SalSari Resto & Coffee

Banyak orang mengira Jepara cuma sebagai kota kelahiran Ibu Kartini, tidak lebih. Padahal, sebetulnya ada banyak hal yang bisa dieksplor di kota tersebut, lho. Terletak di pesisir pantai, kota yang satu ini punya banyak wilayah pantai yang jadi objek wisata. Salah satunya yaitu Pulau Panjang Jepara.

Pulau ini terletak di lepas pantai Kartini. Jaraknya cuma sekitar 1,5 mil dari pantai. Pulau seluas 19 hektar ini punya pasir putih dan ombak yang tenang.

Air lautnya juga jernih, jadi Anda bisa melihat pemandangan terumbu karang dengan jelas. Bagi Anda pecinta pantai, jangan sampai melewatkan objek wisata kekinian Jepara satu ini.

Sekilas Tentang Pulau Panjang Jepara

gapura Pulau Panjang Jepara

Selain menawarkan keindahan pantai, Pulau Panjang juga punya wisata religi. Di pulau ini, terdapat makam Syekh Abu Bakar Bin Ba’alawi. seorang penyebar agama Islam sekaligus guru besar di kawasan pantai utara, Jawa Tengah.

Setiap hari besar perayaan agama Islam atau menjelang bulan Muharram, pulau ini selalu dipadati para peziarah yang hendak berkunjung dan berziarah ke makam sang guru besar.

Keberadaan makam ini jadi salah satu daya tarik sejak Habib Lutfi yang berasal dari Pekalongan mengadakan haul di sini pada tahun 2001. Sejak itu, objek wisata ini jadi makin populer di kalangan pemeluk agama Islam.

Makam Syekh Abu Bakar sendiri berada di dalam sebuah bangunan yang mirip masjid di tengah pulau. Menurut informasi dari juru kunci pertamanya, awalnya makam ini hanya berupa patok dan cungkup kecil biasa di tahun 1970-an.

Di awal tahun 1990-an, penduduk sekitar mulai mengetahui keberadaan makam sang guru besar, yang oleh masyarakat juga dikenal dengan nama Mbah Panjang. Dari situlah kemudian makamnya diperbarui dan pulau ini diberi nama Panjang.

Cara ke Pulau Panjang Jepara

Pulau Panjang Jepara ada di Kelurahan Ujung Batu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Anda bisa datang ke sini dari Pantai Kartini. Anda bisa berkendara ke arah tenggara, masuk ke Jalan M.T Haryono, lalu belok kanan masuk ke Jalan A.E Suryani.

Dari situ lurus terus, kemudian belok kiri sampai di Jalan Pelabuhan Kartini. Belok kiri, dan Anda sudah akan sampai di dermaga. Anda bisa lanjut perjalanan via kapal untuk menuju ke Pulau Panjang Jepara.

Jika datang berombongan, Anda bisa menggunakan rental bus Pariwisata Jepara dan memanfaatkan paket wisata dari Salsa Wisata untuk liburan di Pulau Panjang Jepara.

Jam Operasional Pulau Panjang Jepara

Jam Buka Pukul
Pulau Panjang Jepara 24 jam
Penyeberangan kapal 07.30 – 16.00 WIB

Fasilitas Pulau Panjang Jepara

fasilitas dermaga kapal di Pulau Panjang Jepara

Secara keseluruhan, fasilitas di Pulau Panjang sudah cukup memadai. Berikut ini beberapa fasilitas yang bisa Anda manfaatkan.

  • Penitipan kendaraan
  • Dermaga
  • Penginapan
  • Mushola
  • Sewa alat selam
  • Sewa peralatan camping
  • Restoran
  • Penginapan
  • Toilet
  • Toko souvenir

Harga Tiket Masuk dan Paket Wisata Pulau Panjang Jepara

Sebetulnya, masuk ke Pulau Panjang Jepara tidak mahal. Anda hanya harus memikirkan biaya penyeberangan dengan perahu, sama seperti di Pulau Seribu.

