SalSari Resto & Coffee

Untuk negara tropis seperti Indonesia, wisata air tidak pernah kekurangan peminat. Apalagi di musim kemarau. Kebetulan, Subang, salah satu kabupaten di Jawa Barat, juga punya wisata air ini. Namanya Planet Waterboom Subang.

Waterboom ini sebetulnya sudah lama berdiri di Subang, dari sejak tahun 2010. Sebetulnya, Planet Waterboom bukan cuma ada di Subang saja. Ada beberapa Planet Waterboom lain di tempat lain, seperti misalnya di Purwasari, Cikampek, dan Gorontalo.

Kesemuanya sama-sama kolam renang bertipe waterboom, seperti namanya. Yang membedakan cuma fasilitas dan jenis wahana di tiap tempat. Kali ini, mari kita bahas yang ada di Subang.

Sekilas Tentang Planet Waterboom Subang

wisata Planet Waterboom Subang

Sebagai salah satu taman rekreasi terkenal di Jawa Barat, Planet Waterboom Subang punya kolam renang yang luas dan dilengkapi dengan berbagai wahana seru.

Seperti layaknya waterpark, di sini kolam-kolamnya terpisah berdasarkan kedalamannya. Ada kolam untuk anak-anak dan kolam dewasa.

Selain itu, ada juga kolam-kolam khusus yang dilengkapi dengan berbagai wahana air yang seru. Anda bisa nikmati kolam ombak dan kolam arus kalau ingin menikmati sensasi tergulung ombak dan terbawa arus. Tenang saja, ini tidak seperti di laut atau di sungai, kok. Semuanya aman.

Ada juga berbagai jenis seluncuran. Anda bisa memilih mau naik seluncuran yang mana. Ada seluncuran yang panjang dan tinggi, khusus untuk orang-orang dewasa. Di kolam anak pun ada seluncurannya sendiri.

Serunya bermain di waterboom ini juga didukung oleh suasana sekitar yang sangat asri. Bagi yang belum tahu, Subang itu memang identik dengan persawahan yang menghijau, tidak seperti kota besar dI Jawa Barat yang hiruk-pikuk. Lihat saja The Ranch Ciater. Selalu sejuk, bukan?

Di sini pun sama seperti itu. Banyak pohon rimbun yang tumbuh di pinggir-pinggir kolam. Jadi, meski di siang hari, main air di sini tidak akan terasa panas.

Fasilitas Planet Waterboom Subang

fasilitas Planet Waterboom Subang

Sama seperti The Jungle Waterpark di Bandung, Planet Waterboom juga dilengkapi dengan fasilitas standar waterpark. Ada toilet, kamar mandi, kamar ganti, kamar bilas, loker untuk menyimpan barang, dan penyewaan pelampung.

Untuk fasilitas standarnya, ada tempat parkir yang luas serta tempat ibadah. Fasilitas tambahannya meliputi taman, berbagai wahana dan atraksi air, playground, dan kantin. Kantin ini bisa Anda nikmati setelah lelah berenang. Ada berbagai kuliner khas Jawa Barat lezat yang harus Anda coba.

Harga Tiket Masuk Planet Waterboom Subang

Jika dibandingkan dengan waterpark-waterpark lainnya, harga tiket masuk Planet Waterboom Subang terbilang murah. Berikut rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Senin-Jumat Rp30.000,00
Tiket masuk Sabtu Rp35.000,00
Tiket masuk Minggu dan tanggal merah Rp40.000,00
Parkir motor Rp3.000,00
Parkir mobil Rp5.000,00

Siapkan juga uang tunai untuk sewa pelampung dan beli makanan di kantin serta oleh-oleh khas Jawa Barat tahan lama yang bisa Anda temukan di kedainya. Anak di bawah usia 1 tahun bebas biaya masuk.

Rute Menujut Planet Waterboom Subang

rute Planet Waterboom Subang

Planet Waterboom Subang ini letaknya sangat strategis, yakni di pusat kota. Selain itu, tempat wisata ini juga dekat dengan berbagai fasilitas umum, dari mulai pusat perbelanjaan sampai hotel.

Kalau Anda berangkat dari alun-alun Subang, cuma butuh waktu 10 menit untuk mencapai tempat wisata ini. Jaraknya cuma 3 km.

Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, karena tentu lebih leluasa bepergian dengan kendaraan sendiri. Namun, jika Anda belum pernah ke Subang dan takut tersasar, Anda bisa menggunakan layanan rental mobil Innova plus driver.

Tentu saja, Anda bisa berangkat dari Bandung. Jangan khawatir, sopirnya sudah tentu hafal rute jalan. Jadi, Anda bisa duduk tenang dari Bandung sampai Subang.

