.

Anda bisa memilih untuk membawa oleh-oleh seperti ikan atau dalam bentuk lain yang pasti sangat menarik untuk menjadi cinderamata. Liburan Anda pun semakin sempurna dan pastinya menyenangkan.

Harga Tiket Masuk Pantai Tamban

Biaya yang harus dibayar untuk bisa masuk kawasan objek wisata ini tidak begitu mahal. Hanya dengan beberapa ribu rupiah Anda sudah bisa menikmati keindahan Pantai Tamban yang eksotis.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Rp5.000,00
Sewa Kapal Rp20.000,00 per orang
Sewa Ban Rp10.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan pertimbangan dan perkiraan biaya yang diperlukan untuk mengunjungi Pantai Tamban.

Anda juga bisa mengunjungi destinasi wisata lain dengan memanfaatkan paket wisata dari Biro Perjalanan. Paket ini menawarkan kemudahan karena segala urusan akomodasi Anda selama berlibur telah diatur, sehingga Anda tinggal duduk tenang menikmati liburan.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Tamban

Pantai Tamban terletak di daerah Kampung Pantai, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang. Jaraknya sekitar 70 km dari pusat kota dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam dalam keadaan lancar.

Lokasinya tidak terlalu jauh dari kawasan Pantai Sendiki Malang yang hanya terpisah satu bukit. Rute terbaik menuju Pantai Tamban bisa Anda dapatkan menggunakan Google Maps yang akan menunjukan jalan dari titik Anda berada.

Bisa pula dengan memanfaatkan jasa sopir rental alphard Malang atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi. Sehingga Anda tidak perlu repot menghafal jalan atau lelah berkendara sendiri untuk menuju Pantai ini.

Jam Operasional Pantai Tamban

Keindahan Pantai ini bisa Anda nikmati selama 24 jam penuh bila keadaan normal. Namun untuk beberapa fasilitas baru bisa Anda nikmati pada pukul 07.00 WIB dengan waktu tutup tergantung kondisi pantai.

Terkadang pantai ini tutup lebih awal sehingga waktu yang paling tepat untuk berkunjung biasanya pagi hari. Jika Anda ingin memancing, sebaiknya datang saat hari biasa karena saat akhir pekan pantai cukup ramai pengunjung dan ikan susah didapat.

Usahakan juga untuk datang saat musim kemarau agar Anda terhindar dari awan mendung atau hujan yang turun. Dengan begitu Anda bisa menikmati keindahan alam Pantai Tamban dengan sempurna tanpa gangguan.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)