SalSari Resto & Coffee

Siapa yang ga kenal dengan destinasi wisata satu ini? Ya, wisata Taman Nasional Pulau Komodo merupakan objek wisata kebanggan masyarakat Nusa Tenggara Timur, pasalnya pulau ini telah masuk dalam warisan keajaiban dunia versi UNESCO.

Taman Nasional Komodo adalah taman yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur atau berada di Kecamatan Komodo. Salah satu objek wisata tertua di Indonesia yang sejak lama populer.

Wonderful Indonesia sayang sekali bila terlewatkan. Apalagi melihat kekayaan Indonesia yang potensial dan tidak ada di negara lainnya. Salah satunya yaitu hewan Komodo yang hanya hidup di Pulau Komodo.

Keberadaannya mengundang daya tarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tidak hanya itu, Area kepulauan Komodo ini juga memiliki daya tarik keindahan yang sangat memukau.

Banyak postingan wisatawan memamerkan foto mereka yang berview pantai atau bersama Komodo. Bagi Anda yang penasaran, bisa memilih paket gathering wisata praktis dan murah di Salsa Wisata.

Sekilas Tentang Taman Nasional Komodo

view Taman Nasional Komodo

Seperti anggapan semua orang, nama pulau ini berasal dari hewan yang banyak hidup di pulau ini, yaitu komodo. Bisa dibilang kawanan komodo yang tinggal di pulau ini menguasai seluruh wilayah pulau.

Manusia yang tinggal di sana hanya petugas konservasi yang menjaga dan mengawasi aktivitas kawanan komodo. Jika ingin pergi ke sana harus menyebrang menggunakan kapal, karena Pulau Komodo berada jauh dari permukiman warga.

Taman Nasional Komodo adalah taman nasional yang selalu padat oleh pengunjung. Berbagai wisatawan cukup penasaran dengan daya tarik satwa kadal Komodo yang jarang dijumpai di berbagai daerah di dunia ini.

Berada di kepulauan Sunda atau perbatasan Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat, mencakup tiga pulau yaitu Padar, Rinca dan Komodo.

Mumpung Anda pergi ke area wisata ini, tidak ada salahnya mencoba tempat wisata di Nusa Tenggara Timur yang terkenal keindahannya. Ajaklah keluarga besar atau orang terdekat agar liburan semakin bermakna.

Taman wisata Nasional di antara Pulau Sumbawa dan Flores ini merupakan destinasi yang luasnya kurang lebih 2000 km². Di dalamnya terdapat jutaan pesona alam yang memukau.

Fasilitas di Taman Nasional Komodo

resort pulau komodo

Berkunjung plus liburan ke Pulau komodo atau Taman Nasional ini terdapat berbagai fasilitas yang memadai.

Diantaranya yaitu toilet, area parkir yang luar, penyewaan kapal, pemandu wisata, hingga resort atau tempat makan yang menunya cukup populer.

Terdapat banyak kepulauan kecil yang bisa Anda kunjungi. Hal ini tidak jauh berbeda dari wisata seru di Gili Kondo.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Komodo

Meskipun wisata ini termasuk jauh dan di sebuah kepulauan. Namun tarif biaya per orangnya cukup terjangkau. Tiap pengunjung dikenakan tarif Rp5.000,00 per orang khusus masyarakat lokal di waktu weekdays.

Sedangkan di waktu weekend Rp7.500,00. Sedangkan pengunjung luar negeri tarifnya Rp150.000,00 per orang mulai hari Senin hingga Sabtu. Untuk weekend atau hari libur nasional sekitar Rp225.000,00.

Tiket yang terjangkau bisa sekaligus mencicipi makanan khas Nusantara yang populer. Aktivitas kuliner memang merupakan bagian penting yang harus Anda nikmati, mumpung ada di kepulauan Komodo ini.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Warga Lokal Weekdays Rp5.000,00
Tiket Masuk Warga Lokal Weekend Rp7.500,00
Turis Asing Weekdays Rp150.000,00
Turis Asing Weekend Rp225.000,00

Tentunya tarif yang tercantum di atas masih dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung dari kebijakan pengelola wisata. Apa lagi sedang ada wacana terkait penaikan retribusi masuk Taman Nasional Komodo di awal tahun nanti.

Yang kami cantumkan di atas merupakan yang terbaru saat ini. Nantinya, bila ada perubahan tarif kami akan merubah sesuai dengan tarif yang terbaru.

Rute Menuju Lokasi Taman Nasional Komodo

rute Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo berada di daerah pulau Komodo di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Anda harus melalui bantuan kapal untuk sampai ke taman wisata ini.

