SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Gunung Kidul juga memiliki makanan khas yang tiada duanya. Baik dari segi rasa maupun keunikan hidangannya.

Bahkan banyak youtuber dan wisatawan yang sengaja mengunjungi ujung timur Jogja ini hanya untuk mencoba makanannya. Salah satu yang cukup populer dan menarik adalah walang goreng Gunung Kidul.

Penasaran dengan rasa dan keunikan makanan khas lain dari Gunung Kidul, simak ulasan lengkapnya pada list berikut ini:

Daftar Makanan Khas Gunung Kidul yang Terkenal

Soto Ayam

Soto Ayam Khas Gunung Kidul

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Banyak yang tidak mengira kalau Gunung Kidul ternyata juga punya soto ayam yang nikmat. Soto ini berbeda dengan soto kuning yang menjadi makanan khas Bogor karena memiliki kuah bening.

Rasa kuah soto ini pun gurih segar apalagi dengan tambahan jeruk nipisnya. Ayamnya pun bukan ayam biasa, melainkan ayam kampung jantan yang dagingnya sangat empuk.

Menu soto ini sering menjadi pilihan sarapan tidak hanya bagi orang Jogja namun juga wisatawan luar kota. Salah satu tempat terbaik menikmati soto Gunung Kidul ini adalah Soto Tan Proyek.

Soto dari tempat ini bisa Anda dapatkan dengan harga hanya Rp15.000,00 dan selalu habis sebelum waktunya tutup. Jika ingin mencoba, sebaiknya minta sopir rental mobil Innova Venturer Jogja Anda untuk datang ke alamatnya di Jl. Jogja – Wonosari No.2013, sebelum pukul 10.00 WIB.

Bakmi Jawa

Bakmi Jawa

Makanan khas lain dari Gunung Kidul yang wajib Anda coba selanjutnya adalah Bakmi Jawa. Ciri khas olahan mie ini terletak pada campuran ayam kampung serta arang yang jadi bahan bakarnya.

Biasanya mienya pun buatan sendiri sehingga punya tekstur serta bentuk yang khas. Aroma dari arang serta perpaduan antara mie, telur, sayur, dan ayam kampung membuat siapapun yang mencoba pasti ketagihan.

Makanan ini paling cocok Anda nikmati saat malam hari, salah satunya di Warung Bakmi Mbah Noto. Lokasinya terletak di Jl. Jogja – Wonosari, Logandeng, Playen, tidak jauh dari restoran yang nyaman di Jogja SalSari Resto.

Anda bisa datang mulai pukul 06.00 WIB hingga 23.00 WIB setiap harinya, namun bakmi baru ada setelah pukul 14.00 WIB. Untuk harga normalnya sendiri tidak terlalu mahal sekitar Rp13.000,00 per porsinya.

Tiwul Manis

Tiwul

Gunung Kidul dan tiwul hampir tidak pernah terpisahkan. Makanan manis satu ini sudah menjadi ikon makanan yang wajib sekali Anda coba saat mengunjungi Gunung Kidul.

Meski sudah ada sejak masa penjajahan, tiwul tidak pernah ketinggalan zaman. Saat ini sudah banyak variasi tiwul yang bisa Anda coba salah satunya tiwul manis.

Tiwul yang biasanya hanya berupa campuran singkong, kelapa, gula, dan garam ini mendapat tambahan berbagai rasa menarik. Seperti misalnya cokelat, pandan, gula jawa, kopi, hingga keju.

Salah satu pelopor dan produsen paling terkenalnya adalah Thiwul Manis Pak Lambang yang terletak di Jl. Baron No.Km. 4, Dungabah I, Duwet, Wonosari. Tiwul ini juga bisa jadi pilihan oleh-oleh khas Jogja selain bakpia yang bisa Anda bawa.

Nasi Tiwul

Nasi Tiwul

Pada sejarahnya, tiwul memang menjadi pengganti nasi pada tahun 1960 hingga 1970an. Sehingga ada banyak sekali hidangan di Gunung Kidul yang memanfaatkan nasi tiwul sebagai panganan pokoknya.

Rasanya tentu sedikit berbeda dari tiwul manis, lebih gurih dengan tekstur yang persis seperti nasi jagung yang menjadi makanan khas Banyuwangi. Lauknya pun sangat sederhana hanya urap, tempe, ikan asin dan sambal, namun tetap terasa nikmat.

Bahkan saat ini sudah ada versi nasi tiwul instan yang membuatnya lebih awet dan mudah Anda nikmati di rumah. Tapi jika Anda ingin menikmati rasa otentik nasi tiwul ini bisa datang ke Toko Oleh Oleh Tiwul Yu Tum.

