earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Pulau Penyu atau Turtle Island yang ada di Tanjung Benoa merupakan salah satu tempat konservasi penyu terkenal di Bali. Berbagai jenis penyu bisa Anda temukan terutama penyu yang terancam punah seperti penyu hijau.

Pulau Penyu ini juga termasuk tempat wisata edukasi sekaligus rekreasi yang bagus untuk anak-anak. Selain dapat berlibur menikmati keindahan alam Bali, Anda juga bisa mengajarkan tentang lingkungan hidup kepada anak Anda.

Berkat nilai edukatif nya tersebut, Pulau Penyu sering masuk kedalam paket liburan ke Bali yang ditawarkan Biro Perjalanan. Untuk tahu lebih banyak tentang Pulau Penyu Bali, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Sekilas Tentang Pulau Penyu Bali

Pada awalnya Pulau Penyu merupakan habitat dari Penyu Hijau untuk bertelur dan masih mudah sekali untuk dijumpai. Namun mulai tahun 1990-an kehadiran penyu di pulau Bali semakin langka dan terancam punah.

Hal ini karena pada waktu itu penyu masih sering diburu untuk konsumsi dan upacara ritual keagamaan umat Hindu. Lalu setelah adanya larangan perburuan penyu hijau, para nelayan terutama di daerah Tanjung Benoa berinisiatif menjadikan Pulau Penyu sebagai kawasan konservasi penyu.

Tidak hanya menjadi tempat penangkaran, Pulau Penyu juga digunakan sebagai tempat rehabilitasi dan rescue untuk penyu yang terjerat jaring nelayan. Hingga kini sudah banyak penyu yang dirawat dan dilepas kembali ke laut dari Pulau Penyu ini demi tetap menjaga kelestarian alamnya.

Daya Tarik Pulau Penyu

Mengunjungi Pulau Penyu akan menjadi pengalaman liburan baru untuk Anda dan keluarga. Banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu berlibur Anda di Pulau Penyu, berikut ini beberapa diantaranya:

Tour Glass Bottom Boat

Untuk menuju Pulau Penyu ini Anda harus menyebrang terlebih dahulu menaiki perahu dari Tanjung Benoa. Ada banyak perahu yang bisa Anda pilih dan yang paling populer adalah Glass Bottom Boat atau Perahu Kaca.

Pada bagian bawah perahu ini dilengkapi dengan kaca transparan sehingga penumpang bisa melihat langsung pemandangan bawah laut dari kapal. Terumbu karang dan ikan-ikan yang berenang akan menemani perjalanan Anda 15 hingga 20 menit sebelum tiba di Pulau Penyu.

Kapal ini dapat menampung delapan sampai sepuluh penumpang dalam sekali perjalanan. Dengan pemandangan indah di bawah kapal, perjalanan Anda menyebrang tidak akan terasa membosankan.

Bersentuhan Langsung Dengan Penyu

Pulau Penyu Tanjung Benoa

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Setibanya di Pulau Penyu, Anda akan disambut dengan patung penyu yang berada di dekat pintu masuk pulau. Masuk ke dalam puluhan penyu berbagai jenis dan ukuran bisa terlihat berenang di kolam-kolam buatan.

Jenis penyu yang ada biasanya adalah penyu hijau, namun tidak jarang Anda bisa menemukan penyu sisik dan penyu lekang. Usia penyu di sini pun beragam mulai dari telur hingga penyu tertua berusia 60 tahun pun ada.

Anda bisa menyentuh dan berfoto bersama penyu-penyu yang ada di sini. Sambil berfoto petugas akan menjelaskan segala hal tentang penyu yang ada di dalam penangkaran ini.

Ikut Melepas Tukik

Jika Anda berkunjung di waktu yang tepat, Anda bisa ikut melepas tukik atau anak penyu yang menetas di penangkaran. Tukik-tukik ini berasal dari telur penyu yang diselamatkan warga dan petugas dari sarangnya sesaat setelah induk penyu selesai bertelur.

Sebelum dilepaskan tukik tersebut akan dirawat terlebih dahulu hingga berusia satu bulan. Tujuan nya agar peluang penyu bertahan hidup di alam bebas bisa semakin besar.