Kalau Anda memutuskan untuk menginap di pulau, tarif sewanya jadi dua kali lipat lebih mahal, karena pemilik perahu jadi harus bolak-balik menjemput Anda lagi. Berikut ini rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp8.000,00
Kapal penyeberangan Rp25.000,00
Tiket Penyebrangan Camping Pulang Pergi Rp40.000,00
Paket gathering group (min. 20 orang) Rp125.000,00
Paket camping snorkeling per orang (min. 4 orang) Rp300.000,00
Paket camping asyik per orang (min. 4 orang) Rp170.000,00

Daya Tarik Pulau Panjang Jepara

camping di Pulau Panjang Jepara

Berkemah

Mendirikan tenda di sini rasanya seperti berkemah di pulau pribadi. Pulaunya terpencil dan sepi. Jadi, Anda bisa bebas berkemah di sini bersama teman-teman Anda. Lokasinya masih sangat asri.

Di hari-hari biasa, tempat ini biasanya sepi. Anda bisa bebas bermalam di sni sambil melihat deburan ombak di malam hari. Tenang saja, ada persewaaan perlengkapan berkemah di sini.

Jadi, Anda tidak perlu membawa-bawa tenda. Jasa sewa tendanya juga murah. Kalau Anda datang bersama rombongan, Anda harus bisa nego untuk mendapatkan harga yang murah.

Snorkeling

Sayang kalau Anda melewatkan aktivitas yang satu ini. Soalnya, keindahan alam bawah laut pulau ini patut diacungi jempol.

Tenang saja, perairannya dangkal, jadi Anda tidak perlu pandai menyelam dan berenang untuk bisa snorkeling di sini, sama seperti di Pantai Pancer Banyuwangi. Anda yang baru pertama kali coba snorkeling juga bisa.

Ombaknya tidak besar, jadi Anda tidak perlu takut. Pemandangan yang bisa Anda lihat adalah ikan kecil warna-warni yang berenang kesana kemari. Ada karang-karang cantik yang menyembul.

Sama seperti area camping-nya, snorkeling di sini juga ada persewaan peralatannya kok.

Berkeliling Menyusuri Pulau

Meski luasnya 19 hektar, sebetulnya Pulau Panjang bukan pulau yang luas. Jadi, Anda bisa mengelilinginya dalam waktu kurang dari satu jam. Ada jalan setapak yang terbuat dari paving.

Jalan setakan dengan lebar kira-kira satu meter ini bisa mengantar Anda berkeliling pulau. Anda bisa berjalan kaki sambil menikmati pemandangan.

Kalau mau yang lebih seru lagi, Anda juga bisa menyewa sepeda untuk berkeliling pulau. Di samping jalan setapak ini, ada pohon-pohon yang tumbuh dengan rimbun.

Bermain di Pinggir Pantai

Salah satu hal paling penting dalam wisata alam adalah kebersihan dan keasrian alam sekitar. Itu adalah faktor penentu yang membuat pengunjung ingin kembali lagi. Nah, di pulau ini, Anda bisa lihat sendiri bahwa lingkungannya masih terjaga dengan baik.

Pasir putihnya menyatu dengan air laut yang jernih. Tentu saja Anda bisa berenang, bermain pasir, atau cuma sekadar bermain air. Selain putih bersih, tekstur pasirnya juga lembut.

Bagi yang berkemah di pulau ini, tentu momen-momen yang mereka tunggu adalah momen ketika matahari terbit dan terbenam. Langit yang berubah warna bisa jadi objek foto yang instagrammable.

Tertarik ingin mengunjungi pulau yang cantik ini? Anda bisa pesan perjalanan paket wisata Pulau Panjang Jepara di Salsa Wisata. Selain menyediakan jasa rental mobil, kami juga bisa mengatur perjalanan liburan Anda.

Anda bisa pilih mau liburan ke kota mana, kami akan menyediakan paket wisata Pulau Panjang Jeparalengkap yang bisa Anda pesan. Semua sudah termasuk akomodasi, makan, transportasi, dan tiket wisata.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)