SalSari Resto & Coffee

Tahukah Anda bahwa sebagian orang menganggap pantai di Gunungkidul itu lebih indah ketimbang yang ada di Bantul? Nah, salah satu pantai di Gunungkidul yang wajib Anda kunjungi adalah pantai Watu Kodok.

Pantai yang pasirnya putih ini sering menjadi area camping ground oleh para wisatawan. Karena garis pantainya memang luas, jadi Anda bisa mendirikan tenda bersama teman-teman di sini.

Bagi wisatawan yang sudah sering ke Jogja, pasti sudah paham kalau Jogja itu bukan cuma sekadar Malioboro. Pantai juga bukan melulu Parangtritis dan Parangkusumo. Pantai Watu Kodok bisa menjadi pilihan tempat rekreasi bersama keluarga.

Sekilas Tentang Pantai Watu Kodok

Di dalam bahasa Jawa sendiri, Watu Kodok itu berarti Batu Katak. Pantai ini dinamakan Watu Kodok karena dulu ditemukan sebuah patung di sini. Di sisi barat pantai, ada sebuah patung di dalam goa.

Patung tersebut mirip seperti kodok atau katak. Patung tersebut dikeramatkan oleh penduduk sekitar. Biasanya, tiap satu tahun sekali, warga menggelar upacara adat di sini.

Goa tempat patung itu berada sendiri tidak bisa diakses kecuali saat laut sedang surut. Bayangkan bagaimana misteriusnya tempat itu.

Ada lagi versi lain dari asal usul nama Pantai Watu Kodok. Katanya, kata itu berasal dari kata watu ndodok (jongkok). Di masa perang dunia II, tepatnya di tahun 1949, tempat ini digunakan sebagai tempat pengungsian warga Gunungkidul. Tempat ini juga dulunya sebagai tempat nongkrong tentara Belanda.

Ada lagi yang beranggapan bahwa nama Watu Kodok diberikan karena memang ada dua karang yang bentuknya seperti kodok. Entah yang mana yang benar, yang jelas pantai yang satu ini sudah tidak diragukan lagi keindahannya.

Yang mengelola pantai ini bukan investor swasta atau pemerintah, melainkan warga sekitar. Ada sebuah perkumpulan warga yang memang khusus untuk mengelola pantai cantik yang satu ini.

Hebatnya, semua warga bersama-sama bergotong royong membuat pantai ini jadi sebuah tempat rekreasi terkenal di Gunungkidul, Jogja.

Fasilitas Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok

Meski tidak sepopuler pantai Indrayanti, pantai cantik ini tetap menyediakan fasilitas yang lengkap. Itu karena fasilitas adalah salah satu faktor suksesnya pariwisata di satu daerah. Fasilitas penunjangnya memang masih minim, tapi fasilitas umumnya sudah memadai.

Anda bisa menikmati lahan parkir yang luas, toilet yang bersih, kamar mandi sebagai tempat bilas, mushola, dan gazebo. Sedangkan fasilitas penunjangnya meliputi warung-warung makan dan spot-spot foto.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Kodok

Karena pantai ini belum terlalu ramai jika daripada pantai-pantai hits Gunungkidul lain yang sudah terkenal, harga tiket masuk pantai Watu Kodok juga sangat terjangkau. Berikut rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp5.000,00
Parkir motor Rp3.000,00
Parkir mobil Rp5.000,00

Biasanya, akan ada kenaikan harga di akhir pekan. Namun kenaikan itu tidak signifikan.

Rute Menuju Pantai Watu Kodok

sunset Pantai Watu Kodok

Kalau Anda berangkat dari pusat kota Jogja (titik nol), Anda bisa ke arah timur, lewat Jalan Panembahan Senopati, lalu ke arah Jalan Brigjen Katamso, lanjut ke Jalan Kolonel Sugiono.

Ikuti jalan sampai bertemu pertigaan, lalu ambil arah ke selatan lewat Jalan Sisingamangaraja, terus sampai ke Jalan Imogiri Barat.

Dari imogiri barat, lurus terus sampai bertemu pertigaan di arah timur via Jalan Bakulan Imogiri. Nanti, Anda akan sampai di jalan yang menuju pantai Watu Kodok berikut pantai-pantai di sebelahnya.

Berangkat ke pantai Gunungkidul via Bantul memang jauh, meski sudah ada jalan penghubungnya. Nah, kalau Anda takut tersasar, lebih baik Anda menggunakan jasa sewa mobil Avanza plus driver Jogja. Dengan sopir yang andal, Anda tidak perlu repot menghafalkan rute.

