SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Lombok adalah salah satu pulau yang memiliki banyak destinasi wisata yang sangatlah indah. Salah satu tempat wisata di Lombok yang memiliki keindahan yang memukau adalah Pura Batu Bolong.

Pura ini sendiri sudah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu, dan sampai saat ini masyarakat menggunakannya untuk penyembahan kepada Sang Hyang Segara.

Tidak hanya itu, di tempat ini Anda juga bisa menikmati pemandangan yang indah dari Pantai Senggigi. Sehingga ketika Anda datang ke tempat ini Anda bisa belajar sejarah mengenai pura ini, dan menikmati indahnya pantai Senggigi

Sejarah Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong merupakan sebuah pura yang berada di kawasan pesisir Lombok Barat dan menghadap langsung ke laut. Seperti namanya, tempat ini berdiri dengan kokoh di atas sebuah batu karang yang di tengahnya memiliki sebuah lubang.

Menurut sejarah, objek wisata Lombok ini dibangun oleh seorang resi yang bernama Dang Hyang Dwijendra pada tahun 1533. Pada waktu itu beliau membangun pura ini saat sedang menyebarkan agama Hindu dari Pulau Jawa ke Pulau Bali, dan berakhir di Pulau Lombok.

Dalam hal fungsi, pura ini merupakan tempat ibadah bagi pemeluk agama Hindu. Biasanya di tempat ini umat Hindu dari pulau Lombok maupun umat Hindu yang dari Bali melakukan ritual peribadatan di tempat ini.

Adapun ritual peribadatan itu dikenal dengan nama ritual titra yatra. Ketika Anda mengunjungi pura ini, rasanya seperti ombak yang tenang serta bersahabat menyambut Anda.

Karena hal tersebut perasaan damai serta nyaman merangkul Anda ketika berada di sekitar tempat ini. Di tempat ini pula Anda dapat menikmati pemandangan yang indah dari Pantai Senggigi yang merupakan wisata favorit di Lombok.

Daya Tarik Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong Lombok

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Selain daya tariknya sebagai salah satu tempat wisata religi Indonesia, bangunan ini juga memiliki banyak daya tarik lainnya. Mulai dari sejarahnya hingga lokasi pura ini berada menjadi hal menarik dari tempat ini dan berikut di antaranya:

Panorama Indah

Keindahan panorama dari bangunan pura ini tak perlu Anda ragukan lagi. Karena lokasinya masih berada di dekat salah satu tempat wisata Lombok terkenal yakni Pantai Sengigi.

Saat berkunjung Anda bisa menikmati view pantai yang menawan dari atas batu karang yang menjorok ke laut. Bersama dengan arsitektur pura yang khas, suasana di tempat ini terasa semakin menarik.

Salah satu hal yang juga menjadi daya tarik dari tempat ini adalah sunsetnya yang sangat indah. Bahkan banyak dari wisatawan yang rela menunggu matahari hingga terbenam hanya untuk menyaksikan keindahan momen romantis sunset di tempat ini.

Batu Berlubang

“Batu Bolong” tak hanya sekedar nama yang tak memiliki arti atau makna. Asal usul katanya sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang mana Batu berarti batu sementara Bolong yang artinya berlubang di tengah.

Nah, batu berlubang ini sendiri menjadi penopang untuk pura agar tetap berdiri dengan kokoh. Tidak hanya itu saja, batu ini juga menjadi rute akses bagi warga yang ingin masuk ke dalam hutan Senggigi untuk mencari kayu.

Keunikan batu ini pun bisa Anda pandangi langsung dari area pantai. Sekilas, tampilan batu karang berlubang ini mirip seperti dinding yang memisahkan sisi pantai satu dengan yang lainnya.

Sejarah Pura

Kisah mengenai masuknya agama Hindu ke Lombok dan Bali merupakan bagian dari kisah sejarah pura ini. Tempat ini dulunya mulai dibangun pada tahun 1533, sebagai simbol penyebaran Agama Hindu di Bali dan Lombok.

Keberadaannya juga memiliki aura spiritual tersendiri karena letaknya yang langsung mengarah ke Selat Lombok dan Gunung Agung. Selain itu jika Anda ingin mengunjungi pura ini, Anda harus menggunakan kain berwarna kuning atau pakaian sopan.

