SalSari Resto & Coffee

Pulau Bawean termasuk salah satu pulau terindah di Indonesia yang bisa Anda jadikan destinasi wisata. Keindahan panorama lautnya tidak kalah dari tempat-tempat wisata terkenal seperti di Bali maupun Lombok.

Berbagai aktivitas seru pun bisa Anda lakukan di pulau kecil ini. Mulai dari snorkeling, bermain di pantai, merasakan segarnya air terjun dan danau, hingga memberi makan rusa bisa Anda lakukan di sini.

Sehingga wajar jika banyak biro wisata menjadikan pulau ini sebagai salah satu destinasi dalam paket gathering murah mereka. Penasaran dengan keseruan lain dari pulau kecil ini? Berikut informasi selengkapnya:

Sekilas Tentang Pulau Bawean

Pulau Bawean Gresik

Pulau Bawean merupakan pulau kecil di Laut Jawa yang masuk dalam administrasi Kabupaten Gresik. Meski hanya seluas 196.97 km persegi, pulau ini memiliki sejarah panjang dan pesona yang menarik.

Nama Bawean sendiri berasal dari Bahasa Sansekerta yang berarti adanya sinar matahari. Menurut cerita, penamaan tersebut berawal pada tahun 1350 saat pelaut Kerajaan Majapahit terjebak badai Laut Jawa dan selamat berkat terdampar di pulau ini saat matahari terbit.

Di samping namanya tersebut, pulau ini juga punya banyak daya tarik. Pantai berpasir putih bersih, danau di tengah pulau, hingga rusa Bawean yang langka menjadi hal yang membuat pulau ini begitu istimewa.

Apalagi fasilitas di pulau ini sangat lengkap mulai dari penginapan, pelabuhan, hingga bandara semua ada. Dengan begitu wisatawan yang berkunjung bisa menikmati liburan dengan sangat berkesan seperti saat mengunjungi tempat wisata hits Jawa Timur lainnya.

Harga Tiket Masuk Pulau Bawean

Tiket masuk Pulau Bawean ini tidak ada atau dengan kata lain gratis. Namun Anda tetap perlu menyiapkan budget untuk melakukan penyeberangan dari Gresik menggunakan kapal atau dari Surabaya menggunakan pesawat.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Pulau Gratis
Tiket Masuk Wisata Mangrove Rp5.000,00
Penyeberangan Kapal Bahari Express Rp170.000,00 – Rp220.000,00
Penyeberangan Kapal Gili Iyang Anak Rp61.000,00
Penyeberangan Kapal Gili Iyang Dewasa Rp80.000,00
Penyeberangan Kapal Gili Iyang Dewasa + Motor Rp83.500,00
Penyeberangan Natuna Express Rp146.000,00 – Rp162.500,00
Susi Air Surabaya Bawean Rp455.750,00
Susi Air Sumenep Bawean Rp403.610,00

Rute Menuju Lokasi Pulau Bawean

Lokasi Pulau Bawean

Pulau Bawean terletak di pesisir utara Gresik yang jaraknya sekitar 120 km. Dari Surabaya sendiri pulau ini berjarak sekitar 150km lebih. Meski jauh Anda tetap bisa mengunjungi pulau ini dengan mudah.

Salah satunya melalui pelabuhan penyeberangan kapal dari Gresik yang melayani penyeberangan kapal express atau kapal ferry. Penyeberangan ini membutuhkan waktu tempuh sekitar 4 sampai 9 jam tergantung cuaca dan jenis kapal yang Anda gunakan.

Opsi lain bisa dengan menggunakan pesawat dari Susi Air yang menyediakan jalur penerbangan Surabaya Bawean dan Sumenep Bawean. Agar Anda bisa lebih mudah memesan tiket penyeberangan, manfaatkan saja rental mobil murah terdekat yang juga menyediakan layanan tersebut.

Jam Buka Pulau Bawean

Pulau Bawean buka setiap hari selama 24 jam, namun tidak dengan sarana penyeberangannya. Kapal penyeberangan menuju pulau ini sebagian besar baru mulai beroperasi pukul 09.00 WIB dan hanya ada di hari-hari tertentu, begitu juga dengan pesawat.

Jadi Anda perlu rencanakan jadwal keberangkatan dengan sangat matang agar bisa datang sesuai jadwal yang ada. Dengan begitu Anda bisa menikmati momen liburan dengan lebih tenang dan menyenangkan.

Daya Tarik Pulau Bawean

Sebagai salah satu tempat wisata hits Gresik, pulau ini tentu punya banyak daya tarik yang membuatnya istimewa. Berikut ini beberapa aktivitas menarik serta daya tarik yang bisa Anda dapatkan selama berkunjung:

Bermain di Pantai Pasir Putih

Seperti halnya Pantai Delegan, pasir yang ada di setiap pantai pulau ini berwarna putih bersih. Lautnya pun jernih berwarna kebiruan sehingga panorama bawah lautnya bisa terlihat jelas.

