SalSari Resto & Coffee

Nusa Tenggara Timur memang terkenal dengan pantai-pantainya cantik. Ada banyak pulau yang sering menjadi destinasi para turis, baik turis lokal maupun mancanegara. Bisa dibilang, NTT ini adalah alternatif terbaik selain tempat wisata Bali terkenal, karena tempatnya sepi yang tidak terlalu penuh pengunjung. Selain Pulau Komodo, di sini juga ada Pulau Padar.

Pulau ini pun sudah masuk ke dalam warisan dunia UNESCO karena masih ada di Kawasan Taman Nasional (KTN) Komodo. Di dalam KTN itu, ada juga Pulau Rinca, Gili Motang, dan Pulau Komodo.

Memang, pulau yang satu ini mungkin tidak seterkenal Pulau Rinca atau Pulau Komodo. Namun, keindahannya tidak kalah.

Sejarah Tentang Pulau Padar

Pulau Padar

Pulau Padar ini merupakan pulau ketiga terbesar di KTN Komodo. Yang pertama dan kedua yaitu Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Letaknya lebih dekat dengan Pulau Rinca dibandingkan dengan ke Pulau Komodo.

Kedua pulau ini terpisahkan oleh Selat Lintah. Meskipun Padar termasuk ke dalam KTN Komodo, pulau ini tidak tak ada komodo akibat kurangnya rantai makanan.

Anda bisa menemukan tiga atau empat pulau kecil di sekitar Padar yang punya pemandangan indah masing-masing. Nah, di Padar sendiri, Anda bisa melihat pasir pantainya yang berwarna pink.

Pasir inilah yang menjadi salah satu daya tarik pantainya. Di mana lagi Anda bisa menemukan pantai dengan pasir berwarna pink lembut seperti ini? Tak heran bila destinasi ini menjadi salah satu pantai terindah di Indonesia.

Ada juga sebuah bukit di pulau ini yang bisa Anda daki. Ketika sudah sampai di puncak bukit, Anda bisa menikmati keindahan panorama dari ketinggian.

Jajaran pulau dan birunya laut di sekitarnya bisa membuat Anda betah berlama-lama di atas bukit ini yang termasuk ke dalam salah satu tempat wisata bagus di NTT ini.

Memang untuk sampai ke atas Anda harus trekking dan mendaki ratusan anak tangga. Namun, kelelahan itu akan terbayar begitu Anda sudah sampai di atas, apa lagi ketika sunset.

Cobalah rasakan sendiri merasakan ketenangan di puncak bukit sambil melihat matahari terbenam. Di siang hari, tempat ini sangat panas. Jadi, jangan lupa untuk membawa sunblock.

Harga Tiket Masuk Pulau Padar

Sebetulnya, tiket masuk ke Pulau Padar itu tidak mahal. Yang cukup mahal adalah transportasi menuju ke sini. Untuk menyewa beberapa persewaan atau alat-alat snorkeling, Anda juga dikenakan biaya tambahan. Untuk lebih jelasnya bisa lihat tarif harga berikut ini.

[/fusion_text]
Retribusi Tarif
Tiket masuk lokal Rp5.000,00
Parkir kapal Rp100.000,00
Biaya sewa kapal Rp300.000,00 – Rp1.000.000,00
Snorkeling Rp50.000 – Rp200.000,00
Tiket masuk turis mancanegara Rp150.000,00 – Rp225.000,00

Rute Menuju Masuk Pulau Padar

wisata Pulau Padar

Pulau yang indah masuk ke dalam area Labuan Bajo. Lebih tepatnya, Pulau Padar ada di Flores, Nusa Tenggara Timur. Butuh waktu kira-kira 3 jam dari Labuan Bajo untuk bisa sampai ke pulau ini. Perjalanan itu harus Anda tempuh pakai speed boat.

Ada banyak rute perjalanan menuju ke sini. Kalau Anda berasal dari luar kota, Anda harus naik pesawat dan mendarat di Bandar Udara Internasional Komodo.

Lalu, setelah itu Anda bisa menggunakan jasa rental mobil terpercaya untuk membawa Anda ke Labuan Bajo. Cuma butuh waktu 20 menit dari bandara ke Labuan Bajo.

Setelah di Labuan Bajo, Anda bisa sewa speed boat atau naik kapal feri di Manggarai Barat. Butuh waktu 3 jam untuk akhirnya sampai ke Padar. Begitu sampai, perjalanan Anda belum selesai.

Anda masih harus mendaki sebuah bukit yang cukup curam. Baru sekitar setengah jam kemudian, Anda bisa sampai di puncak bukit dan bisa menikmati pemandangan.

