SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Memilih penginapan dalam traveling merupakan satu hal yang penting. Saat liburan Anda dapat menginap di hotel, resort, villa, hostel, dan lainnya. Namun, sebelum memutuskan untuk menginap di mana saat liburan, tahukah Anda perbedaan mendasar antara hotel dan resort?

Pergi wisata atau liburan ke suatu tempat merupakan satu kegiatan yang menjadi agenda wajib untuk refreshing melepas penat. Hampir setiap tempat wisata di Indonesia, tentu memiliki tempat penginapan seperti hotel atau resort.

Banyak penginapan yang mencantumkan istilah resort atau hotel dalam penggunaan nama penginapannya. Walaupun sama-sama merupakan penginapan, namun antar keduanya mempunyai perbedaan yang cukup mendasar, lho.

Apa saja itu? Sebelum itu terlebih dahulu mengetahui mengenai apa itu hotel dan resort.

Apa itu Hotel?

hotel

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Menurut KBBI, hotel merupakan bangunan berkamar yang disewakan sebagai tempat menginap kepada orang yang sedang melakukan perjalanan. Hotel merupakan bentuk akomodasi penginapan yang dikelola secara komersil.

Menurut Keputusan Menteri Parpostel No. KM 94/HK103/MPPT 1987, definisi hotel adalah jenis akomodasi yang menggunakan sebagai atau seluruh bangunan untuk penginapan. Pengelola akan memberikan pelayanan kepada tamu berupa layanan penginapan, penyediaan konsumsi, dan jasa lainnya.

Menurut Endar Sri dalam bukunya ‘Pengantar Akomodasi dan Restoran’, hotel merupakan sebuah bangunan untuk penginapan yang pengelolaannya dilakukan secara komersial.

Sedangkan menurut Lawson, hotel merupakan bangunan yang digunakan sebagai tempat tinggal umum untuk para wisatawan yang datang. Pihak pengelola hotel akan memberikan pelayanan sewa kamar, makanan dan minuman, serta layanan akomodasi lainnya. Namun, para tamu yang hendak mendapatkan pelayanan tersebut harus membayarnya.

Berdasarkan definisi dari kamus, pendapat para ahli serta aturan yang berlaku sehingga menjurus ke dalam satu definisi yang sama. Definisi hotel secara umum yaitu sebuah bangunan atau rumah yang dikelola secara komersial.

Biasanya ukurannya besar dan mampu menampung banyak pengunjung. Selain itu hotel juga akan memberikan pelayanan jasa lainnya. Seperti layanan cuci pakaian, makanan dan minuman, serta layanan akomodasi lainnya yang tamu butuhkan.

Apa itu Resort?

resort

Melansir dari beberapa sumber buku berikut ini merupakan definisi resort.

“Resort adalah jasa layanan sektor pariwisata yang di dalamnya terdapat sedikitnya minimal 5 fasilitas penunjang. Yaitu layanan makanan dan minuman, hiburan, outlet penjualan serta fasilitas rekreasi” –(O’Shannessy et al., 2001:5)

“Resort merupakan sebuah bangunan untuk tempat menginap. Di mana terdapat fasilitas khusus untuk hiburan bersantai dan berolahraga seperti tennis, jogging, golf, dan spa. Bagian resepsionis harus seorang yang ahli, berpengalaman, serta mengetahui seluk beluk lingkungan resort. Agar bila ada tamu yang datang untuk melihat resort dapat menjelaskan dengan baik.” –Pendit (1999).

Secara umum resort termasuk penginapan yang biasanya dibangun dalam lahan yang masih asri dan alami. Banyak pemandangan indah dan masih banyak pepohonan. Pemilihan lahan bangunan biasa di pantai atau pegunungan.

Desain bangunannya pun akan dibentuk sekreatif mungkin. Selain itu terdapat berbagai sarana fasilitas untuk menunjang selama berada di resort. Seperti kolam renang, spa, permainan yang rekreatif, hingga tempat belanja yang menjual aneka souvenir khas daerah.

Perbedaan Hotel dan Resort

Hotel dan Resort

Hotel merupakan sebuah bangunan yang memberikan layanan tempat untuk menginap bagi orang yang sedang dalam perjalanan. Biasanya hotel tidak memberikan persewaan kamar saja, melainkan juga memberikan pelayanan seperti penyediaan makanan, cuci pakaian, dan layanan lainnya. Namun untuk mendapatkan itu semua tentu harus membayar.