Lebih baik lagi kalau Anda menggunakan paket wisata keluarga Jogja murah. Salsa Wisata menyediakan banyak pilihan paket wisata yang bisa Anda pilih di Jogja.

Semua sudah kami siapkan lengkap, termasuk destinasi wisatanya. Tidak perlu pusing soal akomodasi dan transportasi. Itu sudah jadi bagian dari paket. Jadi, Anda bisa berlibur dengan maksimal.

Daya Tarik Pantai Watu Kodok

Bukan cuma sekadar main-main di pantai, ini yang bisa Anda lakukan di pantai Watu Kodok:

Berkemah

camping di Pantai Watu Kodok

Anda bisa bersama rombongan menghabiskan malam di pantai yang cantik ini. Meski tidak ada penginapan, Anda bisa mendirikan tenda di pinggir pantai. Pengalaman berkemah di pinggir pantai ini merupakan sesuatu yang tak akan terlupakan.

Anda tidak perlu khawatir soal keamanan. Para warga sekitar sekaligus pengelola sendiri yang akan menjaga keamanan pengunjung yang berkemah di sini. Di malam hari, Anda bisa membuat api unggun untuk mengusir hawa dingin dan membakar ikan hasil tangkapan.

Pagi harinya, Anda akan melndapat suguhan pemandangan matahari terbit yang sangat memukau. Menyaksikan matahari terbit di pantai lebih unik ketimbang melihat matahari terbenam, karena jarang orang bisa mendapatkan kesempatan tersebut.

Santai di Gazebo

gazebo Pantai Watu Kodok

Garis pantai ini cuma sepanjang 600 meter. Namun, keindahan tempatnya tidak perlu diragukan lagi. Di beberapa spot, ada gazebo yang bisa pengunjung manfaatkan untuk bersantai menikmati keindahan pantai.

Gazebo tersebut menghadap langsung ke arah laut. Di area barat pantai, ada bukit karang yang bisa Anda daki. Di sini, ada gazebo juga untuk menikmati pemandangan. Dari puncak bukit ini, Anda bisa melihat pemandangan laut yang terhampar beserta bukit-bukit menghijau di kejauhan.

Berfoto di Spot-spot Foto Cantik

spot foto Pantai Watu Kodok

Rasanya ada yang kurang saat liburan kalau tidak foto-foto. Nah, untuk Anda yang hobi fotografi, ada spot-spot cantik yang ada di pantai. Semua spot foto tersebut instagrammable, apalagi jika dipadukan dengan pemandangan pantai.

Salah satu spot foto yang bisa Anda kunjungi adalah replika kapal yang terletak di atas tebing. Kapal ini dibuat menghadap langsung ke lautan lepas, jadi seolah-olah sedang berlayar di angkasa. Kalau ingin hasil foto yang bagus, ada juga jasa foto dengan harga terjangkau.

Wisata Kuliner

Dulu, pantai ini juga kerap digunakan para tentara Belanda untuk memanaskan makanan. Berangkat dari sejarah tersebut, tempat ini kini pun masih dijadikan sebagai tempat wisata kuliner. Ada banyak kuliner khas Gunungkidul lezat yang wajib Anda coba.

Warung-warung makan yang berjejer menawarkan aneka olahan seafood juga. Harganya pun sangat terjangkau. Anda bisa beli makanan lalu menikmatinya di atas gazebo yang tersedia di pinggir pantai.

Main Air

berenang di Pantai Watu Kodok

Tentu saja, ini adalah daya tarik utama pantai ini. Selain melihat pemandangannya yang indah, Anda pasti akan tergoda untuk berbasah-basah ria. Karang-karang laut yang tersebar di pantai serupa lantai alam.

Ketika air laut surut, Anda bisa berdiri di atas karang tersebut dan melihat berbagai biota laut di dalam cekungannya.

Jam Operasional Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok ini buka setiap hari selama 24 jam. Anda bisa mengunjunginya kapan saja. Cuma, kami sarankan untuk datang di waktu-waktu normal jika Anda mau mengutamakan keamanan, terutama soal kendaraan.

Setelah puas bermain pastinya perut jadi keroncongan. Ada restoran enak di Gunungkidul yang bisa menjadi tempat makan sembari beristirahat, yaitu Salsari Resto. Restoran tersebut menyediakan makanan nusantara yang enak-enak.

 



By Categories: Destinasi, Jogja

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)