Fasilitas Pulau Padar

dermaga Pulau Padar

Bisa dibilang, wisata di pulau ini masih baru dan masih segar. Namun, pengaturan wisatanya sudah sangat bagus. Karena pulau ini makin lama makin populer, pemerintah pun bermaksud untuk semakin melengkapi fasilitasnya.

Sekarang ini, fasilitas yang bisa Anda nikmati di Padar yaitu penyewaan peralatan snorkeling, spot diving, banana boat, dan speed boat. Ada juga penginapan dengan beragam jenis di pulau ini.

Untuk tempat makan, sedang diusahakan untuk ditambah lagi cafe dan resto untuk mencicipi makanan khas nusantara kekinian.

Daya Tarik Pulau Padar

Selain pasir pinknya yang cantik, Pulau Padar masih punya banyak daya tarik yang berhasil membuat para turis kembali lagi ke sini karena pulau tersebut mempunyai keunikan tersendiri. Diantaranya yaitu:

Warna Pasirnya Berubah-ubah

pantai pink Pulau Padar

Pulau seluas 2.017 hektar ini ternyata pasirnya bisa berubah-ubah warna jika dilihat dari sudut yang berbeda. Pemandangan pasir pantai ini akan terlihat sangat jelas kalau dilihat dari atas puncak bukit. Dari atas bukit, memang pasirnya akan berwarna pink.

Namun, kalau dilihat dari arah utara, pasirnya jadi terlihat hitam. Beda lagi kalau dilihat dari selatan. Pasirnya justru terlihat berwarna putih. Tentu saja pulau ini jadi menarik untuk dilihat, apalagi kalau di foto. Tahukah Anda kalau pemandangan pulau ini ada di lembaran uang Rp50.000,00 cetakan tahun 2016?

Pemandangan Matahari Terbit dan Terbenam

sunset Pulau Padar

Berkunjung ke pulau ini tidak akan lengkap kalau Anda tidak menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam. Keindahan ini bisa terasa sangat syahdu, karena Padar memang sebuah pulau yang sepi dan tak berpenghuni.

Untuk bisa menikmati sunset dan sunrise dengan maksimal, kami sarankan untuk membawa perlengkapan berkemah ke sini, lalu mendirikan tenda di puncak bukit. Anda akan terpesona melihat pemandangan langit malam yang bersih.

Spot Trekking yang Menantang

trekking Pulau Padar

Kalau Anda suka memacu adrenalin, Anda wajib coba trekking di pulau ini, jangan cuma main air di pasirnya saja. Seperti yang tadi disebutkan, bukit ini memiliki kemiringan 45 derajat. Tentunya sangat curam bagi yang tidak terbiasa. Namun, justru bisa jadi tantangan bagi Anda pecinta alam.

Dengan jalur yang sama pula, pengunjung akan mendaki sekitar 300 anak tangga untuk bisa sampai ke lokasi. Yang lebih menantang, tempat ini sangat panas di siang hari. Untuk menghindari dehidrasi, pastikan Anda membawa air minum yang cukup.

Air Laut yang Jernih dan Tenang

air laut Pulau Padar

Tentu saja, air laut di sini sangat menggoda. Selain berwarna biru jernih, airnya juga cenderung tenang. Itulah sebabnya banyak pengunjung yang selalu berenang di sini. Kalau tidak bisa berenang, main air di laut seperti ini juga cukup menyenangkan.

Selain itu, Anda juga bisa snorkeling dan menyelam. Bukan cuma bagian permukaannya saja yang indah, area bawah lautnya juga sama memukaunya. Peralatan menyelam bisa Anda sewa di pulau ini. Selain itu, Anda juga bisa main wahana air lain, seperti banana boat dan speed boat.

Jam Operasional Pulau Padar

Pulau Padar beroperasi setiap hari selama 24 jam. Kalau sudah ada di pulau ini, Anda bebas beraktivitas kapan pun Anda mau. Namun ingat, untuk bisa menyeberang ke sini, tentu penyewaan speed boat dan kapal ferinya beroperasi di waktu-waktu normal, yakni siang sampai sore.

Tertarik ingin berkunjung ke pulau cantik ini? Anda bisa pesan perjalanan Anda dari sekarang di Salsa Wisata. Di Salsa Wisata, Anda bukan cuma sekadar memesan tiket perjalanan, tapi keseluruhan paket wisata.

Apa bedanya? Dengan paket wisata, Anda sudah sekalian memesan akomodasi, tiket wisata, makan, dan transportasi. Jadi, saat liburan, Anda tidak perlu repot lagi.



By Categories: Destinasi, NTT

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)