Pantai Wediombo termasuk satu dari sekian banyak pantai di Gunung Kidul yang cukup populer dengan keindahan alam yang dimilikinya. Hal yang membuat pantai ini istimewa adalah gugusan batu karang dan hamparan pasir yang cukup luas membentang sepanjang pantai.

Bentuk batu karangnya pun sangat khas serta tidak terlalu tajam sehingga bisa dimanfaatkan pengunjung untuk bermain air. Tempat wisata Jogja terbaru ini juga semakin dikenal wisatawan setelah sering menjadi tempat syuting video klip atau film-film nasional.

Anda bisa mengunjungi Pantai Wediombo dan berbagai destinasi wisata lain dengan menggunakan paket study tour Jogja yang ditawarkan oleh Biro Perjalanan. Namun sebelum berkunjung mari simak beberapa hal menarik mengenai Pantai Wediombo berikut ini.

Sekilas Tentang Pantai Wediombo

Pantai Wediombo merupakan pantai yang terletak di Gunung Kidul dekat dengan perbatasan paling timur provinsi D.I Yogyakarta. Meski berada di pinggiran, keindahan dari Pantai Wediombo mampu bersaing dengan pantai-pantai terkenal di Jogja lainnya seperti Pantai Indrayanti.

Keunikan pantai ini terletak pada susunan batu karang yang membentang dari ujung ke ujung pantai hingga tengah laut. Saat air laut surut, karang yang tersembunyi di bawah air laut terlihat jelas seperti hamparan taman yang luas.

Menurut beberapa sumber diperkirakan batu karang yang ada di Pantai Wediombo merupakan bekas letusan gunung api purba. Lava yang membeku terkena air laut berubah menjadi batu karang dengan bentuk yang unik dan tersebar di sepanjang pantai.

Nama Pantai Wediombo bisa diartikan sebagai pantai pasir luas yang berasal dari kata Wedi atau pasir dan ombo atau luas. Penamaan tersebut sesuai dengan keadaan pantai yang memiliki pasir serta hamparan batu karang yang luas.

Pantai ini bahkan termasuk dalam daftar 13 cagar alam dunia yang ditetapkan UNESCO karena masih bagian dari Gunung Sewu. Keindahan dan keseruan yang ditawarkan Pantai Wediombo pasti akan membuat liburan Anda di Jogja semakin berkesan.

Daya Tarik Pantai Wediombo

pantai wediombo gunungkidul

Walaupun berada di pelosok Gunung Kidul, Pantai ini menawarkan berbagai macam hal menarik untuk Anda lakukan. Berikut ini beberapa kegiatan seru yang wajib Anda coba saat mengunjungi Pantai Wediombo Wonosari:

Menikmati Pemandangan Pantai

foto pantai wediombo

Pantai ini memiliki pemandangan indah yang khas dan sedikit berbeda dari kebanyakan pantai pesisir selatan Jogja lainnya. Bila kebanyakan pantai di Jogja menghadap selatan, Pantai Wediombo justru menghadap ke barat dengan garis pantai hampir berbentuk lurus.

Pantainya yang menghadap ke barat ini juga membuat ombak dan angin di Pantai ini relatif lebih tenang dibanding pantai lainnya. Anda bisa duduk santai di tepi pantai ditemani suara deburan ombak yang terdengar syahdu berirama.

Pohon-pohon rindang seperti pohon ketapang tumbuh subur di sekitar pesisir Pantai Wediombo membuat suasana pantai terasa teduh. Angin yang bertiup membuat daun-daun bergoyang dan memainkan suara yang khas sekaligus menenangkan.

Dari atas pasir putihnya yang lembut Anda dapat menyaksikan dengan jelas momen indah matahari terbenam di ufuk barat. Pantai ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin mendapatkan liburan tenang sambil bersantai di pinggir pantai.

Bermalam di Pantai

sunset di pantai wediombo

Area pantai yang sangat luas dan teduh berkat pohon yang tumbuh di sekitarnya sering kali dimanfaatkan pengunjung untuk berkemah. Ditambah lagi suasana pantai yang relatif sepi membuat siapapun yang datang bisa bebas beraktivitas tanpa takut mengganggu orang lain.

Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas seru selama berkemah seperti menangkap ikan, bermain pasir, hingga menyalakan api unggun. Sambil bercengkrama bersama teman rombongan Anda dapat melihat langsung indahnya langit malam dipenuhi bintang dan cahaya bulan.

