Pantai Pulau Kelagian Lampung adalah salah satu Maldives Indonesia Lampung yang kerap jadi incaran para wisatawan dari berbagai daerah. Pulau ini terdiri dari dua kawasan daratan, yaitu Kelagian Besar dan Kelagian Kecil.

Kedua pulau ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, dengan pasir putih yang halus dan air laut yang jernih berwarna biru toska. Pulau ini juga suguhkan banyak spot snorkeling terbaik lengkap dengan keindahan biota lautnya.

Sekilas tentang Pulau Kelagian

harga tiket masuk pulau kelagian wikipedia

Pulau Kelagian Kecil dan Besar merupakan kawasan pulau tak berpenghuni namun memiliki pesona alam yang luar biasa cantik. Wajar jika kawasan pantainya digadang-gadang sebagai salah satu pantai indah di Indonesia yang tersembunyi.

Letak pulau ini berjarak cukup jauh dari pusat Kota Bandar Lampung, yaitu sekitar 30 km dan dapat dicapai dengan menyewa kapal dari Pelabuhan Ketapang. Oleh karenanya, persiapkan fisik sebelum liburan ke pulau ini.

Melansir dari Wikipedia, pulau ini merupakan bagian dari kawasan wisata Teluk Ratai Pesawaran yang juga mencakup Pulau Pahawang dan Pulau Tegal.

Jadi tak heran jika ada begitu banyak fasilitas pendukung yang membuat para wisatawan betah liburan di sini. Ada fasilitas jelajah pulau dengan perahu dan ferry. Lalu ada fasilitas khusus snorkeling, dan masih banyak lainnya.

Lokasi Pulau Kelagian

Lokasi Pulau Kelagian ini berada di Desa Gebang, Kecamatan Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung. Pulau ini berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Bandar Lampung, dan dapat dicapai dengan menyewa kapal dari Pelabuhan Ketapang.

Waktu tempuh dari pelabuhan ke pulau sekitar 20 menit saja. Untuk rutenya, Anda dapat mengeceknya di Google Maps di ponsel pintar Anda.

Demi kemudahan mobilitas selama berwisata di pulau ini, disarankan untuk manfaatkan jasa sewa kendaraan dari Salsa Wisata. Tarifnya murah dan armadanya beragam, menyesuaikan kebutuhan kapasitas.

Misal paket sewa mobil Hiace Bandar Lampung yang memang cocok untuk agenda liburan bersama rombongan. Lain lagi bila untuk liburan keluarga; Salsa Wisata juga hadirkan jasa sewa mobil keluarga.

Jam Buka Wisata Pulau Kelagian

Pulau ini buka setiap hari, mulai dari pagi hingga sore hari. Jadi, ada pembatasan jam buka Pulau Kelagian, yaitu tepatnya dari pukul 06.00 sampai dengan pukul 18.00 WIB. Sebab, pulau ini tidak berpenghuni.

Tidak ada penginapan atau fasilitas umum di sini. Jadi, jika Anda ingin menginap di pulau ini, Anda harus membawa tenda dan peralatan camping sendiri.

Opsi lainnya adalah menginap di Pulau Pahawang di Lampung yang lebih dekat dengan Pelabuhan Ketapang dan memiliki banyak pilihan penginapan dengan rate yang bervariasi.

Mulai dari penginapan yang murah hingga penginapan yang mahal berfasilitas sangat memadai layaknya hotel-hotel bintang 5 di kota-kota besar.

Harga Tiket Masuk Pulau Kelagian

Untuk masuk ke kawasan wisata Kelagian Besar ini, Anda harus membayar biaya masuk dengan harga tiket masuk yang cukup terjangkau.

Selain itu, Anda juga harus menyewa kapal untuk menyeberang ke pulau dengan tarif yang bisa dibilang cukup mahal.

Jika Anda ingin snorkeling di pulau ini, Anda juga harus menyewa peralatan snorkeling dan kaki katak dengan biaya tambahan.

Berikut adalah info kisaran biaya liburan di pulau ini, mulai dari harga tiket masuk Pulau Kelagian, biaya sewa kapal, dan biaya sewa peralatan snorkeling:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp30.000,00 per kapal
Sewa Kapal Ferry Rp350.000,00 per 6 orang
Sewa Peralatan Snorkeling Sekitar Rp50.000,00 per orang

Akan perlu biaya tambahan lagi bila ingin menginap di penginapan terdekat, yaitu penginapan di Pulau Pahawang Besar. Rata-rata rate penginapan di pulau tersebut tidak mahal.

Namun fasilitas kamarnya sekelas dengan kualitas fasilitas setingkat dengan fasilitas hotel bintang 5 di Jakarta terbaik.

Daya Tarik Wisata Pulau Kelagian

snorkeling pulau kelagian besar

Pulau kecil ini memiliki banyak daya tarik yang membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung ke sini. Berikut adalah beberapa daya tarik yang bisa Anda nikmati:

  • snorkeling di spot-spot yang direkomendasikan seperti Spot Nemo, Spot Pasir Timbul, dan Spot Batu Karang
  • bermain wahana air yang menantang seperti banana boat, dout boat, flying fish, dan jet ski
  • bersantai di pasir putih yang lembut dan halus
  • berjemur di pantai bersama orang-orang terkasih seperti keluarga, sahabat, atau pasangan
  • berenang di laut yang berair jernih dan berwarna biru toska
  • berswafoto dengan latar belakang pemandangan pantai yang cantik
  • camping di pantai yang eksotis di mana Anda bisa nikmati suasana malam yang romantis dan tenang.

Fasilitas di Pulau Kelagian

spot foto pantai pulau kelagian

Karena pulau ini tidak berpenghuni, fasilitas di sini sangat terbatas. Tidak ada penginapan atau fasilitas umum seperti toilet atau kamar mandi. Jadi, Anda harus membawa peralatan mandi sendiri jika ingin menginap di sini.

Namun, ada beberapa gazebo yang disediakan untuk tempat berteduh atau bersantai bagi wisatawan. Ada juga beberapa warung makanan dan minuman yang menjajakan makanan ringan atau makanan laut segar bagi wisatawan.

Jika beruntung, Anda juga dapat menjumpai warung kecil yang menjajakan beberapa pilihan menu makanan khas Lampung Selatan.

Itulah ulasan tentang salah satu pulau kecil namun memiliki pesona keindahan alam yang luar biasa. Dengan potensi pariwisata yang besar ini, diharapkan tempat ini akan terus berkembang, terutama bagian fasilitasnya.

Bagi yang tertarik untuk menjadikan Pulau Kelagian Lunik ini sebagai destinasi liburan mendatang, reservasi paket wisata domestik di Salsa Wisata. Dengan layanan ini, kami akan siap membantu realisasikan liburan impian Anda.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Apa yang menarik minat Anda?

5/5 - (2 votes)