SalSari Resto & Coffee

Indonesia memang kaya akan keindahan pulau-pulau kecilnya. Sebut saja misalnya ada Pulau Pahawang yang berada di Lampung. Pulau ini bahkan sudah terkenal di kalangan wisatawan dari berbagai penjuru Nusantara.

Artinya, pengunjung yang datang ke tempat wisata Lampung hits ini bukan warga lokal saja. Tetapi juga dari berbagai kota. Sebab ada banyak sekali daya tarik wisata baik itu keindahan pulau, pantai, maupun bawah lautnya.

Sekilas Tentang Pulau Pahawang

Pulau Pahawang Lampung

Pulau Pahawang Lampung memiliki nama yang berasal dari bahasa lokal yakni ‘Pahiwang’ yang berarti sedih. Nama ini terinspirasi dari kehidupan seorang kakek yang terus merasa sedih sejak istrinya meninggalkannya.

Pulau dengan luas sekitar 1.084 hektar ini berpenghuni kurang lebih 400 kepala keluarga. Di lokasi ini terdapat dua pulau, yakni Pahawang Besar dan Pahawang Kecil. Pahawang besar adalah pulau utama yang berpenghuni.

Sedangkan Pulau Pahawang Kecil memiliki luas hanya sekitar 13 hektar dan tidak berpenghuni. Satu-satunya bangunan di pulau ini adalah sebuah resort milik warga asing. Tapi, pulau kecil ini juga menjadi tujuan wisata.

Eksotisme pulau ini sudah tidak perlu Anda ragukan lagi mulai dari keindahan pantainya hingga kerajaan bawah lautnya. Bahkan salah satu atraksi utamanya adalah bertemu dengan Ikan Badut ‘Nemo’.

Harga Tiket Masuk Wisata Pulau Pahawang

Kegiatan wisata di pulau ini lebih mudah dan juga praktis apabila menggunakan paket wisata Pulau Pahawang. Sebab, semua keperluan terkait transportasi untuk pulang-pergi, penginapan, dan lainnya akan ada yang menyiapkan secara profesional.

Namun jika ingin berangkat secara mandiri, berikut harga tiket masuk Pulau Pahawang. Tiket masuk ini belum termasuk biaya penginapan, transportasi, resort harga per malam, dan kuliner.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp30.000,00 per orang
Sewa Speedboat Rp600.000,00 sampai Rp700.000,00 per 8 orang
Sewa Perahu Kayu Rp400.000,00 sampai Rp700.000,00 per 15 hingga 35 orang
Snorkeling Rp50.000,00 per orang

Rute Menuju Lokasi Pulau Pahawang

pulau pahawang resort

Lokasi Pulau Pahawang ada di Lampung Selatan. Tepatnya di Lepas Teluk Punduh, Kecamatan Marga Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran. Cara ke Pulau Pahawang hanya bisa via laut.

Untuk rutenya, bisa menggunakan kendaraan darat maupun laut jika dari Merak. Jika menggunakan kendaraan laut, dari Merak menuju Pelabuhan Bakauheni. Kemudian lanjut perjalanan darat menuju Bandar Lampung.

Untuk rute darat, manfaatkan jasa rental mobil terdekat dan arahkan saja kendaraan menuju Bandar Lampung kemudian ke Dermaga Ketapang. Setelah itu bisa menggunakan perahu nelayan atau speedboat.

Daya Tarik Wisata Pulau Pahawang

Pulau Pahawang menawarkan sejumlah aktivitas wisata yang sangat seru untuk para pengunjung. Anda bisa menjelajah pulaunya, pantainya, hingga melakukan snorkeling untuk melihat keindahan bawah lautnya.

Fotografi dan Videografi

Jangan lupa, di era digital seperti saat ini, Anda harus membawa perlengkapan dokumentasi, baik untuk berfoto maupun membuat video. Selama berada di pulau eksotis ini, ada banyak sekali hal menarik yang harus Anda abadikan dari setiap momen liburan.

Anda bisa melakukan foto atau video underwater saat sedang snorkeling. Tentu, untuk hal ini harus memiliki kamera khusus underwater agar hasilnya optimal.

Kemudian untuk keperluan fotografi, ada cukup banyak rekomendasi spot foto yang menarik. Misalnya saja area pantai, spot terumbu karang plus biota lautnya, dan pulau itu sendiri.

Snorkeling

snorkeling pulau pahawang

Kegiatan wisata yang paling banyak menarik perhatian wisatawan adalah snorkeling. Untuk peralatan snorkeling, Anda bisa menyewanya dengan harga yang sangat terjangkau.

Kawasan wisata ini memiliki cukup banyak spot snorkeling. Diantaranya ada Cukuh Bedil, Gosong Bekri, Gosong Pancong, dan Tanjung Putus. Beberapa spot ini memiliki karya instalasi buatan karya penduduk.

Misalnya ada candi mini, gapura, dan lainnya. Jadi, selain terumbu karang dan ikan-ikan yang berlarian ke sana kemari, Anda bisa melihat berbagai karya instalasi unik tersebut.

Kerajaan Bawah Laut yang Eksotis

Pemerintah Daerah Dinas Kelautan dan warga setempat sebelumnya telah melakukan pengelolaan bawah laut sejak 2010 silam. Selain yang alami, mereka membudidayakan terumbu karang di sekeliling area wisata.

Hasilnya, saat ini kehidupan bawah laut pulau ini seperti sebuah taman laut dengan jumlah biota laut dan terumbu karang yang melimpah. Ada banyak sekali jenis ikan termasuk ikan hias berwarna-warni.