Selain berkemah Anda yang tidak ingin repot juga bisa menyewa sejumlah kamar di penginapan yang tersedia di sekitar Pantai Wediombo. Dengan fasilitas yang lebih lengkap Anda bisa bermalam dengan nyaman dan aman tanpa gangguan seperti nyamuk atau dinginnya malam.

Saat pagi datang matahari tampak muncul dari balik bukit di sebelah timur seperti menyapa dan memberi semangat untuk memulai hari. Pengalaman menginap di tepi Pantai ini bisa menjadi sebuah pengalaman berharga yang wajib untuk Anda coba.

Bermain Air

Pantai Wediombo juga terkenal berkat laguna di salah satu sisi pantainya yang bisa digunakan untuk wisatawan berenang. Laguna ini berada di sisi selatan pantai dengan ukuran kolam yang cukup besar dan luas sehingga muat untuk beberapa orang sekaligus.

Batuan karang yang mengelilingi laguna berperan sebagai pelindung dari ombak besar yang menghantam area sekitar. Air ombak inilah yang kemudian mengisi laguna wediombo sehingga bisa digunakan wisatawan berenang dengan bebas.

Ombak besar Pantai ini juga sering dimanfaatkan beberapa wisatawan untuk olahraga air ekstrem seperti berselancar. Anda bisa memacu adrenalin dengan mencoba menaklukan ombak setinggi 4 meter yang bergulung hingga ke tepi pantai.

Namun bila Anda belum berpengalaman berselancar lebih baik mencoba snorkeling di dekat pesisir pantai yang relatif lebih aman. Rumput laut yang tumbuh diatas karang serta ikan-ikan kecil yang berenang di sekitarnya akan menjadi pemandangan cantik untuk dilihat.

Memancing

Bagi Anda yang hobi memancing Pantai Wediombo sangat cocok menjadi destinasi yang wajib untuk Anda kunjungi. Pantai ini terkenal dengan jumlah ikannya yang melimpah mulai dari kerapu, cucut, hingga ikan tenggiri serta beberapa jenis ikan lainnya.

Cukup bermodalkan joran panjang serta umpan yang telah disiapkan, Anda bisa mendapatkan berbagai ikan dengan mudah. Ada banyak sekali spot yang bisa Anda pilih untuk memancing seperti misalnya di sekitar area laguna wediombo.

Kegiatan ini sangat pas untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu bersantai menikmati keindahan alam Pantai Wediombo yang menawan. Pulang memancing Anda sudah mendapatkan banyak sekali ikan untuk disantap di rumah atau dibakar langsung di tepi pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Wediombo

Jika Anda ingin datang berkunjung ke Pantai ini dan sekitarnya tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Cukup dengan beberapa ribu rupiah saja Anda sudah bisa menikmati keindahan Pantai Wediombo dengan bebas, lebih jelasnya perhatikan tabel berikut:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Rp5.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar di atas bisa Anda jadikan bahan perkiraan biaya dan pertimbangan sebelum memutuskan mengunjungi Pantai ini.

Anda juga bisa mendapatkan kemudahan mengunjungi tempat wisata di Jogja lainnya dengan menggunakan paket wisata dari biro perjalanan. Paket ini juga memungkinkan Anda menikmati berbagai makanan khas Jogja yang enak atau berbelanja oleh-oleh khas Jogja yang Anda inginkan selama liburan.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Wediombo

Pantai Wediombo terletak di daerah Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul dan masih satu lokasi dengan beberapa pantai. Jaraknya dari Kota Wonosari sekitar 35 km dengan waktu tempuh kurang lebih 56 menit perjalanan melewati Goa Jemblang.

Anda bisa mendapatkan rute terbaik menuju Pantai ini dengan menggunakan petunjuk navigasi dari Google Maps. Bisa juga dengan memanfaatkan jasa sopir rental hiace Jogja atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi.

Jam Operasional Pantai Wediombo

Tidak ada batasan waktu untuk Anda yang ingin datang ke Pantai Wediombo karena tempat ini terbuka selama 24 jam penuh. Anda bisa datang kapanpun Anda mau namun waktu terbaik untuk berkunjung biasanya saat pagi hari atau sore menjelang matahari terbenam.

Usahakan untuk datang saat musim kemarau atau musim panas sedang berlangsung agar terhindar dari hujan atau cuaca mendung selama berkunjung. Dengan begitu Anda bisa dengan puas menikmati keindahan Pantai ini yang begitu menawan tanpa gangguan.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)