Daya Tarik Planet Waterboom Subang

Sebagai tempat wisata air, tentu saja daya tarik utamanya adalah kolam dan wahana-wahananya. Berikut ini kolam-kolam dan wahana-wahana yang bisa Anda nikmati di Planet Waterboom Subang:

Kolam Anak

kolam anak Planet Waterboom Subang

Begitu masuk, Anda akan langsung melihat kolam anak-anak. Wahana yang ada di sini tentu juga disesuaikan dengan anak-anak. Ada seluncuran warna-warni, ember tumpah, dan berbagai patung binatang yang bisa jadi objek foto instagramable.

Meski ini cuma kolam anak-anak, areanya sangat luas. Meskipun ada banyak pengunjung, anak-anak tidak akan berdesakan. Mereka juga bisa leluasa bermain.

Di area samping kolam, disediakan tempat-tempat duduk untuk para orangtua mengawasi anak-anaknya bermain.

Jangan khawatir, kolam anak ini tidak dalam. Kalau Anda ingin memastikan anak Anda aman, Anda bisa sewa pelampung atau ban. Persewaan pelampung ini ada tepat di pinggir kolam.

Kolam Dewasa

kolam dewasa Planet Waterboom Subang

Kolam renang dewasa lokasinya tepat di sebelah kolam anak. Nah, di sini ini Anda bisa menemukan seluncuran yang menantang dan memompa adrenalin.

ada tiga seluncuran di sini. Yang paling tinggi yang warnanya kuning. Ada banyak lekukan dan belokan, lengkap dengan semprotan air supaya licin. Anda bisa meluncur dengan kecepatan tinggi.

Bermain di seluncuran warna kuning harus pakai ban dengan dua lubang. Jadi, Anda bisa meluncur bersama anak atau pasangan. Selain itu, ada juga seluncuran berwarna oranye yang tidak kalah seru. Anda juga butuh pelampung untuk bisa meluncur di sni.

Kalau sudah lelah main seluncuran, Anda bisa bersantai di lazy river yang mengeliling wahana seluncuran. Di sini, Anda bisa duduk tenang di atas ban sambil mengapung di sepanjang “sungai” buatan.

Wahana Kolam Arus

kolam arus Planet Waterboom Subang

Kalau di lazy river Anda bisa mengapung dengan tenang, di kolam arus, Anda bisa menikmati arus yang menggulung sambil pakai pelampung. Tidak seperti kolam-kolam lainya, kolam arus ini bentuknya memanjang, dibuat persis seperti sungai.

Anda bisa merasakan sensasi mengapung terbawa arus. Seperti di sungai betulan! Namun jangan khawatir, arusnya tidak ganas, kok. Anda cuma akan terombang-ambing di atas kolam ini. Tentunya dipayungi pohon-pohon di atasnya.

Wahana Kolam Ombak

kolam ombak Planet Waterboom Subang

Seperti yang sudah bisa Anda tebak dari namanya, Anda bisa merasakan sensasi tergulung ombak di kolam yang satu ini. Ombak buatan ini dibuat sama seperti yang ada di luat, sama-sama bisa bergulung.

Ini adalah salah satu spot favorit pengunjung. Sambil memakai pelampung, Anda bisa coba rasanya terhempas ombak. Karena ombaknya dibuat persis seperti asli, kedalaman ombak tidak sama dari pinggir ke tengah. Kalau di pinggir masih dangkal, tapi makin ke tengah jadi makin dalam.

Jam Operasional Planet Waterboom Subang

Planet Waterboom Subang buka tiap hari dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Kalau tidak ingin berenang di tempat yang ramai, Anda bisa datang di pagi hari, hari Senin sampai Jumat.

Biasanya, di akhir pekan tempat ini selalu ramai dari pagi sampai sore. Persiapkan segala barang kebutuhan  sebelum berangkat seperti baju ganti, peralatan mandi, dan bekal makanan.

Ingin mengeksplor Subang dan kota-kota di sekitarnya? Anda bisa hubungi Salsa Wisata. Kami adalah penyedia jasa liburan yang bisa memberikan Anda itinerary liburan lengkap.

Anda bisa pesan paket wisata Bandung 1 hari dari Salsa Wisata. Tentukan sendiri destinasi wisata mana yang ingin Anda kunjungi. Boleh juga kunjungi area di luar Bandung, seperti di Subang ini.

Semua bisa disesuaikan dengan budget Anda juga. Harga paket yang Anda bayarkan sudah termasuk akomodasi, makan, dan transportasi.

Tentu lebih hemat dan efisien, kan, ketimbang harus pesan hotel, transportasi, dan makan sendiri-sendiri? Hubungi kami sekarang juga untuk merencanakan liburan Anda.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (9 votes)