Jumlah terumbu karang juga sangat banyak dan mereka tumbuh subur di kawasan ini. Oleh sebab itu, kawasan bawah laut pulau ini menjadi atraksi utama bagi para wisatawan yang berkunjung.

Melihat Ikan Nemo

nemo di pulau pahawang lampung

Kegiatan snorkeling memang tak kalah menyenangkan dari wisata air seperti waterpark di Lampung Selatan. Apalagi salah satu pertunjukan utamanya adalah menyaksikan secara langsung kehidupan Ikan Nemo.

Tentu Anda mungkin sudah pernah menonton film Finding Nemo dengan tokoh utama berupa Ikan Badut (Clown Fish). Di pulau ini, terdapat spot snorkeling untuk menyaksikan kehidupan ikan dan biota laut ini secara langsung.

Salah satu jenis ikan yang menghuni alam bawah laut pulau ini adalah spesies Ikan Badut alias Nemo. Namun spesies ikan ini hidup di area perairan tertentu. Anda harus menggunakan perahu untuk menjangkau habitat Ikan Nemo.

Bersantai Menikmati Keindahan Pantai Pasir Putih

Selain keindahan alam bawah lautnya, pengunjung juga akan terkesima dengan keindahan panorama pantainya. Pemandangan alam di pantai berpasir putih tak kalah memukau dari Puncak Mas Lampung.

Anda bisa bersantai di bibir pantai, menikmati udara khas pesisir, dan memandangi keindahan baharinya. Setelah itu, bisa mencoba berjalan-jalan tanpa alas kaki dan nikmati setiap butiran pasir yang lembut di kaki.

Bermain air di pinggir pantai juga seru apalagi disertai dengan berenang dan snorkeling. Agar semakin ramai dan seru, Anda bisa ajak sahabat atau keluarga untuk ikut serta kegiatan snorkeling atau berenang di pantai.

Jelajah Pulau

harga penginapan di pulau pahawang

Kegiatan seru berikutnya adalah island hopping atau jelajahi pulau-pulau kecil. Kawasan wisata pulau ini berupa kepulauan yang terdiri dari pulau-pulau kecil. Diantaranya ada Pulau Kelagian Besar, Pulau Kelagian Kecil, Pulau Pahawang Kecil, dan Pulau Tanjung Putus.

Masing-masing memiliki daya tarik tersendiri. Biasanya, kegiatan island hopping ini sudah ada paket wisata dan private trip Pulau Pahawang tersendiri. Wisatawan akan berkeliling pulau menggunakan perahu kayu.

Bagi yang ingin jelajah pulau secara ramai-ramai, Anda juga bisa join open trip Pulau Pahawang dengan para wisatawan lainnya. Biasanya jumlah peserta open trip ini akan jauh lebih banyak dibanding dengan jumlah peserta paket wisata.

Wisata Kuliner dan Belanja Buah Tangan

Setelah keliling berbagai pulau, kegiatan seru berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah wisata kuliner. Ada cukup banyak tempat kuliner yang menyajikan makanan khas Lampung Selatan. Anda bisa menikmatinya di dekat pantai sambil menikmati keindahannya.

Untuk makanan khas ini, selain dari warung, juga biasanya sudah tersedia di masing-masing resort bagi yang mengikuti paket wisata. Artinya, untuk foods and beverages, sudah termasuk dalam layanan paket wisata dan penginapan.

Fasilitas di Pulau Pahawang

resort di pulau pahawang lampung

Fasilitas di kawasan wisata pulau ini sangat lengkap. Beberapa di antaranya adalah perahu dan speedboat untuk fasilitas penyeberangan ke tempat wisata. Lalu ada fasilitas penginapan dan paket snorkeling.

Untuk penginapan Pulau Pahawang, ada sekitar 15 homestay dan 10 cottage di Jelarangan, Cukuh Nyai, dan Pangetahan. Masing-masing menyediakan fasilitas sangat lengkap termasuk fasilitas pusat wisata kuliner lampung malam hari dengan harga bervariasi.

Untuk listrik, saat ini belum tersedia instalasi listrik sebagaimana masyarakat perkotaan. Tapi tidak perlu khawatir karena masyarakat sekitar sudah menggunakan genset sesuai dengan kebutuhan.

Jam Buka Wisata Pulau Pahawang

Kawasan wisata pulau ini buka setiap hari termasuk hari libur nasional. Jam buka Pulau Pahawang selama 24 jam. Namun ada jadwal penyeberangan tersendiri. Biasanya jadwal penyeberangan daru Merak ke Ketapang ada beberapa kali dari pagi hingga sore.

Selesai aktivitas wisata di pulau ini, sebelum pulang pastikan untuk mampir sejenak ke pusat oleh-oleh khas Lampung terdekat. Ada cukup banyak yang menjual oleh-oleh baik kaos, cinderamata, maupun makanan ringan asli Lampung.

Pastikan juga untuk menggunakan jasa paket dari Salsa Wisata untuk menjelajahi Pulau Pahawang dan pulau lain di sekitarnya. Paket wisata ini menawarkan paket liburan yang sangat lengkap. Termasuk penginapan berkelas, food and beverages, dan spot-spot wisata pilihan.

Bagaimana, apakah cukup tertarik untuk mengagendakan liburan di pulau cantik di Lampung ini? Pastikan Anda memilih tour organizer yang tepat untuk menemani perjalanan liburan Anda dan keluarga.

Salsa Wisata, sebuah tour organizer bepengalaman dan profesional, siap menjadi partner liburan Anda. Dengan tarif paket wisata yang lebih terjangkau, Anda akan merasakan pengalaman liburan di objek wisata Pulau Pahawang ini dengan fasilitas kelas premium.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)