Hal ini tentu wajar sebagai bentuk menghormati dan sopan terhadap pura sebagai tempat ibadah. Apalagi sejarahnya yang berkaitan erat dengan perkembangan agama Hindu di Lombok dan Bali

Batu Yang Memiliki Corak Khas

Selain memiliki lubang di bawah batu, karang ini juga memiliki susunan batu yang tertata dengan corak khas di atasnya. Tak hanya itu di atas batu Anda akan melihat banyak pohon Kaktus yang tumbuh.

Tanaman kaktus ini menambah kesan eksotis batu karang bersama dengan tumbuhan karang lainnya. Menikmati pemandangan eksotis sambil menyantap sejumlah makanan khas Lombok di sini tentunya akan menjadi pegalaman yang tak akan terlupakan.

Fasilitas Pura Batu Bolong

Sejarah Pura Batu Bolong

Tempat wisata di Lombok ini memiliki fasilitas yang terbilang cukup memadai. Fasilitas yang tersedia di tempat ini seperti tempat parkir, tempat penginapan, warung yang pastinya menyajikan kuliner Lombok. Juga ada toilet, ATM, dan penjual souvenir

Sebagai tambahan di tempat ini juga terdapat fasilitas berupa mata air suci yang katanya dapat memberikan banyak manfaat bagi siapa saja yang menggunakannya. Manfaat tersebut seperti kesehatan hingga keberuntungan.

Harga Tiket Masuk Pura Batu Bolong

Tiket masuk ke Pura Batu Bolong hanya sekitar Rp20.000,00 saja per orangnya. Sebagai tambahan harga tersebut tidak termasuk biaya parkir dan berikut ini rincian lebih lengkapnya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp20.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel masih dapat berubah tergantung kebijakan pengelola. Namun masih bisa Anda gunakan sebagai referensi sebelum berkunjung ke pura unik di Lombok satu ini.

Nikmati juga biaya liburan yang murah bersama bantuan biro perjalanan. Dengan sejumlah layanan yang tersedia, Anda bisa menikmati perjalanan dengan mudah dan membawa pulang oleh-oleh khas Lombok yang Anda inginkan dengan perasaan puas.

Rute Menuju Lokasi Pura Batu Bolong

Lokasi Pura Batu Bolong

Lokasi dari Pura Batu Bolong tepat berada di Jl. Raya Senggigi, Batu Layar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Jika berpatokan dengan Pantai Senggigi maka Anda hanya perlu berjalan kira-kira selama 5 menit – 10 menit saja.

Adapun jika berpatokan dari kota Mataram Anda memerlukan waktu kurang lebih 20 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi, maupun sewa mobil di Lombok terdekat. Jarak dari pusat kota Mataram dengan lokasi kurang lebih 18 km.

Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan perjalanan darat dari Pelabuhan Bangsal. Jika Anda menggunakan Google Maps, Anda hanya perlu mengarahkan ke Batu Layar. Setelah itu Anda bisa bertanya pada warga sekitar mengenai titik lokasi pastinya.

Atau Anda bisa juga mengarahkan langsung ke arah pantai lalu kemudian Anda hanya perlu berjalan kaki ke lokasi. Tempat ini sangat cocok Anda kunjungi setelah puas mengunjungi sejumlah tempat wisata Sembalun yang tidak jauh dari kawasan pura.

Jam Buka Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong buka dari Senin Hingga Minggu. Adapun jam operasional tempat ini adalah 24 jam. Karena tempat wisata Lombok Barat ini selalu buka maka jumlah pengunjung tempat ini pun akan berlipat ganda ketika libur panjang.

Sebagai tambahan, ada hal yang menjadi pantangan bagi wisatawan untuk tidak masuk ke tempat ini. Pantangan itu adalah untuk wanita yang sedang menstruasi tidak boleh masuk berkunjung.

Terlepas dari itu, Pura Batu Bolong sangat wajib masuk ke dalam list tujuan wisata Anda jika sedang berkunjung ke Lombok. Bagi anda yang suka akan sejarah serta indahnya pemandangan pantai maka tempat ini sangat cocok untuk Anda.

Untuk merasakan pengalaman liburan yang menyenangkan anti ribet, Anda bisa menggunakan layanan biro perjalanan seperti Salsa Wisata. Dengan berbagai paket tour ke Lombok dari Salsa Wisata, liburan Anda pasti akan menjadi pengalaman liburan yang tak akan terlupakan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Zaki

Penulis yang senang makan dan melakukan hal menyenangkan sambil jalan-jalan bersama rekan.
By Categories: Destinasi, Lombok



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)