Sedangkan resort juga merupakan akomodasi penginapan dan menawarkan layanan relaksasi serta menyediakan fasilitas rekreatif bagi tamunya. Pada dasarnya resort juga merupakan hotel, namun resort lebih banyak mempunyai akomodasi, fasilitas, dan aktivitas yang beragam. Mungkin kalau di Bogor, Resort yang cukup terkenal ada Pullman Ciawi Vimala Hills Resort.

Selain itu tadi, lalu apa lagi perbedaan antara hotel dan resort? Simak perbedaannya dalam ulasan berikut ini.

Perbedaan Aktivitas

Mulai dari aktivitas, di resort biasanya cenderung mempunyai banyak pilihan kegiatan yang hanya berjarak beberapa meter saja dari kamar tidur. Sebaliknya, hotel biasanya lebih dekat dengan fasilitas umum dan aktivitas yang dapat Anda lakukan tertabatr tidak seleluasa seperti resort.

Perbedaan Tipe Hotel dan Resort

Menurut Isa Ismail Rauf, General Manager Hotel The Gunawarman, saat ini hotel yang populer langgan tempat menginap adalah city hotel. Yakni hotel yang terletak di kawasan tengah perkotaan dan dekat dengan banyak fasilitas umum seperti beberapa hotel dekat Maliboro.

Tipe Hotel Berbintang

City hotel masih terbagi ke dalam beberapa jenis lagi. Salah satunya yaitu tipe budget hotel atau hotel yang hanya memfasilitasi layanan penginapan saja, biasanya jarang menyediakan fasilitas penunjang lain. Paling mentok hanya menyediakan sarapan saja. Kategori ini biasa masuk untuk hotel bintang 1-2.

Sedangkan yang tergolong ke dalam hotel bintang 3, menurut Isa yaitu, hotel yang menyediakan layanan penginapan kamar, restoran, dan ruang meeting. Sehingga tidak hanya dapat menginap, beberapa acara rapat dan seminar juga bisa dilakukan.

Kemudian yang termasuk ke dalam kategori hotel bintang 4 yaitu hotel yang mempunyai kamar dengan jenis suite room. Apa itu kamar suite room? kamar yang menyediakan beberapa ruangan selain ruang tidur. Biasanya terdapat ruang keluarga, ruang makan, bahkan ruang tamu.

Lalu untuk hotel bintang 5 tentu layanan dan fasilitas yang ada jauh lebih lengkap daripada hotel bintang 4. Bangunan hotel biasanya luas dan besar. Selain sebagai tempat penginapan juga menyediakan fasilitas umum yang lebih lengkap. Mulai dari tempat olahraga, area rekreasi, restoran, bar, spa, gym area.

Kualifikasi Jenis Resort

Tidak jauh berbeda dengan hotel, resort juga mempunyai standar kualifikasi tersendiri untuk menentukan bintangnya. Suatu resort akan mendapatkan label bintang sesuai dengan fasilitas dan nilai yang diberikan.

Semakin lengkap fasilitas yang tersedia dan semakin mewah maka tentu bintang yang tersemat akan semakin tinggi pula. Itulah mengapa, banyak resort yang menawarkan jenis wisata yang lebih nyaman untuk liburan santai dengan fasilitasnya yang lengkap tergantung lokasinya.

Jenis Resort

Resort sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yang pertama yaitu mountain resort. Jenis ini berada di lokasi sekitar pegunungan. Jadi, sewaktu membuka jendela kamar, Anda akan langsung merasakan udara pegunungan yang khas.

Selanjutnya tipe beach resort. Lokasi penginapannya berada di pinggir pantai langsung. Anda akan merasakan suasana pantai saat terbagun dari tidur dan keluar kamar. Resort model ini biasanya menjadi pilihan banyak traveler, sebab memberikan ketenangan yang lebih.

Selain itu jika ada resort di pinggir pantai biasanya di sekitaran sana juga terdapat objek wisata pantai. Seperti halnya resort di Pantai Legian Bali yang menyediakan wahana dan tempat penginapan. Memang resort di Bali terkenal dengan banyaknya penginapan di pinggiran pantai.