Warung ini berada di Jl. Pramuka No.36, Pandansari, Wonosari, dan selalu jadi incaran rombongan dari tempat rental mobil di Jogja. Kisaran harga nasi tiwul ini juga bervariasi ada yang Rp7.000,00 hingga Rp25.000,00 tergantung porsi serta isian lauk.

Sambal Bawang Gunung Kidul

Sambal Bawang Khas Gunung Kidul

Indonesia memiliki banyak jenis sambal yang mampu menggugah selera salah satunya sambal bawang Gunung Kidul. Ciri utama sambal bawang satu ini terletak pada bahan dan cara pembuatannya yang berbeda dari daerah lain.

Sambal bawang di sini menggunakan bawang putih dan cabai merah sebagai bahan utamanya tanpa bawang merah. Selain itu untuk membuatnya harus diulek dengan sedikit tambahan minyak panas bekas goreng ayam.

Dari proses dan bahannya inilah yang membuat rasa sambal bawang Gunung Kidul sangat khas. Anda bisa merasakan langsung kelezatan sambal ini di Niela Sary Resto Jl. Jogja – Wonosari No.Km. 2.5, Logandeng, Playen.

Lokasi ini sering menjadi alternatif bagi penikmat wisata kuliner Jogja yang sedang berada di Gunung Kidul. Restonya sendiri buka mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

Krecek dan Kicikan

Krecek dan Kicikan

Gunung Kidul punya olahan kulit yang sangat terkenal kelezatannya yakni krecek dan kicikan. Meski sama-sama berasal dari kulit sapi dan kambing, tekstur serta bumbu masak masakan ini berbeda.

Krecek memiliki warna merah dengan tekstur yang lembut dan punya rasa pedas. Lauk tambahan krecek biasanya berupa tempe, kentang, atau tahu. Makanan ini sering kali Anda temukan sebagai berkat dalam acara hajatan.

Sedangkan kicik berwarna hitam mirip semur dengan bumbu kicik yang khusus. Selain itu isiannya tidak hanya kulit sapi, terkadang ada juga tambahan cincangan daging serta jeroan.

Kicikan ini sendiri sudah cukup sulit Anda jumpai hanya di beberapa pasar tradisional dan rumah makan saja. Namun untuk krecek, hampir sebagian besar rumah makan di sekitar tempat wisata Gunung Kidul yang lagi hits menyediakannya.

Gatot

Gatot

Makanan khas Gunung Kidul yang terbuat dari singkong selanjutnya adalah gatot. Proses pembuatannya cukup panjang, singkong harus menjadi gaplek terlebih dahulu baru kemudian masuk proses rendam dan kukus.

Setelah itu baru mendapat tambahan gula, garam dan kelapa untuk memberikan rasa. Penyajiannya juga cukup sederhana, cukup berikan taburan parutan kelapa di atas gatot yang sudah jadi.

Biasanya panganan ini menjadi camilan saat bersantai dan memiliki rasa yang tidak kalah dari colenak, makanan khas Purwakarta. Anda bisa mendapatkan gatot di sejumlah pasar tradisional yang ada di Jogja.

Harganya juga tidak mahal, hanya dengan uang Rp5.000,00 sudah bisa Anda nikmati. Bisa juga dengan mengunjungi pusat oleh-oleh Gathot Thiwul Yu Tum yang menjual gatot instan dengan harga sekitar Rp19.000,00 per kotak.

Nasi Merah

Nasi Merah

Sego abang atau nasi merah juga bisa jadi alternatif hidangan lezat khas Gunung Kidul yang wajib Anda coba. Rasanya jelas berbeda dengan nasi biasa, tanpa rasa sama sekali namun punya banyak manfaat.

Kadar seratnya tinggi sehingga bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda yang lagi diet. Supaya semakin lezat, biasanya nasi merah ini mendapat tambahan sayur dan lauk pelengkap.

Contohnya seperti sayur lombok ijo, iso babat, sambal, urap, dan daging sapi. Pasangan nasi dan lauk ini bisa jadi menu sarapan dan santapan yang lezat saat liburan.

Anda bisa menikmati hidangan nasi merah lezat di salah satu warung terkenal yakni Sego Abang Jirak atau Lesehan Pari Gogo. Di tempat wisata kuliner Gunung Kidul ini, Anda bisa mencoba nasi merah dengan berbagai macam lauk yang enak dan harga terjangkau.