Kemudian tidak semua tukik yang menetas di lepaskan kembali ada juga yang dirawat sampai besar untuk dikembang biakan lagi. Pengalaman bertemu dan melepaskan tukik di Pulau Penyu bisa jadi pengalaman mengesankan dan tak terlupakan.

Berfoto Bersama Hewan

Selain penyu di pulau ini Anda juga bisa menemukan hewan-hewan lain yang juga di rawat di penangkaran. Salah satunya adalah Ular Sanca Kembang yang menjadi salah satu hewan yang banyak ditemukan di Indonesia.

Selain ular di tempat ini juga terdapat hewan lain seperti kelelawar, burung elang, monyet dan burung kakak tua. Hewan-hewan tersebut tidak hanya bisa dilihat tapi juga bisa untuk diajak berfoto bersama.

Pemandu akan menemani para hewan agar tetap tenang saat diajak berfoto. Berfoto bersama hewan-hewan liar ini bisa menjadi pengalaman baru yang menyenangkan.

Harga Tiket Masuk Pulau Penyu Bali

Untuk masuk dan mengunjungi Pulau Penyu ada biaya yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu. Biaya tersebut melingkupi tiket masuk, penyeberangan, dan lainnya, berikut ini rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Lokal Dewasa Rp10.000,00
Tiket Masuk Wisatawan Lokal Anak Rp5.000,00
Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara Dewasa Rp20.000,00
Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara Anak Rp10.000,00
Charter Glass Bottom Boat Mulai dari Rp350.000,00 per kapal
Penyeberangan Glass Bottom Boat Mulai dari Rp170.000,00 per Orang

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda gunakan sebagai persiapan dan perkiraan sebelum berkunjung ke Pulau Penyu.

Dapatkan juga keuntungan lebih untuk berlibur di Bali dengan paket wisata yang tersedia di Biro Perjalanan. Melalui paket tersebut Anda bisa mengunjungi lebih banyak tempat wisata di Bali dengan biaya yang lebih murah dan terjangkau.

Lokasi dan Rute Menuju Pulau Penyu

Untuk mengunjungi Pulau Penyu, Anda harus menuju Tanjung Benoa terlebih dahulu karena lokasi pulau ini masih di sekitar Tanjung Benoa. Dari Tanjung Benoa ini perjalanan Anda lanjutkan dengan menaiki kapal penyeberangan Glass Bottom Boat.

Anda bisa memilih dua cara untuk menggunakan Glass Bottom Boat ini pertama dengan menyewa kapal sekaligus atau join penumpang lain. Jika Anda datang bersama rombongan lebih baik untuk menyewa satu kapal untuk perjalanan pergi pulang.

Namun jika Anda datang sendiri, join penumpang lain bisa jadi pilihan meskipun terkadang biayanya sedikit mahal. Lama perjalanan ini memakan waktu sekitar 15 sampai 20 menit yang akan ditemani pemandangan indah dari bawah kapal.

Jika Anda datang dari Denpasar, untuk menuju Tanjung Benoa bisa memanfaatkan bantuan dari Google Maps agar mendapatkan rute tercepat. Lebih mudah lagi jika Anda menggunakan jasa Biro Perjalanan yang siap mengantar dan mengurus segala perjalanan liburan Anda.

Jam Operasional Pulau Penyu

Waktu berkunjung ke Pulau Penyu bisa Anda mulai dari pukul 09.00 WITA hingga pukul 17.00 WITA setiap hari. Jika Anda ingin menikmati Pulau Penyu dengan sempurna bisa datang saat musim penyu bertelur sedang berlangsung.

Biasanya musim bertelur ini berlangsung sejak bulan April hingga akhir tahun. Pada bulan-bulan tersebut Anda bisa ikut petugas dan warga mencari sarang penyu dan mengamankan telur.

Di antara waktu itu juga Anda bisa ikut kegiatan pelepasan tukik yang sering pihak pengelola lakukan setelah beberapa bulan telur menetas. Dengan berkunjung ke Pulau Penyu, Anda tidak hanya dapat berlibur namun juga belajar dan mengetahui banyak hal baru.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (1 vote)