Namun, di sisi lain tidak semua resort itu berada di pegunungan atau pesisir pantai. Banyak resort yang terletak di perkotaan bahkan di pedesaan. Meskipun begitu, mampu menawarkan pemandangan pegunungan atau pantai. Resort jenis ini disebut dengan mountain or beach view resort.

Perbedaan Fasilitas Hotel dan Resort

Dari segi fasilitas baik hotel dan resort tentunya sama-sama mempunyai pelayanan standard seperti tempat tidur, kamar mandi, tempat makan, dan lain-lain.

Umumnya hotel hanya melayani tamu urusan bisnis yang pergi dalam waktu singkat. Fasilitas tambahan hotel meliputi, kolam renang restoran, area olahraga, hingga taman.

Sementara resort, berfokus untuk menonjolkan sisi kemewahan dan kenyamanan tamunya serta fasilitas yang ada lebih banyak.

Berbagai sarana seperti kolam renang, taman bermain, permainan yang rekreatif, hingga pusat perbelanjaan tersedia di dalam resort. Hal tersebut tidak lain agar para tamu yang menginap termotivasi untuk melakukan berbagai kegiatan yang seru.

Tentunya semakin tinggi tingkatan bintang hotel dan resort maka ketersediaan sarana dan prasarananya akan lebih lengkap dan mewah. Namun secara umum, fasilitas di hotel fokus untuk kenyamanan bermalam, sedangkan resort untuk kenyamanan berwisata.

Perbedaan Lokasi Hotel dan Resort

Perbedaan lain hotel dan resort ada pada pemilihan letak lokasinya. Umumnya hotel terletak di lokasi yang cukup strategis seperti di tengah perkotaan yang dekat dengan fasilitas umum.

Hal ini untuk memudahkan para pengunjung yang menginap untuk menjangkau ke tempat-tempat strategis. Semuanya disesuaikan dengan kebutuhan para tamunya. Ada yang menginap untuk urusan bisnis atau tempat singgah untuk liburan.

Maka tak heran, bila hotel banyak dekat dengan objek wisata populer, pusat perbelanjaan, dan kawasan strategis lainnya. Seperti halnya beberapa hotel murah di Jogja terkenal yang memiliki akses mudah ke tempat wisata dan pusat perbelanjaan.

Sementara berbeda dengan resort yang terletak jauh dari pusat keramaian. Resort banyak ada di pedesaan, pantai, atau pegunungan. Memang resort lebih menawarkan pengalaman menginap di tempat yang lebih intimate.

Seperti resort Royal Tulip Gunung Geulis yang berada di kawasan puncak, Bogor. Dengan begitu, wisatawan bisa lebih nyaman dan tenang untuk berwisata, healing, hingga berbulan madu di kawasan resort.

Mana yang Terbaik Hotel atau Resort

Hotel dan Resort Terbaik

Setelah mengetahui berbagai informasi mengenai hotel dan resort, mulai dari definisi, jenis, fasilitas, dan lokasi tempatnya kira-kira mana yang terbaik? Semua itu tergantung dari tujuan utama perjalanan Anda.

Apakah untuk perjalanan urusan bisnis, atau memang murni untuk liburan. Keduanya memiliki sisi plus minusnya dan juga tergantung budget yang Anda miliki. Sebab akomodasi yang bagus baik hotel maupun resort tentu biayanya tidak murah.

Namun jika Anda ingin menikmati hotel berbintang atau resort berkelas dengan biaya lebih murah, bisa manfaatkan layanan dari biro perjalanan. Dengan paket tour travel murah yang tersedia seperti di Salsa Wisata biaya liburan Anda bisa lebih murah.

Sebab dalam paket tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan akomodasi dan berbagai pilihan destinasi terbaik sesuai budget dan keinginan. Jadi tidak perlu repot lagi mengurus semuanya sendiri, semua sudah terlayani dan siap untuk Anda nikmati.

Langsung saja hubungi kami untuk mendapatkan pengalaman liburan terbaik dengan biaya terjangkau. Semoga dapat bermanfaat dan selamat liburan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Zaki

Penulis yang senang makan dan melakukan hal menyenangkan sambil jalan-jalan bersama rekan.
By Categories: Akomodasi, Pengetahuan



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)