Belalang Goreng

Belalang Goreng

Bosan dengan makanan yang biasa saja, Gunung Kidul punya makanan eksotis yang terbuat dari serangga yakni belalang goreng. Tidak banyak orang yang suka karena takut dengan bentuknya padahal rasanya luar biasa.

Tekstur belalang goreng ini renyah dengan rasa khas pedas manis gurih yang nagih. Selain itu kadar proteinnya juga tinggi sehingga bisa menjadi pengganti protein biasa.

Jika Anda tertarik, banyak pusat oleh-oleh yang menjual walang goreng ini. Harganya juga bervariasi berkisar antara Rp18.000,00 hingga Rp25.000,00 tergantung ukuran kemasan.

Puli Tempe

Puli Tempe

Hidangan unik dari Gunung Kidul selanjutnya adalah puli tempe yang sekilas mirip tape uli, makanan khas Jakarta. Namun bedanya, jika tape uli menggunakan ketan, puli ini terbuat dari beras dibuat menjadi kenyal.

Sehingga tekstur nasinya jadi lebih padat dan lengket seperti kue beras ketan dengan rasa asin yang khas. Agar semakin enak, puli pengganti nasi ini harus Anda nikmati bersama tempe.

Terlihat sederhana tapi rasanya bisa sangat menggoda dan menambah nafsu makan. Buktinya saja warung Pecel Puli Tempe Mba Puji yang ada di Semanu selalu ramai dan habis sebelum pukul 09.00 WIB.

Tempe Mlanding

Tempe Mlanding

Jika biasanya tempe terbuat dari kacang kedelai, lain halnya dengan tempe mlanding yang menggunakan mlanding atau biji lamtoro. Perbedaan bahan baku inilah yang membuat tempe ini punya ciri khasnya tersendiri.

Biasanya tempe mlanding menjadi bahan baku utama dari tempe besengek. Tekstur kacang yang khas membuat rasa dari masakan ini meninggalkan kesan tersendiri seperti halnya tempe kemul, makanan khas Wonosobo.

Anda bisa mengunjungi sejumlah pasar tradisional di Gunung Kidul seperti pasar pahing yang masih banyak menjual tempe satu ini. Harganya juga sangat terjangkau seperti halnya tempe pada umumnya

Jangan Lombok Ijo

Jangan Lombok Ijo

Sayur cabai hijau atau jangan lombok ijo merupakan salah satu sayur khas daerah Gunung Kidul dan sekitarnya. Seperti namanya masakan ini menggunakan cabai hijau sebagai bahan utamanya.

Selain itu ada pula potongan tempe, santan, cabai merah dan bumbu lain yang membuat rasanya lebih nikmat. Sensasi gurih pedasnya pas sekali menemani cuaca dingin saat hujan di malam hari.

Sayur ini pun sangat mudah untuk Anda jumpai karena tersedia hampir di setiap rumah makan di Gunung Kidul dan Jogja. Tinggal berkeliling saja menggunakan kendaraan dari tempat rental motor Jogja supaya Anda bisa lebih puas menjelajah.

Sompil

Sompil

Rekomendasi selanjutnya adalah sajian sejenis lontong sayur yang lebih terkenal dengan nama sompil. Perbedaan lontong dan sompil terletak dari bentuk dan cara penyajiannya.

Sompil berbentuk kerucut dengan tekstur lembut dan biasa disantap bersama sayur tempe pedas kuah santan. Sayangnya panganan sederhana namun nikmat ini sudah cukup sulit untuk Anda temukan.

Salah satu yang masih bertahan adalah Warung Sompil Bu Sajiyem yang berada di Jl. Karangsari, Nglanggeran, Patuk. Satu porsi sompil ini bisa Anda dapatkan di pagi hari dengan harga Rp10.000,00 lengkap dengan lauknya.

Itulah tadi beberapa rekomendasi makanan khas Gunung Kidul yang bisa Anda coba saat berkunjung. Sebenarnya masih banyak lagi hidangan lezat yang bisa Anda coba jika memanfaatkan layanan dari biro perjalanan seperti Salsa Wisata.

Melalui sejumlah paket wisata kuliner Jogja yang tersedia Anda bisa berpetualang menikmati berbagai makanan lezat yang ada. Semua tinggal Anda nikmati sebab segala kebutuhan perjalanan sudah terpenuhi.

Jadi tunggu apalagi segera rencanakan liburan kuliner Anda ke Gunung Kidul bersama Salsa Wisata. Lalu rasakan sendiri keseruan dan perjalanan wisata berkesan tak terlupakan. Selamat liburan!



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Jogja, Kuliner



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (1 vote)