Suasana tepi pantai yang tenang membuat pengalaman bermain di pantai ini jadi sangat berkesan. Sebab Anda bisa sepuasnya bermain air maupun pasir tanpa takut mengganggu pengunjung yang lain.

Menyelam dan Snorkeling

Spot Snorkeling Pulau Bawean

Keindahan bawah laut pulau ini juga sangat menawan sehingga sering jadi tempat wisatawan snorkeling maupun diving. Salah satu spot favorit untuk kedua aktivitas ini adalah Pulau Noko Selayar dan Pulau Gili Noko.

Kedua pulau kecil di sekitar Bawean ini menawarkan kecantikan dari berbagai macam biota laut seperti ikan beraneka warna dan terumbu karang. Saat berkunjung ke tempat ini pastikan Anda membawa peralatan lengkap dan tentunya kamera bawah air.

Bersantai Menikmati Sunset dan Sunrise

Sesuai dengan namanya, pulau ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk menikmati momen matahari terbit atau tenggelam. Keindahan momen singkat di pagi dan sore hari ini bisa Anda saksikan dengan jelas dari Gili Noko.

Sehingga tidak sedikit wistawan yang berencana melakukan snorkeling di pulau ini juga mendirikan tenda untuk camping. Momen indah matahari terbit di ufuk timur dan tenggelam di barat bisa jadi momen yang paling berkesan selama Anda liburan.

Bermain Air di Danau

Danau Kastoba

Selain keindahan pantai, pulau ini juga memiliki danau besar yang terletak di tengah pulau yakni Danau Kastoba. Danau ini berada di ketinggian bukit sehingga view yang terlihat sangat menawan.

Untuk mencapai lokasi danau, Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu menaiki bukit. Setibanya di lokasi, Anda bisa bebas berenang dan bermain air di tepian menikmati suasana sejuk dan asri alam Bawean.

Melihat Keindahan Air Terjun

Tidak sampai di situ saja, pulau ini juga mempunyai banyak air terjun yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya air terjun setinggi 25 meter, Air Terjun Laccar yang terletak di Kecamatan Sangkapura.

Air terjun ini bisa Anda akses dengan mudah baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Seperti halnya Danau Kastoba, untuk tiba di lokasi Anda perlu berjalan kaki sekitar 15 menit melewati jalan setapak yang tersedia.

Kulineran di Hutan Mangrove

Mangrove Pulau Bawean

Untuk Anda yang senang kulineran, bisa pula mengunjungi Wisata Mangrove Hijau Daun. Selain dapat berjalan kaki menjelajah kawasan hutan mangrove yang lebat, Anda juga bisa menikmati ikan bakar dan sejumlah makanan khas Indonesia.

Ada tempat khusus yang sudah pihak pengelola sediakan untuk pengunjung makan-makan menikmati ikan bakar. Pihak pengelola juga sudah menyediakan spot foto apik di setiap sisi untuk membuat liburan Anda semakin berkesan.

Berinteraksi Dengan Rusa Langka

Satu lagi hal wajib yang tidak boleh Anda lewatkan saat berada di Bawean tentu saja mengunjungi penangkaran rusa. Rusa yang ada di sini merupakan rusa langka yang hanya bisa Anda temukan di Bawean.

Pengunjung yang datang bisa ikut melihat dan memberi makan pada saat waktu tertentu. Selain rusa, di sini Anda juga dapat melihat hewan lain seperti babi bagong dan juga babi kutil atau babi Jawa.

Fasilitas Wisata di Pulau Bawean

Fasilitas Pulau Bawean

Meski pulau kecil, fasilitas wisata di pulau ini cukup lengkap. Anda bisa dengan mudah menemukan penginapan dan sejumlah tempat makan makanan khas Jawa Timur di sekitar pulau termasuk di Pulau Gili.

Pulau ini juga sudah memiliki pelabuhan dan bandara sendiri sehingga akses menuju pulau sangat mudah. Begitu pula dengan jalan-jalan di sekeliling pulau yang sudah sangat memadai untuk berbagai kendaraan.

Untuk Anda yang ingin snorkeling atau diving juga tidak perlu membawa peralatan sendiri. Karena di tempat wisata ini sudah ada tempat yang menyediakan rompi lifeguard serta peralatan snorkeling lainnya.

Agar liburan Anda mengunjungi Pulau Bawean bisa lebih mudah, manfaatkan saja layanan dari Biro Perjalanan seperti Salsa Wisata. Layanan yang tersedia seperti rental mobil, bus pariwisata, paket wisata dan lainnya siap melayani semua kebutuhan perjalanan Anda.

Mulai dari berangkat hingga pulang membawa oleh-oleh khas Jawa Timur yang Anda inginkan bisa Anda dapatkan. Jadi tunggu apalagi hubungi kami sekarang dan dapatkan pengalaman liburan paling berkesan di Jawa Timur dan berbagai tempat menarik lainnya.



By Categories: Destinasi, Gresik

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)