SalSari Resto & Coffee

Bali memang kaya akan wisata budaya, sejarah dan juga religinya. Salah satu wisata religi bagi umat Hindu adalah Pura Pasar Agung. Pura ini seperti pura lain yang ada di setiap gunung di Bali.

Tapi, destinasi wisata Bali yang satu ini istimewa, karena menjadi gerbang dari pendakian ke Gunung Agung, gunung tertinggi di Bali. Selain itu, pura ini juga menjadi tempat ibadah bagi umat Hindu.

Sekilas Tentang Pura Pasar Agung

Sekilas Tentang Pura Pasar Agung

Pura Pasar Agung Bali berada di area yang menawarkan keindahan alam menakjubkan. Dari pura ini juga kegagahan Gunung Agung dapat wisatawan saksikan.

Selain dari lokasinya, tempat ibadah ini memiliki desain arsitektur yang sangat kental dengan kepercayaan umat Hindu. Di hari tertentu, ketika ada kegiatan ibadah atau adat, pihak pengelola akan menutup pura.

Pura ini menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun asing juga karena view antara pura dan Gunung Agung yang tampak serasi. Bahkan bagi pecinta fotografi, view tempat ini saat sunset tiba selalu jadi hal yang dicari karena tampak sangat menakjubkan dan menawan.

Anda bisa menikmati keindahan tempat ini dengan memanfaatkan layanan rental mobil Avazan Bali yang ada. Bersama guide lokal yang tersedia, Anda dapat belajar banyak hal dan lebih mudah mencapai titik-titik terbaik untuk mendapatkan pengalaman terbaik di sini:

Alamat Pura

Pura Pasar Agung terletak di Selat, Sebudi, Kec. Selat, Kabupaten Karangasem. Untuk rute terbaik menuju lokasi bisa lihat di Google Maps.

Jam Buka Pura

Pura ini buka selama 24 jam setiap hari, namun waktu terbaik berkunjung biasanya saat ada perayaan atau sebelum matahari terbit karena Anda bisa menikmati momen indah sunrise sambil menikmati sejumlah makanan khas Bali di warung dekat pura.

Harga Tiket Masuk Pura Pasar Agung

Tiket masuk Pura Pasar Agung cukup terjangkau. Harga yang tertera sudah termasuk beberapa fasilitas seperti tiket parkir dan pemandu jalan.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp50.000,00

Daya Tarik Wisata Pura Pasar Agung

Daya Tarik Pura Pasar Agung

Pura ini memiliki beberapa daya tarik wisata yang menjadi alasan kenapa banyak wisatawan berkunjung ke sini. Berikut ini beberapa daftar daya tarik wisata pura;

Merupakan Tempat Sakral

Pura Agung berada di Kota Karangasem dan merupakan tempat sakral dan suci bagi umat Hindu. Letaknya juga berada tepat di punggung Gunung Agung, sebuah gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini.

Masyarakat Hindu di Bali percaya bahwa Tuhan menempati gunung yang tertinggi di Pulau Dewata tersebut. Oleh sebab itu, bukan hanya pura ini saja yang sakral menurut mereka, tetapi juga di bagian puncak gunung.

Tempat ini juga masih berfungsi sebagai tempat ibadah. Kegiatan ibadah dan adat di pura masih terikat dengan kalender umat Hindu. Sehingga, pengelola bisa menutupnya kapan saja untuk menjaga kesakralannya.

Punya Sejarah dan Arsitektur Bangunan Menarik

Nama aslinya sendiri adalah Pura Pasar Agung Giri Tohlangkir dan memiliki desain arsitektur menakjubkan. Pura ini memiliki fungsi sama seperti pura lain yang berada di setiap gunung di Pulau Bali.

Jadi, setiap gunung di Bali memiliki pura masing-masing. Untuk Gunung Agung memiliki Pura Agung tersebut. Masyarakat Bali percaya dan meyakini Tuhan bersemayam di kahyangan di lokasi tertinggi ini.

Jika wisatawan lihat dari depan, desainnya memang unik sekaligus sakral. Arsiteknya khas dan kental dengan budaya serta kepercayaan masyarakat Bali. Keunikan desainnya layak menjadi latar fotografi yang ciamik.

Keindahan Alam yang Mengagumkan

Lokasi pura ini berada di ketinggian 1,600 mdpl sehingga menawarkan view yang sangat instagramable. Udara begitu sejuk dan pemandangan dari pura ini memang tidak main-main.

Dari sini pula pemandangan Karangasem terlihat indah dari ketinggian. Apalagi saat matahari mulai menyingsing, terlihat begitu hangat dan mempesona.

Begitu juga saat sunset berlangsung, pesonanya bahkan terlihat romantis dan eksotis. Paduan antara pura, Gunung Agung dan sunset memang luar biasa menakjubkan. Cocok bagi pecinta fotografi.

Melakukan Camping

Karena Pura Pasar Agung berada di pintu masuk untuk mendaki Gunung Agung, maka pendaki juga bisa melakukan camping. Tentu saja, camping ini bukan di pura melainkan di Gunung Agung.

Dari puncak Gunung Agung, pendaki bisa melihat keindahan menakjubkan dari titik tertinggi. Jika langit cerah, maka mereka bisa menyaksikan keindahan sunrise atau matahari terbit dari puncak.

Begitu matahari mulai menyinari Bali, saat langit cerah maka pendaki bisa melihat keindahan Pulau Bali. View landscape dari puncak ini benar-benar super amazing. Siapa pun pasti akan menyukainya.

Menikmati Kuliner

Di area Pura Agung terdapat warung yang menyajikan beragam menu khas. Jamaah pura, wisatawan dan pendaki bisa mampir ke tempat makan ini jika merasa lapar atau haus.

Bahkan jika pendaki membutuhkan perbekalan terkait makanan dan minuman, bisa datang ke sini terlebih dahulu. Jadi, area pura ini bisa menjadi destinasi wisata kuliner Bali karena menu khasnya.

Mendaki Gunung Agung

Pura Agung menjadi gerbang untuk mendaki Gunung Agung. Sehingga pendaki yang berencana mendaki gunung tertinggi ini akan melewati pura terlebih dahulu.

Dari Pura Pasar Agung ini, wisatawan bisa melanjutkan ke pusat jajanan dan oleh-oleh khas Bali. Salsa Wisata dapat mengantarkan wisatawan yang ingin melakukan pendakian atau berwisata ke area pura.

Fasilitas Pura Pasar Agung

Fasilitas Pura Pasar Agung

Fasilitas Pura Pasar Agung cukup lengkap berikut ini beberapa di antaranya:

  • Area parkir luas
  • Rumah makan
  • Penginapan
  • Toilet dan kamar mandi
  • Tempa istirahat
  • Guide pendakian

Mengunjungi Pura Pasar Agung bisa jadi pengalaman menarik yang bisa Anda lakukan di Bali. Semua keseruan tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui layanan paket wisata Bali murah dari biro perjalanan seperti Salsa Wisata.

Sebab kebutuhan perjalanan Anda mulai dari berangkat hingga nanti pulang seperti fasilitas, layanan, dan lainnya pasti terpenuhi. Dengan begitu Anda bisa menikmati perjalanan wisata yang berkesan baik sendiri atau bersama teman dan rombongan.



By Categories: Bali, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)