Bila Anda naik pesawat ke Labuan Bajo, Anda harus naik kapal menuju pulau Komodo. Atau bisa juga dengan menggunakan kapal berangkat dari pelabuhan Benoa Bali menuju Labuan Bajo, perjalanan sekitar 36 jam.

Kemudian naik kapal lagi menuju pulau Padar setelah itu ke pulau Liang. Ketika sampai di Loh Liang Anda akan disambut oleh gapura yang bertuliskan ‘Welcome to Komodo National Park’.

Jika objek wisata lainnya bisa dengan menggunakan rental mobil harian plus driver, tetapi ke area wisata satu ini bisa menggunakan pesawat maupun kapal laut.

Jam Buka Taman Nasional Komodo

Sebelum berangkat ke kepulauan Komodo ini penting bagi Anda mengetahui jam operasional Taman Komodo. Yaitu jam 07.00 hingga 17.00 sesuai waktu setempat.

Anda juga perlu menaiki kapal untuk sampai ke Taman Nasional ini. Berangkat dari Labuan Bajo menuju Pulau Padar pagi hari plus menikmati keindahan sunrise di kepulauan ini.

Berbeda dari tempat wisata lainnya. Ke tempat kepulauan ini harus menggunakan akses kendaraan kapal laut untuk bisa sampai. Jangan lupa menggunakan tenaga pemandu wisata.

Daya Tarik Taman Nasional Komodo

Memilih paket wisata Bali yang hits memang menyenangkan. Namun, ada objek wisata yang tidak kalah kerennya, yaitu objek wisata Taman Nasional di Pulau Komodo.

Melihat Komodo Secara Dekat

komodo labuan bajo

Hewan langka yang hanya ada di Indonesia ini terdapat di Pulau Komodo. Termasuk salah satu hewan yang dilindungi keberadaannya oleh Negara, Jadi setiap pengunjung hanya bisa melihatnya secara langsung.

Bila Anda sering menemukan gambar Komodo di berbagai media sosial akan terasa berbeda jika melihatnya dalam jarak dekat.

Kadal raksasa yang berukuran 2 hingga 3 meter dengan bobot beratnya mencapai 165 kg. Bila ingin melihat secara langsung Anda harus ditemani oleh seorang pemandu wisata untuk menjaga keamanan diri.

Nikmati keseruan berwisata di pulau Komodo dengan melihat kadal raksasa yang termasuk hewan langka. Jangan lupa tetap menjaga kebersihan lingkungan dan menghormati aturan berwisata di pulau ini.

Menikmati Sunrise dan Sunset

sunset Taman Nasional Komodo

Pantai di kepulauan Komodo termasuk salah satu pantai terindah Indonesia. Alam di kepulauan ini cukup asri dan jarang terjamah oleh manusia.

Bagi Anda yang suka berburu pemandangan matahari terbenam atau terbit dapat pergi berkunjung ke area pantai di pulau Komodo. Perpaduan warna langit di sore hari dan sinar matahari menjadi daya tariknya.

Banyak yang pengunjung juga tidak melewatkan momen ini di waktu pagi hingga sore. Bermain pasir dan sambil mandi di pantai cukup menyenangkan. Ombaknya tenang dan aman, tetapi harus berhati-hati.

Di Taman Nasional Komodo ini, tersedia berbagai resort dengan perkiraan harga mulai dari Rp200.000,00 per orang. Anda bisa memanfaatkannya untuk beristirahat dna menyaksikan indahnya alam di kepulauan ini.

Berwisata di Pulau Rinca

pulau rinca taman nasional komodo

Alasan mengapa harus mampir ke pulau Rinca. Bagi Anda yang suka travelling bisa sambil melakukan aktivitas menarik seperti menyusuri hutan bakau.

Hutannya masih alami, Anda juga bisa melihat rusa timor kerbau liar, monyet ekor panjang, dan berbagai fauna lainnya. Di salah satu kawasan terdapat panorama hamparan padang savana yang indah banget.

Bila punya kesempatan untuk berlibur, tidak ada salahnya mencoba berbagai aktivitas seru di Taman Nasional Komodo ini. Sediakan budget yang cukup agar bisa merasakan berbagai aktivitas wisata yang seru.

Daripada Anda penasaran, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk berkunjung ke area wisata populer ini. Tidak ada salahnya bila Anda menggunakan agen travel profesional seperti Salsa wisata.

 



By Categories: Destinasi, NTT

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (7 votes)